silahkan klik icon    jika video tidak dapat diputar

Sinopsis

Program ini menggambarkan kesulitan guru kelas V SD dalam mengajarkan peristiwa Perang Diponegoro secara bermakna kepada siswa. Ketika siswa diminta untuk mencatat hal-hal yang dijelaskan guru, siswa kebingungan untuk mencatatnya. Anak-anak diminta untuk mengingat sesuatu atau menghafal sesuatu yang terjadi pada masa lalu, tanpa mengaitkannya dengan masa sekarang. Solusi yang dapat dilakukan untuk mengatasi masalah tersebut adalah mengajarkan masa lalu, dapat dilakukan dengan cara:

  1. Mengaitkan masa lalu dengan masa sekarang,
  2. Analog kesamaan atau perbedaannya,
  3. Humor dapat membantu siswa untuk mengingat.

Cecep Kuatandi

Konten video tersebut hanya menampilkan guru membuka pelajaran tanpa melalui apersepsi. Sebaiknya ditambahkan bagaimana guru membuka pelajaran dengan apersepsi kepada siswa terlebih dahulu. Hal ini dapat menjadi inspirasi bagi pengunjung, Guru telah menggunakan pendekatan saintifik walaupun tidak sepenuhnya ditampilkan, Solusi pada konten video dapat diterapkan pada berbagai tingkat perkembangan peserta baik kelas bawah maupun kelas atas. Tetapi pada akhir video yang ada beberapa hal yang hanya tepat digunakan pada kelas atas (frame 03.15), Konten video telah sesuai dengan kurikulum nasioanl (kurikulum 2013), Konten video perlu ditambahkan langkah yang tepat ketika guru membimbing siswa kelas bawah atau atas ketika melakukan eksperimen.

Anugerah Putro Setiyo Wibowo, S.S

Similar Posts

190 Comments

  1. Nama : Hilda Rahmadani
    NIM : 856080923
    Prodi ; S1 PGSD
    UPBJJ : UT Batam
    1. Kelemahan
    – Guru tidak melakukan kegiatan awal (apersepsi) terlebih dahulu, sehingga siswa belum merasa enjoy saat pembelajaran dimulai. Tidak adanya kegiatan berdoa serta tidak menyampaikan tujuan pembelajaran.
    – Guru tersebut tidak merefleksi pembelajaran sebelumnya, serta tidak adanya pengaitan dengan pembelajaran hari ini.
    – Tidak adanya kedekatan intens dari guru terhadap muridnya. Contohnya menanyakan kabar hari ini.
    – Kurangnya kesiapan guru dalam mengajar sehingga waktu yang digunakan terbuang sia-sia.
    – Dikarenakan guru sibuk merakit alat peraga dan juga tidak melibatkan siswa, maka kondisi kelas menjadi tidak kondusif.
    – Karena memakan waktu untuk merakit alat peraga. Maka, guru tersebut juga melewatkan kegiataan penutup.

    2. Kelebihan
    – Guru tersebut sudah menentukan alat peraga yang akan digunakan.
    – Siswa yang siap menerima pelajaran diawal video.
    – Metode yang akan digunakan bagus dengan adanya alat peraga.

    3. Saran perbaikan
    – Gunakan alat peraga interaktif
    a. Permainan edukatif : gunakan permainan edukatif yang melibatkan siswa secara aktif dalam proses KBM, dengan hal ini dapat membantu mereka agar belajar dengan lebih menyenangkan dan efisien, sehingga proses KBM lebih fleksibel.
    – Membuat materi pembelajaran yang menyenangkan
    Membagi siswa menjadi berkelompok dengan mendiskusikan materi pembelajaran dengan teman sebaya serta pengalaman yang mereka punya, guru tetap membimbing kebingungan yang di alami siswa.
    – Menggunakan alat peraga untuk membantu siswa belajar mandiri
    – Menggunakan alat peraga untuk mengevaluasi diri siswa. Dengan membuat lembar penilaian rubik penilaian ataupun teknologi dengan aplikasi penilaian dan tes online.

