silahkan klik icon    jika video tidak dapat diputar

Sinopsis

Program ini menggambarkan kesulitan guru kelas V SD dalam mengajarkan peristiwa Perang Diponegoro secara bermakna kepada siswa. Ketika siswa diminta untuk mencatat hal-hal yang dijelaskan guru, siswa kebingungan untuk mencatatnya. Anak-anak diminta untuk mengingat sesuatu atau menghafal sesuatu yang terjadi pada masa lalu, tanpa mengaitkannya dengan masa sekarang. Solusi yang dapat dilakukan untuk mengatasi masalah tersebut adalah mengajarkan masa lalu, dapat dilakukan dengan cara:

  1. Mengaitkan masa lalu dengan masa sekarang,
  2. Analog kesamaan atau perbedaannya,
  3. Humor dapat membantu siswa untuk mengingat.

Cecep Kuatandi

Konten video tersebut hanya menampilkan guru membuka pelajaran tanpa melalui apersepsi. Sebaiknya ditambahkan bagaimana guru membuka pelajaran dengan apersepsi kepada siswa terlebih dahulu. Hal ini dapat menjadi inspirasi bagi pengunjung, Guru telah menggunakan pendekatan saintifik walaupun tidak sepenuhnya ditampilkan, Solusi pada konten video dapat diterapkan pada berbagai tingkat perkembangan peserta baik kelas bawah maupun kelas atas. Tetapi pada akhir video yang ada beberapa hal yang hanya tepat digunakan pada kelas atas (frame 03.15), Konten video telah sesuai dengan kurikulum nasioanl (kurikulum 2013), Konten video perlu ditambahkan langkah yang tepat ketika guru membimbing siswa kelas bawah atau atas ketika melakukan eksperimen.

Anugerah Putro Setiyo Wibowo, S.S

Similar Posts

192 Comments

  1. Nama : Maria Gaberlinda Teri Mare
    NIM : 858651035

    Setelah saya melihat dan menyimak video tersebut,saya menyimpulkan bahwa: 1. Guru kurang mempersiapkan perencanaan pembelajaran sehingga dalam proses pembelajaran tidak berjalan dengan lancar.Guru tersebut kurang mengalokasi waktu dengan tepat,sehingga menghabiskan waktu hanya mempersiapkan alat dan bahan untuk praktek.Guru tidak memberikan pengarahan serta meminta siswa untuk membuka LKS sebelum melakukan pratikum di kelas dan tidak memberikan rincian tugas dalam pelaksanaan pratikum. 2.Dalam pemecahan masalah berdasarkan video di GPO tersebut adalah guru hendaknya memiliki perencanaan pembelajaran yang tepat. Adanya perencanaan pembelajaran merupakan suatu hal yang sangat penting dalam pembelajaran. Guru diharapkan mampu mengalokasi waktu dengan tepat dalam RPP baik dari kegiatan pembukaan, kegiatan inti, dan kegiatan penutup. 3. Tujuan penelitian dari video di GPO tersebut adalah agar dalam proses pembelajaran guru harus menyiapkan RPP,alat dan bahan yang diperlukan agar kegiatan pembelajaran berjalan dengan lancar dan tepat waktu.

  2. NAMA: DELIMA
    NIM: 856603171
    Program Studi: PGSD S1 (Masukan Sarjana) Kurikulum Baru

    Berdasarkan video yang telah saya simak, saya dapat menarik kesimpulan bahwa beberapa hal yang harus disiapkan oleh guru agar pembelajaran dapat berjalan dengan lancar dan tepat waktu pada saat menggunakan alat peraga adalah sebagai berikut.
    1. membuat perencanaan pembelajaran dengan memperhatikan alokasi waktu pada kegiatan awal, kegiatan inti, dan kegiatan penutup.
    2. memberikan pengarahan kepada siswa mengenai pelaksanaan kegiatan serta tugas yang akan dilakukan.
    3. membimbing siswa dalam melakukan eksperimen.

