silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar
Sinopsis
Program video ini berisi strategi seorang guru Taman Kanak-Kanak dalam mengatasi anak yang takut menangkap bola pada saat kegiatan pengembangan fisik-motorik anak di TK. Strategi yang dilakukan guru tersebut adalah sebagai berikut. Pada tahap awal guru memberikan bola yang terbuat dari kain berbulu dan memberikan pengertian dengan sabar bahwa bola tersebut aman. Langkah selanjutnya anaka diajak meraba bola dengan kedua tangannya agar anak dapat merasakan tekstur bola tersebut. Langkah berikutnya adalah dengan memberikan bola tersebut kepada anak untuk memegang dan memainkannya sendiri secara bebas. Biarkan anak melakukan kegiatan ini beberapa kali. Dan akhirnya secara perlahan guru tersebut mengajari anak melempar bola dengan benar kearah guru atau sebaliknya.
Badru Zaman
Tayangan video tersebut sudah bagus. Beberapa hal yang perlu saya sampaikan berkaitan dengan solusi mengatasi anak yang masih takut ketika menangkap bola dalam video tersebut diantaranya:
- Tayangan video pembelajaran tersebut tidak secara lengkap/utuh merekam dari awal pembelajaran, sehingga tidak bisa saya ketahui bagaimana guru/pengasuh menyiapkan kegiatan awal (menyiapkan, presensi, berdoa, stretching, dst). Barangkali memang yang menjadi fokus video tersebut langsung pada solusinya.
- Strategi dan media sudah baik, hanya sebagai masukan dan alternatif untuk menumbuhkan keberanian dan kemampuan anak;
- Formasi anak-anak dapat diatur berhadapan media bola kain/kertas yang lembut/bola plastik yang ringan dengan ukuran yang lebih kecil sehingga anak dapat menangkap dan melempar bola dengan baik.
- Formasi anak dapat bervariasi misal anak membentuk lingkaran terdiri dari 5-6 anak dengan jarak1 meter, 1-2 bola untuk diberikan pada teman sebelahnya secara bersambung sehingga seolah bola tersebut berjalan berputar mengelilingi lingkaran anak-anak. Pengalaman sukses harus menjadi perhatian agar anak merasa percaya diri bahwa dia mampu melakukannya (menangkap maupun melempar), sekaligus sebagai sarana menumbuhkan keberanian . Jarak antar pasangan diatur dari tingkat yang pendek sampai dengan jarak yang kita inginkan sesuai tingkat kemampuan dan perkembangan anak.
- Media bola dapat diganti yang lebih besar jika tahapan pertama (bola yang lebih kecil sudah tidak merasa takut ketika menangkapnya/melemparkannya. Pada akhirnya anak akan berani dan mampu melempar dan menangkap bola sesungguhnya dengan catatan media disesuaikan dengan kekuatan otot, tingkat pertumbuhan dan perkembangan anak
Triyono, M.Pd.
Video ini memberi gambaran yang nyata tentang pengembangan motoric kasar khususnya saat kegiatan melempar dan menangkap bola. Urutan langkah kegiatannya cukup mudah dipahami dan mudah diterapkan. Selain itu strategi yang digunakan guru sesuai dengan tingakatan usia anak. Selain itu cara penyampaian guru dalam video juga cukup atraktif sehingga anak-anak tampak antusias dan tujuan pembelajarannya (menumbuhkan keberanian anak menangkap bola) juga dapat tercapai secara jelas. Video ini menginspirasi saya untuk belajar dan terus belajar agar kemampuan saya sebagai guru semakin meningkat.
Satriasih
Strategi yang dilakukan oleh guru di video penanganan pada anak yang takut menangkap bola di atas sangat bagus dan menginspirasi bagi guru PAUD. Langkah-langkahnya dilakukan secara terarah, teratur dan sesuai dengan kebutuhan anak tersebut. Guru berhasil meyakinkan anak bahwa tidak ada yang perlu ditakutkan, kita harus melawan ketakutan itu agar kita dapat mencapai suatu kesuksesan.
Nama : Sri Wahyu Kusnawangsih
Nim : 857994511
Strategi yang dilakukan guru untuk mengembangkan kemampuan fisik motorik dapat kita contoh dan kita implementasikan dalam kasus-kasus serupa yang ada pada proses pembelajaran di lembaga.
