Similar Posts
Penjumlahan Pecahan Berpenyebut Tidak Sama
silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar Sinopsis Program ini membahas bagaimana seorang guru memberikan pembelajaran matematika dengan topik pecahan berpenyebut tidak sama dengan menggunakan media potongan-potongan karton untuk memudahkan pemahaman siswa dalam penjumlahan pecahan. Mery Novianti Pakar Dosen Video ini ditayangkan agar murid memahami konsep penjumlahan dua buah pecahan dengan penyebut tidak…
Penggunaan Metode Field atau Karya Wisata dalam menumbuhkan Pemahaman Siswa Pada Tumbuhan dengan Memanfaatkan Lingkungan Sekitar Sebagai Sumber Belajar
Sinopsis Program ini menggambarkan permasalahan guru ketika melaksanakan pembelajaran di kelas pada pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam, yaitu dalam materi tempat menyimpan cadangan makanan pada tumbuhan siswa mengalami kesulitan untuk memahami materi. Metode yang dianjurkan dalam program ini adalah dengan menggunakan metode field trip atau karya wisata pada pembelajaran ilmu pengetahuan alam Sekolah Dasar. Adapun hal-hal…
Implementasi Metode Among “Ki Hajar Dewantara” dalam Pembelajaran Matematika
silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar Sinopsis Lingkungan hidup yang kita nikmati saat ini adalah suatu anugerah ciptaan tuhan Yang Maha Esa. Lingkungan hidup sebagai tempat hidup dan berinteraksnya manusia dengan mahluk hidup lain dipermukaan bumi diatas lingkungan hidup ini. Lingkungan hidup memiliki dua komponen, yaitu biotik dan abiotik. Kedua kompenen ini tidak…
Kurang Mengetahui Perkalian Dasar
silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar Sinopsis Pada program ini digambarkan guru yang sedang mengajar perkalian dasar (matematika) menggunakan papan tulis. Sebagian besar siswa gaduh, tidak konsentrasi dan tampak malas mengikuti. Hal ini disebabkan karena mereka tidak mengerti, tidak bisa dan tulisan guru juga kurang jelas.Salah satu solusi yang ditawarkan adalah menggunakan…
Belajar Membuat Pantun
silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar Sinopsis Video ini berisi tentang pemecahan masalah kesulitan siswa dalam belajar membuat pantun, beserta alternatif pemecahan masalahnya, dengan tujuan untuk mempercepat pemahaman siswa mengenai cara membuat pantun. Solusi yang diberikan dalam program ini adalah dengan pembelajaran secara berkelompok. Dengan belajar berkelompok, selain mempercepat pemahaman siswa bagaimana…
Meningkatkan Kerjasama Siswa dalam Kerja Kelompok
silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar Sinopsis Ada beberapa kemampuan dasar yang harus dikuasai guru dalam melaksanakan proses pembelajaran, di antaranya keterampilan mengelola kelas. Guru harus mampu bagaimana mengelola kelas untuk pembelajaran klasikal dan cara yang harus dilakukan dalam mengelola pembelajaran secara kelompok. Dalam tayangan veideo ini akan disajikan masalah-masalah yang muncul…
Nama : Anggraeni Purmata Sari
Nim : 858071399
UPBJJ : UT Pontianak
Pokjar : Opu Daeng Menambon
Prodi : PGSD
Judul video “mengkonstruksi rumah dari kertas.
Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh
Setelah saya menonton video yang berjudul “mengkonstruksi rumah dari kertas” berikut adalah analisis nya :
1. Reaksi siswa pada saat guru menjelaskan, mereka fokus mendengarkan, dan pada saat praktek membuat konstruksi rumah reaksi siswa sangat antusias.
2. Kelemahan guru dalam melakukan pembelajaran yaitu guru langsung masuk ke pembelajaran tanpa memberi apersepsi dan motivasi siswa.
3. Kelebihan guru dalam melakukan pembelajaran yaitu :
• Penyampaian mudah dipahami
• Guru memberi contoh nyata karya kerajinan yaitu konstruksi rumah
• Guru mempraktekkan secara langsung dan bisa membuat siswa lebih paham
• Guru membuat pembelajaran menjadi efektif dengan membentuk kelompok.
4. Hal unik yang terdapat dalam pelaksanaan pembelajaran tersebut yaitu guru membawa contoh nyata karya kerajinan konstruksi rumah, dan mempraktekkannya secara langsung yang membuat siswa penasaran untuk bertanya dan aktif dalam melakukan praktek.
5. Hal yang dapat dilakukan untuk meningkatkan kualitas kegiatan pembelajaran yaitu dengan membuka pembelajaran terlebih dahulu dengan memberikan apersepsi, ice breaking dan motivasi
Nama : EKA DHINDA RANDISCA
NIM : 856026398
POLAR SEI BALAI
Menurut tanggapan saya tentang video tersebut seorang guru yang sudah baik dalam melakukan penjelasan serta baik dalam menggunakan media pembelajaran. Mungkin hanya ada kurang sedikit yaitu dimana sang guru belum mampu menarik atau menimbulkan semangat para siswanya dalam mengikuti pembelajaran dikelas.
Nama: Gloria Marsella Maringka
NIM: 859951793
Prodi: PGSD
Tanggapan saya dari vido tersebut yaitu tentang cara seorang guru yang sangat detail dalam caranya mengajar dan menjelaskan langkah-langkah untuk pembuatan praktikum dan guru tersebut menjawab pertanyaan dari siswanya dengan baik dan tepat.