  3. Nama : Syahrul Widiyanto
    NIM : 857158156

    Setelah saya menyaksikan ilustrasi video di atas ada beberapa hal yang menurut saya perlu diperbaiki :
    1. Guru sudah harus menyiapkan alat peraga dan siap pakai untuk efisiensi waktu
    2. Guru mengabsen para siswanya
    3. Guru melakukan apersepsi agar suasana lebih hangat dan para siswa lebih semangat
    4. Guru mengajar dengan bekal RPP yang sudah dipersiapkan dan mengajar sesuai dari RPP yang sudah disusun

  4. Nama : Jumrotul Muawanah
    NIM : 857014024

    Setelah saya melihat dan menyimak video tersebut,saya menyimpulkan bahwa:
    1. guru membuka pelajaran tanpa melalui apersepsi.
    2. Guru kurang mempersiapkan perencanaan pembelajaran
    3. kurang mengalokasi waktu dengan tepat,sehingga menghabiskan waktu hanya mempersiapkan alat dan bahan untuk praktek
    4. Guru pun juga harus mempertimbangkan media ajar yang digunakan aman untuk siswa
    4.

  5. Assalammu’alaikum wr.wb
    Nama: Anisya Haque Noor
    NIM: 856799398
    Kelas: 2A.2
    Pokjar/Masa Regist: LAwang Wetan/2023.1

    Dari video yang saya amati diatas dengan judul “Mengefektifkan waktu pada saat menggunakan alat peraga pada mata pelajaran IPA SD”, dapat saya simpulkan, yaitu:
    1. Lebih memperhatikan lagi kegiatan membukan pembelajaran. Guru dituntut untuk terampil dalam mengelola kelas terutama pada saat kegiatan pembukaan, karena jika awal pembelajaran saja guru kurang dalam mengelola kelas terutama dalam memanfaatkan media pembelajaran, maka hasilnya kelas menjadi tidak kondusif dan siswa tidak fokus dalam belajar.
    2. Pada saat siswa sudah siap dalam belajar, guru harus bisa mengelola waktu dan guru bisa menjadikan RPP sebagai acuan. karena itulah pentingnya guru membuat RPP terlebih dahulu sebelum proses belajar mengajar dimulai.

  6. Setelah saya mengamati video tersebut, saya menyimpulkan bahwa mengajar haruslah ada perencanaan pembelajaran sebelum melaksanakan kegiatan belajar mengajar. Tanpa adanya perencanaan pembelajaran tentu kegiatan belajar mengajar tidak akan berjalan dengan lancar.
    Perencanaan inilah yang merupakan sebuah persiapan mengajar. Selain mempersiapkan RPP, media pembelajaran atau alat dan bahan eksperimen, form penilaian serta mempersiapkan diri, seperti mental dan kemampuan.
    Begitu pentingnya guru mempersiapkan alat dan bahan eksperimen sebelum pembelajaran berlangsung dan memperhatikan alokasi waktu, agar pembelajaran berjalan efektif.

  7. Saya menyimpulkan bahwa guru belum matang dalam menyajikan pembelajaran tampak beberapa kekurangan di antaranya:
    1. Guru tidak melaksanakan apresepsi, sebagai bekal siswa dalam memahami tujuan pembelajaran
    2. Guru tidak menguasai materi yang diberikan sehingga siswa tanpak asik sendiri dengan kegiatan lainnya.
    3. Terlalu banyak memakai media yang membuat guru bingung media apa yang sebaiknya diigunakan terlebih dahulu.
    4. Kurang memperhatikan waktu tahap prakondisi pembelajaran, pra pembelajaran, tahap pembelajaran dan tapa pasca pembelajaran atau penutup sehingga siswa belum dapat membayangkan konsep pembelajaran “ciri-ciri benda dan kegunaannya”

  8. Nama : Rani Damayanti Siahaan
    Nim : 856025364
    Prodi : S1 PGSD
    Pokjar : Labusel
    Upbjj : Medan

    Kesimpulan yang dapat saya ambil dalam video “Mengefektifkan waktu pada saat menggunakan alat peraga pada mata pelajaran IPA SD” adalah guru yang kurang mempersiapkan segala sesuatunya untuk melakukan proses pembelajaran. Dalam video tersebut, guru terlalu lama menyiapkan alat peraga karena kurangnya perencanaan sebelum proses pembelajaran. Pada saat siswa telah siap menerima pelajaran, guru malah sibuk menyiapkan alat peraga hingga waktu bel istirahat berbunyi, dan ketika menyiapkan alat peraga tersebut siswa menjadi ribut karena lamanya guru menyiapkan. Hal ini dapat diakibatkan oleh beberapa sebab salah satunya adalah guru yang belum mengalokasikan waktu pembelajaran dengan baik, pembuka, kegiatan inti, dan penutup sebelum memulai pembelajaran guru sudah harus tau dan menyiapkannya. Dengan merencanakan pembelajaran terlebih dahulu, maka guru dapat juga menyiapkan alat peraga. Sehingga tidak ada waktu yang terbuang sia-sia.