Nama Gusila Wati Nim 877597161
Dalam video “Mengatasi Anak yang Takut Menangkap Bola” di Guru Pintar Online, beberapa pelajaran yang dapat diambil adalah:
1. Pentingnya mengatasi ketakutan dan kecemasan pada anak-anak
2. Pentingnya mempromosikan aktivitas fisik dan olahraga pada anak-anak
3. Pentingnya memahami dan menghormati perasaan dan kebutuhan anak-anak
4. Pentingnya berkomunikasi secara efektif dengan orang tua dan orang dewasa lainnya
5. Pentingnya menciptakan lingkungan belajar yang positif dan inklusif
Secara keseluruhan, video ini menunjukkan bahwa mengatasi ketakutan dan kecemasan pada anak-anak, mempromosikan aktivitas fisik dan olahraga pada anak-anak, memahami dan mengati perasaan dan kebutuhan anak-anak, berkomunikasi secara efektif dengan orang tua dan orang dewasa lainnya, dan menciptakan lingkungan belajar yang positif dan inklusif adalah semua keterampilan penting bagi guru PAUD.
Dalam video “Mengatasi Anak yang Takut Menangkap Bola” di Guru Pintar Online, beberapa pelajaran yang dapat diambil adalah:
1. Pentingnya mengatasi ketakutan dan kecemasan pada anak-anak
2. Pentingnya mempromosikan aktivitas fisik dan olahraga pada anak-anak
3. Pentingnya memahami dan menghormati perasaan dan kebutuhan anak-anak
4. Pentingnya berkomunikasi secara efektif dengan orang tua dan orang dewasa lainnya
5. Pentingnya menciptakan lingkungan belajar yang positif dan inklusif
Secara keseluruhan, video ini menunjukkan bahwa mengatasi ketakutan dan kecemasan pada anak-anak, mempromosikan aktivitas fisik dan olahraga pada anak-anak, memahami dan mengati perasaan dan kebutuhan anak-anak, berkomunikasi secara efektif dengan orang tua dan orang dewasa lainnya, dan menciptakan lingkungan belajar yang positif dan inklusif adalah semua keterampilan penting bagi guru PAUD.
Nama Gusila Wati
Nim 877597161
Dalam video “Mengatasi Anak yang Takut Menangkap Bola” di Guru Pintar Online, beberapa pelajaran yang dapat diambil adalah:
1. Pentingnya mengatasi ketakutan dan kecemasan pada anak-anak: Video ini menunjukkan bagaimana guru dapat membantu anak-anak mengatasi ketakutan dan kecemasan mereka dengan cara yang positif dan inklusif. Ini menunjukkan bahwa mengatasi ketakutan dan kecemasan pada anak-anak dapat membantu mereka mengembangkan kepercayaan diri dan keterampilan sosial mereka.
2. Pentingnya mempromosikan aktivitas fisik dan olahraga pada anak-anak: Video ini menunjukkan bagaimana guru dapat mempromosikan aktivitas fisik dan olahraga pada anak-anak dengan cara yang menyenangkan dan menarik. Ini menunjukkan bahwa mempromosikan aktivitas fisik dan olahraga pada anak-anak dapat membantu mereka mengembangkan keterampilan motorik dan kesehatan mereka.
3. Pentingnya memahami dan menghormati perasaan dan kebutuhan anak-anak: Video ini menunjukkan bagaimana guru dapat memahami dan menghormati perasaan dan kebutuhan anak-anak dengan cara yang empatik dan inklusif. Ini menunjukkan bahwa memahami dan menghormati perasaan dan kebutuhan anak-anak dapat membantu mereka mengembangkan keterampilan emosional dan sosial mereka.
4. Pentingnya berkomunikasi secara efektif dengan orang tua dan orang dewasa lainnya: Video ini menunjukkan bagaimana guru dapat berkomunikasi secara efektif dengan orang tua dan orang dewasa lainnya untuk memastikan bahwa kebutuhan anak-anak mereka terpenuhi. Ini menunjukkan bahwa berkomunikasi secara efektif dengan orang tua dan orang dewasa lainnya dapat membantu mereka mengembangkan keterampilan interpersonal dan keterampilan komunikasi mereka.
