silahkan klik icon    jika video tidak dapat diputar

Sinopsis

Program ini menggambarkan kesulitan guru kelas V SD dalam mengajarkan peristiwa Perang Diponegoro secara bermakna kepada siswa. Ketika siswa diminta untuk mencatat hal-hal yang dijelaskan guru, siswa kebingungan untuk mencatatnya. Anak-anak diminta untuk mengingat sesuatu atau menghafal sesuatu yang terjadi pada masa lalu, tanpa mengaitkannya dengan masa sekarang. Solusi yang dapat dilakukan untuk mengatasi masalah tersebut adalah mengajarkan masa lalu, dapat dilakukan dengan cara:

  1. Mengaitkan masa lalu dengan masa sekarang,
  2. Analog kesamaan atau perbedaannya,
  3. Humor dapat membantu siswa untuk mengingat.

Cecep Kuatandi

Konten video tersebut hanya menampilkan guru membuka pelajaran tanpa melalui apersepsi. Sebaiknya ditambahkan bagaimana guru membuka pelajaran dengan apersepsi kepada siswa terlebih dahulu. Hal ini dapat menjadi inspirasi bagi pengunjung, Guru telah menggunakan pendekatan saintifik walaupun tidak sepenuhnya ditampilkan, Solusi pada konten video dapat diterapkan pada berbagai tingkat perkembangan peserta baik kelas bawah maupun kelas atas. Tetapi pada akhir video yang ada beberapa hal yang hanya tepat digunakan pada kelas atas (frame 03.15), Konten video telah sesuai dengan kurikulum nasioanl (kurikulum 2013), Konten video perlu ditambahkan langkah yang tepat ketika guru membimbing siswa kelas bawah atau atas ketika melakukan eksperimen.

Anugerah Putro Setiyo Wibowo, S.S

Similar Posts

192 Comments

  1. Nama : Sri Rusitawati
    Nim : 856949237
    Program Studi : S1 PGSD

    Setelah saya melihat video tersebut dapat disimpulkan bahwa
    1. Penyebab permasalahan dalam video di GPO tersebut dimana (a) guru tersebut kurang mempersiapkan perencanaan pembelajaran sehingga dalam proses pembelajaran tidak berjalan dengan lancar, terlihat pada belum terlaksananya kegiatan pratikum. (b) guru tersebut dalam penggunaan alokasi waktu kurang tepat, terlihat dari terlalu lamanya guru tersebut dalam menyiapkan pelatan pratikum hingga bel pergantian pelajaran telah berbunyi dan pelaksanaan pratikum belum dilakukan padahal siswa sudah siap dalam menerima pelajaran. (c) Guru tidak memberikan pengarahan serta meminta siswa untuk membuka LKS sebelum melakukan pratikum di kelas dan tidak memberikan rincian tugas dalam pelaksanaan pratikum. (d) guru tidak berperan dalam membimbing siswa menulis, menganalisis, dan menyimpulkan data yang diperoleh dari proses eksperimen.
    2. Alternatif dalam pemecahan masalah berdasarkan video di GPO tersebut adalah guru hendaknya memiliki perencanaan pembelajaran yang tepat. Adanya perencanaan pembelajaran merupakan suatu hal yang sangat penting dalam pembelajaran. Guru diharapkan mampu mengestimasi alokasi waktu yang tepat dalam RPP baik dari kegiatan pembukaan, kegiatan inti, dan kegiatan penutup.
    3. Tujuan penelitian dari video di GPO tersebut adalah agar dalam proses pembelajaran dapat berjalan dengan lancar dan tepat dalam penggunaan waktu.

  2. Assalamualaikum izin menyampaikan pendapat mengenai tayangan video diatas mengenai “Bagaimana cara agar pembelajaran berjalan lancar dalam pengelolaan waktu”.
    Saya Yeni Oktafiana Jayanti
    Nim : 859504477
    Guru seharusnya datang ke kelas 10 menit lebih awal untuk mempersiapkan alat peraga yang akan ditampilkan dalam pembelajaran IPA sehingga tidak menghabiskan banyak waktu.
    Pada saat awal pembelajaram guru tidak memberikan apersepsi yang menarik perhatian siswa sehingga siswa tidak terfokus kepada guru.
    Selain menggunakan alat/ media pembelajaran, di imbangi juga dengan pemilihan metode pembelajaran yang akurat. Dengan melakukan perencanaan pembelajaran maka guru dapat mengestimasi alokasi waktu pembukaan, inti dan penutup.
    Kemudian ditengah-tengah pembelajaran guru tidak menyampaikan rincian materi secara lengkap sehingga siswa acuh dan asik dengan dunia sendiri.