  2. NAMA : RITA WULANDARI
    NIM : 858069701
    Pokjar: Teratai Putih Kayong Utara
    UPBJJ-UT: 47/ PONTIANAK

    Berdasarkan video pembelajaran tentang “Mengefektifkan Waktu pada Saat Menggunakan Alat Peraga pada Mata Pelajaran IPA SD” diatas. Berikut hasil analisis yang saya lakukan:

    Pada awal kegiatan pembelajaran siswa dalam video tersebut tampak siap dan fokus untuk mengikuti pembelajaran yang dilakukan oleh guru. Akan tetapi dalam kegiatan proses pembelajaran tersebut, pada saat guru menyiapkan alat peraga, siswa menjadi bosan sehingga suasana kelas menjadi ribut dan menjadi tidak kondusif dikarenakan guru tersebut terlalu lama menyiapkan alat peraga.

    Adapun kelemahan guru dalam video tersebut diantaranya;
    a). Pada awal kegiatan pembelajaran guru tersebut tidak mengucapkan salam dan tidak berdoa bersama-sama sebelum belajar.
    b).Guru tersebut tidak melakukan apersepsi, sehingga awal kegiatan tampak kaku dan tegang.
    c). Kurangnya persiapan pembelajaran yang dilakukan guru sehingga ketika guru tersebut mempersiapkan alat peraga akan memakan waktu yang cukup lama dan hal tersebut kurang efektif dalam mengingat waktu pembelajaran yang terbatas.
    d). Dalam proses kegiatan pembelajaran tersebut, guru tidak memberikan motivasi kepada siswa untuk bertanya sehingga mengakibatkan siswa tidak aktif di dalam kelas.
    e).Perencanaan dalam proses kegiatan pembelajaran kurang efektif karena sebelum kegiatan pembelajaran dimulai guru tersebut seharusnya melakukan persiapan terlebih dahulu agar waktu yang dipakai sesuai dengan RPP dan tujuan pembelajaran akan tercapai siswa yang diharapkan.

    Adapun kelebihan guru dalam video tersebut diantaranya;
    a). Dalam video tersebut guru memberitahu kepada siswa apa yang akan dipelajarinya pada hari itu. Ini akan membuat siswa berimajinasi apa yang akan dipelajarinya pada saat itu dan tidak membuat siswa bingung dengan apa yang dibicarakan atau dijelaskan oleh guru tersebut.
    b).Guru tersebut juga memulai kegiatan pembelajaran dengan intonasi yang semangat. Hal ini akan sangat berpengaruh pada siswa-siswa yang mendengarkan dan melihat guru tersebut menjadi ikut semangat dan proses pembelajaran juga menyenangkan.
    c). Guru tersebut cukup kreatif dalam penggunaan alat peraga yang ada di sekitarnya dan alat peraga tersebut juga mudah dijumpai oleh siswa.

    Hal-hal unik yang dapat saya temukan dalam video tersebut ialah seperti dalam penggunaan alat peraga, guru menggunakan alat peraga seadanya dan mudah didapatkan oleh siswa. Hal ini akan membantu siswa dalam memahami apa yang sedang dijelaskan oleh guru tersebut. Meskipun dalam video tersebut persiapan guru tersebut memakan waktu yang cukup lama yang mengakibatkan siswa merasa bosan dan suasana kelas menjadi ribut dan tidak kondusif sehingga tujuan pembelajaran tidak tercapai atau tidak sesuai dengan yang di harapkan.

