silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar
Sinopsis
Kemampuan siswa dalam menyelesaikan soal cerita masih terkendala. Guru sering mengalami kesulitan bagaimana membelajarkan pada siswa cara menyelesaikan soal cerita.
Pada video ini menggambarkan bagaimana strategi seorang guru dalam membantu siswa untuk memahami dan menyelesaikan soal cerita. Alternatif pembelajaran dalam tayangan video ini memperlihatkan bagaimana guru mengajak siswa mempraktekkan konteks pada soal yaitu melakukan permainan jual beli dengan uang kertas mainan dan alat peraga buah-buahan. Siswa berkesempatan mempraktekkan secara langsung dan mengetahui berapa jumlah uang mainan yang harus dibayarkan untuk pembelian sejumlah belanjaan. Pembelajaran menjadi menyenangkan dan menyebabkan penyelesaian soal cerita menjadi mudah bagi siswa.
Idha Novianti
Pakar Dosen
Video ini berupaya menjelaskan konsep pencerminan yang diawali dengan pertanyaan terkait jarak antara cermin dan benda nyata serta jarak antara cermin dan bayangan benda tersebut. Konsep yang ditanyakan oleh guru tersebut sangat sulit dijawab siswa, bahkan mungkin oleh siswa SMA sekalipun, jika didasarkan pada peragaan tersebut yang memang tidak memberikan ide atau gambaran tentang jarak yang ditanyakan. Dalam video ini, pertanyaan tersebut berusaha dijawab melalui penjelasan langsung dari guru dan kerja kelompok di antara para siswa.
Dalam video ini, para siswa kurang mendapat penjelasan konsep dari guru terkait dengan jarak. Penjelasan guru yang diberikan kurang memperjelas makna pencerminan dan peragaan di atas meja juga kurang mampu menunjukkan bagaimana hasil pencerminan itu diperoleh dan mengapa seperti itu hasilnya. Guru di akhir kegiatan tidak memberikan konfirmasi atau penekanan konsep yang tepat, khususnya jawaban terhadap pertanyaan di awal pembelajaran. Apakah jarak tersebut sama?
Dilihat dari aspek pembelajaran, tampak bahwa guru mengarahkan agar siswa bekerja secara kelompok, tapi sayang tidak tergambar secara jelas, bagaimana masing-masing siswa dalam kelompoknya sampai pada pemahaman konsep melalui diskusi kelompok yang intensif. Peran guru justru lebih dominan dalam meminta siswa dalam kelompok siswa untuk menjawab pertanyaan tentang bagaimana kira-kira bayangan dari esbuah benda jika dicerminkan. Tidak digarisbawahi bagaimana jarak antara titik sudut atau sisi dan cermin serta perbandingannya dengan jarak antara cermin dan bayangan benda tersebut.
Dalam video ini ada gambaran bahwa guru memberi penjelasan di saat siswa dalam posisi duduk berkelompok, suatu setting kelas yang sebaiknya dihindari, karena bisa mengakibatkan siswa sakit pinggang atau sakit leher. Sebaiknya guru menjelaskan di depan kelas saat siswa semuanya duduk biasa menghadap ke depan dan tidak dalam posisi membelakangi guru. Di saat mereka diskusi kelompok guru sebaiknya ikut terlibat diskusi di dalam kelompok.
Prof. H. yaya kusumah (UPI Bandung)
Pakar Guru
1. Dalam pembukaan guru harus memasukkan konsep perkalian.
2. Pemakaian media sudah cukup tepat.
3. Materi sesuai dengan perserta didik dan kurikulum.
Taufik Ma’ruf
Nama : Ridha Permata Sari Irawan
NIM : 877676883
izin menanggapi ,
– siswa perlu mengerti soal cerita secara keseluruhan terlebih dahulu untuk mendapatkan gambaran umum situasinya.
– Baca kembali soal dengan lebih teliti, kalimat per kalimat.
– Identifikasi informasi penting yang diberikan dalam soal. Biasanya berupa angka dan keterangan yang terkait.
– Cari tahu apa yang ditanyakan dalam soal. Ini adalah tujuan akhir yang perlu siswa capai.
– Visualisasikan situasi dalam soal jika memungkinkan dan menarik minat siswa dengan Membuat gambar atau diagram sederhana terkadang bisa membantu. contoh dalam video tersebut adalah membuat uang nominal mainan dan bentuk buah-buahan yang ada seperti di soal.
Nama : Sukma Prananingrum
NIM : 857654701
Bismillah, ijin menanggapi vidio pembelajaran tersebut, kesan saya menarik, guru menggunkan metode praktik dan menggunakan media yang sama dengan soal cerita yang akan di sampaikan berupa uang dan buah buahan an mempraktikkan jual beli di kelas, hal ini akan lebih memudahkan siswa dalam memahami soal cerita, hanya saja guru belum mengajak siswa untuk mengidentifikasi soal yaitu apa sebenarnya informasi yang diketahui siswa dari pertanyaan yang dilontarkan guru dan guru belum melakukan ice breaking untuk menambah semangat dan konsentrasi siswa dalam mengikuti pelajaran matematika
Izin mengomentari video pembelajaran tersebut.
Nama : Syaifa Fiska Permana
NIM : 857610123
Upbjj : Purwokweto
Dari video diatas guru sedang membelajari siswa bagaimana cara mengerjakan perhitungan dalam bentuk soal cerita. Awalnya siswa merasa kesulitan karena kesusahan dalam menghitung dibayangan tanpa ada alat bantu, siswa juga diberikan sedikit waktu untuk berpikir karena guru terlalu cepat meminta jawaban.
Dari video diatas kita mendapatkan solusi bahwa guru harus memberikan kesempatan kepada anak untuk berpikir terlebih dahulu, guru juga dapat menggunakan alat peraga dalam proses pembelajaran seperti divideo pembelajaran tersebut. Anak bermain peran sebagai penjual dan pembeli, dengan uang mainan sebagai alat peraga transaksi, gambar buah jeruk dan buah apel sebagai alat peraga pembelian dalam transaksi.
Mungkin itu saja yang dapat saya sampaikan apabila ada kesalahan atau kekurangannya saya memohon maaf yang setulus – tulusnya.
Terimakasih:)
Nama. : Herlina
NIM. : 859822385
Sehubungan dengan video pembelajaran di atas tentang soal cerita menurut saya dalam mengajarkan materi soal cerita ini guru harus menanamkan konsep bagaimana menyelesaikan soal cerita itu.Siswa harus memahami soal terlebih dahulu sebelum menyelesaikannya.Siswa harus mempunyai kemampuan dalam menganalisa setiap kalimat yg ada dalam soal tersebut sehingga siswa tau apa sebenarnya yang diminta dalam soal.
Pada video pembelajaran di atas strategi yang digunakan guru sudah tepat dan media yang digunakan adalah benda konkrit sehingga memudahkan siswa dalam menyelesaikan soal cerita.