silahkan klik icon    jika video tidak dapat diputar

Sinopsis

Pada program video ini diperlihatkan bagaimana cara seorang guru mengatasi masalah pada anak yang belum bisa memegang pensil dengan benar. Cara yang dilakukan adalah dengan melatih motorik halus anak secara bertahap. Diantara cara-cara yang dapat dilakukan adalah dengan memindahkan air dari mangkok satu ke mangkok lainya menggunakan spon, membuka dan menutup gembok kunci, membuka dan memasangkan kancing baju.

Badru Zaman

Pada tayangan video tersebut saya tidak bisa  mengatakan kegiatan ini belum terlihat pembuka, isi, dan penutup, karena video ini tdak ditayangkan secara utuh, untuk penggunaan strategi seperti pendekatan, metode, media sudah baik,  evaluasi sudah nampak dalam unjuk kerja anak.

Untuk mengatasi anak yang belum bisa memegang pensil dengan benar, saran saya sebaiknya diawali dengan pengenalan alat (pensil) seperti  jenis-jenis pensil, kegunaan pensil, bahaya pensil kalau tidak digunakan dengan benar dan lain sebagainya.

Contoh untuk pembelajaran pada tayangan video tersebut sudah baik  yang berkenaan dengan cara cara melatih motorik halus anak guna menguatkan jari-jari tangan saat memegang pensil dengan baik dan benar, semakin banyak melatih jari tangan akan semakin baik cara memegang pensilnya.

Drs. Muman Hendra Budiman, M.Pd.

Pada tayangan video tersebut belum terlihat jelas, kegiatan pembuka, isi, dan penutup. Penggunaan strategi seperti pendekatan, metode, media sudah cukup terlihat namun untuk evaluasi belum terlihat. Untuk tingkat perkembangan anak didik belum begitu sesuai karena biasanya kegiatan pada pembelajaran tersebut dilakukan untuk kelompok A atau bila ada kelompok bermain (melatih motorik halus). Untuk pembelajaran pada tayangan video tersebut sudah sesuai dengan kurikulum yang berlaku, yaitu yang berkenaan dengan cara-cara melatih motorik halus anak guna menguatkan tangan saat memegang pensil dengan benar.

Tri Ekowati

Similar Posts

6,705 Comments

  1. Assalamualaikum wr.wb
    Mohon izin menjawab
    Nama Ratna puspaningsih
    Nim:857880793
    Cara mengatasi anak yang belum bisa memegang pensil untuk melaihmotorik halus anak dengan cara bertahap,dengan memberikan kegiatan yang bisa melatih ototjari anak dengan menggunting ,mewarnai,dan juga guru harusmemberikan contohcara memegang pensil dengan benar.
    Agar tidak terulang kembali guru bisa mengatasinya dengan
    1. Melatih kelenturan jari anak dengan memindahkan air menggunakan spon ke mangkok yang lain dengan cara meremas sponnya
    2. Membuka menutup gembok atau membuka mengencang kan skrub agar lebih kencang selain itu juga melatih membuka menutup tutup botol
    3. Melatih dan membuka dan memasangkan kancing baju atau menjahit,dengan dengan demikian kegiatan sepeti ini bisa melatih otot jari anak

  2. Di dalam video dijelaskan: Guru memberi intruksi anak untuk menulis namanya dan hari&tanggal
    Disebutkan dalam video disebutkan beberapa solusi mengatasi kondisi yang seperti itu adalah dengan memberikan Latihan-latihan menulis awal dengan melakukan kegiatan -kegiatan berikut ini:
     Latihlah kelenturan jari anak dalam memegang objek tertentu seperti pensil, dengan kegiatan bermain memindahkan air ke mangkuk satu ke mangkuk lainnya dengan menggunakan spons, spons diremas atau diperas oleh anak tiap kali air dipindahkan ke mangkuk lain
     Latih pula kemampuan anak dalam memegang suatu objek dengan latihan membuka dan menutup gembok atau gerakan membuka dan mengencangkan skrup, agar kemampuan memegang objeknya semakin kuat dan terkoordinasi dengan baik
     Latih kelenturan jari-jari tangan anak dengan membuka dan memasangkan beragam kancing baju, cara ini akan melatih kelenturan dan koordinasi otak dan jari tangan anak
    Video ini sangat perlu bagi saya, karena di dalam video mencontohkan sikap guru yang kaya. Dan dapat menambah wawasan saya untuk saya siap sedia Ketika masalah yang seperti ini

  3. Mohon izin menjawab
    Nama : Amril Sholahuddin Tasi
    NIM. : 859516923
    Judul : Mengatasi Anak yang Belum Bisa Memegang Pensil dengan Benar
    Dari video diatas sudah memberikan pelajaran untuk saya dalam hal anak yang belum bisa memegang pensil dengan benar oleh karena itu saya terpancing dengan mencari referensi yang lain yang menambah wawasa. yang diantaranya :
    Meremukkan kertas
    1. Minta anak untuk meremas kertas koran atau kertas bekas menjadi bola kecil sekencang mungkin. Tingkatkan tantangan ini dengan hanya membiarkan mereka menggunakan satu tangan untuk meremas kertas.

    2. Balap pita
    Aktivitas lain yang bisa dilakukan untuk melatih motorik halus anak adalah dengan permainan balap pita. Minta anak untuk menyobek banyak selotip dan letakkan di atas permukaan yang rata seperti meja atau lantai.
    dan masih banyak lainnya untuk melatih anakMeremukkan kertas
    Minta anak untuk meremas kertas koran atau kertas bekas menjadi bola kecil sekencang mungkin. Tingkatkan tantangan ini dengan hanya membiarkan mereka menggunakan satu tangan untuk meremas kertas.