    Upaya yang dapat diusulkan untuk meningkatkan kualitas kegiatan pembelajaran berikutnya diantaranya;
    a). Guru harus membuat Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) sebagai pedoman untuk mengajar dengan lebih terorganisir dan berstruktur, adapun yang terkandung dalam RPP itu seperti pada kegiatan awal ( ucapan salam, doa, dan Apersepsi), kegiatan inti ( penjelasan mengenai materi yang diajarkan), dan kegiatan akhir/penutup (tanya jawab, tugas, dan kesimpulan).
    b). Sebelum pembelajaran dimulai, guru harus lebih dahulu membuat persiapan apa-apa saja yang diperlukan pada saat kegiatan pembelajaran misalnya dalam kegiatan pembelajaran tersebut memerlukan alat peraga seperti benda-benda nyata, gambar atau foto, dan lain sebagainya. Hal ini akan membantu guru tersebut dalam mengefektifkan waktu dalam kegiatan pembelajaran sehingga tujuan pembelajaran akan tercapai dan sesuai dengan yang diharapkan.
    c). Dalam kegiatan pembelajaran juga guru harus membuat rincian tugas praktikum yang akan dilakukan oleh siswa. Hal ini bisa membantu siswa untuk memahami apa yang diperintahkan oleh guru tersebut dan sesuai tujuan pembelajaran.
    d).Selanjutnya, guru juga dapat membuat sebuah kelompok diskusi untuk mengefektifkan waktu proses pembelajaran.
    e).Dalam kegiatan pembelajaran juga, guru diharuskan membimbing siswa dalam menulis, menganalisis, dan menyimpulkan data dari proses eksperimen yang dilakukan oleh siswa secara berkelompok tersebut.

    Sekian, hasil analisis yang saya lakukan. Terimakasih…

  3. Nama : Hoase Hing Bawana
    NIM : 858566237
    Prodi : PGSD-S1
    Pokjar : Alhuda
    UPBJJ : Malang,

    Izinkan saya untuk menanggapi video diatas :
    Diantara masalah yang sering dialami guru adalah terlalu lama menyiapkan dan mengatur media pembelajaran sehingga menguras banyak waktu pembelajaran, bahkan hingga jam pembelajarannya habis, lalu apa solusi yang coba ditawarkan?

    Solusinya, adanya perencanaan pembelajaran memegang peranan penting pada pembelajaran yang berfokus pada praktikum, guru akan selalu diberi perhatian dan diberi panduan oleh perencanaan yang telah dibuat? apa yang akan dilakukan setelah ini? kapan menyiapkan media pembelajaran? kapan anak melihat, mengekplorasi? kapan guru memberikan soal dan semisalnya?. Sehingga jalannya pembelajaran lebih efektif dan sesuai dengan jam atau waktu yang telah ditentukan tanpa harus mengurangi waktu pembelajaran lain atau tanpa mengurangi materi yang akan dijelaskan. Itulah diantara pentingnya pembuatan perencanaan pembelajaran.

    Guru juga dapat memberikan kesimpulan diakhir pembelajaran sehingga anak tidak kebingungan menyimpulkan dari praktikum yang telah dilakukan. Agar sesuatu yang sifatnya abstrak dapat dirubah menjadi sesuatu yang konkret dan mudah anak fahami.

  4. Nama: Siti Sulthaniati
    NIM: 858050331
    Kelas : B
    Semester: 8
    Jurusan: S1-PGSD

    Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh

    Izin menanggapi,
    Pada tayangan video di atas, guru tampak tidak siap untuk mengajar, waktu pembelajaran dihabiskan hanya untuk mempersiapkan media pembelajaran yang seharusnya sudah dipersiapkan sebelum kegiatan pembelajaran berlangsung. Sehingga, kegiatan pembelajaran terlewat begitu saja. Guru pada video di atas tampak sibuk sendiri mempersiapkan media pembelajaran sehingga mengabaikan siswa di kelas. Tampak siswa yang sebelumnya tenang, karena diabaikan akhirnya ribut sehingga kelas menjadi tidak kondusif dan kegiatan pembelajaran juga tidak berlangsung dengan lancar.
    Sebagai guru, sudah seharusnya kita mempersiapkan diri sebelum masuk ke kelas, dari mulai penampilan, materi yang akan di sampaikan, strategi, metode dan media pembelajaran sehingga ketika masuk ke kelas kita sudah siap untuk memberikan pengajaran, siswa juga siap untuk menerima pembelajaran. Rancanglah Rencana Persiapan Belajar yang tepat sesuai dengan materi dan gaya belajar peserta didik. Rancang strategi, metode dan media yang sesuai sebelum pembelajaran berlangsung. Dengan membuat RPP, kita akan lebih mudah
    memaksimalkan waktu, sehingga tujuan pembelajaran dapat terlaksana sesuai dengan apa yang telah ditetapkan.

