silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar
Sinopsis
Program ini menggambarkan kesulitan guru kelas V SD dalam mengajarkan peristiwa Perang Diponegoro secara bermakna kepada siswa. Ketika siswa diminta untuk mencatat hal-hal yang dijelaskan guru, siswa kebingungan untuk mencatatnya. Anak-anak diminta untuk mengingat sesuatu atau menghafal sesuatu yang terjadi pada masa lalu, tanpa mengaitkannya dengan masa sekarang. Solusi yang dapat dilakukan untuk mengatasi masalah tersebut adalah mengajarkan masa lalu, dapat dilakukan dengan cara:
- Mengaitkan masa lalu dengan masa sekarang,
- Analog kesamaan atau perbedaannya,
- Humor dapat membantu siswa untuk mengingat.
Cecep Kuatandi
–
–
Konten video tersebut hanya menampilkan guru membuka pelajaran tanpa melalui apersepsi. Sebaiknya ditambahkan bagaimana guru membuka pelajaran dengan apersepsi kepada siswa terlebih dahulu. Hal ini dapat menjadi inspirasi bagi pengunjung, Guru telah menggunakan pendekatan saintifik walaupun tidak sepenuhnya ditampilkan, Solusi pada konten video dapat diterapkan pada berbagai tingkat perkembangan peserta baik kelas bawah maupun kelas atas. Tetapi pada akhir video yang ada beberapa hal yang hanya tepat digunakan pada kelas atas (frame 03.15), Konten video telah sesuai dengan kurikulum nasioanl (kurikulum 2013), Konten video perlu ditambahkan langkah yang tepat ketika guru membimbing siswa kelas bawah atau atas ketika melakukan eksperimen.
Anugerah Putro Setiyo Wibowo, S.S
Nama: Okta Subriana Siregar
Nim: 855868941
Kelas/semester: B/8
Tutor: ibu, MASTARI RAMADHANI, M.Pd
1. Reaksi siswa terhadap kegiatan pembelajaran tersebut berbeda-beda, siswa terlihat sangat bosan saat mendengarkan reaksi guru memberikan pelajaran.
2. Kelemahan guru dalam melakukan pembelajaran menurut saya adalah kurang menyiapkan alat peraga pembelajaran yang lebih instan dan cepat di siapkan, sehingga membuang banyak waktu untuk menyiapkan alat peraga pembelajaran.
3. Kelebihan guru adalah berusaha untuk menyampaikan materi menggunakan alat peraga agar siswa lebih mudah memahami pembelajaran.
4. Hal unik yang saya lihat adalah siswa yang terlihat bosan menunggu alat peraga siap.
5. Upaya yang dapat dilakukan guru ke depannya dapat menggunakan alat peraga pembelajaran yang lebih mudah dan instan untuk di gunakan agar Siswa tidak bosan dan lebih tertarik saat melakukan pembelajaran.
Selamat siang,
Nama : Pendi Cordias Lombu
NIM : 855864485
Proses pembelajaran yang terlihat pada cuplikan vidio cukup baik, hanya saja langkah-langkah pembelajaran tidak terlihat dijalankan dengan sepenuhnya dimulai dari kegiatan pendahuluan, inti dan penutup. Terlihat dalam vidio, bahwa guru belum bisa mengalokasikan waktu dengan baik pada saat menggunakan alat peraga dalam praktikum IPA. Solusi yang diberikan yaitu:
1. Perlu perencanaan pembelajaran yang tepat (Guru perlu menentukan alokasi yang tepat dalam melaksanakan kegiatan pembuka, inti dan penutup)
2. Guru memberikan arahan kepada siswa membuka LKS, dan memberikan rincian tugas pada kegiatan praktikum.
3.Guru berperan dalam membimbing siswa menulis, menganalisis dan menyimpulkan data yang diperoleh dari kegiatan eksperimen.
Selain itu, menurut saya guru dapat menggunakan media pembelajaran digital atau aplikasi berbasis teknologi untuk mempercepat proses pemahaman siswa terhadap materi. Misalnya, menggunakan video eksperimen, simulasi interaktif untuk menjelaskan konsep-konsep IPA yang sulit dipahami dengan alat peraga fisik.
