silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar
Sinopsis
Program ini menggambarkan kesulitan guru kelas V SD dalam mengajarkan peristiwa Perang Diponegoro secara bermakna kepada siswa. Ketika siswa diminta untuk mencatat hal-hal yang dijelaskan guru, siswa kebingungan untuk mencatatnya. Anak-anak diminta untuk mengingat sesuatu atau menghafal sesuatu yang terjadi pada masa lalu, tanpa mengaitkannya dengan masa sekarang. Solusi yang dapat dilakukan untuk mengatasi masalah tersebut adalah mengajarkan masa lalu, dapat dilakukan dengan cara:
- Mengaitkan masa lalu dengan masa sekarang,
- Analog kesamaan atau perbedaannya,
- Humor dapat membantu siswa untuk mengingat.
Cecep Kuatandi
–
–
Konten video tersebut hanya menampilkan guru membuka pelajaran tanpa melalui apersepsi. Sebaiknya ditambahkan bagaimana guru membuka pelajaran dengan apersepsi kepada siswa terlebih dahulu. Hal ini dapat menjadi inspirasi bagi pengunjung, Guru telah menggunakan pendekatan saintifik walaupun tidak sepenuhnya ditampilkan, Solusi pada konten video dapat diterapkan pada berbagai tingkat perkembangan peserta baik kelas bawah maupun kelas atas. Tetapi pada akhir video yang ada beberapa hal yang hanya tepat digunakan pada kelas atas (frame 03.15), Konten video telah sesuai dengan kurikulum nasioanl (kurikulum 2013), Konten video perlu ditambahkan langkah yang tepat ketika guru membimbing siswa kelas bawah atau atas ketika melakukan eksperimen.
Anugerah Putro Setiyo Wibowo, S.S
Nama: Chairun Nisa
Nim: 855854413
Setelah saya melihat video tersebut saya melihat kelemahan dan kelebihan serta perbaikan yang dapat dilakukan:
1. kelemahannya adalah guru belum melakukan kegiatan awal pembelajaran seperti apersepsi, jika sudah selesai maka dilanjutkan dengan kegiatan inti, selanjutnya guru kurang mepersiapakan materi ajar atau dan terlalu lama mempersiapan alat untuk melaksanakan praktikum, sehingga peserta didik merasa mulai bosan, dan banyak yang bermain sendiri.
2. kelebihannya adalah guru menggunaknan bahan ajar seperti alat untuk paktik ipa agar peserta didik lebih bisa memahami pembelajaran dengan baik.
selanjutnya adalah untuk solusinya sebaiknya seorang guru mempersiapakan bahan ajar, atau materi terlebih dahulu supaya pada saat pelaksanaan pemeblajaran agar dapat berjalan dengan lancar.
Nama : Daliana
nim : 857046987
prodi : pgsd
salut : banjar agung
upbjj : ut daerah lampung
Video ini menggambarkan kesulitan seorang guru dalam membuat Perang Diponegoro terasa relevan bagi siswanya. Saksikan bagaimana guru ini mengatasi tantangan tersebut dengan menggunakan pendekatan inovatif, seperti mengaitkan peristiwa masa lalu dengan masa kini, menggunakan analogi yang mudah dipahami, dan menyisipkan humor dalam pembelajaran. Temukan inspirasi untuk membuat sejarah lebih hidup dan bermakna bagi siswa Anda.”
Nama:Desi novita sari
Nim:859542144
Pokjar:Banjar agung
Upbjj:Bandar lampung
Semester:6
Menurut saya sebagai seorang tenaga pendidik kita harus lebih kreatif lagi dalam membimbing siswa dan kita harus lebih mempersiapkan baik itu materi maupun alat peraga supaya menarik minat anak sehingga mereka lebih semangat dalam belajarnya.
Dengan pembelajaran lebih menarik anak- anak akan lebih cepat dalam menangkap dan mencermati materi yang kita berikan sehingga anak” lebih kreasi lagi.
Nama:Desi novita sari
Nim:859542144
Pokjar:Banjar agung
Upbjj:bandar lampung
Semester:6
Menurut saya sih setelah melihat video banyak kesiapannya masih kurang matang sehingga anak” pun bingung melihatnya.
Persiapannya kurang mediapun kurang .
