silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar
Sinopsis
Program ini menggambarkan kesulitan guru kelas V SD dalam mengajarkan peristiwa Perang Diponegoro secara bermakna kepada siswa. Ketika siswa diminta untuk mencatat hal-hal yang dijelaskan guru, siswa kebingungan untuk mencatatnya. Anak-anak diminta untuk mengingat sesuatu atau menghafal sesuatu yang terjadi pada masa lalu, tanpa mengaitkannya dengan masa sekarang. Solusi yang dapat dilakukan untuk mengatasi masalah tersebut adalah mengajarkan masa lalu, dapat dilakukan dengan cara:
- Mengaitkan masa lalu dengan masa sekarang,
- Analog kesamaan atau perbedaannya,
- Humor dapat membantu siswa untuk mengingat.
Cecep Kuatandi
–
–
Konten video tersebut hanya menampilkan guru membuka pelajaran tanpa melalui apersepsi. Sebaiknya ditambahkan bagaimana guru membuka pelajaran dengan apersepsi kepada siswa terlebih dahulu. Hal ini dapat menjadi inspirasi bagi pengunjung, Guru telah menggunakan pendekatan saintifik walaupun tidak sepenuhnya ditampilkan, Solusi pada konten video dapat diterapkan pada berbagai tingkat perkembangan peserta baik kelas bawah maupun kelas atas. Tetapi pada akhir video yang ada beberapa hal yang hanya tepat digunakan pada kelas atas (frame 03.15), Konten video telah sesuai dengan kurikulum nasioanl (kurikulum 2013), Konten video perlu ditambahkan langkah yang tepat ketika guru membimbing siswa kelas bawah atau atas ketika melakukan eksperimen.
Anugerah Putro Setiyo Wibowo, S.S
Nama : Andini Novia Saputri
NIM : 857023395
Pokjar : Metro
UPBJJ : Bandar Lampung
Menurut pandangan saya setelah melihat video ini memang seharusnya seorang guru mempunyai perencanaan pembelajaran dan harus sebaik mungkin memenejemen waktu seperti contohnya awalan guru bertemu siswa/siswi untuk memberi ice breaking sesingkat mungkin dan guru cepat dalam melalukan persiapan alat-alat peraga, agar siswa/siswi tidak bosan dan tidak memakan waktu untuk mendapatkan materi tersebut.
nama : Reni Purnama Sari
nim : 856278143
UPBJJ UT .Padang (FKIP)
* Masalah yang ditemukan
1. Alat peraga yang kurang menarik
2. Waktu yang terlalu lama untuk menyiapkan alat
3. Kurangnya minat untuk belajar
*Penyebab
1. Guru tidak dapat mengexplorasi pembelajaran
2. Anak melakukan hal yang sesuai dengan kehendak sendiri
3. Anak menjadi bosan dan lesu, sehingga tidak semangat untuk melakukan pembelajaran
*Solusi
1. Adanya perencanaan pembelajaran dan bisa mengevaluasi waktu yang tepat dalam RPP
2. Guru juga berperan membantu menyiapkan perlengkapan alat tulis siswa
3. Membuat pembelajaran yang menarik minat anak
Assalamualaikum.
Nama: Litta Munawaroh
Setelah saya menonton video tersebut
Hal yang paling penting dalam mengefektifkan waktu saat proses pembelajaran ketika penggunaan alat peraga adalah sebaiknya sebelum penggunaan alat peraga maka guru seharusnya menyiapkan trlebih dahulu alat peraga sebelum proses pembelajaran. Dan melihat sebagian video tersebut kurangnya membangunj suasana yang menyenangkan bagi peserta didik dan penggunaan media alat peraga yang kurang di minati oleh peserta didik.
nama : Fitri wijayanti
nim : 859537816
pokjar : Salut Gemilang Rumbia
UPBJJ : Bandar Lampung
dari hasil pengamatan video diatas menurut saya,
1. kelemahannya adalah guru belum melakukan kegiatan awal pembelajaran seperti apersepsi, jika sudah selesai maka dilanjutkan dengan kegiatan inti, selanjutnya guru kurang mepersiapakan materi ajar atau dan terlalu lama mempersiapan alat untuk melaksanakan praktikum, sehingga peserta didik merasa mulai bosan, dan banyak yang bermain sendiri.
2. kelebihannya adalah guru menggunaknan bahan ajar seperti alat untuk paktik ipa agar peserta didik lebih bisa memahami pembelajaran dengan baik.
selanjutnya adalah untuk solusinya sebaiknya seorang guru mempersiapakan bahan ajar, atau materi terlebih dahulu supaya pada saat pelaksanaan pemeblajaran agar dapat berjalan dengan lancar.
Nama : ANDI
NIM : 858189382
UPBJJ : Palangkaraya
Pokjar : Sampit
Setelah menyimak Vidio tersebut, saya sadar akan pentingnya perencanaan yang matang sebelum memulai pembelajaran, dengan adanya perencanaan juga menjadi sebagai acuan bagi kita untuk melaksanakan kegiatan belajar mengajar agar lebih terarah dan berjalan secara efektif dan efisien. dengan perencanaan kita bisa mengatur metode yang mana yang pas untuk memberikan materi yang ingin kita sampaiakan ke anak didik kita, dan dengan adanya perencanaan akan mempermudah kita dalam menyiapkan pembelajaran.