Demikian tanggapan yang bisa saya berikan,
Terimakasih
Nama: Rizkia Aziza Amalia
NIM : 857135997
UPBJJ : Jakarta
Setelah menganalisis video di atas, terdapat beberapa permasalahan yang perlu diperhatikan dalam pembelajaran IPA di kelas. Permasalahan-permasalahan tersebut sebagai berikut:
1. Guru terlihat kebingungan saat mempersiapkan alat peraga karena kurangnya kesiapan guru tersebut dalam penggunaan alat peraga.
2. Waktu pembelajaran yang tersedia habis untuk menyiapkan alat peraga menyebabkan siswa kehilangan fokus dan tidak dapat pemahaman yang optimal mengenai materi yang akan diberikan.
3. Kurangnya keterlibatan siswa dalam pembelajaran terutama mempersiapkan alat peraga sehingga siswa tidak tertarik dengan pembelajaran.
4. Guru belum melakukan kegiatan awal pembelajaran seperti apersepsi karena guru tidak menggunakan perencanaan pembelajaran.
Solusi yang dapat diberikan untuk permasalahan-permasalahan di atas sebagai berikut:
1. Guru perlu persiapan yang matang sebelum pembelajaran dimulai.
2. Menyusun rencana pembelajaran yang detail.
3. Guru perlu melibatkan siswa dalam persiapan dan kegiatan praktikum.
4. Guru membutuhkan manajemen waktu yang baik agar kegiatan pembelajaran berjalan dengan optimal.
Nama : Dwi Isnatur Rojabiah
Nim : 859835177
pokjar : Bau-Bau
UPBJJ : Kendari
assalamualaikium, tanggapan saya mengenai vidio ”Mengefektifkan Waktu Pada Saat Menggunakan Alat Peraga Pada Mata Pelajaran IPA SD” yaitu
1.Dalam vidio pertama menginformasikan pentingnya management waktu karena mata pelajaran ini merupakan mata pelajaran berpraktik terlihat siswa bosan menunggu baiknya buguru menyiapkan perencanaan pembelajaran sebelumnya dan meyiapkan alat peraga sebelum siswa siap belajar. buguru harusnya menambahkan kegiatan pendahuluan kegiatan membuka pelajaran menjelaskan apersepsi agar siswa lebih bersemangat belajar dan guru baiknya menyiapkan flowchart berupa langkah-langkah urutan kerja praktikum yang di lakukan agar lebih memudahkan siswa berpraktik dan pendampingan saat siswa berexperiment sehingga tujuan mengefektifkan waktu tercapai. kemudian guru perlu menambahan kegiatan penutup pembelajaran. Demikian tanggapan dari saya
Assalamu alaikum.
Nama Nurhidayah
Nim 859699828
Program Study PGSD-S1
Pokjar Tolitoli
UPBJJ Asal Palu
Semester 8.
sebagai mahasiswa dari hasil analisis vidio diatas
ada beberapa hal yang tidak dilakukan oleh seorang guru yaitu
1. tidak adanya motivasi awal yang diberikan oleh guru
2. tidak menyampaikan tujuan dari pembelajaran
3. kuran efesiensi dalam pengunaan waktu
dimana seharusnya seorang guru sebelum masuk mengajar perencanaan pembelajaran sudah siap sehingga pembelajaran berjalan sesuai dengan alokasi waktu yang sudah di tuangkan dalam RPP.
terimakasih
Nama : Arifman Laoli
Nim : 859876767
Mahasiswa semester 6 Program Studi S1 PGSD UPBJJ UT Medan Pokjar Idanogawo
Dari video pembelajaran di atas saya melihat,
Dalam menerapkan media pembelajaran dalam proses belajar maka seorang guru harusnya terlebih dahulu memahami inti pembelajaran dan dapat mengalokasikan benda yang tepat digunakan dalam pembelajaran. Seterusnya guru harus mempersiapkam perencanaan dengan matang agar disaat penerapan dalam pembelajran tidak memakan waktu belajar yang sia-sia.