    Sekian pendapat dari saya, kurang Lebihnya saya mohon maaf.

    Wassalamu’alaikum warahmatullahi wabarakatuh.

  5. Nama : Ovi Kumalasari
    Nim : 858422681
    Kelas : B
    Semester : 8
    Jurusan : PGSD-S1

    Assalamualaikum… Izin menanggapi
    Berdasarkan video pembelajaran ” Mengefektifkan Waktu pada Saat Menggunakan Alat Peraga pada Mata Pelajaran IPA SD” murid-murid tampak sudah siap untuk mengikuti pembelajaran dan guru terlalu lama dalam menyiapkan alat peraga sehingga terjadinya keributan dikelas dan waktu telah habis begitu saja.
    Kelemahan:
    1. Guru Tidak melakukan kegiatan awal pembelajaran, seperti salam pembuka,doa dan menanyakan kabar siswa serta kehadiran siswa.
    2. Guru terlalu lama menyiapkan alat peraga, sehingga waktu habis begitu saja.
    Kelebihan:
    1. Diawal pembelajaran siswa sudah siap mengikuti pembelajaran.
    2. Guru telah menggunakan alat peraga.

    Solusi perbedaan.
    Agar pembelajaran berjalan dengan lancar dan tepat waktu, adanya perencanaan pembelajaran.perencaan pembelajaran merupakan suatu hal yang penting dalam pembelajaran. Agar seorang guru mampu mengestimasi alokasi waktu yang tepat.

  6. Nama : Ovi Kumalasari
    Nim : 858422681
    Kelas : B
    Semester : 8
    Jurusan : PGSD-S1

    Assalamualaikum… Izin menanggapi
    Berdasarkan video pembelajaran ” Mengefektifkan Waktu pada Saat Menggunakan Alat Peraga pada Mata Pelajaran IPA SD” murid-murid tampak sudah siap untuk mengikuti pembelajaran dan guru terlalu lama dalam menyiapkan alat peraga sehingga terjadinya keributan dikelas dan waktu telah habis begitu saja.

    Kelemahan:
    1. Guru Tidak melakukan kegiatan awal pembelajaran, seperti salam pembuka,doa dan menanyakan kabar siswa serta kehadiran siswa.
    2. Guru terlalu lama menyiapkan alat peraga, sehingga waktu habis begitu saja.

    Kelebihan:
    1. Diawal pembelajaran siswa sudah siap mengikuti pembelajaran.
    2. Guru telah menggunakan alat peraga.

    Solusi perbaikan.
    Agar pembelajaran berjalan dengan lancar dan tepat waktu, adanya perencanaan pembelajaran.perencaan pembelajaran merupakan suatu hal yang penting dalam pembelajaran. Agar seorang guru mampu mengestimasi alokasi waktu yang tepat.

  7. Nama :Ulfa Damayanti
    NIM :856972197
    Semester :8
    Prodi :S1 PGSD
    UPBJJ :Bandar Lampung

    Assalamualaikum..
    Izin menanggapi untuk video di atas “Mengefektifkan Waktu pada Saat Menggunakan Alat Peraga pada Mata Pelajaran IPA SD”
    Pada awal kegiatan pembelajaran siswa dalam video tersebut sudah tampak siap dan fokus untuk mengikuti pembelajaran yang dilakukan oleh guru. Akan tetapi dalam kegiatan proses pembelajaran tersebut, pada saat guru menyiapkan alat peraga, siswa merasa bosan sehingga suasana kelas menjadi ribut dan menjadi tidak kondusif dikarenakan guru tersebut terlalu lama menggunakan waktu menyiapkan alat peraga.
    Hal-hal yang dapat saya temukan dalam video tersebut adalah seperti dalam penggunaan alat peraga, guru menggunakan alat peraga seadanya dan mudah didapatkan oleh siswa. Hal ini akan membantu siswa dalam memahami apa yang sedang dijelaskan oleh guru pada saat pembelajaran. Meskipun dalam video tersebut persiapan guru tersebut memakan waktu yang cukup lama yang mengakibatkan siswa merasa bosan dan suasana kelas menjadi ribut dan tidak kondusif sehingga tujuan pembelajaran tidak tercapai atau tidak sesuai dengan yang di harapkan.
    supaya pembelajaran tersebut efektif terlebih dahulu siapkanlah rencana persiapan belajar dengan membuat RPP.