  9. Nama : Nur Okta Berliana
    NIM : 857965883
    Program studi: S1 PGSD

    Setelah melihat video di atas terkait efektif waktu dalam penggunaan alat peraga dalam pembelajaran IPA di SD sebagai berikut.
    Pada video di atas permasalahan yang dikemukakan yaitu terkait keefektifan waktu dalam penggunaan alat peraga pembelajaran IPA SD. Pembelajaran menjadi tidak efektif Karena guru terlalu sibuk dan menghabiskan waktu pembelajaran untuk mempersiapkan alat peraga di kelas. Sehingga siswa tidak melakukan pembelajaran.
    Solusi yang dapat dilakukan berdasarkan video di atas yaitu Bahwa untuk penggunaan alat peraga ada beberapa hal yang harus diperhatikan agar waktu yang digunakan dapat efektif dan siswa dapat melakukan pembelajaran yaitu diantaranya:
    1. Guru hendaknya mempersiapkan dan membuat RPP (rencana pelaksanaan pembelajaran).
    2. Guru mempersiapkan alat peraga yang akan digunakan dalam pembelajaran di kelas.
    3. Guru dapat memperkirakan waktu yang dibutuhkan untuk pembelajaran baik untuk kegiatan pendahuluan, inti dan penutup.
    4. Saat pembelajaran dimulai, guru mengajak siswa untuk membaca materi yang akan dipelajari. Dalam waktu yang bersamaan, guru mempersiapkan alat peraga yang akan digunakan oleh masing-masing kelompok.
    5. Sebelum melakukan praktek IPA, guru menjelaskan prosedur atau langkah-langkah percobaan yang dapat dilakukan oleh siswa dalam setiap kelompok.
    6. Guru membimbing siswa dalam melakukan percobaan dan melakukan diskusi serta menuliskan hasil diskusi, menganalisis dan mengumpulkan data.
    Dengan demikian, perencanaan dan persiapan guru sebelum pembelajaran sangat penting guna tercapainya pembelajaran yang efektif dan bermakna.

  10. Nama : Shabrina Ismi Husna
    NIM : 858168056
    PRODI : S-1 PGSD BI

    Assalamualaikum wr.wb,

    Saya akan memberikan pendapat berdasarkan pengamatan video pembelajaran yang sudah dilakukan, pada video tersebut guru terlihat kurang efektif dalam menggunakan waktu pembelajaran ketika memanfaatkan media pembelajaran, siswa yang sudah siap menerima pelajaran menjadi ramai karena tidak mendapatkan perhatian dari guru. Maka dari itu hal pertama yang saya amati guru tidak melakukan apersepsi dan tidak mengemukakan tujuan pembelajaran. Intinya guru belum melakukan kegiatan pendahuluan sebagai motivasi awal saat pembelajaran. Ketika guru tidak melakukan pendahuluan pembelajaran tentu saja siswa akan menjadi kebingungan terhadap apa yang akan dilakukan dalam proses pembelajaran.

    Beberapa hal yang harus diperhatikan oleh guru dalam mengefektifkan pembelajaran saat penggunaan alat peraga ialah:
    1. Guru harus membuat perencanaan yang lebih baik terkait dengan estimasi waktu dalam penggunaan alat peraga, kegiatan pendahuluan, inti serta penutup.
    2. Guru harus lebih dahulu mempelajari bahkan melakukan eksperimen terlebih dahulu sebelum menggunakannya dikelas apalagi jika penggunaan alat tersebut merupakan penggunaan yang pertama kali sehingga guru bisa meminimalisir apa saja kemungkinan kesalahan yang terjadi pada penggunaan alat peraga.
    3. Guru perlu menyiapkan LKPD untuk siswa agar siswa fokus terhadap langkah-langkah kegiatan pembelajaran, praktikum, laporan ataupun rincian tugas-tugas yang secara runtut harus dilakukan peserta didik.

    Demikian. Terimakasih

Leave a Reply