Similar Posts
Pengenalan Tanda Birama
silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar Sinopsis Program ini menjelaskan tentang bagaimana sebaiknya guru memperkenalkan tanda birama kepada anak didiknya. Pada umumnya tanda birama dijelaskan terbatas hanya sebagai teori saja, guru menjelaskan tanda birama hanya nama, jenis, dan pengertiannya (dalam bentuk verbal). Seharusnya komponen musik ini diperkenalkan langsung dalam nuansa musik itu…
Menarik Perhatian Siswa
silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar Sinopsis Video ini berisi tentang bagaimana seorang guru yang berusaha untuk menarik perhatian siswa untuk memperhatikan pelajaran yang diberikan. Dalam hal ini guru melakukan beberapa cara diantaranya dengan cara : Mengajak mahasiswa untuk mengeksplorasi dengan membilang. Memberi penguatan ketika memberi respon terhadap apa yang kita contohkan….
Metode Pembelajaran Menyimak di Kelas I SD
silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar Sinopsis Video ini berisi tentang pemecahan kesulitan siswa dalam menjawab pertanyaan isi dongeng pada mata pelajaran bahasa Indonesia di kelas I SD, beserta alternatif pemecahan masalahnya. Dra. Yetty Morelent, M.Hum. & Dra. Benedicta Esti Pramuki Sri Karyati, Mpd. Pakar Dosen – – Pakar Guru – –
Mencari Akar Pangkat 3 Lebih dari 1000
silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar Sinopsis Akar pangkat tiga merupakan salah satu materi yang sulit bagi siswa. Terlebih lagi bilangan yang digunakan lebih dari seribu. Video ini berisi trik cara mencari akar dari suatu bilangan yang lebih dari seribu. Penggunaan trik ini cukup mudah bagi siswa dengan syarat siswa telah memahami…
Siswa Kurang Menguasai Konsep Pencerminan Bangun Dasar
Sinopsis Video ini membahas tentang bagaimana cara guru mengajarkan konsep pencerminan. Dalam hal ini guru menggunakan cermin, penghapus, spidol sebagai media pembelajaran. Selain itu guru meminta siswa untuk mempraktekan konsep pencerminan dengan menggunkan media pembelajaran. Muchtar M Noor Pakar Dosen Video ini berupaya menjelaskan konsep pencerminan yang diawali dengan pertanyaan terkait jarak antara cermin dan…
Belajar Peta Buta
silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar Sinopsis Program ini menggambarkan kesulitan guru kelas V SD dalam mengajarkan keterampilan membaca peta buta. Pada program ini diperlihatkan seorang guru meminta siswa untuk melakukan tebakan nama dan posisi sebuah kota pada peta buta, yang sesungguhnya peta buta itu tidak pernah ada dalam kehidupan nyata sehari-hari, namun…
Nama : Anggraeni Purmata Sari
Nim : 858071399
UPBJJ : UT Pontianak
Pokjar : Opu Daeng Menambon
Prodi : PGSD
Judul video “mengkonstruksi rumah dari kertas.
Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh
Setelah saya menonton video yang berjudul “mengkonstruksi rumah dari kertas” berikut adalah analisis nya :
1. Reaksi siswa pada saat guru menjelaskan, mereka fokus mendengarkan, dan pada saat praktek membuat konstruksi rumah reaksi siswa sangat antusias.
2. Kelemahan guru dalam melakukan pembelajaran yaitu guru langsung masuk ke pembelajaran tanpa memberi apersepsi dan motivasi siswa.
3. Kelebihan guru dalam melakukan pembelajaran yaitu :
• Penyampaian mudah dipahami
• Guru memberi contoh nyata karya kerajinan yaitu konstruksi rumah
• Guru mempraktekkan secara langsung dan bisa membuat siswa lebih paham
• Guru membuat pembelajaran menjadi efektif dengan membentuk kelompok.
4. Hal unik yang terdapat dalam pelaksanaan pembelajaran tersebut yaitu guru membawa contoh nyata karya kerajinan konstruksi rumah, dan mempraktekkannya secara langsung yang membuat siswa penasaran untuk bertanya dan aktif dalam melakukan praktek.
