silahkan klik icon    jika video tidak dapat diputar

Sinopsis

Similar Posts

33 Comments

  1. Nama : Anggraeni Purmata Sari
    Nim : 858071399
    UPBJJ : UT Pontianak
    Pokjar : Opu Daeng Menambon
    Prodi : PGSD
    Judul video “mengkonstruksi rumah dari kertas.
    Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh
    Setelah saya menonton video yang berjudul “mengkonstruksi rumah dari kertas” berikut adalah analisis nya :
    1. Reaksi siswa pada saat guru menjelaskan, mereka fokus mendengarkan, dan pada saat praktek membuat konstruksi rumah reaksi siswa sangat antusias.
    2. Kelemahan guru dalam melakukan pembelajaran yaitu guru langsung masuk ke pembelajaran tanpa memberi apersepsi dan motivasi siswa.
    3. Kelebihan guru dalam melakukan pembelajaran yaitu :
    • Penyampaian mudah dipahami
    • Guru memberi contoh nyata karya kerajinan yaitu konstruksi rumah
    • Guru mempraktekkan secara langsung dan bisa membuat siswa lebih paham
    • Guru membuat pembelajaran menjadi efektif dengan membentuk kelompok.
    4. Hal unik yang terdapat dalam pelaksanaan pembelajaran tersebut yaitu guru membawa contoh nyata karya kerajinan konstruksi rumah, dan mempraktekkannya secara langsung yang membuat siswa penasaran untuk bertanya dan aktif dalam melakukan praktek.
    5. Hal yang dapat dilakukan untuk meningkatkan kualitas kegiatan pembelajaran yaitu dengan membuka pembelajaran terlebih dahulu dengan memberikan apersepsi, ice breaking dan motivasi

  2. Nama : EKA DHINDA RANDISCA
    NIM : 856026398
    POLAR SEI BALAI
    Menurut tanggapan saya tentang video tersebut seorang guru yang sudah baik dalam melakukan penjelasan serta baik dalam menggunakan media pembelajaran. Mungkin hanya ada kurang sedikit yaitu dimana sang guru belum mampu menarik atau menimbulkan semangat para siswanya dalam mengikuti pembelajaran dikelas.

  3. Nama: Gloria Marsella Maringka
    NIM: 859951793
    Prodi: PGSD

    Tanggapan saya dari vido tersebut yaitu tentang cara seorang guru yang sangat detail dalam caranya mengajar dan menjelaskan langkah-langkah untuk pembuatan praktikum dan guru tersebut menjawab pertanyaan dari siswanya dengan baik dan tepat.

  4. Nama: Gloria Marsella Maringka

    NIM: 859951793

    Prodi: PGSD

    Tanggapan saya dari vidio tersebut yaitu tentang cara seorang guru yang sangat detail dalam caranya mengajar dan menjelaskan langkah-langkah untuk pembuatan praktikum dan guru tersebut menjawab pertanyaan dari siswanya dengan baik dan tepat.

  5. Nama : Santi Anggraini
    NIM : 856765183
    UPBJJ : Palembang
    Pokjar : Gelumbang
    Judul Video : Mengkontruksi Rumah dari Kertas

    Assalamu’alaikum wr wb,,
    Setelah menonton dan menyimak video tersebut, ada beberapa hal yang saya temukan, di antaranya :
    – Reaksi siswa : Ada beberapa siswa yang kurang semangat saat awal pembelajaran tetapi tetap berusaha untuk memperhatikan penjelasan materi yang diberikan guru.
    – Kelemahan : Guru seperti kurang rasa kepedulian saat awal pembelajaran, hanya diawali dengan mengatakan, “Apa kabar hari ini?” kemudian langsung memberikan penjelasan materi selanjutnya. Ada baiknya setelah menanyakan kabar, dilanjutkan dengan melakukan kegiatan apersepsi dan memotivasi siswa sehingga siswa lebih semangat dan fokus untuk memulai pelajaran.
    – Kelebihan : Persiapan pembelajaran sudah sangat matang karna guru sudah menjelaskan serta menugaskan siswa untuk membawa bahan dan alat yang diperlukan serta telah membagi siswa dalam beberapa kelompok dari minggu yang lalu.
    – Hal unik : Guru tidak hanya menjelaskan materi secara teori saja (berdasarkan LKS) tetapi juga mempraktikkan materi (pembuatan kontruksi rumah) secara langsung dengan dibantu dua siswa sehingga siswa dapat lebih cepat memahami materi dan tahapan apa saja yang harus dilakukan.
    – Upaya : Untuk menambah semangat belajar siswa, guru bisa melakukan kegiatan apersepsi terlebih dahulu, seperti kegiatan Ice Breaking (atau kegiatan lainnya) pada awal pembelajaran sehingga siswa menjadi lebih rileks dan semangat dalam memulai pembelajaran.
    Terima kasih.
    Wassalamu’alaikum wr wb,,

