silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar
Sinopsis
Pada program video ini diperlihatkan bagaimana cara seorang guru mengatasi masalah pada anak yang belum bisa memegang pensil dengan benar. Cara yang dilakukan adalah dengan melatih motorik halus anak secara bertahap. Diantara cara-cara yang dapat dilakukan adalah dengan memindahkan air dari mangkok satu ke mangkok lainya menggunakan spon, membuka dan menutup gembok kunci, membuka dan memasangkan kancing baju.
Badru Zaman
Pada tayangan video tersebut saya tidak bisa mengatakan kegiatan ini belum terlihat pembuka, isi, dan penutup, karena video ini tdak ditayangkan secara utuh, untuk penggunaan strategi seperti pendekatan, metode, media sudah baik, evaluasi sudah nampak dalam unjuk kerja anak.
Untuk mengatasi anak yang belum bisa memegang pensil dengan benar, saran saya sebaiknya diawali dengan pengenalan alat (pensil) seperti jenis-jenis pensil, kegunaan pensil, bahaya pensil kalau tidak digunakan dengan benar dan lain sebagainya.
Contoh untuk pembelajaran pada tayangan video tersebut sudah baik yang berkenaan dengan cara cara melatih motorik halus anak guna menguatkan jari-jari tangan saat memegang pensil dengan baik dan benar, semakin banyak melatih jari tangan akan semakin baik cara memegang pensilnya.
Drs. Muman Hendra Budiman, M.Pd.
Pada tayangan video tersebut belum terlihat jelas, kegiatan pembuka, isi, dan penutup. Penggunaan strategi seperti pendekatan, metode, media sudah cukup terlihat namun untuk evaluasi belum terlihat. Untuk tingkat perkembangan anak didik belum begitu sesuai karena biasanya kegiatan pada pembelajaran tersebut dilakukan untuk kelompok A atau bila ada kelompok bermain (melatih motorik halus). Untuk pembelajaran pada tayangan video tersebut sudah sesuai dengan kurikulum yang berlaku, yaitu yang berkenaan dengan cara-cara melatih motorik halus anak guna menguatkan tangan saat memegang pensil dengan benar.
Tri Ekowati
NAMA :
NIM. :
Normalitas Variasi: Setiap anak memiliki kecepatan perkembangan motorik halus yang berbeda-beda. Beberapa anak mungkin secara alami lebih cepat menguasai keterampilan ini, sementara yang lain membutuhkan waktu lebih lama.
Fondasi Penting: Kemampuan memegang pensil dengan benar merupakan fondasi penting untuk menulis, menggambar, dan berbagai aktivitas motorik halus lainnya. Oleh karena itu, perhatian dan bimbingan yang tepat sangat diperlukan.
2. Identifikasi Penyebab:
Kelemahan Otot Tangan: Otot-otot kecil di tangan dan jari mungkin belum cukup kuat untuk menopang dan mengontrol pensil dengan baik.
Koordinasi Tangan-Mata yang Belum Matang: Koordinasi antara penglihatan dan gerakan tangan mungkin belum berkembang sepenuhnya, sehingga menyulitkan anak untuk memposisikan jari dengan tepat.
Kurangnya Pengalaman: Anak mungkin belum memiliki cukup pengalaman dalam memegang alat tulis atau melakukan aktivitas lain yang melatih kekuatan dan kelenturan jari.
Kebiasaan yang Terbentuk: Jika anak terbiasa memegang pensil dengan cara yang kurang tepat sejak awal, akan lebih sulit untuk mengubahnya.
3. Dampak Jangka Panjang (Jika Tidak Ditangani):
Selain Menulis: memasukkan pensil yang salah dapat membuat anak cepat lelah saat menulis, menghasilkan tulisan yang kurang rapi, dan bahkan menimbulkan rasa frustrasi terhadap kegiatan menulis.
Perkembangan Motorik Halus Lainnya: Keterampilan motorik halus yang kurang optimal juga dapat mempengaruhi kemampuan anak dalam melakukan aktivitas lain seperti menggunting, mengancingkan baju, atau menggunakan alat makan.
Kepercayaan Diri: Jika anak merasa kesulitan dalam tugas-tugas yang melibatkan menulis atau menggambar dibandingkan teman-temannya, hal ini dapat mempengaruhi kepercayaan dirinya.
Nama : Fiqoh Istighfarin
NIM : 858965101
Video tersebut sangat bermanfaat untuk menunjukkan kepada para pendidik, jika ada salah satu siswa yg kesulitan dalam memegang pensil saat belajar .
Tentunya , sebelum anak-anak diajarkan menulis dg pensil , alahkah baiknya jika anak-anak melakukan aktifitas yg akan membuat otot-otot tangan anak menjadi lebih kuat , seperti aktifitas memindahkan air menggunakan spons dengan cara meremas2 , membuka dan menutup kunci gembok dan memasang dan membuka baut pada mainan, ataupun membuka dan memasang kancing baju.
Aktifitas tersebut dapat dilakukan pendidik terhadap siswa siswinya sebelum kegiatan menulis dilakukan.
Nama: SEPTI WULANDARI
NIM: 836869862
Judul video: Mengatasi Anak yang Belum Bisa Memegang Pensil dengan Benar
Dengan menyimak video tersebut, saya merasa terbantu dalam cara mengatasi anak yang belum bisa memegang pensil dengan benar. Terlebih saya mengampu di kelas A, dimana banyak anak baru yang belum bisa memegang pensil dengan benar. Di video tersebut saya bisa belajar cara melatih motorik halus anak untuk mengencangkan otot-otot tangannya dengan beberapa cara, seperti: memindahkan air menggunakan spon, membuka dan menutup kunci gembok, memutar dan mengencangkan baut, serta memasangkan kancing baju. Terima kasih untuk ilmu yang sudah dibagikan.
Nama: SEPTI WULANDARI NIM: 836869862 Judul video: Mengatasi Anak yang Belum Bisa Memegang Pensil dengan Benar Dengan menyimak video tersebut, saya merasa terbantu dalam cara mengatasi anak yang belum bisa memegang pensil dengan benar. Terlebih lagi saya mengampu di kelas A, dimana banyak anak baru yang belum bisa memegang pensil dengan benar. Di video tersebut saya bisa belajar cara melatih motorik halus anak untuk mengencangkan otot-otot tangan dengan beberapa cara, seperti: menggerakkan air menggunakan spon, membuka dan menutup kunci gembok, memutar dan mengencangkan baut, serta memasangkan kancing baju. Terima kasih untuk ilmu yang sudah diberikan.