5. Pentingnya menciptakan lingkungan belajar yang positif dan inklusif: Video ini menunjukkan bagaimana guru dapat menciptakan lingkungan belajar yang positif dan inklusif untuk anak-anak. Ini menunjukkan bahwa menciptakan lingkungan belajar yang positif dan inklusif dapat membantu anak-anak mengembangkan keterampilan sosial dan emosional mereka.
Secara keseluruhan, video ini menunjukkan bahwa mengatasi ketakutan dan kecemasan pada anak-anak, mempromosikan aktivitas fisik dan olahraga pada anak-anak, memahami dan mengati perasaan dan kebutuhan anak-anak, berkomunikasi secara efektif dengan orang tua dan orang dewasa lainnya, dan menciptakan lingkungan belajar yang positif dan inklusif adalah semua keterampilan penting bagi guru PAUD.
Nama Gusila Wati Nim 877597161
Dalam video “Mengatasi Anak yang Takut Menangkap Bola” di Guru Pintar Online, beberapa pelajaran yang dapat diambil adalah:
1. Pentingnya mengatasi ketakutan dan kecemasan pada anak-anak: Video ini menunjukkan bagaimana guru dapat membantu anak-anak mengatasi ketakutan dan kecemasan mereka dengan cara yang positif dan inklusif. Ini menunjukkan bahwa mengatasi ketakutan dan kecemasan pada anak-anak dapat membantu mereka mengembangkan kepercayaan diri dan keterampilan sosial mereka.
2. Pentingnya mempromosikan aktivitas fisik dan olahraga pada anak-anak: Video ini menunjukkan bagaimana guru dapat mempromosikan aktivitas fisik dan olahraga pada anak-anak dengan cara yang menyenangkan dan menarik. Ini menunjukkan bahwa mempromosikan aktivitas fisik dan olahraga pada anak-anak dapat membantu mereka mengembangkan keterampilan motorik dan kesehatan mereka.
3. Pentingnya memahami dan menghormati perasaan dan kebutuhan anak-anak: Video ini menunjukkan bagaimana guru dapat memahami dan menghormati perasaan dan kebutuhan anak-anak dengan cara yang empatik dan inklusif. Ini menunjukkan bahwa memahami dan menghormati perasaan dan kebutuhan anak-anak dapat membantu mereka mengembangkan keterampilan emosional dan sosial mereka.
4. Pentingnya berkomunikasi secara efektif dengan orang tua dan orang dewasa lainnya: Video ini menunjukkan bagaimana guru dapat berkomunikasi secara efektif dengan orang tua dan orang dewasa lainnya untuk memastikan bahwa kebutuhan anak-anak mereka terpenuhi. Ini menunjukkan bahwa berkomunikasi secara efektif dengan orang tua dan orang dewasa lainnya dapat membantu mereka mengembangkan keterampilan interpersonal dan keterampilan komunikasi mereka.
5. Pentingnya menciptakan lingkungan belajar yang positif dan inklusif: Video ini menunjukkan bagaimana guru dapat menciptakan lingkungan belajar yang positif dan inklusif untuk anak-anak. Ini menunjukkan bahwa menciptakan lingkungan belajar yang positif dan inklusif dapat membantu anak-anak mengembangkan keterampilan sosial dan emosional mereka.
Secara keseluruhan, video ini menunjukkan bahwa mengatasi ketakutan dan kecemasan pada anak-anak, mempromosikan aktivitas fisik dan olahraga pada anak-anak, memahami dan mengati perasaan dan kebutuhan anak-anak, berkomunikasi secara efektif dengan orang tua dan orang dewasa lainnya, dan menciptakan lingkungan belajar yang positif dan inklusif adalah semua keterampilan penting bagi guru PAUD.
Dalam video di atas strategi yang dilakukan guru untuk mengatasi anak yang takut menangkap bola saat kegiatan sangat bagus, guru dapat mengatasi ketakutan anak dengan tenang dan sabar, guru mendampingi anak dan memberi pengertian yang dapat diterima anak, guru juga meyakinkan anak bahwa bola itu aman dan tidak membahayakan anak, selain itu guru juga dengan sabar membimbing anak untuk berlatih secara perlahan -lahan sampai anak itu mau melempar dan menangkap bola dan berhasil melempar dan menangkap bola dengan baik.
