Similar Posts
Meningkatkan Kerjasama Siswa dalam Kerja Kelompok
silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar Sinopsis Ada beberapa kemampuan dasar yang harus dikuasai guru dalam melaksanakan proses pembelajaran, di antaranya keterampilan mengelola kelas. Guru harus mampu bagaimana mengelola kelas untuk pembelajaran klasikal dan cara yang harus dilakukan dalam mengelola pembelajaran secara kelompok. Dalam tayangan veideo ini akan disajikan masalah-masalah yang muncul…
Memainkan Alat Musik Ritmis Maupun Melodi
silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar Sinopsis Video ini berisi pemecahan masalah bagaimana guru mengajarkan siswa/i berlatih musik ensambel secara klasikal tanpa melatih satu persatu kelompok alat-alat musik terlebih dahulu. Pada awal pertemuan guru membagikan partitur lagu Burung Tantina dari daerah Maluku dan mempersiapkan alat peraga berupa partitur lagu serta penulisan pola…
Asyiknya Melakukan Perkalian Dengan Tulang Napier
silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar Sinopsis Program ini membahas bagaimana seorang guru mengajarkan perkalian dengan media karton yang dinamakan “Tulang Napier”. Dengan metode ini anak-anak jadi lebih mudah memahami perkalian dua buah bilangan. Vera Maya Santi, M.Si. Pakar Dosen Video ini diawali dengan ungkapan guru yang akan menyajikan bilangan bulat. Ungkapan…
Perlawanan pangeran Diponegoro VS Makam Mbah Priok
silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar Sinopsis Program ini menggambarkan kesulitan guru kelas V SD dalam mengajarkan peristiwa Perang Diponegoro secara bermakna kepada siswa. Ketika siswa diminta untuk mencatat hal-hal yang dijelaskan guru, siswa kebingungan untuk mencatatnya. Anak-anak diminta untuk mengingat sesuatu atau menghafal sesuatu yang terjadi pada masa lalu, tanpa mengaitkannya…
Pembelajaran Seni Secara Terpadu
silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar Sinopsis – – Pakar Dosen – – Pakar Guru – –
Kurang Mengetahui Perkalian Dasar
silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar Sinopsis Pada program ini digambarkan guru yang sedang mengajar perkalian dasar (matematika) menggunakan papan tulis. Sebagian besar siswa gaduh, tidak konsentrasi dan tampak malas mengikuti. Hal ini disebabkan karena mereka tidak mengerti, tidak bisa dan tulisan guru juga kurang jelas.Salah satu solusi yang ditawarkan adalah menggunakan…
NAMA : SALSA INAYAH PUTRI
NIM : 857125577
UPBJJ : JAKARTA
Setelah menonton video berjudul “Mengkonstruksi Rumah dari Kertas”, saya menemukan beberapa poin penting terkait proses pembelajaran.
Reaksi siswa: Siswa terlihat antusias dan fokus mendengarkan saat guru menjelaskan materi. Meskipun ada beberapa siswa yang kurang semangat di awal, mereka tetap berusaha memperhatikan dan terlibat aktif saat mempraktikkan pembuatan konstruksi rumah.
Kelemahan guru: Guru memulai pembelajaran tanpa memberikan apersepsi, motivasi, atau ice breaking yang bisa membantu meningkatkan semangat siswa. Guru hanya menanyakan kabar siswa lalu langsung masuk ke materi. Selain itu, apresiasi terhadap siswa kurang diberikan, padahal apresiasi penting untuk memotivasi siswa.
Kelebihan guru: Penyampaian materi mudah dipahami, guru memberi contoh nyata melalui praktek langsung pembuatan rumah kertas yang dapat membantu siswa lebih cepat mengerti. Guru juga telah mempersiapkan pembelajaran dengan matang, seperti meminta siswa membawa alat dan bahan sejak minggu sebelumnya serta membagi siswa ke dalam kelompok sehingga pembelajaran lebih efektif dan siswa bisa bekerja sama.