  6. Nama : Nur Hamidah Br. Pane
    NIM: 855864027
    Pokjar: Labura
    UPBJJ: MEDAN

    Reaksi siswa sangat antusias dan fokus mendengarkan

    Kelemahan tidak memberi apresiasi kepada siswa

    Kelebihan guru menjelaskan materi terlebih dahulu kepada siswa dan guru juga mengkonfirmasi bahwa alat dan bahan sudah disuruh dibawa dihari sebelumnya dan mencontohkan cara membuat rumah dari kertas

    Hal unik guru juga ikut membantu dalam melakukan kegiatan siswa agar kondusif

    Upaya guru dapat memberikan apresiasi kepada siswa karena tidak lupa membawa alat dan bahan yang akan digunakan hari ini

  7. Nama :Julia hikmah
    Nim :855860194
    Pokjar:Rantauprapat

    Setelah saya melihat vidio tersebut,adapun kelebihannya yaitu:
    -Penyampaian materi yang disampaikan Bu guru mudah dipahami
    -Bahkan guru juga memberikan contoh yang benar-benar nyata karya kerajinan yaitu konstruksi rumah kepada siswa
    -Serta Guru juga membuat kelompok agar siswa bisa bekerjasama dengan teman-teman sekelas.

    Adapun kekurangannya yaitu,kurangnya rasa kepedulian guru terhadap siswa dalam mengapresiasi siswa dan memotivasi siswa sehingga siswa bisa lebih semangat lagi dalam hal pembelajaran berikutnya.

  8. Nama : Nanda Meriska
    Nim : 856762013

    reaksi siswa : siswa sangat antusias dan fokus saat mendengarkan penjelasan dari guru

    kekurangan : sebelum memulai kegiatan alangkah baiknya guru meningkatkan perhatian siswa dan memotivasinya dengan melakukan apersepsi.

    kelebihan : pada video pembelajaran ini kelebihannya, guru menggunakan media langsung sehingga siswa dapat terlibat langsung dalam kegiatannya. dengan media seperti ini meningkatkan semangat belajar siswa supaya mereka tidak jenuh.

    hal unik : guru ikut serta membantu dalam melakukan kegiatan siswa agar kondusif

    upaya : supaya lebih kondusif, dalam melaksanakan pembelajaran sesuai dgn RPP, dimana ada kegiatan awal, inti dan penutup. sehingga kegiatan pembelajaran lebih teratur

  9. Nama : Fitriana

    Nim :858071722

    Setelah saya mengamati video di atas
    Guru tersebut cukup baik dalam penyampaian materi dan mudah di pahami oleh para siswa,dan guru menggunakan metode berkelompok untuk membuat kerajinan tersebut dengan berkelompok siswa akan lebih mudah mengerjakannya,adapun kelemahan nya yakni guru tidak memberikan ice breaking untuk menyemangati para siswa.

  10. Nama : Maria E K Ulahaiyanan
    NIM : 859621977

    Dalam vidio di atas
    Guru tersebut tidak melakukan salam, sapa, dan doa pada awal pembelajaran.
    Sebaiknya guru tersebut terlebih dahulu melakukan salam sapa dan doa pada awal pembelajaran. Dalam vidio dapat kita lihat bahwa guru sudah memberikan stimulasi dan rangsangan pada awal pembelajaran, sehinga anak-anak tampak bersemangat menjalani pembelajaran, dan sudah mempersiapkan media pembelajaran. Metode pembelajaran yang guru berikan cukup menarik, anak-anak juga mudah memahami kata karena di setiap APKG yang di berikan terdapat gambar dan kata sehingga memudahkan siswa untuk menebak kata yang diberikan ibu guru

Leave a Reply