  3. nama : sella novita dewi
    nim : 856031519

    dari video yang telah saya lihat,dapat di analisis bahwa ketika pembelajaran berlangsung guru menyampaikan materi yang akan di bahas dan kemudian guru menyiapkan alat/media yang akan digunakan,tetapi guru terlalu lama dalam menyiapkan tersebut sehingga bel istirahat berbunyi dan materi pembelajaran tidak tercapai
    solusinya adalah ketika guru akan mengajar di kelas seharusnya guru terlebih dahulu menyiapkan bahan ajar atau media yang akan digunakan pada saat praktikum berlangsung sehingga menghemat waktu

  4. Nama : Moh. Chusni Ma’arif
    NIM : 858742823
    Prodi : S1 PGSD (BI)

    Penggunaan alat peraga pada mata pelajaran IPA harus bisa memanfaatkan waktu agar berjalan dengan baik. Sebelum menerapkan alat peraga guru harus bisa melakukan perencanaan dengan baik, agar tidak menghabiskan waktu. guru juga harus bisa memberikan penjelasan tentang materi yang akan dijelaskan agar tidak membuang waktu untuk menerapkan alat peraga. untuk mengefektifkan waktu pada saat menggunakan alat peraga pada mata pelajaran IPA adalah dengan melakukan perencanaan yang matang dan melakukan penjelasan materi oksebelumnya.

    Terima Kasih.

  5. Nama:Novida Indriyani
    NIM :858924073
    Program Study :S1-PGSD
    Assalamualiakum…
    setelah saya melihat dan mengamati vidio pembelajaran IPA tadi adanya kurang persiapan bagi pendidik diantaranya:
    1).sebagai pendidik kita harus terlebih dahulu menyiapkan baham ajar sesuai Rencana Pembelajran sehingga materi dapat tercapai tujuan pembelajaran
    2).Ada alat peraga atau media yang sudah siap .pada vidio tersebut sudah ada media nya akan tetapi belum maksimal atau kurang dalam persiapannya sehingga tidak efektif bahkan sampai waktu habis.jadi jika ada praktik seharusnya juga ada pengalokasian waktu.
    3). ketika kegiatan praktikum seharusnya melibatkan siswa sehingga siswa ikut serta dalam eksperimen tersebut dan tidak hanya sebgai penonton saja.

  6. Nama : PEBRI ANGRAENI
    NIM : 858651074
    Prodi : PGSD

    Setelah mengamati video diatas,, dengan metode ceramah yang digunakan oleh guru tetapi guru interaktif kepada siswa, juga ditambah dengan media ajar konkret dapat membantu siswa dalam memahami materi pembelajaran. Dengan menggunakan akan media ajar siswa juga lebih senang dalam proses pembelajaran. Guru pun juga harus mempertimbangkan media ajar yang digunakan aman untuk siswa. Dengan kemajuan zaman dan kemampuan guru dalam melaksanakan pembelajaran hal dapat meningkatkan hasil belajar siswa dalam semua bidang pembelajaran. Guru tidak memberikan apresiasi kepada hal itu akan meningkatkan semangat siswa.

  7. Nama : ANNISA AMALIA
    NIM : 858748509
    Program Studi : S1 PGSD-BI
    Dari video tersebut saya dapat mempelajari bahwa:
    1. Sebelum melaksanakan praktikum guru harus mempersiapkan perencanaan pembelajaran.
    2. Sebelum menerapkan alat peraga guru harus bisa melakukan perencanaan dengan baik, agar tidak menghabiskan waktu.
    3. Banyak waktu yang terbuang hanya untuk mempersiapkan alat peraga yang mengakibatkan siswa menjadi tidak kondusif.
    4. Guru harus mampu mengestimasi alokasi waktu yang tepat, baik dari pembuka, inti, maupun penutup.
    5. Guru bisa menggunakan alat peraga yang simpel namun tetap berkaitan dengan materi yang akan diajarkan sehingga akan lebih praktis dan menghemat waktu.
    6. Guru memberi pengarahan Meminta siswa membuka lks, dan memberi perincian tugas dalam pelaksanaan praktikum.
    7. Getika kegiatan praktikum seharusnya guru melibatkan siswa sehingga siswa ikut serta dalam eksperimen tersebut dan tidak hanya sebgai penonton saja.
    8. Guru berperan dalam membimbing siswa menulis, menganalis, dan menyimpulkan data yang diperoleh dari proses eksperimen

