silahkan klik icon    jika video tidak dapat diputar

Sinopsis

Ada beberapa kemampuan dasar yang harus dikuasai guru dalam melaksanakan proses pembelajaran, di antaranya keterampilan mengelola kelas. Guru harus mampu bagaimana mengelola kelas untuk pembelajaran klasikal dan cara yang harus dilakukan dalam mengelola pembelajaran secara kelompok. Dalam tayangan veideo ini akan disajikan masalah-masalah yang muncul dalam belajar kelompok serta kiat-kiat yang dapat dilakukan untuk meningkatkan kerja sama dalam belajar, pembelajaran IPA melalui model pembelajaran kooperatif (cooprativei learning) dengan teknik jigsaw.

Setelah menyimak tayangam video ini, diharapkan Anda dapat membedakan bagai mana cara mengelola pembelajaran secara klasikal dan kerja kelompok. Sehingga masalah-masalah yang kemungkinan muncul dalam pembelajaran kelompok dapat diantisipasi melalui model pembelajaran kooperatif (cooprative leraning) dengan teknik jigsaw yang terdiri dari beberapa tahapan. Unutk lebih jelaskan silahkan simak secara seksama tayangan video ini.

Toto Fathoni

Dari tayangan video pembelajaran yang berdurasi hampir 6 menit tentang video pembelajaran yang berjudul: “Meningkatkan kerja sama siswa dalam kerja kelompok.” Ada beberapa hal yang dapat saya sampaikan:

1. Tujuan dari pembelajaran ini adalah untuk meningkatkan partisipasi siswa dalam kegiatan bekerja kelompok, dalam hal ini adalah diskusi. Yang selama ini kebanyakan yang terjadi apabila dilaksanakan diskusi kelompok dalam pembelajaran tidak semua anggota kelompok berpartisipasi aktif dalam kelompoknya. Ada yang ngomong sendiri, ada yang bermain sendiri, bahkan ada yang mengganggu temannya yang sedang bekerja.

2. Di dalam video pembelajaran tadi, tujuan apa yang akan dicapai dalam pembelajaran tersebut tidak disampaikan pada pendahuluan, sehingga siswa dalam belajar tidak mempunyai arah atau tujuan yang akan dicapai.

3. Tayangan dari video ini adalah bukan guru SD melaksankan proses pembelajaran dengan pokok bahasan atau judul “meningkatkan kerja sama siswa dalam kerja kelompok dengan menggunakan teknik Jigsaw” tetapi penjelasan tentang “bagaimana menggunakan teknik jigsaw dalam proses pembelajaran dengan pokok bahasan atau judul “Meningkatkan kerja sama siswa dalam kerja kelompok.” Nampak terlihat dengan jelas bahwa penjelasan setiap tahap dari teknik jigsaw diberikan contoh dalam proses pembelajarannya. Proses pembelajaran yang dilaksanakan oleh guru dengan menggunakan teknik jigsaw tidak terlihat secara utuh. Bahkan apa yang dilakukan guru kelas dalam proses pembelajaran tidak dapat diterima secara utuh.

4. Dari video yang ditayangkan tersebut sudah menunjukkan adanya perbedaan belum ada dan sudah adanya peningkatan kerja sama siswa apabila dibandingkan antara penggal pertama yang belum menggunakan teknik jigsaw, dengan penggal kedua yang sudah menggunakan teknik jigsaw.

Drs. Sumarno, M.Pd.

Similar Posts

676 Comments

  1. Nama : Nadia dwi putti
    Nim : 856601748
    Kelebihan Video
    Model Pembelajaran Kooperatif Teknik Jigsaw
    Video ini menggunakan model pembelajaran kooperatif dengan teknik Jigsaw, di mana setiap siswa diberikan tugas berbeda dalam kelompok namun dikerjakan secara individu. Hal ini meningkatkan rasa tanggung jawab dan fokus siswa dalam menyelesaikan tugas, serta mencegah siswa dari perilaku tidak produktif seperti mengobrol atau bermain selama diskusi kelompok.