NAMA: SALSABILAH UMAROH RAMADHANI
NIM: 858462732
UPBJJ: SAMARINDA
Dalam video di atas strategi yang dilakukan guru dalam mengatasi anak yang takut menangkap bola saat kegiatan sangat bagus, guru dapat mengatasi ketakutan pada anak dengan tenang dan sabar, guru mendampingi anak dan memberi pengertian yang dapat diterima anak, guru juga dapat meyakinkan anak bahwa bola itu aman dan tidak membahayakan anak, selain itu guru juga dengan sabar membimbing anak untuk berlatih secara perlahan -lahan sampai anak itu mau melempar dan menangkap bola dan berhasil melempar dan menangkap bola dengan baik.
Berikut terdapat beberapa pelajaran dan strategi yang dapat diambil oleh seorang guru PAUD sesuai dengan video “Mengatasi Anak yang Takut Menangkap Bola” di Guru Pintar Online:
– Pentingnya mengatasi ketakutan dan kecemasan pada anak-anak: Video ini menunjukkan bagaimana guru dapat membantu anak-anak mengatasi ketakutan dan kecemasan mereka dengan cara yang positif dan inklusif. Ini menunjukkan bahwa mengatasi ketakutan dan kecemasan pada anak-anak dapat membantu mereka mengembangkan kepercayaan diri dan keterampilan sosial mereka.
– Pentingnya memahami dan menghormati perasaan dan kebutuhan anak-anak: Video ini menunjukkan bagaimana guru dapat memahami dan menghormati perasaan dan kebutuhan anak-anak dengan cara yang empatik dan inklusif. Ini menunjukkan bahwa memahami dan menghormati perasaan dan kebutuhan anak-anak dapat membantu mereka mengembangkan keterampilan emosional dan sosial mereka.
– Pentingnya mempromosikan aktivitas fisik dan olahraga pada anak-anak: Video ini menunjukkan bagaimana guru dapat mempromosikan aktivitas fisik dan olahraga pada anak-anak dengan cara yang menyenangkan dan menarik. Ini menunjukkan bahwa mempromosikan aktivitas fisik dan olahraga pada anak-anak dapat membantu mereka mengembangkan keterampilan motorik dan kesehatan mereka.
– Pentingnya menciptakan lingkungan belajar yang positif dan inklusif: Video ini menunjukkan bagaimana guru dapat menciptakan lingkungan belajar yang positif dan inklusif untuk anak-anak. Ini menunjukkan bahwa menciptakan lingkungan belajar yang positif dan inklusif dapat membantu anak-anak mengembangkan keterampilan sosial dan emosional mereka.
– Pentingnya berkomunikasi secara efektif dengan orang tua dan orang dewasa lainnya: Video ini menunjukkan bagaimana guru dapat berkomunikasi secara efektif dengan orang tua dan orang dewasa lainnya untuk memastikan bahwa kebutuhan anak-anak mereka terpenuhi. Ini menunjukkan bahwa berkomunikasi secara efektif dengan orang tua dan orang dewasa lainnya dapat membantu mereka mengembangkan keterampilan interpersonal dan keterampilan komunikasi mereka.
Secara keseluruhan, video tersebut menunjukkan cara dalam mengatasi ketakutan dan kecemasan pada anak-anak, memahami dan mengamati perasaan dan kebutuhan anak-anak, mempromosikan aktivitas fisik dan olahraga pada anak-anak, berkomunikasi secara efektif dengan orang tua dan orang dewasa lainnya, dan menciptakan lingkungan belajar yang positif dan inklusif adalah semua keterampilan penting bagi guru PAUD.
Assalamu’alaikum wr wb
Nama : Siti Rohmah
NIM : 857856018
Vidio ini berisi strategi guru dalam mengatasi anak yang takut menangkap bola pada kegiatan fisik motorik. Pada tahap awal guru memberikan bola yang terbuat dari kain berbulu dan memberikan pengertian dengan sabar bahwa bola tersebut aman. Selanjutnya anak diajak meraba bola dengan kedua tangan agar anak dapat merasakan tekstur bola tersebut. Selanjutnya dengan memberikan bola kepada anak untuk memegang dan memainkannya sendiri. Biarkan dilakukan beberapa kali. Dan akhirnya secara perlahan guru tarsebut mengajari anak melempar bola dengan benar.
Dalam video tersebut menjadi guru terutama PAUD harus memiliki kecakapan dalam memahami pesera didik, mampu mendekati peserat didik, membimbingnya dengan sabar. Video tersebut sangat bermanfaat unutk menstimulasi anak didik dengan kasusa yang sama.