silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar
Sinopsis
Pada program video ini diperlihatkan bagaimana cara seorang guru mengatasi masalah pada anak yang belum bisa memegang pensil dengan benar. Cara yang dilakukan adalah dengan melatih motorik halus anak secara bertahap. Diantara cara-cara yang dapat dilakukan adalah dengan memindahkan air dari mangkok satu ke mangkok lainya menggunakan spon, membuka dan menutup gembok kunci, membuka dan memasangkan kancing baju.
Badru Zaman
Pada tayangan video tersebut saya tidak bisa mengatakan kegiatan ini belum terlihat pembuka, isi, dan penutup, karena video ini tdak ditayangkan secara utuh, untuk penggunaan strategi seperti pendekatan, metode, media sudah baik, evaluasi sudah nampak dalam unjuk kerja anak.
Untuk mengatasi anak yang belum bisa memegang pensil dengan benar, saran saya sebaiknya diawali dengan pengenalan alat (pensil) seperti jenis-jenis pensil, kegunaan pensil, bahaya pensil kalau tidak digunakan dengan benar dan lain sebagainya.
Contoh untuk pembelajaran pada tayangan video tersebut sudah baik yang berkenaan dengan cara cara melatih motorik halus anak guna menguatkan jari-jari tangan saat memegang pensil dengan baik dan benar, semakin banyak melatih jari tangan akan semakin baik cara memegang pensilnya.
Drs. Muman Hendra Budiman, M.Pd.
Pada tayangan video tersebut belum terlihat jelas, kegiatan pembuka, isi, dan penutup. Penggunaan strategi seperti pendekatan, metode, media sudah cukup terlihat namun untuk evaluasi belum terlihat. Untuk tingkat perkembangan anak didik belum begitu sesuai karena biasanya kegiatan pada pembelajaran tersebut dilakukan untuk kelompok A atau bila ada kelompok bermain (melatih motorik halus). Untuk pembelajaran pada tayangan video tersebut sudah sesuai dengan kurikulum yang berlaku, yaitu yang berkenaan dengan cara-cara melatih motorik halus anak guna menguatkan tangan saat memegang pensil dengan benar.
Tri Ekowati
NAMA : ERNA SURYANI
NIM : 858619677
MATA KULIAH : PROFESIONALITAS GURU PAUD
SEMESTER : 2 (Dua)
(Mengatasi Anak yang Belum Bisa Memegang Pensil dengan Benar) Video ini menyajikan ilustrasi yang sangat relevan dan penting bagi guru PAUD/TK tentang tantangan dalam mengembangkan kemampuan motorik halus anak usia dini, khususnya dalam memegang pensil dan menulis. Dalam hal ini solusi yang diberikan untuk mengatasi anak yang belum bisa memegang pensil dengan benar sudah bagus, tetapi sebaiknya guru juga memberikan contoh secara langsung cara memegang pensil yang benar( tripod grip) atau pegangan 3 jari dan menyuruh anak-anak untuk mempraktekkannya.
Nama: Fiska Etika
NIM : 857653978
Dalam video pembelajaran dengan Judul Mengatasi anak yang belum bisa memegang pensil dengan benar
Komentar : Alhamdulillah dalam video Mengatasi anak yang belum bisa memegang pensil awalnnya yang dilatih yaitu kelenturan otot tangannya dulu yaitu dengan memberikan kegiatan seperti memeras spons, membuka tutup kunci dan mengancing dan membuka kancing baju. Saya setuju dengan itu dengan anak melatih kelenturan otot tangan maka anak akan mudah dalam memegang pensil dan tidak mudah lelah dalam berlatih.
Saran saya:
Saat guru memberi contph cara menulis sebaiknya gunakan kertas yang besar supaya anak bisa melihat dengan baik.
Dalam latihan menulis gunakan alat tulis yang mudah di pegang dulu bagi anak di awal seperti crayon / spidol besar kemudian bertahap sampai dengan memegang pensil.
Bismillahirrahmanirrahim.
NAMA :FITRIZA
NIM:856220595
izin untuk menanggapi video tentang Anak belum bisa memegang pensil .
Setelah saya melihat video pembelajaran tersebut saya mencoba menyimpulkan cara mengatasi anak yang belum bisa memegang pensil tersebut ,ada
bererapa cara yang harus kita gunakan.Kita sebagai seorang guru harus mempunyai trik untuk melatih kelenturan gerakan jari jemari anak- anak tersebut
dengan beberapa kegiatan diantaranya :
1. Melatih anak untuk memindahkan air dari satu wadah ke wadah yang lain dengan memakai spon dan melakukannya berulang – ulang.
2. Melatih anak untuk membuka dan memasangkan skrup,dengan memutarkan skrupnya ke kiri dan ke kanan.
3. Melatih anak untuk memasangkan kancing baju yang dilakukan berulang -ulang sehingga melatih anak untuk melenturkan motorik anak .
Bismillahirrahmanirrahiiim.
