silahkan klik icon    jika video tidak dapat diputar

Sinopsis

Pada program video ini diperlihatkan bagaimana cara seorang guru mengatasi masalah pada anak yang belum bisa memegang pensil dengan benar. Cara yang dilakukan adalah dengan melatih motorik halus anak secara bertahap. Diantara cara-cara yang dapat dilakukan adalah dengan memindahkan air dari mangkok satu ke mangkok lainya menggunakan spon, membuka dan menutup gembok kunci, membuka dan memasangkan kancing baju.

Badru Zaman

Pada tayangan video tersebut saya tidak bisa  mengatakan kegiatan ini belum terlihat pembuka, isi, dan penutup, karena video ini tdak ditayangkan secara utuh, untuk penggunaan strategi seperti pendekatan, metode, media sudah baik,  evaluasi sudah nampak dalam unjuk kerja anak.

Untuk mengatasi anak yang belum bisa memegang pensil dengan benar, saran saya sebaiknya diawali dengan pengenalan alat (pensil) seperti  jenis-jenis pensil, kegunaan pensil, bahaya pensil kalau tidak digunakan dengan benar dan lain sebagainya.

Contoh untuk pembelajaran pada tayangan video tersebut sudah baik  yang berkenaan dengan cara cara melatih motorik halus anak guna menguatkan jari-jari tangan saat memegang pensil dengan baik dan benar, semakin banyak melatih jari tangan akan semakin baik cara memegang pensilnya.

Drs. Muman Hendra Budiman, M.Pd.

Pada tayangan video tersebut belum terlihat jelas, kegiatan pembuka, isi, dan penutup. Penggunaan strategi seperti pendekatan, metode, media sudah cukup terlihat namun untuk evaluasi belum terlihat. Untuk tingkat perkembangan anak didik belum begitu sesuai karena biasanya kegiatan pada pembelajaran tersebut dilakukan untuk kelompok A atau bila ada kelompok bermain (melatih motorik halus). Untuk pembelajaran pada tayangan video tersebut sudah sesuai dengan kurikulum yang berlaku, yaitu yang berkenaan dengan cara-cara melatih motorik halus anak guna menguatkan tangan saat memegang pensil dengan benar.

Tri Ekowati

Similar Posts

6,699 Comments

  1. Dari video diatas dapat disimpulkan bagaimana cara mengatasi anak yang masih kesulitan dalam memegang pensil dengan benar stimulasi yang diberikan yaitu memindahkan air dari mangkok satu ke mangkok lainya menggunakan spon, membuka dan menutup gembok kunci, membuka dan memasangkan kancing baju. Melalui kegiatan diatas sangat bagus dalam melatih motorik halus anak usia dini karna melaui kegiatan bermain tersebut dapat melatih keterampilan otot otot jari tangan anak dengan baik sehingga jari jati anak dapat lebih lentur dan dapat meningkatkan keterampilan motorik halus pada anak

  2. Dari video diatas dapat disimpulkan bagaimana cara mengatasi anak yang masih kesulitan dalam memegang pensil dengan benar stimulasi yang diberikan yaitu memindahkan air dari mangkok satu ke mangkok lainya menggunakan spon, membuka dan menutup gembok kunci, membuka dan memasangkan kancing baju. Melalui kegiatan diatas sangat bagus dalam melatih motorik halus anak usia dini karna melaui kegiatan bermain tersebut dapat melatih keterampilan otot otot jari tangan anak dengan baik sehingga jari jati anak dapat lebih lentur dan dapat meningkatkan keterampilan motorik halus pada anak

    Program video ini memberikan solusi yang baik dan praktis untuk mengatasi masalah anak yang belum bisa memegang pensil dengan benar. Dengan fokus pada latihan motorik halus secara bertahap dan menyenangkan, program ini berpotensi membantu anak mengembangkan keterampilan yang diperlukan untuk menulis. Namun, penting untuk diingat bahwa setiap anak berbeda dan program ini perlu disesuaikan dengan kebutuhan individu anak. Selain itu, penting untuk mempertimbangkan faktor-faktor lain yang mungkin berkontribusi pada kesulitan anak dan berkonsultasi dengan profesional jika diperlukan.

