silahkan klik icon    jika video tidak dapat diputar

Sinopsis

Pada program video ini diperlihatkan bagaimana cara seorang guru mengatasi masalah pada anak yang belum bisa memegang pensil dengan benar. Cara yang dilakukan adalah dengan melatih motorik halus anak secara bertahap. Diantara cara-cara yang dapat dilakukan adalah dengan memindahkan air dari mangkok satu ke mangkok lainya menggunakan spon, membuka dan menutup gembok kunci, membuka dan memasangkan kancing baju.

Badru Zaman

Pada tayangan video tersebut saya tidak bisa  mengatakan kegiatan ini belum terlihat pembuka, isi, dan penutup, karena video ini tdak ditayangkan secara utuh, untuk penggunaan strategi seperti pendekatan, metode, media sudah baik,  evaluasi sudah nampak dalam unjuk kerja anak.

Untuk mengatasi anak yang belum bisa memegang pensil dengan benar, saran saya sebaiknya diawali dengan pengenalan alat (pensil) seperti  jenis-jenis pensil, kegunaan pensil, bahaya pensil kalau tidak digunakan dengan benar dan lain sebagainya.

Contoh untuk pembelajaran pada tayangan video tersebut sudah baik  yang berkenaan dengan cara cara melatih motorik halus anak guna menguatkan jari-jari tangan saat memegang pensil dengan baik dan benar, semakin banyak melatih jari tangan akan semakin baik cara memegang pensilnya.

Drs. Muman Hendra Budiman, M.Pd.

Pada tayangan video tersebut belum terlihat jelas, kegiatan pembuka, isi, dan penutup. Penggunaan strategi seperti pendekatan, metode, media sudah cukup terlihat namun untuk evaluasi belum terlihat. Untuk tingkat perkembangan anak didik belum begitu sesuai karena biasanya kegiatan pada pembelajaran tersebut dilakukan untuk kelompok A atau bila ada kelompok bermain (melatih motorik halus). Untuk pembelajaran pada tayangan video tersebut sudah sesuai dengan kurikulum yang berlaku, yaitu yang berkenaan dengan cara-cara melatih motorik halus anak guna menguatkan tangan saat memegang pensil dengan benar.

Tri Ekowati

Similar Posts

6,754 Comments

  1. Nama : Dea Rini Nur Hajariah
    NIM : 858157308
    Video ini sangat relevan dan bermanfaat untuk guru PAUD karena mengangkat isu penting yaitu pengembangan motorik halus anak, khususnya kemampuan memegang pensil yang merupakan dasar keterampilan menulis. Pendekatan guru yang sabar dan responsif terhadap kebutuhan anak sangat positif, karena memberikan ruang bagi anak untuk belajar tanpa tekanan dan dengan dukungan individual. Penggunaan metode bermain seperti memindahkan air menggunakan spons, membuka kancing, dan bermain plastisin juga baik dalam melatih motorik halus secara menyenangkan dan alami. Suasana kelas yang kondusif dan nyaman juga mendukung anak-anak merasa aman dan termotivasi untuk mencoba, yang merupakan faktor penting dalam keberhasilan pembelajaran usia dini. Namun, ada beberapa hal yang dapat diperbaiki agar hasil pembelajaran lebih optimal, seperti penerapan evaluasi perkembangan yang lebih terstruktur agar guru dapat memantau kemajuan setiap anak secara sistematis dan memberikan intervensi yang tepat waktu. Selain itu, variasi teknik dan media pembelajaran perlu ditingkatkan agar dapat mengakomodasi kebutuhan dan gaya belajar anak yang berbeda-beda. Pelibatan orang tua juga sangat penting, terutama dalam pembelajaran motorik halus yang membutuhkan latihan berkelanjutan di rumah. Dengan melibatkan orang tua secara aktif, proses pembelajaran dapat lebih efektif dan konsisten.
    Secara keseluruhan, video ini memberikan contoh praktik pembelajaran yang baik dan inspiratif, namun perlu pengembangan lebih lanjut pada aspek evaluasi, variasi metode, dan kolaborasi dengan orang tua untuk mendukung perkembangan motorik halus anak secara menyeluruh.
    Terimakasih…

  2. Nama : KAMALA
    NIM : 625970174
    Program video ini menampilkan strategi efektif guru dalam mengatasi anak yang belum bisa memegang pensil dengan benar, yaitu melalui pelatihan motorik halus secara bertahap. Kegiatan seperti memindahkan air dengan spons, membuka kunci, serta memasang dan membuka kancing baju menjadi stimulasi yang menyenangkan dan bermanfaat untuk memperkuat otot-otot jari anak. Pendekatan ini sangat sesuai untuk anak usia dini karena menggabungkan aktivitas bermain dengan pembelajaran keterampilan dasar menulis.

  3. video tentang video tentang anak yang belum bisa memegang pensil, di stimulasi oleh guru dengan bbeberapa permainan, anggtara lain memeras spon, mengancingkan kancing baju, akan mestimulasi anak melalui kelenturan tangan anak dan otot pada anak, untuk menyiapkan anak pra pegang pensil. video inisangat relefan dengan menggabungkan perminn dengan pembelajaran dasar pembelajaranketrampilan menulis

  4. Nama: Indah Melani N.w
    Nim: 857880571
    Menurut saya Video pembelajaran ini sangat menarik dan relevan dengan tantangan yang sering dihadapi guru PAUD, khususnya dalam mengembangkan keterampilan motorik halus anak. menurut saya pendekatan yang dilakukan guru dalam video, yaitu menggunakan aktivitas konkret seperti memindahkan air dengan spons, membuka dan menutup kunci, serta memasang kancing baju. Aktivitas-aktivitas tersebut tidak hanya melatih koordinasi tangan dan jari anak secara bertahap, tetapi juga menyenangkan dan sesuai dengan dunia bermain anak usia dini.di mana anak dilibatkan secara aktif melalui pengalaman langsung. Ini sangat sejalan dengan prinsip pengembangan motorik halus dalam Kurikulum Merdeka dan pendekatan belajar melalui bermain. Dengan memberikan stimulasi yang tepat, guru dapat membantu anak menguasai keterampilan pra-menulis seperti memegang pensil dengan benar.
    Secara keseluruhan, video ini memberikan inspirasi praktik baik yang dapat diterapkan oleh guru-guru PAUD lainnya. Saya merasa video ini dapat menjadi sumber belajar yang bermanfaat, terutama dalam mendukung profesionalisme guru dalam menangani kebutuhan perkembangan setiap anak secara individual.