    sekian tanggapan dari saya saya ucapkan..
    terimakasih..
    Wassalamualaikum Warrahmatullahi wabarakatuh

  8. Nama : Amah Nurlia
    Nim : 856057955
    Pokjar : Langkat
    Diantara masalah yang sering dialami guru adalah terlalu lama menyiapkan dan mengatur media pembelajaran sehingga menguras banyak waktu pembelajaran, bahkan hingga jam pembelajarannya habis, lalu apa solusi yang coba ditawarkan?Sebagai guru, sudah seharusnya kita mempersiapkan diri sebelum masuk ke kelas, dari mulai penampilan, materi yang akan di sampaikan, strategi, metode dan media pembelajaran sehingga ketika masuk ke kelas kita sudah siap untuk memberikan pengajaran, siswa juga siap untuk menerima pembelajaran. Rancanglah Rencana Persiapan Belajar yang tepat sesuai dengan materi dan gaya belajar peserta didik. Rancang strategi, metode dan media yang sesuai sebelum pembelajaran berlangsung.

  9. Nama : Etty Setiawati
    NIM : 857013427
    UPBJJ : BANDAR LAMPUNG
    Program study : S1 PGSD
    dari video tersebut kelemahan yg terjadi dalam proses pembelajaran yaitu :
    1. pada kegiatan awal guru tidak mengecek kehadiran siswa, dan langsung masuk kedalam materi.
    2. Guru pada waktu memberi materi pembelajaran tentang eksperimen guru tidak merencanakan pembelajaran dimana alokasi waktu tidak di terapkan.
    3. Pada saat menyiapkan bahan untuk eksperimen tidak di lakukan dengan baik sehingga terlihat buru – buru.
    Masukan dari peristiwa pembelajaran ini yaitu
    1. Guru membuat RPP dengan baik dan terperinci dari alokasi waktu yg di butuhkan, pembukaan awal, inti dan penutup.
    2. Guru sebelum memasuki ruang kelas menyiapkan terlebih dahulu bahan – bahan yang akan d jadikan ekperimen dan guru sudah membentuk kelompok kepada peserta didik.

  10. Nama : Thalita Islamey
    NIM : 856022455
    Prodi : S1-PGSD
    Pokjar : Asahan
    UPBJJ : Medan

    Berdasarkan video “Mengefektifkan Waktu pada saat Menggunakan Alat Peraga pada Mata Pelajaran IPA SD”. Ada beberapa kekurangan di awal video yaitu pada kegiatan awal pembelajaran guru hanya mengucapkan “selamat pagi”, guru tidak ada menanyakan kabar siswa, mengabsen dan berdo’a sebelum pembelajaran dimulai.
    Pada kegiatan pembelajaran ibu guru terlalu lama menyiapkan alat dan bahan untuk praktikum disaat siswa sudah siap untuk mengikuti pembelajaran sehingga waktu yang seharusnya digunakan untuk belajar malah terbuang sia-sia sampai akhirnya bel pergantian pembelajaran berbunyi dan waktu belajar pun sudah habis.
    Perbaikan yang dapat dilakukan oleh ibu guru tersebut adalah sebelum memulai pembelajaran alangkah baiknya guru menjelaskan dengan jelas dan detail praktikum apa yang akan dilakukan, juga melakukan perencanaan dalam pembelajaran, dan menyesuaikan waktu belajar sesuai dengan RPP, guru juga bisa membentuk kelompok untuk mempersingkat penggunaan waktu belajar menjadi lebih efisien dan tidak terbuang secara percuma.

Leave a Reply