silahkan klik icon    jika video tidak dapat diputar

Sinopsis

Pada program video ini diperlihatkan bagaimana cara seorang guru mengatasi masalah pada anak yang belum bisa memegang pensil dengan benar. Cara yang dilakukan adalah dengan melatih motorik halus anak secara bertahap. Diantara cara-cara yang dapat dilakukan adalah dengan memindahkan air dari mangkok satu ke mangkok lainya menggunakan spon, membuka dan menutup gembok kunci, membuka dan memasangkan kancing baju.

Badru Zaman

Pada tayangan video tersebut saya tidak bisa  mengatakan kegiatan ini belum terlihat pembuka, isi, dan penutup, karena video ini tdak ditayangkan secara utuh, untuk penggunaan strategi seperti pendekatan, metode, media sudah baik,  evaluasi sudah nampak dalam unjuk kerja anak.

Untuk mengatasi anak yang belum bisa memegang pensil dengan benar, saran saya sebaiknya diawali dengan pengenalan alat (pensil) seperti  jenis-jenis pensil, kegunaan pensil, bahaya pensil kalau tidak digunakan dengan benar dan lain sebagainya.

Contoh untuk pembelajaran pada tayangan video tersebut sudah baik  yang berkenaan dengan cara cara melatih motorik halus anak guna menguatkan jari-jari tangan saat memegang pensil dengan baik dan benar, semakin banyak melatih jari tangan akan semakin baik cara memegang pensilnya.

Drs. Muman Hendra Budiman, M.Pd.

Pada tayangan video tersebut belum terlihat jelas, kegiatan pembuka, isi, dan penutup. Penggunaan strategi seperti pendekatan, metode, media sudah cukup terlihat namun untuk evaluasi belum terlihat. Untuk tingkat perkembangan anak didik belum begitu sesuai karena biasanya kegiatan pada pembelajaran tersebut dilakukan untuk kelompok A atau bila ada kelompok bermain (melatih motorik halus). Untuk pembelajaran pada tayangan video tersebut sudah sesuai dengan kurikulum yang berlaku, yaitu yang berkenaan dengan cara-cara melatih motorik halus anak guna menguatkan tangan saat memegang pensil dengan benar.

Tri Ekowati

Similar Posts

6,683 Comments

  1. Dari video di atas cara mengatasi anak yang belum bisa memegang pensil.dalam video tersebut merupakan cara melatih tangan anak yang masih kaku dan tegang dalam menulis atau memegang pensil untuk menulis.
    Seperti yang di praktekkan oleh seorang guru di dalam video tersebut memindahkan air
    dari baskom satu ke baskom satunya
    dengan spon atau busa,memasang kancing baju,juga membuka baut dari dari mornya
    Dengan cara ini akan melatih motorik halus anak.Dengan melihat video ini bermanfaat sekali bagi para pendidik dan dapat di praktekkan di lembaga kita.

  2. Nama : Winda permata lestari
    Judul : mengatasi anak yang belum bisa memegang pensil dengan benar

    kesimpulan dari video ini menjelaskan untuk mengatasi anak yang belum bisa memegang pensil dengan benar. guru menjelaskan dengan memberi contoh teknik garis alus kasar dikertas dan anak mengikuti nya, dengan memindahkan air dari mangkok satu ke mangkok lainya menggunakan spon, membuka dan menutup gembok kunci, membuka dan memasangkan kancing baju.,Dengan menampilkan berbagai aktivitas yang melatih motorik halus.
    menurut saya video ini sangat bermanfaat untuk anak agar bisa mempermudah untuk bisa memegang pensil dengan benar.

  3. Pada video pertama berjudul : MENGATASI ANAK YANG BELUM BISA MEMEGANG PENSIL DENGAN BENAR
    Solusi agar anak dapat memegang pensil dengan benar yaitu dengan latihan-latihan awal
    Pertama latihlah kelenturan jari anak, kedua latih pula jari anak untuk membuka satu objek dll

  4. Nama: Elka Zenereshynta
    NIM: 878166182

    Video ini sangat bermanfaat karena memberikan contoh konkret bagaimana seorang guru membantu anak yang belum bisa memegang pensil dengan benar, yaitu dengan melatih keterampilan motorik halus secara bertahap. Beberapa kegiatan yang ditampilkan seperti memindahkan air menggunakan spons, membuka dan menutup gembok, serta mengancingkan baju, sangat relevan untuk meningkatkan kekuatan dan koordinasi jari anak.