  5. 【Jawaban】: Untuk mengatasi anak yang belum bisa memegang pensil dengan benar, Anda bisa menggunakan metode berikut:
    1.Mulailah dengan memberikan contoh bagaimana memegang pensil dengan benar.
    2.Berikan dukungan dan bimbingan secara konsisten.
    3.Gunakan alat bantu seperti penjepit pensil.
    4.Berikan pujian dan pengakuan saat anak membuat kemajuan.
    【Penjelasan】: Membantu anak belajar memegang pensil dengan benar adalah bagian penting dari pendidikan motorik mereka. Ini membantu mereka mengembangkan koordinasi mata-tangan dan keterampilan motorik halus. Anda bisa memulai dengan memberikan contoh bagaimana memegang pensil dengan benar, lalu berikan dukungan dan bimbingan secara konsisten. Anda juga bisa menggunakan alat bantu seperti penjepit pensil untuk membantu mereka memegang pensil dengan benar. Selain itu, berikan pujian dan pengakuan saat anak membuat kemajuan. Ini akan memotivasi mereka untuk terus berusaha dan belajar.

  6. Video ini sangat bermanfaat karena memberikan contoh nyata bagaimana melatih keterampilan motorik halus anak yang belum siap menulis. Saya terinspirasi untuk menerapkan kegiatan seperti memindahkan air dengan spons dan membuka kancing baju dalam pembelajaran sehari-hari. Guru tampak sabar, dan pendekatan yang dilakukan bersifat menyenangkan bagi anak. Semoga video semacam ini lebih banyak dibagikan agar kami para guru PAUD bisa terus belajar dari praktik baik di lapangan.

  7. nama : Lusia Gelu Werang
    nim : 859266645

    menurut saya video ini sangat menarik mengatasi anak yang belum bisa memengang pensil dengan benar memerlukan pendekatan yang sabar dan kreatif.stimulasi mengajak anak melakukan aktivitas yang merangsang keterampilan motorik halus seperti memindahkan air dengan spons, membuka dan menutup kunci,serta memasang kancing baju merupakan kegiatan yang menyenangkan bagi anak. dengan pendekatan yang positif dan penuh dukungan, anak akan lebih muda belajar memengang pensil dengan benar.

  8. Nama : Nadia Kudsiah
    NIM : 859941445
    Assalamualaikum..
    Ini adalah salah satu pembelajaran yang cukup menarik dan memberi wawasan,. Dimana pada suatu pembelajaran guru merupakan fasilitator sekaligus pelatih dalam anak mengembangkan kemampuannya.. pada saat pembelajaran, gutu terlihat memberikan tugas menebalkan garis menggunakan pensil, tapi terdapat anak yang belum bisa memegang pensil secara baik, sehingga di perlukan solusi untuk bisa mencapai tahap tersebut yaitu melalui latihan motorik dengan cara meremas spon, dan memegang suatu benda secara fokus, serta tangan dan jari dilatih memutar secara teratur sehingga kelenturan jemari, agar ketika anak memegang pensil, cara memegang sudah mulai benar dan terarah..
    dilihat dari video di atas, guru cukup sigap dalam mencari solusi untuk mengatasi permasalahan di dalam kelas..

  9. Nama : Nadia Kudsiah
    NIM : 859941445
    Assalamualaikum..
    Ini adalah salah satu pembelajaran yang cukup menarik dan memberi wawasan,. Dimana pada suatu pembelajaran guru merupakan fasilitator sekaligus pelatih dalam anak mengembangkan kemampuannya.. pada saat pembelajaran, gutu terlihat memberikan tugas menebalkan garis menggunakan pensil, tapi terdapat anak yang belum bisa memegang pensil secara baik, sehingga di perlukan solusi untuk bisa mencapai tahap tersebut yaitu melalui latihan motorik dengan cara meremas spon, dan memegang suatu benda secara fokus, serta tangan dan jari dilatih memutar secara teratur sehingga kelenturan jemari, agar ketika anak memegang pensil, cara memegang sudah mulai benar dan terarah..
    dilihat dari video di atas, guru cukup sigap dalam mencari solusi untuk mengatasi permasalahan di dalam kelas..
    sehingga guru bukan hanya sebagai pengajar saja, tetapi juga sebagai motivator dalam proses pembelajaran..

  10. nama : Lusia Gelu Werang
    Nim : 859266645

    menurut saya video ini sangat menarik, dengan mengatasi anak yang belum bisa memengang pensil dengan benar memerlukan pendekatan yang sabar dan kreatif. dalam menstimulasi latihan motorik halus dengan mengajak anak melakukan aktivitas yang merangsang keterampilan seperti memindahkan air menggunakan spons, membuka tutup kunci, dan memasangkan kancing baju merupakan pendekatan yang menyenangkan bagi anak. dengan pendekatan yang positif dan penuh dukungan, anak akan lebih mudah belajar memegang pensil dengan benar.

Leave a Reply