silahkan klik icon    jika video tidak dapat diputar

Sinopsis

Program ini menggambarkan kesulitan guru kelas V SD dalam mengajarkan peristiwa Perang Diponegoro secara bermakna kepada siswa. Ketika siswa diminta untuk mencatat hal-hal yang dijelaskan guru, siswa kebingungan untuk mencatatnya. Anak-anak diminta untuk mengingat sesuatu atau menghafal sesuatu yang terjadi pada masa lalu, tanpa mengaitkannya dengan masa sekarang. Solusi yang dapat dilakukan untuk mengatasi masalah tersebut adalah mengajarkan masa lalu, dapat dilakukan dengan cara:

  1. Mengaitkan masa lalu dengan masa sekarang,
  2. Analog kesamaan atau perbedaannya,
  3. Humor dapat membantu siswa untuk mengingat.

Cecep Kuatandi

Konten video tersebut hanya menampilkan guru membuka pelajaran tanpa melalui apersepsi. Sebaiknya ditambahkan bagaimana guru membuka pelajaran dengan apersepsi kepada siswa terlebih dahulu. Hal ini dapat menjadi inspirasi bagi pengunjung, Guru telah menggunakan pendekatan saintifik walaupun tidak sepenuhnya ditampilkan, Solusi pada konten video dapat diterapkan pada berbagai tingkat perkembangan peserta baik kelas bawah maupun kelas atas. Tetapi pada akhir video yang ada beberapa hal yang hanya tepat digunakan pada kelas atas (frame 03.15), Konten video telah sesuai dengan kurikulum nasioanl (kurikulum 2013), Konten video perlu ditambahkan langkah yang tepat ketika guru membimbing siswa kelas bawah atau atas ketika melakukan eksperimen.

Anugerah Putro Setiyo Wibowo, S.S

Similar Posts

221 Comments

  1. Nama: Chairun Nisa
    Nim: 855854413
    Setelah saya melihat video tersebut saya melihat kelemahan dan kelebihan serta perbaikan yang dapat dilakukan:

    1. kelemahannya adalah guru belum melakukan kegiatan awal pembelajaran seperti apersepsi, jika sudah selesai maka dilanjutkan dengan kegiatan inti, selanjutnya guru kurang mepersiapakan materi ajar atau dan terlalu lama mempersiapan alat untuk melaksanakan praktikum, sehingga peserta didik merasa mulai bosan, dan banyak yang bermain sendiri.
    2. kelebihannya adalah guru menggunaknan bahan ajar seperti alat untuk paktik ipa agar peserta didik lebih bisa memahami pembelajaran dengan baik.
    selanjutnya adalah untuk solusinya sebaiknya seorang guru mempersiapakan bahan ajar, atau materi terlebih dahulu supaya pada saat pelaksanaan pemeblajaran agar dapat berjalan dengan lancar.

Leave a Reply