silahkan klik icon    jika video tidak dapat diputar

Sinopsis

Similar Posts

26 Comments

  1. Nama : Anggraeni Purmata Sari
    Nim : 858071399
    UPBJJ : UT Pontianak
    Pokjar : Opu Daeng Menambon
    Prodi : PGSD
    Judul video “mengkonstruksi rumah dari kertas.
    Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh
    Setelah saya menonton video yang berjudul “mengkonstruksi rumah dari kertas” berikut adalah analisis nya :
    1. Reaksi siswa pada saat guru menjelaskan, mereka fokus mendengarkan, dan pada saat praktek membuat konstruksi rumah reaksi siswa sangat antusias.
    2. Kelemahan guru dalam melakukan pembelajaran yaitu guru langsung masuk ke pembelajaran tanpa memberi apersepsi dan motivasi siswa.
    3. Kelebihan guru dalam melakukan pembelajaran yaitu :
    • Penyampaian mudah dipahami
    • Guru memberi contoh nyata karya kerajinan yaitu konstruksi rumah
    • Guru mempraktekkan secara langsung dan bisa membuat siswa lebih paham
    • Guru membuat pembelajaran menjadi efektif dengan membentuk kelompok.
    4. Hal unik yang terdapat dalam pelaksanaan pembelajaran tersebut yaitu guru membawa contoh nyata karya kerajinan konstruksi rumah, dan mempraktekkannya secara langsung yang membuat siswa penasaran untuk bertanya dan aktif dalam melakukan praktek.
    5. Hal yang dapat dilakukan untuk meningkatkan kualitas kegiatan pembelajaran yaitu dengan membuka pembelajaran terlebih dahulu dengan memberikan apersepsi, ice breaking dan motivasi

  2. Nama : EKA DHINDA RANDISCA
    NIM : 856026398
    POLAR SEI BALAI
    Menurut tanggapan saya tentang video tersebut seorang guru yang sudah baik dalam melakukan penjelasan serta baik dalam menggunakan media pembelajaran. Mungkin hanya ada kurang sedikit yaitu dimana sang guru belum mampu menarik atau menimbulkan semangat para siswanya dalam mengikuti pembelajaran dikelas.

  3. Nama: Gloria Marsella Maringka
    NIM: 859951793
    Prodi: PGSD

    Tanggapan saya dari vido tersebut yaitu tentang cara seorang guru yang sangat detail dalam caranya mengajar dan menjelaskan langkah-langkah untuk pembuatan praktikum dan guru tersebut menjawab pertanyaan dari siswanya dengan baik dan tepat.

  4. Nama: Gloria Marsella Maringka

    NIM: 859951793

    Prodi: PGSD

    Tanggapan saya dari vidio tersebut yaitu tentang cara seorang guru yang sangat detail dalam caranya mengajar dan menjelaskan langkah-langkah untuk pembuatan praktikum dan guru tersebut menjawab pertanyaan dari siswanya dengan baik dan tepat.

  5. Nama : Santi Anggraini
    NIM : 856765183
    UPBJJ : Palembang
    Pokjar : Gelumbang
    Judul Video : Mengkontruksi Rumah dari Kertas

    Assalamu’alaikum wr wb,,
    Setelah menonton dan menyimak video tersebut, ada beberapa hal yang saya temukan, di antaranya :
    – Reaksi siswa : Ada beberapa siswa yang kurang semangat saat awal pembelajaran tetapi tetap berusaha untuk memperhatikan penjelasan materi yang diberikan guru.
    – Kelemahan : Guru seperti kurang rasa kepedulian saat awal pembelajaran, hanya diawali dengan mengatakan, “Apa kabar hari ini?” kemudian langsung memberikan penjelasan materi selanjutnya. Ada baiknya setelah menanyakan kabar, dilanjutkan dengan melakukan kegiatan apersepsi dan memotivasi siswa sehingga siswa lebih semangat dan fokus untuk memulai pelajaran.
    – Kelebihan : Persiapan pembelajaran sudah sangat matang karna guru sudah menjelaskan serta menugaskan siswa untuk membawa bahan dan alat yang diperlukan serta telah membagi siswa dalam beberapa kelompok dari minggu yang lalu.
    – Hal unik : Guru tidak hanya menjelaskan materi secara teori saja (berdasarkan LKS) tetapi juga mempraktikkan materi (pembuatan kontruksi rumah) secara langsung dengan dibantu dua siswa sehingga siswa dapat lebih cepat memahami materi dan tahapan apa saja yang harus dilakukan.
    – Upaya : Untuk menambah semangat belajar siswa, guru bisa melakukan kegiatan apersepsi terlebih dahulu, seperti kegiatan Ice Breaking (atau kegiatan lainnya) pada awal pembelajaran sehingga siswa menjadi lebih rileks dan semangat dalam memulai pembelajaran.
    Terima kasih.
    Wassalamu’alaikum wr wb,,

  6. Nama : Nur Hamidah Br. Pane
    NIM: 855864027
    Pokjar: Labura
    UPBJJ: MEDAN

    Reaksi siswa sangat antusias dan fokus mendengarkan

    Kelemahan tidak memberi apresiasi kepada siswa

    Kelebihan guru menjelaskan materi terlebih dahulu kepada siswa dan guru juga mengkonfirmasi bahwa alat dan bahan sudah disuruh dibawa dihari sebelumnya dan mencontohkan cara membuat rumah dari kertas

    Hal unik guru juga ikut membantu dalam melakukan kegiatan siswa agar kondusif

    Upaya guru dapat memberikan apresiasi kepada siswa karena tidak lupa membawa alat dan bahan yang akan digunakan hari ini

Leave a Reply