silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar
Sinopsis
Pada program video ini diperlihatkan bagaimana cara seorang guru mengatasi masalah pada anak yang belum bisa memegang pensil dengan benar. Cara yang dilakukan adalah dengan melatih motorik halus anak secara bertahap. Diantara cara-cara yang dapat dilakukan adalah dengan memindahkan air dari mangkok satu ke mangkok lainya menggunakan spon, membuka dan menutup gembok kunci, membuka dan memasangkan kancing baju.
Badru Zaman
Pada tayangan video tersebut saya tidak bisa mengatakan kegiatan ini belum terlihat pembuka, isi, dan penutup, karena video ini tdak ditayangkan secara utuh, untuk penggunaan strategi seperti pendekatan, metode, media sudah baik, evaluasi sudah nampak dalam unjuk kerja anak.
Untuk mengatasi anak yang belum bisa memegang pensil dengan benar, saran saya sebaiknya diawali dengan pengenalan alat (pensil) seperti jenis-jenis pensil, kegunaan pensil, bahaya pensil kalau tidak digunakan dengan benar dan lain sebagainya.
Contoh untuk pembelajaran pada tayangan video tersebut sudah baik yang berkenaan dengan cara cara melatih motorik halus anak guna menguatkan jari-jari tangan saat memegang pensil dengan baik dan benar, semakin banyak melatih jari tangan akan semakin baik cara memegang pensilnya.
Drs. Muman Hendra Budiman, M.Pd.
Pada tayangan video tersebut belum terlihat jelas, kegiatan pembuka, isi, dan penutup. Penggunaan strategi seperti pendekatan, metode, media sudah cukup terlihat namun untuk evaluasi belum terlihat. Untuk tingkat perkembangan anak didik belum begitu sesuai karena biasanya kegiatan pada pembelajaran tersebut dilakukan untuk kelompok A atau bila ada kelompok bermain (melatih motorik halus). Untuk pembelajaran pada tayangan video tersebut sudah sesuai dengan kurikulum yang berlaku, yaitu yang berkenaan dengan cara-cara melatih motorik halus anak guna menguatkan tangan saat memegang pensil dengan benar.
Tri Ekowati
Nama: Atika Tiara Putri
Nim : 857131183
Video ini sangat membantu saya sebagai guru PAUD, terutama dalam menangani anak-anak yang belum memiliki kekuatan motorik halus yang optimal. Penjelasan guru yang sabar dan penggunaan alat bantu seperti plastisin dan latihan garis lengkung sangat menginspirasi. Saya sadar bahwa tidak semua anak bisa langsung memegang pensil dengan benar, sehingga pendekatan bertahap seperti yang dicontohkan dalam video ini sangat tepat dan sesuai dengan prinsip DAP. Saya akan mencoba menerapkan metode ini di kelas dengan pendekatan yang menyenangkan agar anak tidak merasa tertekan saat belajar menulis.
Nama : Santri Hayani
Nim : 855898177
Upbjj : Banda Aceh
Assalamualaikum.
Ijin menanggapi Video tentang ” Mengatasi Anak yang Belum Bisa Memegang Pensil Dengan Benar”
Gurunya sangat bagus dan sangat jelas dalam menyampaikan materi pembelajaran, dalam pembelajaran menebalkan garis putus-putus itu di TK sangat membantu anak dalam pembelajaran awal, tidak langsung mengajarkan menulis hurup. Gurunya juga perhatian terhadap anak-anak di kelas. Anak didik yang renta usia 3-6 tahun cendrung mengalami perkembangan kekuatan dan koordinasi tangan yang cepat, namun ada sebagian anak yang mengalami perkembangan yang belum sempurna membuat garis lengkung pun buku anak bisa robek dan pensil patah , solusi nya
1. Memindahkan air dengan spons, spons di remes atau di peras setiap anak memindah air ke dalam mangkok lain.
2. Latihan dengan sesuatu objek dengan latihan menutup dan membuka kunci gembok
3. Latih kelenturan tangan anak dengan cara membuka dan memasangkan beragam kancing baju, cara ini melatih kelenturan jari tangan anak.
Sekian dari saya Terimakasih
Nama: Wartini
Nim: 878255906
Dalam video yang saya lihat dalam pembelajaran kemampuan motorik halus cara memang pensil dengan benar, ada banyak cara yang bisa membuat anak lebih muda me megang pensil, cara pertama meremas spon, kemudian memutar gembok secara berlahan dan selanjutnya memasangkan kancing baju, hal tersebut mempermudah seorang guru untuk mengajar anak dalam kegiatan memegang pensil dengan benar.
Nama : Riskia Tarasina
Nim : 8585878002
Upbjj : ternate
Assalamualaikum ijin menanggapi Video tentang ” Mengatasi Anak yang Belum Bisa Memegang Pensil Dengan Benar” menurut saya yang di lakukan oleh guru sudah benar .karena anak bukan tidak bisa tetapi kadang anak hanya malu dan merasa selalu ingin di bantu .tetapi dengan memberikan tulisan bergaris anak akan berusaha menacoba walaupun terkadang yang di garis tidak sesuai dan itu adalah bentuk dari proses belajar .lama kelamaan anak akan bisa dan terbiasa memegang pensil dengan benar.
Nama:Veronika Yuliana motu
Nim :859301915
Dalam video yang saya lihat sangat bermanfaat untuk meningkatkan pemahaman kita sebagai pendidik PAUD tentang pentingnya mengenali dan menangani kesulitan motorik halus pada anak,khususnya dalam memegang pensil.Anak yang mengalami kesulitan memegang pensil sering kali menunjukkan tanda-tanda seperti genggaman yang terlalu kuat atau lemah,cepat lelah saat menulis,atau pola memegangyang tidak tepat.