    Sebagai seorang guru di sekolah Montessori, saya sering menjumpai tantangan serupa. Di kelas Montessori, terdapat satu area khusus yang dinamakan Practical Life Area (Area Kehidupan Sehari-hari). Area ini memang dirancang untuk melatih kemandirian, koordinasi gerakan, konsentrasi, serta keterampilan motorik halus anak, yang juga merupakan persiapan awal untuk keterampilan menulis.

    Beberapa kegiatan yang kami sediakan di area tersebut meliputi menuang air, menyendok kacang, mengancing baju, menali sepatu, menjepit menggunakan jepit jemuran, hingga memindahkan benda dengan penjepit. Semua kegiatan tersebut membantu anak-anak melatih genggaman tiga jari (tripod grasp) yang penting dalam memegang pensil dengan benar.

    Saya sangat mengapresiasi video ini karena sejalan dengan pendekatan Montessori yang saya terapkan, dan dapat menjadi inspirasi bagi para guru untuk mengembangkan kegiatan motorik halus yang menyenangkan dan bermakna.

  5. Nama: Angelia Kartika
    NIM:877797259
    Mata Kuliah:PROFESIONALITAS GURU PENDIDIKAN ANAK USIA DINI
    Masukan dan Saran Saya Tentang Video yang Telah Dicermati:
    Masukan Positif:
    Struktur video sangat baik: identifikasi masalah -> penjelasan teori singkat -> solusi praktis.

    Contoh kegiatan sangat relevan dan mudah diimplementasikan dengan bahan sederhana.

    Adanya adegan nyata di kelas dan demonstrasi individual membuat video lebih hidup dan mudah dipahami.

    Penjelasan dari pakar (Ibu Irsanti) menambah kredibilitas dan pemahaman.

    Saran untuk Peningkatan (jika ada versi update):

    Variasi Kegiatan: Mungkin bisa ditambahkan 1-2 variasi kegiatan lain untuk setiap solusi, misalnya untuk penguatan jari bisa juga dengan meronce, bermain playdough, atau menggunakan penjepit jemuran untuk memindahkan benda kecil.

    Tahapan Kesiapan: Bisa ditambahkan sedikit penjelasan mengenai observasi guru untuk mengetahui kapan anak sudah menunjukkan kemajuan dan siap untuk kegiatan yang lebih kompleks (seperti menebalkan garis yang ditunjukkan di awal video).

    Durasi Per Kegiatan: Memberikan estimasi waktu atau frekuensi ideal untuk melakukan stimulasi tersebut mungkin akan membantu guru dalam perencanaan.

    Subtitle/Teks Poin Kunci: Untuk beberapa penjelasan teori atau instruksi, adanya teks poin kunci di layar bisa membantu retensi informasi.

    Sekian dari saya, trimakasih 🙂

  6. dari video tersebut saya dapat pelajaran bahwasanya anak tidak boleh dipaksakan memegang pensil Anak yang kesulitan memegang pensil dapat diatasi dengan latihan motorik halus, misalnya bermain dengan kancing, biji-bijian, atau pasir. Ajarkan cara memegang pensil yang benar, yaitu dengan ibu jari dan telunjuk, dan bantu dengan jari tengah dan meLakukan latihan menggambar dan mewarnai yang menyenangkan, serta motivasi anak agar tidak terburu-buru.

  7. Cara mengatasi anak yang masih sulit memegang pensil yakni dengan cara membuat atau menebali garis sederhana. bisa untuk guru mencontohkan dulu. Dengan metode seperti ini isnyallah anak akan lama lama terbiasa memgang pensil dengan benar.

  8. Dengan cara menebali garis akan membuat anak lebih tertari ketika masih belajar unutuk memegang pensil. ini cara yang bagus unutuk anak yang bar memulai unutuk menulis agak anak tidak merasa terbebani sehingga anak tumbuh rasa percaya diri.

Leave a Reply