Hal unik: Guru membawa contoh nyata dan ikut mempraktekkan pembuatan konstruksi rumah, yang memancing rasa penasaran siswa untuk bertanya dan aktif selama kegiatan praktek.
Upaya perbaikan: Untuk meningkatkan kualitas pembelajaran, guru sebaiknya membuka kelas dengan memberikan apersepsi dan motivasi. Ice breaking atau kegiatan lain bisa dilakukan di awal pembelajaran agar siswa lebih rileks dan semangat. Guru juga disarankan memberikan apresiasi kepada siswa, terutama kepada mereka yang sudah mempersiapkan alat dan bahan dengan baik, untuk mendorong semangat mereka di pembelajaran berikutnya.
Nama : Nur Wahyudi
NIM : 877684454
UPBJJ : Purwokerto ( Pokjar Slawi )
Sumber link : https://gurupintar.ut.ac.id/index.php/2023/03/10/mengkontruksi-rumah-dari-kertas/
Judul : Membuat Karya Kerajinan dan benda Konstruksi
ijin menanggapi
1. Kondisi siswa terlihat fokus mendengarkan penjelasan guru, guru juga menjelaskannya detail
2. kelemahannya diawal vidio pembelajaran guru langsung masuk kemateri dan kurangnya modeling sehingga kurang dipahami anak
3. kelebihan guru : Di vidio kedua guru memberikan modeling sekaligus menjelaskan secara rinci sehingga anak dapat memahami apa yang akan dilakukan dan sesuai dengan harapan
4. Unik anak dapat mengeksplorasi bentuk kontruksi sesuai dengan ide mereka melalui praktik secara langsung
5. Saran mungkin diawal bisa melakukan kegiatan apersepsi ata ice breaking untuk menyiapkan fokus anak
terima kasih
Nama : Ulfah Anisa
NIM : 857639329
Pokjar : Slawi
Setelah saya menonton video berjudul “Mengkonstruksi Rumah dari Kertas”, saya menemukan beberapa poin penting terkait proses pembelajaran.
Reaksi siswa: Siswa terlihat antusias dan fokus mendengarkan saat guru menjelaskan materi. Meskipun ada beberapa siswa yang kurang semangat di awal, mereka tetap berusaha memperhatikan dan terlibat aktif saat mempraktikkan pembuatan konstruksi rumah.
Kelemahan guru: Guru memulai pembelajaran tanpa memberikan apersepsi, motivasi, atau ice breaking yang bisa membantu meningkatkan semangat siswa. Guru hanya menanyakan kabar siswa lalu langsung masuk ke materi. Selain itu, apresiasi terhadap siswa kurang diberikan, padahal apresiasi penting untuk memotivasi siswa.
Kelebihan guru: Penyampaian materi mudah dipahami, guru memberi contoh nyata melalui praktek langsung pembuatan rumah kertas yang dapat membantu siswa lebih cepat mengerti. Guru juga telah mempersiapkan pembelajaran dengan matang, seperti meminta siswa membawa alat dan bahan sejak minggu sebelumnya serta membagi siswa ke dalam kelompok sehingga pembelajaran lebih efektif dan siswa bisa bekerja sama.
Hal unik: Guru membawa contoh nyata dan ikut mempraktekkan pembuatan konstruksi rumah, yang memancing rasa penasaran siswa untuk bertanya dan aktif selama kegiatan praktek.
Upaya perbaikan: Untuk meningkatkan kualitas pembelajaran, guru sebaiknya membuka kelas dengan memberikan apersepsi dan motivasi. Ice breaking atau kegiatan lain bisa dilakukan di awal pembelajaran agar siswa lebih rileks dan semangat. Guru juga disarankan memberikan apresiasi kepada siswa, terutama kepada mereka yang sudah mempersiapkan alat dan bahan dengan baik, untuk mendorong semangat mereka di pembelajaran berikutnya.
Terimakasih