Seharusnya sebelum kita mengajar kita harus mempersiapkan dengan matang baik itu dari materi maupun alat peraga yang lainnya agar minat siswa lebih baik lagi.
Nama : M.Sumardin
NIM : 856759925
Kelebihan : Guru menyediakan alat praktikum ,guru memberikan solusi untuk pembelajaran,guru mengajak siswa untuk aktif belajar
Kelemahan : Guru terlalu lama menyiapkan media alat praktik,Guru tidak merencanakan persiapan pembelajaran
Hal unik : Terdapat adanya solusi untuk pembelajaran untuk IPA
Upaya Perbaikan : sebaiknya guru merencanakan sesuatu mata pelajaran IPA agar mengefektifkan waktu pembelajaran yang tepat
Assalamualaikum wr wb
Selamat pagi
Dengan saya
Nama : Novita Sari
Nim. :859543533
Salut. : Banjar agung menggala timur
UPBJJ :Bandar Lampung
Menurut saya telah melihat video selama pembelajaran tersebut saya melihat kelemahan dan kelebihan serta perbaikan yang dapat dilakukan seorang guru
1 kelebihan dari video tersebut adalah guru mengunakan seperti bahan ajar seperti praktek IPA agar peserta didik atau siswa agar lebih mudah memahami pembelajaran dengan baik.
2kelemahanya adalah guru tidak melakukan kegiatan pembelajaran awal seperti apersepsi, selanjutnya guru kurang menyiapkan materi ajar yang akan dijelaskan ke peserta didik nya
NAMA : RIKADELA ANDRIYANI PUTRI
NIM : 856587013
Setelah saya melihat video tersebut saya melihat kelemahan dan kelebihan serta perbaikan yang dapat dilakukan:
1. kelemahannya adalah guru belum melakukan kegiatan awal pembelajaran seperti apersepsi, jika sudah selesai maka dilanjutkan dengan kegiatan inti, selanjutnya guru kurang mepersiapakan materi ajar atau dan terlalu lama mempersiapan alat untuk melaksanakan praktikum, sehingga peserta didik merasa mulai bosan, dan banyak yang bermain sendiri.
2. kelebihannya adalah guru menggunaknan bahan ajar seperti alat untuk paktik ipa agar peserta didik lebih bisa memahami pembelajaran dengan baik.
selanjutnya adalah untuk solusinya sebaiknya seorang guru mempersiapakan bahan ajar, atau materi terlebih dahulu supaya pada saat pelaksanaan pemeblajaran agar dapat berjalan dengan lancar.
NAMA = ANISA RESTU RAHAYU
NIM = 858927473
MENURUT ANALISIS SAYA
Menyadarkan Pentingnya Perencanaan
Video menekankan pentingnya perencanaan waktu dan alat sejak awal, agar pembelajaran tetap berjalan sesuai alokasi waktu yang ditetapkan.
Menunjukkan Realita di Lapangan
Menampilkan situasi nyata di mana guru sering menghabiskan waktu di awal pembelajaran untuk menyiapkan alat, sehingga ini menjadi refleksi bersama.
Memberikan Solusi Praktis
Terdapat strategi solusi, seperti:
Menyiapkan alat sehari sebelumnya.
Melibatkan siswa dalam proses penyiapan alat.
Memilih alat peraga sederhana namun tetap fungsional.
Mengembangkan Keterampilan Manajemen Waktu
Mengajak guru untuk meningkatkan keterampilan manajemen waktu dalam kegiatan praktikum IPA.
Interaktif dan Kontekstual
KELEMAHAN VIDEO GPO:
Kurangnya Contoh Spesifik Alat Peraga
Video tidak menampilkan cukup contoh konkret alat peraga IPA yang bisa disiapkan cepat dan mudah ditemukan di lingkungan sekitar.
Solusi Kurang Terstruktur
Rekomendasi solusi terkadang tidak disusun secara sistematis, sehingga guru pemula bisa kesulitan menerapkannya secara langsung.
Kurang Menyentuh Aspek Kolaborasi
Tidak terlalu menyoroti pentingnya kerja sama antarguru atau tim guru untuk menyiapkan alat peraga secara kolektif.
Belum Menyentuh Pemanfaatan Teknologi
Kurang menyinggung penggunaan media digital atau simulasi IPA sebagai alternatif jika alat peraga fisik sulit disiapkan tepat waktu.