silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar
Sinopsis
Program ini menggambarkan kesulitan guru kelas V SD dalam mengajarkan peristiwa Perang Diponegoro secara bermakna kepada siswa. Ketika siswa diminta untuk mencatat hal-hal yang dijelaskan guru, siswa kebingungan untuk mencatatnya. Anak-anak diminta untuk mengingat sesuatu atau menghafal sesuatu yang terjadi pada masa lalu, tanpa mengaitkannya dengan masa sekarang. Solusi yang dapat dilakukan untuk mengatasi masalah tersebut adalah mengajarkan masa lalu, dapat dilakukan dengan cara:
- Mengaitkan masa lalu dengan masa sekarang,
- Analog kesamaan atau perbedaannya,
- Humor dapat membantu siswa untuk mengingat.
Cecep Kuatandi
–
–
Konten video tersebut hanya menampilkan guru membuka pelajaran tanpa melalui apersepsi. Sebaiknya ditambahkan bagaimana guru membuka pelajaran dengan apersepsi kepada siswa terlebih dahulu. Hal ini dapat menjadi inspirasi bagi pengunjung, Guru telah menggunakan pendekatan saintifik walaupun tidak sepenuhnya ditampilkan, Solusi pada konten video dapat diterapkan pada berbagai tingkat perkembangan peserta baik kelas bawah maupun kelas atas. Tetapi pada akhir video yang ada beberapa hal yang hanya tepat digunakan pada kelas atas (frame 03.15), Konten video telah sesuai dengan kurikulum nasioanl (kurikulum 2013), Konten video perlu ditambahkan langkah yang tepat ketika guru membimbing siswa kelas bawah atau atas ketika melakukan eksperimen.
Anugerah Putro Setiyo Wibowo, S.S
Assalamu’alaikum warahmatullahi wabarokatu
Nama : Nindi Agustianingsih
NIM : 856943354
POKJAR : SIDOMULYO
Tutor : Dr. Ade Imelda Frimayanti, M.Pd
Berdasarkan video yang telah saya simak, saya dapat menarik kesimpulan bahwa beberapa hal yang harus disiapkan oleh guru agar pembelajaran dapat berjalan dengan lancar dan tepat waktu pada saat menggunakan alat peraga adalah sebagai berikut.
1. membuat perencanaan pembelajaran dengan memperhatikan alokasi waktu pada kegiatan awal, kegiatan inti, dan kegiatan penutup.
2. memberikan pengarahan kepada siswa mengenai pelaksanaan kegiatan serta tugas yang akan dilakukan.
3. membimbing siswa dalam melakukan eksperimen.
Kelebihan penggunaan alat peraga yaitu:
1. Menumbuhkan minat belajar siswa karena pelajaran lebih menarik
2. Memperjelas makna bahan pelajaran sehingga siswa tidak akan mudah bosan
3. Membuat lebih aktif melakukan kegiatan belajar seperti: mengamati, melakukan, mendemonstrasikan
Sekian yang dapat saya sampaikan
Wassalamu’alaikum warahmatullahi wabarokatu
Nama : Nindi Agustianingsih
NIM : 856943354
POKJAR : SIDOMULYO
Tutor : Dr. Ade Imelda Frimayanti, M.Pd
Assalamu’alaikum warahmatullahi wabarokatu,
Berdasarkan video yang telah saya simak, saya dapat menarik kesimpulan bahwa beberapa hal yang harus disiapkan oleh guru agar pembelajaran dapat berjalan dengan lancar dan tepat waktu pada saat menggunakan alat peraga adalah sebagai berikut.
1. membuat perencanaan pembelajaran dengan memperhatikan alokasi waktu pada kegiatan awal, kegiatan inti, dan kegiatan penutup.
2. memberikan pengarahan kepada siswa mengenai pelaksanaan kegiatan serta tugas yang akan dilakukan.
3. membimbing siswa dalam melakukan eksperimen.
Kelebihan penggunaan alat peraga yaitu:
1. Menumbuhkan minat belajar siswa karena pelajaran lebih menarik
2. Memperjelas makna bahan pelajaran sehingga siswa tidak akan mudah bosan
3. Membuat lebih aktif melakukan kegiatan belajar seperti: mengamati, melakukan, mendemonstrasikan
Wassalamu’alaikum warahmatullahi wabarokatu
NAMA : ELSE SAFITRI
NIM : 856948464
PROGAM STUDY : S1-PGSD
Setelah saya mengamati video tentang mengefektifkan waktu pada saat menggunakan alat peraga pada mata pelajaran IPA di SD, saya menyimpulkan bahwa :
Guru harus mempersiapkan perencanaan pembelajaran terlebih dahulu seperti ( RPP dan Silabus ) agar persiapan saat mengajar matang dan pembelajaran berjalan efektif da efisien. dalam pembelajaran ini Guru juga harus konsisten dengan waktu pembelajaran. selama proses pembelajaran Guru harus menggunakan waktu yang ada untuk belajar bukan dengan hal lain yang akan menghilangkan mood siswa.
