silahkan klik icon    jika video tidak dapat diputar

Sinopsis

Program ini menggambarkan kesulitan guru kelas V SD dalam mengajarkan peristiwa Perang Diponegoro secara bermakna kepada siswa. Ketika siswa diminta untuk mencatat hal-hal yang dijelaskan guru, siswa kebingungan untuk mencatatnya. Anak-anak diminta untuk mengingat sesuatu atau menghafal sesuatu yang terjadi pada masa lalu, tanpa mengaitkannya dengan masa sekarang. Solusi yang dapat dilakukan untuk mengatasi masalah tersebut adalah mengajarkan masa lalu, dapat dilakukan dengan cara:

  1. Mengaitkan masa lalu dengan masa sekarang,
  2. Analog kesamaan atau perbedaannya,
  3. Humor dapat membantu siswa untuk mengingat.

Cecep Kuatandi

Konten video tersebut hanya menampilkan guru membuka pelajaran tanpa melalui apersepsi. Sebaiknya ditambahkan bagaimana guru membuka pelajaran dengan apersepsi kepada siswa terlebih dahulu. Hal ini dapat menjadi inspirasi bagi pengunjung, Guru telah menggunakan pendekatan saintifik walaupun tidak sepenuhnya ditampilkan, Solusi pada konten video dapat diterapkan pada berbagai tingkat perkembangan peserta baik kelas bawah maupun kelas atas. Tetapi pada akhir video yang ada beberapa hal yang hanya tepat digunakan pada kelas atas (frame 03.15), Konten video telah sesuai dengan kurikulum nasioanl (kurikulum 2013), Konten video perlu ditambahkan langkah yang tepat ketika guru membimbing siswa kelas bawah atau atas ketika melakukan eksperimen.

Anugerah Putro Setiyo Wibowo, S.S

Similar Posts

192 Comments

  1. Nama : Endang Wahyutin
    NIM : 822698112
    Progam Studi : S1 PGSD
    Pokjar : Salutpakis malang

    Mohon ijin memberi komentar pada vidio di atas
    Untuk ibu guru tidak memulai pembelajaran dengan mengucapkan do’a, tidak ada absen pada siswa, kurangya alokasi waktu pada pembelajaran tersebut, kurangnya perencanaan yang matang dalam menyampaikan materi.

  2. Nama : Devy Ratna Ningtyas
    NIM : 858773201
    Pokjar : Mastrip

    Menurut pendapat saya, kelebihan dari video tersebut adalah guru memberikan pengarahan dan analisis yang baik pada siswa, suasana belajar yang kondusif.
    Kelemahan dari video tersebut adalah tidak adanya pendahuluan (salam, do’a dan absensi), guru terlalu lama menyiapkan alat peraga pada kegiatan pembelajaran sehingga memakan waktu terlalu lama.

  3. Nama : Hesty Rica Gustiani
    Nim : 858034219
    Program studi : S1-PGSD

    Dalam video yang saya simak, saya melihat dalam kegiatan awal tidak adanya absensi serta motivasi belajar untuk siswa karena penting sebenarnya hal tersebut untuk mengetahui sesiap apa para siswa untuk memulai pembelajaran.
    Selanjutnya, seharusnya sebelum pembelajaran dimulai, guru harus sudah menyiapkan alat peraga yang benar-benar sudah siap bagi guru dan siswa untuk bisa langsung dioperasikan dan dibahas bersama. Dengan kasus tersebut maka harus ada yang namanya perencanaan pembelajaran, yang mana guru harus bisa mengestimasi alokasi waktu dalam Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP).

  4. Nama : Yosefa Husun

    NIM : 858412437

    Jurusan : PGSD-S1

    Menurut pendapat saya, sebenarnya visi dari video ini sudah bagus dalam upaya penggunaan alat peraga. Sayangnya dalam hal ini guru lupa untuk melibatkan siswa dalam pengadaan alat peraga. Kita bisa melihat bahwa penggunaan alat peraga yang hanya dimiliki guru malah terkesan membuang waktu dan juga masih menimbulkan kesan pelajaran IPA yang monoton. Saya menganjurkan sebaiknya penyediaan penggunaan alat peraga juga dilakukan oleh siswa supaya mereka memiliki antusiasme terhadap materi pelajaran. Menurut hemat saya, alat peraga yang baik dan mudah didapat tentu akan membuat mereka mendapatkan stimulus yang tepat sehingga bisa digunakan sebagai kegiatan apersepsi. Dengan demikian, guru bisa membangun situasi belajar secara aktif yang nantinya juga bisa diikuti oleh siswa secara menyenangkan.