5. Hal yang dapat dilakukan untuk meningkatkan kualitas kegiatan pembelajaran yaitu dengan membuka pembelajaran terlebih dahulu dengan memberikan apersepsi, ice breaking dan motivasi
Nama : EKA DHINDA RANDISCA
NIM : 856026398
POLAR SEI BALAI
Menurut tanggapan saya tentang video tersebut seorang guru yang sudah baik dalam melakukan penjelasan serta baik dalam menggunakan media pembelajaran. Mungkin hanya ada kurang sedikit yaitu dimana sang guru belum mampu menarik atau menimbulkan semangat para siswanya dalam mengikuti pembelajaran dikelas.
Nama: Gloria Marsella Maringka
NIM: 859951793
Prodi: PGSD
Tanggapan saya dari vido tersebut yaitu tentang cara seorang guru yang sangat detail dalam caranya mengajar dan menjelaskan langkah-langkah untuk pembuatan praktikum dan guru tersebut menjawab pertanyaan dari siswanya dengan baik dan tepat.
Nama: Gloria Marsella Maringka
NIM: 859951793
Prodi: PGSD
Tanggapan saya dari vidio tersebut yaitu tentang cara seorang guru yang sangat detail dalam caranya mengajar dan menjelaskan langkah-langkah untuk pembuatan praktikum dan guru tersebut menjawab pertanyaan dari siswanya dengan baik dan tepat.
Nama : Santi Anggraini
NIM : 856765183
UPBJJ : Palembang
Pokjar : Gelumbang
Judul Video : Mengkontruksi Rumah dari Kertas
Assalamu’alaikum wr wb,,
Setelah menonton dan menyimak video tersebut, ada beberapa hal yang saya temukan, di antaranya :
– Reaksi siswa : Ada beberapa siswa yang kurang semangat saat awal pembelajaran tetapi tetap berusaha untuk memperhatikan penjelasan materi yang diberikan guru.
– Kelemahan : Guru seperti kurang rasa kepedulian saat awal pembelajaran, hanya diawali dengan mengatakan, “Apa kabar hari ini?” kemudian langsung memberikan penjelasan materi selanjutnya. Ada baiknya setelah menanyakan kabar, dilanjutkan dengan melakukan kegiatan apersepsi dan memotivasi siswa sehingga siswa lebih semangat dan fokus untuk memulai pelajaran.
– Kelebihan : Persiapan pembelajaran sudah sangat matang karna guru sudah menjelaskan serta menugaskan siswa untuk membawa bahan dan alat yang diperlukan serta telah membagi siswa dalam beberapa kelompok dari minggu yang lalu.
– Hal unik : Guru tidak hanya menjelaskan materi secara teori saja (berdasarkan LKS) tetapi juga mempraktikkan materi (pembuatan kontruksi rumah) secara langsung dengan dibantu dua siswa sehingga siswa dapat lebih cepat memahami materi dan tahapan apa saja yang harus dilakukan.
– Upaya : Untuk menambah semangat belajar siswa, guru bisa melakukan kegiatan apersepsi terlebih dahulu, seperti kegiatan Ice Breaking (atau kegiatan lainnya) pada awal pembelajaran sehingga siswa menjadi lebih rileks dan semangat dalam memulai pembelajaran.
Terima kasih.
Wassalamu’alaikum wr wb,,
Nama : Nur Hamidah Br. Pane
NIM: 855864027
Pokjar: Labura
UPBJJ: MEDAN
Reaksi siswa sangat antusias dan fokus mendengarkan
Kelemahan tidak memberi apresiasi kepada siswa
Kelebihan guru menjelaskan materi terlebih dahulu kepada siswa dan guru juga mengkonfirmasi bahwa alat dan bahan sudah disuruh dibawa dihari sebelumnya dan mencontohkan cara membuat rumah dari kertas
Hal unik guru juga ikut membantu dalam melakukan kegiatan siswa agar kondusif
Upaya guru dapat memberikan apresiasi kepada siswa karena tidak lupa membawa alat dan bahan yang akan digunakan hari ini