NAMA
SYAIFUL ILMI, NIM. 837182526 . saya menyimpulkan bahwa guru bg dalam menyajikan pembelajaran tampak beberapa kekurangan di antaranya:
1. guru tidak melaksanakan apresepsi pada awal pembelajaran, sebagai tahapan untuk memahami tujuan pembelajaran
2. guru tidak menguasai materi yang diberikan
3. terlalu banyak memakai media yang digunakan
4. kurang memperhatikan waktu kegiatan belajar
Nama : Aulia Puspita Sari
NIM : 858669657
Berdasarkan video yang telah saya amati, saya mengambil kesimpulan bahwa:
– seharusnya guru dapat mengalokasi waktu dengan tepat.
– sebelum pelaksanaan praktikum guru harus mepersiapkan media yang akan digunakan
– guru terlebih dahulu mempersiapkan perencanaan pembelajaran
Nama : Atikah Miftahul Jannah
NIM : 859886546
Prodi : S1 – BI Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD)
Setelah saya menyaksikan video tersebut, berdasarkan video tampak jelas guru sudah melakukan kegiatan awal pembelajaran dari Pembuka sehingga kita lihat siswa sudah siap mengikuti proses pembelajaran dengan mendengarkan guru dan guru sudah mempersiapkan alat ajar yang akan digunakan pada proses pembelajaran, akan tetapi dari video tersebut tampak guru hanya mempersiapkan alat tetapi tidak sigap dalam proses menggunakan alat tersebut sehingga ketika mempersiapkan alat-alatnya siswa ribut karena tidak adanya kegiatan siswa, seharusnya guru bisa saja bersama-sama dengan siswa mempersiapkan alat peraga tersebut sehingga siswa juga efektif dalam kelas. Guru juga disini jangan kebanyakan diam ketika mempersiapkan alat peraga, karna ketika kita sedang melakakukan persiapan sambil berbicara, perhatian siswa juga masih akan tetap kepada guru dan siswa tidak ribut dengan kawannya,,
terimakasih
Nama : indah rahmawati
Nim : 856484352
Prodi : pgsd
Pokjar : dumai
Hallo teman2 semuanya , semoga kita selalu dalam keadaan sehat dan di lancarkan segala urusannya
Baiklah disini saya akan menanggap kasus dalam video di atas , yaitu guru tersebut belum dapat melakukan perencanaan pembelajaran dengan baik , yang membuat waktu pembelajaran habis untuk menyiapkan alat peraga untuk materi hari itu , sebelum memulai pembelajaran guru harus menyiapkan perencanaan yang matang untuk materi yang akan di berikan kepada siswa .
Karna dengan perencanaan yang matang , tujuan pembelajaran akan lebih mudah di gapai , dan siswa paham dengan materi yang diberikan oleh guru . Selain perencanaan pembelajaran , membuat pembukaan pembelajaran yang menarik tetapi tidak memakan waktu juga bagus untuk di masukkan kedalam perencanaan pembelajaran
Nama :Eka Laili Noor Halisah
Nim. :857699539
Pokjar. : Kebangsaan Bangsri
Prodi. :PGSD S1
“Mengefektifkan Waktu Pada Saat Menggunakan Alat Peraga Pada Mata Pelajaran IPA SD”
Dari video kegiatan pembelajaran Setelah menonton video di atas,menurut saya dalam segi persiapan bahan ajarnya sudah baik seperti menggunakan alat-alat praktikum hanya saja guru tersebut tidak dapat memanfaatkan waktu dengan sebaik mungkin sehingga terkesan membuang-buang waktu dan membuat kelas menjadi tidak kondusif dan terkesan gaduh. Saran dari saya pentingnya bagi seorang guru untuk merencanakan proses pembelajaran disertai alokasi waktu yang tepat dalam bentuk RPP. sehingga proses pembelajaran dikelas dapat terencana dengan baik sesuai dengan tujuan pembelajaran yang diharapkan.
Nama : Herlina Sihombing
Nim : 859888793
Pokjar : Simalungun
Setelah saya menonton video pembelajaran yang ada pada aplikasi GPO, guru tersebut belum bisa mengefektifkan penggunaan media pembelajaran yang akan digunakan. Selain itu di awal pembelajaran, guru tersebut juga tidak memberitahu materi dan tujuan pembelajaran yang ingin dicapai. Guru tersebut bingung dan tidak memperhatikan langkah-langkah pembelajaran yang sudah dibuat di Rencana Pelaksanaan Pembelajaran. Hal tersebut membuat waktu habis dan pembelajaran sudah selesai padahal siswa belum melakukan eksperimen apa-apa. Hal tersebut membuat waktu yang terbuang menjadi sia-sia karena pembelajaran kedepannya akan terganggu.
Berangkat dari permasalahan tersebut, kita sebagai guru harus memperhatikan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran yang sudah kita rancang agar pembelajaran dapat berjalan sesuai waktunya. Dalam melakukan metode eksperimen, saat mempersiapkan alat-alat praktikum ada baiknya kita menyuruh anak-anak membuka LKS dan membaca dahulu alat, bahan serta langkah kerja yang akan dilakukan agar mereka bisa mendapat gambaran yang akan dilakukan. Setelah selesai mempersiapkan alat dan bahan, sebaiknya guru memberitahu dan memberikan rincian tugas yang akan dilakukan. Guru juga harus membimbing siswa dalam melakukan, menulis, dan menganalisis percobaan agar tujuan pembelajaran dapat tercapai.
Terimakasih.