Nama : ANDI
NIM : 858189382
UPBJJ UT: Palangkaraya
Pokjar : Sampit
Setelah menonton dan menyimak video pembelajaran di atas, ada beberapa hal yang tentunya harus diperhatikan dan dipersiapkan oleh seorang guru, yaitu
pentingnya perencanaan yang matang sebelum memulai pembelajaran:
1.Pengelolaan waktu yang baik membantu memastikan bahwa semua materi dapat disampaikan dengan efektif, dan siswa memiliki cukup waktu untuk memahami dan mencerna informasi.
2.Sebelum kelas dimulai, pastikan semua alat peraga sudah siap dan berfungsi dengan baik. Ini mengurangi waktu yang terbuang untuk menyiapkan alat saat pelajaran berlangsung.
3.Buat rencana pelajaran yang terstruktur, termasuk langkah-langkah penggunaan alat peraga. Tentukan waktu yang tepat untuk setiap aktivitas
Asaalamualaikum Wr.Wb.
Izin mengomentari video pembelajaran tentang “Mengefektifkan Waktu Pada Saat Menggunakan Alat Peraga Pada Mata Pelajaran IPA SD”.
Nama : Erlangga Diar Rizky Alfashya
NIM : 855717022
Pokjar : Sidomulyo
UPBJJ : Bandar Lampung
Setelah menonton dan menyimak video tersebut, saya jadi memahami kenapa penggunaan alat peraga dalam pembelajaran IPA sangat penting untuk membantu siswa memahami konsep yang abstrak melalui visualisasi konkret (konsep abstrak atau sulit dipahami dalam bentuk yang nyata atau mudah dilihat dan dipahami oleh siswa). Selain meningkatkan pemahaman dan interaksi, manajemen waktu yang baik juga diperlukan agar penggunaan alat peraga tetap efektif dan sesuai dengan durasi pembelajaran, sehingga proses belajar berjalan lancar dan efisien. Terima kasih..
Nama : Sri Irawati
NIM : 814615497
Penggunaan alat peraga sebagai media pembelajaran saat proses praktikum sering kali menjadi tidak efektif apabila waktu yang diperlukan untuk menyiapkan dan mengoperasikan alat tersebut memakan waktu yang lama, sehingga mengurangi durasi yang seharusnya digunakan untuk kegiatan praktikum itu sendiri. Kondisi ini dapat mengakibatkan peserta didik kehilangan fokus atau bahkan tidak mendapatkan pemahaman maksimal dari materi yang dipelajari. Selain itu, jika alat peraga kurang efisien dalam penyampaian konsep, maka proses belajar tidak berjalan optimal, dan tujuan pembelajaran tidak tercapai sesuai yang diharapkan.
Nama : EXKY WIJI DWIHERYASIH
NIM : 855723818
Judul video yang ditonton : “Mengefektifkan Waktu Pada Saat Menggunakan Alat Peraga Pada Mata Pelajaran IPA SD”
Dari video yang saya tonton saya akan memberikan pendapat yaitu :
1. Masalah yang ditemukan : penggunaan alat peraga yang kurang menarik dan guru menggunakan waktu yang terlalu lama untuk menyiapkan alat.
2. Solusi yang saya sarankan : Guru melakukan perencanaan pembelajaran, bisa mengevaluasi waktu yang tepat dalam RPP dan Guru juga berperan membantu menyiapkan perlengkapan alat tulis siswa
Nama: Eka Purwaningsih
NIM : 855795929
UPBJJ : Bandar Lampung
Pokjar : Seputih Agung.
Assalamu’alaikum wrwb,
Mohon izin untuk menanggapi video pembelajaran diatas.
menurut pendapat saya setelah melihat video tentang Mengefektifkan Waktu Pada Saat Menggunakan Alat Peraga Pada Mata Pelajaran IPA SD kurang baik, hal ini terlihat dari:
1. Kesiapan guru dalam mengajar kurang baik, hal ini terlihat dari waktu guru mempersiapkan alat peraga
2. Manajemen waktu kurang baik, terlihat dari habisnya waktu yang ada hanya untuk mempersiapkan alat peraga.
3. Guru tidak melibatkan siswa untuk lebih aktif dalam pembelajaran, hal ini terlihat dari tidak adanya keterlibatan siswa dalam mempersiapkan alat peraga, sehingga pembelajaran menjadi tidak menarik.
Saran
1. Guru perlu melakukan perencanaan pembelajaran, dengan menyiapkan RPP ataupun Modul Ajar serta alat peraga yang dibutuhkan
2. Guru dapat melibatkan siswa dalam menyiapkan alat peraga yang akan digunakan dalam pembelajaran (Dengan mengenalkan secara langsung alat peraga yang akan digunakan)
3. Manajemen waktu perlu diperhatikan supaya apa yang akan disampaikan dalam pembelajaran tercapai (Kegiatan Pendahuluan, Inti dan Penutup)
4. Siswa dilibatkan dalam setiap sesi pembelajaran serta sesekali di berikan ice breaking supaya pembelajaran lebih menarik)