NAMA : FITRIZA
NIM : 856220595
Izin menanggapi video tentang Anak belum bisa memegang pensil .
Dalam video tersebut ada beberapa cara untuk mengatasi anak yang belum bisa memegang pensil .Anak yang belum bisa memegang pensil dengan benar
perlu di beri latihan untuk menciptakan kelenturan jari jemarinya supaya gerakan motoriknya bisa berkembang sesuai dengan yang kita harapkan .Adapun
caranya adalah sebagai berikut:
1.Melatih anak untuk memindahkan air dari satu wadah ke wadah lain secara berulang – ulang .
2. Melatih anak untuk membuka dan memasangkan mur atau skrup ,dengan memutar murnya ke kiri dan ke kanan.
3. Melatih anak memasangkan kancing baju dengan benar .
Cara ini dapat melatih kelenturan jari jemari anak untuk bisa menggerakkan motoriknya halusnya .Sehingga anak dapat mengikuti pembelajarannya dengan
senang hati dan penuh semanagat.
Video Mengatasi Anak yang Belum Bisa Memegang Pensil dengan Benar tersebut memberikan solusi yang baik terutama untuk saya sebagai guru baru sehingga menambah referensi belajar untuk saya. Terimakasih
Assalamu’alaikum,
Nama : Illiyatul Ulya Choiriyah
Nim : 877958978
Cara untuk mengatasi anak yang belum bisa memegang pensil dengan benar adalah
1. Memindahkan air dari satu wadah ke wadah yang lain dengan spon
2. Membuka dan menutup kunci gembok
3. Membuka dan menutup mur dan baut
4. Membuka dan memasangkan kancing baju
Demikian komentar dari saya mohon maaf dan Terima kasih
NAMA : FITRIZA
NIM : 856220595
Bismillahirrahmanirrahiiim .
Izin menanggapi .
Berdasarkan video yang sudah saya lihat tadi saya dapat mengambil kesimpulan bahwa anak yang belum bisa memegang pensil dengan benar bisa kita bimbing dengan mengadakan bebarapa latihan supaya kekakuan yang dialami oleh anak tersebut bisa teratasi dengan segera diantaranya :
1. Melatih anak memindahkan air dari satu wadah ke wadah yang kain secara berulanh – ulang .
2. Melatih anak membuka kunci gembok atau memasangkan mur ,dengan cara memutarkan mur atau kunci tersebut ke kanan dan ke kiri secara berulang –
ulang.
3. Melatih anak untuk memasang kancing baju dengan teliti dan sabar dan di lakukan berulang – ulang .
Dengan adanya latihan tersebut dapat melatih jari jemari anak tersebut lebih lentur lagi dan dapat terbiasa melakukan gerakan gerakan rutin yang di butuhkan setiap hari dalam pembelajarannya .Anak pasti akan merasa senang dan terbantu sekali dalam mengatasi hambatan ataupun tantangan yang di hadapinya dalam pembelajaran .Sehingga pembelajaran dapat berjalan lancar ,dan menyenangkan pastinya .
Bismillahirrahmanirrahiim .
NAMA : FITRIZA
NIM : 856220595
Izin menanggapi video : Anak belum bisa memegang pensil .
Pada video tersebut si atas anak mempunyai kendala dalam memegang pensil dengan benar.
Adapun solusinya yang di berikan adalah sebagai berikut :
1. Melatih anak dalam memindahkan air dari satu wadah ke wadah lain dengan menggunakan busa ,busa di masukkan ke dalam air kemudian busa
tersebut di remas ke wadah lain secara berulang – ulang .
2. Melatih anak membuka kunci atau mur yaitu dengan cara memutarkan kunci atau mur tersebut ka kanan dan ke kiri secara berulang – ulang
3. Melatih anak memasangkan kancing baju dengan teliti dan benar.
Dengan adanya latihan tersebut anak bisa mengatasi kekakuannya dalam gerak motorik halusnya atau gerakan tangannya ,dan dapat mengatasi
kendala yang di hadapi oleh anak yang belum bisa memegang pensil dengan benar. Tidak hanya itu saja gerakan – gerakan tersebut dapat juga
mengasah konsentrasi anak .
THAIBAH_858328852
dari video tersebut dapat dilihat bahwa guru sangat memperhatikan jika ada salah satu anak didik yang belum bisa memegang pensil dengan benar, cara yang dilakukan guru adalah dengan melatih koordinasi tangan dan jari anak dalam kegiatan-kegiatan seperti memindahkan air ke mangkok dengan spons, belajar memasang kancing baju dan memasnaga taupun melepas pasak mainan. Hal itu sangat membantu anak dalam menguatkan jari tangannya untuk bisa memegang pensil dengan benar. Terimakasih
Fitriyani
Nim: 856766225
Setelah melihat video di atas, terlihat guru sangat memperhatikan anak, guru sudah melakukan pendampingan yang baik, melatih anak dengan sabar dan telaten, guru memberikan rangsangan pada anak melalui kegiatan permainan yang melatih gerak otot tangan.