Setelah mengamati video, permasalahan pada siswa yaitu siswa menjadi bosan, mengantuk dan mengobrol ketika dalam keadaan siap namun menunggu pembelajaran dimulai. Permasalahan pada guru, yaitu kurangnya persiapan dalam menyiapkan alat peraga, guru terlalu sibuk menyiapkan media dan membuang waktu. Sebaiknya guru menggunakan alat peraga yang sederhana yang mudah digunakan saat pembelajaran. Kelebihannya anak-anak senang dan mudah memahami pembelajaran ketika ada alat peraga.
Nama : Zainab Assafar
NIM : 858489508
Program Study : PGSD-S1
UPBJJ : UT Samarinda
Berdasarkan video pembelajaran tentang mengefektifkan waktu pada saat alat raga pada mata pelajaran IPA SD, berikut pendapat yang saya berikan :
1. Penting nya bagi seorang guru untuk merencanakan proses pembelajaran serta alokasi waktu yang tepat dalam bentuk RPP, sehingga proses pembelajaran dikelas dapat terencana dengan baik sesuai tujuan pembelajaran yang diharapkan.
2. Kurang memperhatikan waktu tahap prakondisi pembelajaran, para pembelajaran, tahap pembelajaran dan tanpa pasca pembelajaran atau penutup sehingga siswa belum dapat menerima pelajaran dengan baik.
Nama : Wellsi
Nim : 835870524
Upbjj-Ut : Palembang
Setelah menyaksikan video diatas, saya mengambil kesimpulan Seorang guru terlihat sedang menyiapkan alat peraga pembelajaran di dalam kelas, namun proses persiapannya memakan waktu cukup lama. Sementara itu, siswa terlihat pasif, duduk tanpa aktivitas, dan mulai menunjukkan tanda-tanda kebosanan atau kehilangan fokus.
Masalah Utama :
Waktu kelas tidak dimanfaatkan secara efisien, persiapan yang terlalu lama sehingga waktu pelajaran habis tanpa hasil pembelajaran.
Siswa menjadi tidak aktif dan kehilangan minat ataupun bosan .
Potensi gangguan atau perilaku negatif meningkat saat siswa menunggu terlalu lama.
Selanjutnya, hal yang sebaiknya dilakukan guru tersebut agar waktu lebih efisein ada sebagai berikut ;
Siapkan alat peraga sebelum pembelajaran dimulai. Jika memungkinkan, datang lebih awal untuk memastikan semua alat peraga siap. dan atau bisa juga melibatkan siswa saat persiapan tersebut dalam momen ini Buat siswa membantu menyiapkan alat peraga sebagai bagian dari pembelajaran. Gunakan waktu tunggu dengan aktivitas ringan misalnya dengan memberikan pertanyaan pemantik, kuis singkat, atau diskusi kecil.
Demikian tanggapan dari kami menegenai video guru
NAMA : INGE DWISASTI
NIM : 856022899
Dari cuplikan video di atas, terdapat beberapa permasalahan yang perlu diperhatikan dalam pembelajaran IPA di kelas. Permasalahan-permasalahan tersebut yaitu:
1.Guru belum melakukan kegiatan awal pembelajaran seperti apersepsi karena guru tidak menggunakan perencanaan pembelajaran.
2. Guru kurang mempersiapkan media alat peraga atau media pembelajaran.
3.Waktu pembelajaran yang tersedia habis untuk menyiapkan alat peraga menyebabkan siswa kehilangan fokus dan tidak dapat pemahaman yang optimal mengenai materi yang akan diberikan.
4.Kelebihan guru adalah berusaha untuk menyampaikan materi menggunakan alat peraga agar siswa lebih mudah memahami pembelajaran.
5. Upaya yang dapat dilakukan guru ke depannya dapat menggunakan alat peraga pembelajaran yang lebih mudah dan instan untuk di gunakan agar Siswa tidak bosan dan lebih tertarik saat melakukan pembelajaran.