  8. NAMA : TINIK SUSWINARTI
    NIM : 858732481
    PRODI : PGSD BI

    Izin betrgabung dalam forum diskusi,
    berdasarkan pengamatan pada video pembelajaran yang sudah dilakukan terlihat guru kurang efektif dalam menggunakan waktu pembelajaran saat memanfaatkan media pembelajaran, siswa yang sudah siap menerima pelajaran menjadi ramai karena tidak mendapatkan perhatian dari guru.
    hal pertama yang saya amati guru tidak melakukan apersepsi, tidak mengemukakan tujuan pembelajaran. intinya guru belum melakukan kegiatan pendahuluan sebagai motivasi awal saat pembelajaran. Ketika guru tidak melakukan pendahuluan pembelajaran tentu saja siswa akan menjadi kebingungan terhadap apa yang akan dilakukan dalam proses pembelajaran.
    Oleh karena itu ada hal-hal yang harus diperhatikan oleh guru dalam mengefektifkan pembelajaran saat penggunaan alat peraga adalah:
    1. guru harus membuat perencanaan yang lebih baik terkait dengan estimasi waktu dalam penggunaan alat peraga, kegiatan pendahuluan, inti serta penutup.
    2. guru harus terlebih dahulu mempelajari bahkan melakukan eksperimen terlebih dahulu sebelum menggunakannya dikelas apalagi jika penggunaan alat tersebut merupakan penggunaan yang pertama kali sehingga guru bisa meminimalisir apa saja kemungkinan kesalahan yang terjadi pada penggunaan alat peraga.
    3. guru perlu menyiapakn LKPD untuk siswa agar siswa fokus terhadap langkah-langkah kegiatan pembelajaran, praktikum, laporan ataupun rincian tugas-tugas yang secara runtut harus dilakukan peserta didik.
    4. guru sebagai pengelola kelas dan fasilitator sebaiknya meyiapkan segala keperluan pembelajaran, membimbing siswa dalam praktikum, membimbing siswa mengambil data, membimbing siswa menulis kesimpulan ydari proses percobaan.

  9. NAMA : PUTRI RAHAYU
    NIM : 856047811
    PRODI : PGSD
    Media pembelajaran merupakan salah satu komponen pembelajaran yang mempunyai peranan penting dalam KBM. Pemanfaatan media merupakan bagian yang harus mendapat perhatian guru dalam setiap kegiatan pembelajaran. Oleh karena itu guru perlu mempelajari bagaimana menetapkan media pembelajaran agar dapat mengefektifkan pencapaian tujuan pembelajaran dalam proses belajar mengajar.membuat media pembelajaran secara berkelompok ataupun bisa juga dengan projek anak

  10. Nama : Maria Gaberlinda Teri Mare
    NIM : 858651035

    Setelah saya melihat dan menyimak video tersebut,saya menyimpulkan bahwa:
    1. Guru kurang mempersiapkan perencanaan pembelajaran sehingga dalam proses pembelajaran tidak berjalan dengan lancar.Guru tersebut kurang mengalokasi waktu dengan tepat,sehingga menghabiskan waktu hanya mempersiapkan alat dan bahan untuk praktek.Guru tidak memberikan pengarahan serta meminta siswa untuk membuka LKS sebelum melakukan pratikum di kelas dan tidak memberikan rincian tugas dalam pelaksanaan pratikum.
    2.Dalam pemecahan masalah berdasarkan video di GPO tersebut adalah guru hendaknya memiliki perencanaan pembelajaran yang tepat. Adanya perencanaan pembelajaran merupakan suatu hal yang sangat penting dalam pembelajaran. Guru diharapkan mampu mengalokasi waktu dengan tepat dalam RPP baik dari kegiatan pembukaan, kegiatan inti, dan kegiatan penutup.
    3. Tujuan penelitian dari video di GPO tersebut adalah agar dalam proses pembelajaran guru harus menyiapkan RPP,alat dan bahan yang diperlukan agar kegiatan pembelajaran berjalan dengan lancar dan tepat waktu.

Leave a Reply