Nama: Gloria Marsella Maringka
NIM: 859951793
Prodi: PGSD
Tanggapan saya dari vidio tersebut yaitu tentang cara seorang guru yang sangat detail dalam caranya mengajar dan menjelaskan langkah-langkah untuk pembuatan praktikum dan guru tersebut menjawab pertanyaan dari siswanya dengan baik dan tepat.
Nama : Santi Anggraini
NIM : 856765183
UPBJJ : Palembang
Pokjar : Gelumbang
Judul Video : Mengkontruksi Rumah dari Kertas
Assalamu’alaikum wr wb,,
Setelah menonton dan menyimak video tersebut, ada beberapa hal yang saya temukan, di antaranya :
– Reaksi siswa : Ada beberapa siswa yang kurang semangat saat awal pembelajaran tetapi tetap berusaha untuk memperhatikan penjelasan materi yang diberikan guru.
– Kelemahan : Guru seperti kurang rasa kepedulian saat awal pembelajaran, hanya diawali dengan mengatakan, “Apa kabar hari ini?” kemudian langsung memberikan penjelasan materi selanjutnya. Ada baiknya setelah menanyakan kabar, dilanjutkan dengan melakukan kegiatan apersepsi dan memotivasi siswa sehingga siswa lebih semangat dan fokus untuk memulai pelajaran.
– Kelebihan : Persiapan pembelajaran sudah sangat matang karna guru sudah menjelaskan serta menugaskan siswa untuk membawa bahan dan alat yang diperlukan serta telah membagi siswa dalam beberapa kelompok dari minggu yang lalu.
– Hal unik : Guru tidak hanya menjelaskan materi secara teori saja (berdasarkan LKS) tetapi juga mempraktikkan materi (pembuatan kontruksi rumah) secara langsung dengan dibantu dua siswa sehingga siswa dapat lebih cepat memahami materi dan tahapan apa saja yang harus dilakukan.
– Upaya : Untuk menambah semangat belajar siswa, guru bisa melakukan kegiatan apersepsi terlebih dahulu, seperti kegiatan Ice Breaking (atau kegiatan lainnya) pada awal pembelajaran sehingga siswa menjadi lebih rileks dan semangat dalam memulai pembelajaran.
Terima kasih.
Wassalamu’alaikum wr wb,,
Nama : Nur Hamidah Br. Pane
NIM: 855864027
Pokjar: Labura
UPBJJ: MEDAN
Reaksi siswa sangat antusias dan fokus mendengarkan
Kelemahan tidak memberi apresiasi kepada siswa
Kelebihan guru menjelaskan materi terlebih dahulu kepada siswa dan guru juga mengkonfirmasi bahwa alat dan bahan sudah disuruh dibawa dihari sebelumnya dan mencontohkan cara membuat rumah dari kertas
Hal unik guru juga ikut membantu dalam melakukan kegiatan siswa agar kondusif
Upaya guru dapat memberikan apresiasi kepada siswa karena tidak lupa membawa alat dan bahan yang akan digunakan hari ini
Nama :Julia hikmah
Nim :855860194
Pokjar:Rantauprapat
Setelah saya melihat vidio tersebut,adapun kelebihannya yaitu:
-Penyampaian materi yang disampaikan Bu guru mudah dipahami
-Bahkan guru juga memberikan contoh yang benar-benar nyata karya kerajinan yaitu konstruksi rumah kepada siswa
-Serta Guru juga membuat kelompok agar siswa bisa bekerjasama dengan teman-teman sekelas.
Adapun kekurangannya yaitu,kurangnya rasa kepedulian guru terhadap siswa dalam mengapresiasi siswa dan memotivasi siswa sehingga siswa bisa lebih semangat lagi dalam hal pembelajaran berikutnya.
Nama : Nanda Meriska
Nim : 856762013
reaksi siswa : siswa sangat antusias dan fokus saat mendengarkan penjelasan dari guru
kekurangan : sebelum memulai kegiatan alangkah baiknya guru meningkatkan perhatian siswa dan memotivasinya dengan melakukan apersepsi.
kelebihan : pada video pembelajaran ini kelebihannya, guru menggunakan media langsung sehingga siswa dapat terlibat langsung dalam kegiatannya. dengan media seperti ini meningkatkan semangat belajar siswa supaya mereka tidak jenuh.
hal unik : guru ikut serta membantu dalam melakukan kegiatan siswa agar kondusif
upaya : supaya lebih kondusif, dalam melaksanakan pembelajaran sesuai dgn RPP, dimana ada kegiatan awal, inti dan penutup. sehingga kegiatan pembelajaran lebih teratur
Nama : Fitriana
Nim :858071722
Setelah saya mengamati video di atas
Guru tersebut cukup baik dalam penyampaian materi dan mudah di pahami oleh para siswa,dan guru menggunakan metode berkelompok untuk membuat kerajinan tersebut dengan berkelompok siswa akan lebih mudah mengerjakannya,adapun kelemahan nya yakni guru tidak memberikan ice breaking untuk menyemangati para siswa.
Nama : Maria E K Ulahaiyanan
NIM : 859621977
Dalam vidio di atas
Guru tersebut tidak melakukan salam, sapa, dan doa pada awal pembelajaran.
Sebaiknya guru tersebut terlebih dahulu melakukan salam sapa dan doa pada awal pembelajaran. Dalam vidio dapat kita lihat bahwa guru sudah memberikan stimulasi dan rangsangan pada awal pembelajaran, sehinga anak-anak tampak bersemangat menjalani pembelajaran, dan sudah mempersiapkan media pembelajaran. Metode pembelajaran yang guru berikan cukup menarik, anak-anak juga mudah memahami kata karena di setiap APKG yang di berikan terdapat gambar dan kata sehingga memudahkan siswa untuk menebak kata yang diberikan ibu guru