  5. NAMA: DEWI KURNIATI
    NIM:835163427
    POKJAR: ACEH TAMIANG
    MK:PKP
    Dalam sebuah vidio diatas yang sudah ditayangkan dalam proses pembelajaran ciri-ciri benda dan kegunaan pada pelajaran IPA . dalam hal ini guru terlalu lama menyiapkan sebuah alat peraga seharusnya guru harus bisa menyiapkan secara matang dan dengan baik agar proses belajarnya maksimal .tidak terlalu lama memakan waktu hanya untuk menyiapkan alat peraganya saja .

  6. Nama : YESTI M. SEKO
    NIM : 859265518
    Program Studi : S1 PGSD

    kelebihan yang saya dapat dari video pembelajaran tersebut :
    1. Guru mampu memanfaatkan media pembelajaran dari lingkungan sekitar sehingga siswa tidak kesulitan dalam mengenal dan memahami materi.
    2. Guru mampu menguasai kelas sehingga siswa aktif dalam menerima materi.

  7. Nama Saya : ITA
    NIM : 856446306
    Prodi : SI PGSD
    Pokjar Bagan Batu
    setelah saya mengamati video pembelajaran tersebut saya merasa kurangnya persiapan guru dalam merancang suatu pembelajaran sehingga ketika pembelajaran sudah berlangsung guru sangat kesulitan dalam proses pembelajaran. hal ini menyebabkan waktu terbuang sia-sia dan siswa tidak efektif dalam belajar.

  8. Nama : Asmoro Cendani Laras
    NIM : 857846181
    Pokjar : UPBJJ Surakarta Wonogiri

    Menurut pendapat saya, kelebihan dari video tersebut adalah guru memberikan pengarahan dan analisis yang baik pada siswa, suasana belajar yang kondusif.
    Kelemahan dari video tersebut adalah tidak adanya pendahuluan (salam, do’a dan absensi), guru terlalu lama menyiapkan alat peraga pada kegiatan pembelajaran sehingga memakan waktu terlalu lama
    kekurangan di antaranya:
    1.Mengajar dengan memakai alat peraga lebih banyak tuntutan bagi guru.
    2.Memerlukan banyak waktu untuk persiapan.
    3. Perlu kesediaan berkorban secara materiil.
    Kelebihan penggunaan alat peraga yaitu:
    1. Menumbuhkan minat belajar siswa karena pelajaran lebih menarik
    2. Memperjelas makna bahan pelajaran sehingga siswa tidak akan mudah bosan
    3. Membuat lebih aktif melakukan kegiatan belajar seperti: mengamati, melakukan, mendemonstrasikan, dan sebagainya
    4. Menumbuhkan minat belajar siswa karena pelajaran menjadi lebih menarik.

  9. Nama : INDRI CHRISTIANTI
    NIM : 857167829
    Program Studi : S1 PGSD

    Setelah saya mengamati video tersebut, saya dapat menarik kesimpulan bahwa beberapa hal yang harus disiapkan oleh guru agar pembelajaran dapat berjalan dengan lancar dan tepat waktu pada saat menggunakan alat peraga adalah sebagai berikut.
    1. Guru mampu memanfaatkan media pembelajaran dari lingkungan sekitar sehingga siswa tidak kesulitan dalam mengenal dan memahami materi.
    2. Guru mampu menguasai kelas sehingga siswa aktif dalam menerima materi.
    3. libatkan siswa dalam proses pemahaman, buat tim pemecahan masalah, forum diskusi dan lainnya yang mampu membuat siswa tertantang mencari jawaban atas pertanyaan-pertanyaan yang diberikan.

  10. Nama :Syaffa Natasya

    NIM :858034573

    Menurut pendapat saya, kelebihan dari video tersebut adalah guru memberikan pengarahan dan analisis yang baik pada siswa, suasana belajar yang kondusif.
    Selanjutnya, seharusnya sebelum pembelajaran dimulai, guru harus sudah menyiapkan alat peraga yang benar-benar sudah siap bagi guru dan siswa untuk bisa langsung dioperasikan dan dibahas bersama. Dengan kasus tersebut maka harus ada yang namanya perencanaan pembelajaran, yang mana guru harus bisa mengestimasi alokasi waktu dalam Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP).

Leave a Reply