Sebagai guru PAUD,penting bagi kita untuk tidak langsung menuntut anak menulis dengan baik,tetapi terlebih dahulu melatih keterampilan motorik halus mereka melalui berbagai aktivitas seperti bermain plastisin,meronce,menjepit dengan menjepit baju,atau menuang air.
Kegiatan-kegiatan ini melatih otot jari dan tangan secara alami dan menyenangkan.Selain itu,pendekat yang sabar dan penuh penguatan positif sangat dibutuhkan agar anak merasa didukung,bukan di tekan.Kolaborasi dengan orang tua juga penting agar latihan dirumah bisa mendukung perkembangan anak secara konsisten.
Nama: Veronika Yuliana Motu
Nim :859301915
Video ini sangat bermanfaat untuk meningkatkan pemahaman kita sebagai pendidik PAUD tentang pentingnya mengenali dan menangani kesulitan motorik halus pada anak,khususnya dalam memegang pensil.Anak yang mengalami kesulitan memegang pensil sering kali menunjukkan tanda-tanda seperti genggaman yang terlalu kuat atau lemah,cepat lelah saat menulis,atau pola memegang yang tidak tepat.
Sebagai guru PAUD,penting bagi kita untuk tidak langsung menuntut anak menulis dengan baik,tetapi terlebih dahulu melatih keterampilan motorik halus mereka melalui berbagai aktivitas seperti bermain plastisin,meronce,menjepit dengan penjepit baju,atau menuang air.
Kegiatan-kegiatan ini melatih otot jari dan tangan secara alami dan menyenangkan.
Selain itu,pendekatan yang sabar dan penuh penguatan positif sangat dibutuhkan agar anak merasa didukung,bukan di tekan.Kolaborasi dengan orang tua juga penting agar latihan di rumah bisa mendukung perkembangan anak secara konsisten.
NAMA : SAUDAH
NIM : 855884803
Video ini sangat bermanfaat untuk meningkatkan pemahaman kita sebagai pendidik PAUD tentang pentingnya mengenali dan menangani kesulitan motorik halus pada anak,khususnya dalam memegang pensil.Anak yang mengalami kesulitan memegang pensil sering kali menunjukkan tanda-tanda seperti genggaman yang terlalu kuat atau lemah,cepat lelah saat menulis,atau pola memegang yang tidak tepat.
Sebagai guru PAUD,penting bagi kita untuk tidak langsung menuntut anak menulis dengan baik,tetapi terlebih dahulu melatih keterampilan motorik halus mereka melalui berbagai aktivitas seperti bermain plastisin,meronce,menjepit dengan penjepit baju,atau menuang air.
Kegiatan-kegiatan ini melatih otot jari dan tangan secara alami dan menyenangkan.
Selain itu,pendekatan yang sabar dan penuh penguatan positif sangat dibutuhkan agar anak merasa didukung,bukan di tekan.Kolaborasi dengan orang tua juga penting agar latihan di rumah bisa mendukung perkembangan anak secara konsisten.
NAMA : SAUDAH
NIM : 855884803
Mengatasi Anak yang Belum Bisa Memegang Pensil dengan Benar
Video ini sangat bermanfaat untuk meningkatkan pemahaman kita sebagai pendidik PAUD tentang pentingnya mengenali dan menangani kesulitan motorik halus pada anak,khususnya dalam memegang pensil.Anak yang mengalami kesulitan memegang pensil sering kali menunjukkan tanda-tanda seperti genggaman yang terlalu kuat atau lemah,cepat lelah saat menulis,atau pola memegang yang tidak tepat.
Sebagai guru PAUD,penting bagi kita untuk tidak langsung menuntut anak menulis dengan baik,tetapi terlebih dahulu melatih keterampilan motorik halus mereka melalui berbagai aktivitas seperti bermain plastisin,meronce,menjepit dengan penjepit baju,atau menuang air.
Kegiatan-kegiatan ini melatih otot jari dan tangan secara alami dan menyenangkan.
Selain itu,pendekatan yang sabar dan penuh penguatan positif sangat dibutuhkan agar anak merasa didukung,bukan di tekan.Kolaborasi dengan orang tua juga penting agar latihan di rumah bisa mendukung perkembangan anak secara konsisten.
Nama : Ami maretta br ginting
Nim : 856057876
Mengatasi anak yang belum bisa memegang pensil dengan benar
Kita sebagai guru harus mengenalkan cara memegang pensil dengan benar,dan pertama yang harus kita tulis di buku mereka yaitu garis lurus agar mereka paham cara memegang pensil.anak akan terbiasa memegang pensil dengan benar dan harus di latih pelan-pelan,kita sebagai guru harus memberi semangat buat mereka agar mereka lebih percaya diri bahwa mereka mampu melakukannya.kadang ada anak yang sudah bisa memegang pensil tapi kurang percaya diri kita sebagai guru harus memberi perhatian agar anak harus yakin dengan dirinya bahwa mereka bisa
Terima kasih
setelah melihat video diatas, dalam video tersebut guru akan mengembangkan motorik halus pada anak, pada aawalnya guru mengajarkan pada anak untuk menebalkan garis dengan menggunakan pensil, akan tetapi ada salah satu anak yang belum mampu dalam memegang pensil dengan benar, kemudian guru mengajari anak untuk untuk menguatkan motorik halusnya melalui kagiatan, memutar / membuka dan memasang sekrup, menjepit atau menjumput, meremas spons untuk memindahkan air, membuka dan memasang kancing, semua kegiatan tersebut membantu menguatkan otot jari tangan dan kelenturan otot jari.