    Terima kasih

  3. Nama : Fransiska Antjelina Lamalouk
    NIM : 859270835

    Dari video dapat disimpulkan bagaimana cara mengatasi anak yang masih kesulitan dalam memegang pensil dengan benar stimulasi yang diberikan yaitu memindahkan air dari mangkok satu ke mangkok lainya menggunakan spon, membuka dan menutup gembok kunci, membuka dan memasangkan kancing baju. kegiatan yang dilakukan oleh anak sangat membantu dalam melatih motorik halus anak usia dini karena dapat melatih keterampilan otot otot jari tangan anak dengan baik sehingga jari jati anak dapat lebih lentur dan dapat meningkatkan keterampilan motorik halus pada anak.
    Program video ini memberikan solusi yang baik dan praktis untuk mengatasi masalah anak yang belum bisa memegang pensil dengan benar. Dengan fokus pada latihan motorik halus secara bertahap dan menyenangkan, program ini berpotensi membantu anak mengembangkan keterampilan yang diperlukan untuk menulis. Namun, penting untuk diingat bahwa setiap anak berbeda dan program ini perlu disesuaikan dengan kebutuhan individu anak. Selain itu, penting untuk mempertimbangkan faktor-faktor lain yang mungkin berkontribusi pada kesulitan anak dan berkonsultasi dengan profesional jika diperlukan.

    Terima Kasih.

  4. seperti yang kita lihat dalam video pembelajaran di atas, sangat positif dan mendukung pendekatan bertahap melalui stimulasi motorik halus. Guru menekankan bahwa kemampuan memegang pensil memang berkembang secara bertahap sesuai usia dan kesiapan anak, sehingga latihan motorik halus menjadi kunci utama sebelum anak benar-benar siap menulis. Latihan yang dilakukan guru dalam video di atas seperti memindahkan air dengan spons, membuka dan menutup gembok kunci, serta membuka dan memasang kancing baju merupakan contoh stimulasi motorik halus yang sangat efektif. Aktivitas-aktivitas ini melatih otot-otot kecil pada jari dan tangan anak, yang sangat dibutuhkan untuk keterampilan memegang pensil dengan benar. Pendekatan yang dilakukan guru dalam video tersebut sudah sangat tepat. Fokus pada latihan motorik halus dan pemberian stimulasi yang bervariasi akan membantu anak mengembangkan kemampuan memegang pensil secara alami dan bertahap, sesuai dengan perkembangan usianya

  5. Nama: Manzilatur Rohmiah
    NIM: 877598353

    Video ini sangat membantu guru dalam memberikan solusi praktis dan edukatif yang bermanfaat bagi anak, khususnya dalam memberikan pemahaman tentang pentingnya melatih motorik halus melalui kegiatan bermain yang menyenangkan, seperti memindahkan air dengan spons, membuka dan menutup gembok, serta membuka dan memasangkan mur.

  6. Nama : Siti Hawa
    Nim : 2024143545

    Video ini sangat bermanfaat. Saya jadi tahu bahwa sebelum anak bisa memegang pensil, mereka perlu latihan motorik halus dulu. Kegiatan seperti memeras spons atau membuka kancing sangat membantu kekuatan jari anak. Terima kasih Bu Guru sudah berbagi

  7. Nama : Kornelia Rina Witin
    NIM : 859278514

    Analisis video anak belum bisa memegang pensil dengan benar.Dalam video tersebut anak-anak sangat senang ketika guru melakukan tawaran menebalkan garis.Dalam kegiatan tersebut guru memperagakan cara memegang pensil dengan benar dan penjelasannya secara sederhana.Kegiatan ini dapat membantu latihan gerak motorik halus anak dalam hal ini anak dapat melatih kekuatan dan koordinasi jari.Ketika anak yang belum bisa melakukannya guru dapat membantu anak untuk memahami bahwa memegang pensil dengan benar akan mempermudah mereka untuk menulis dan menggambar.

  8. Pada video tersebut diperlihatkan bagaimana cara mengatasi anak yang belum bisa memegang pensil dengan benar,, dan stimulasi yang dilakukan adalah dengan melatih motorik halus anak dengan cara bermain memindahkan air dari mangkuk 1 ke mangkuk yg lain, mengancingkan baju dan bermain
    gembok/ skrup.

Leave a Reply