    2. Balap pita
    Aktivitas lain yang bisa dilakukan untuk melatih motorik halus anak adalah dengan permainan balap pita. Minta Si Kecil untuk menyobek banyak selotip dan letakkan di atas permukaan yang rata seperti meja atau lantai.
    dan masih banyak lagi untuk melatih motorik halus anak

  4. Mohon izin memberi komentar
    Nama : Aisyah Basyirah
    NIM : 857408878
    Judul : Mengatasi anak yang belum bisa memegang pensil dengan benar
    Videonya cukup baik karena selain memperlihatkan pada saat pembelajaran, juga memberikan beberapa solusi cara mengatasi anak yang belum bisa memegang pensil dengan benar, seperti : bermain dengan meremas spons yaitu memindahkan air dari satu tempat ke tempat lain, latih memegang sebuah objek seperti membuka dan mengunci gembok atau bisa tutup botol, melatih membuka dan memasangkan kancing baju anak.
    Ada banyak solusi lainnya juga ya teman-teman, misalnya : menggunting kertas, bermain playdough, dan banyak permainan lainnya.

  5. Mohon izin menjawab
    Nama : Amril Sholahuddin Tasi
    NIM : 859516923
    Judul : Mengatasi Anak yang Belum Bisa Memegang Pensil dengan Benar
    Video diatas mengajarkan saya mengatasi anak yang belum bisa memegang pensil dengan benar. dari video itu telah memberikan wawasan baru. Oleh karena itu saya terpancing untuk mencari referensi yang lain yaitu diantaranya:
    Meremukkan kertas
    1. Minta Si Kecil untuk meremas kertas koran atau kertas bekas menjadi bola kecil sekencang mungkin. Tingkatkan tantangan ini dengan hanya membiarkan mereka menggunakan satu tangan untuk meremas kertas.
    2. Balap pita
    Aktivitas lain yang bisa dilakukan untuk melatih motorik halus anak adalah dengan permainan balap pita. Minta Si Kecil untuk menyobek banyak selotip dan letakkan di atas permukaan yang rata seperti meja atau lantai.
    dan masih banyak yang lainnya. Terima Kasih

  6. Hesti Puji Rahayu
    857994188
    Judul : Mengatasi anak yang belum bisa memegang pensil dengan benar
    Dalam vidio tersebut memperlihatkan pada saat pembelajaran ada anak memegang pensildengan benar, Vidio tersebut juga memberikan beberapa solusi cara mengatasi anak yang belum bisa memegang pensil dengan benar
    1. Melatih kelenturan jari anak dengan cara memeras spon mangkok berisi air, memindahkan air ke mangkok yang lain dengan menggunakan spon diremas atau di peras setiap kali dipindah melatih motorik halus.
    2. Melatih anak memegang satu objek dengan latihan membuka menutup kunci gembok atau gerakan membuka mengencangkan sekrup agar kemampuan objeknya semakin kuat dan berkoordinasi dengan baik. Selain itu juga melatih membuka dan menutup botol minuman.
    3. Melatih kelenturan jari-jari tangan dengan membuka dan memasangkan kancing baju, menjahit cara ini agar melatih kelenturan dan koordinasi otot dan jari tangan.
    Terimaksih atas ilmunya karena diawal tahun ajaran masih banyak anak yang masih belum benar dalam memegang pensil, jadi kami dapat mengatasi dengan kegiatan yang sudah dicontohkan tersebut

  7. ni kadek oki arsita dewi
    cara mengatasi anak yang belum bisa memegang pensil adalah dengan melatih motorik halus anak terlebih dahulu. salah satu caranya adalah dengan melatih jemari mereka dengan cara meremas kertas, atau bermain plaastisin.

  8. ni kadek oki arsita dewi
    cara mengatasi anak yang belum bisa memeganv pensil adalah dengan cara melatih motorik halus mereka dengan caramelatih jemari mereka dengan meremas kertas atau bermain plastisin

  9. Judul mengatasi anak yang belum bisa memegang pensil dengan benar.saya merasa video pembelajaran tersebut sangat bermanfaat bagi guru-guru paud atau guru tk karena dapat memberikan inspirasi dan ide untuk meningkatkan kualitas pembelajaran.

  10. Nama : Nela Rosyda Aulia
    Nim :857722836
    Judul : mengatasi anak yang belum bisa memegang pensil dengan benar

    Dalam vidio kita diajarkan untuk memahami berbagai kondisi dan perkembangan anak yang berbeda salah satunya perkembangan motorik halus yaitu memegang pensil, biasanya hal ini terjadi pada anak usia 4-5 tahun di usia anak awal masuk kedalam sekolah. Untuk mengatasi hal tersebut guru dapat melakukan kegiatan motorik halus seperti meremas dan merobek kertas sebelum memulai kegiatan hal ini dapat meregangkan otot-otot dijari anak. Setelah itu anak di iasakan terlebih dahulu untuk memegang pensil dan diberi kertas untuk membuat coretan-coretan semampu anak sampai mereka terbiasa memegang pensil. Hal ini dilakukan secara bertahap dan telaten maka anak akan mulai terbiasa dan dapat memegang pensil dengan benar nantinya sehingga akan menghasilkan tulisan-tulisan pada pembelajaran selanjutnya.

Leave a Reply