    Peningkatan Partisipasi Siswa
    Dengan pembagian tugas yang jelas, siswa menjadi lebih aktif dan terlibat dalam diskusi kelompok. Mereka dapat bertukar pikiran, berpikir kritis, dan menyampaikan ide-ide mereka dengan percaya diri. Hal ini menciptakan suasana kelas yang menyenangkan dan meningkatkan pemahaman siswa terhadap materi yang diajarkan.

    Penggunaan Media Visual yang Menarik
    Guru menggunakan media visual seperti gambar-gambar yang berbeda untuk setiap individu dalam kelompok belajar. Pendekatan ini meningkatkan motivasi dan keterlibatan siswa dalam proses pembelajaran, serta menciptakan variasi yang menyegarkan dalam kegiatan belajar mengajar.

    Kekurangan Video
    Kurangnya Penjelasan Tujuan Pembelajaran
    Pada awal pembelajaran, guru tidak menjelaskan tujuan dari pembelajaran yang akan dilaksanakan. Hal ini dapat membuat siswa kurang fokus dan tidak memahami arah dari kegiatan yang sedang berlangsung.

    Pengelolaan Kelas yang Kurang Optimal
    Beberapa siswa terlihat tidak berpartisipasi aktif dalam kelompok dan lebih memilih untuk bermain atau mengobrol. Hal ini menunjukkan bahwa pengelolaan kelas oleh guru belum sepenuhnya efektif dalam menjaga fokus dan keterlibatan semua siswa.

    Tidak Ada Sanksi untuk Siswa yang Tidak Aktif
    Guru tidak memberikan sanksi atau tindakan tegas terhadap siswa yang tidak ikut berpartisipasi dalam kelompok. Tanpa adanya konsekuensi, siswa mungkin merasa tidak perlu berkontribusi secara aktif dalam diskusi kelompok.

  2. Nama : Nadia dwi putti
    Nim : 856601748
    Kelebihan Video
    Model Pembelajaran Kooperatif Teknik Jigsaw
    Video ini menggunakan model pembelajaran kooperatif dengan teknik Jigsaw, di mana setiap siswa diberikan tugas berbeda dalam kelompok namun dikerjakan secara individu. Hal ini meningkatkan rasa tanggung jawab dan fokus siswa dalam menyelesaikan tugas, serta mencegah siswa dari perilaku tidak produktif seperti mengobrol atau bermain selama diskusi kelompok.

    Peningkatan Partisipasi Siswa
    Dengan pembagian tugas yang jelas, siswa menjadi lebih aktif dan terlibat dalam diskusi kelompok. Mereka dapat bertukar pikiran, berpikir kritis, dan menyampaikan ide-ide mereka dengan percaya diri. Hal ini menciptakan suasana kelas yang menyenangkan dan meningkatkan pemahaman siswa terhadap materi yang diajarkan.

    Penggunaan Media Visual yang Menarik
    Guru menggunakan media visual seperti gambar-gambar yang berbeda untuk setiap individu dalam kelompok belajar. Pendekatan ini meningkatkan motivasi dan keterlibatan siswa dalam proses pembelajaran, serta menciptakan variasi yang menyegarkan dalam kegiatan belajar mengajar.

    Kekurangan Video
    Kurangnya Penjelasan Tujuan Pembelajaran
    Pada awal pembelajaran, guru tidak menjelaskan tujuan dari pembelajaran yang akan dilaksanakan. Hal ini dapat membuat siswa kurang fokus dan tidak memahami arah dari kegiatan yang sedang berlangsung.

    Pengelolaan Kelas yang Kurang Optimal
    Beberapa siswa terlihat tidak berpartisipasi aktif dalam kelompok dan lebih memilih untuk bermain atau mengobrol. Hal ini menunjukkan bahwa pengelolaan kelas oleh guru belum sepenuhnya efektif dalam menjaga fokus dan keterlibatan semua siswa.

    Tidak Ada Sanksi untuk Siswa yang Tidak Aktif
    Guru tidak memberikan sanksi atau tindakan tegas terhadap siswa yang tidak ikut berpartisipasi dalam kelompok. Tanpa adanya konsekuensi, siswa mungkin merasa tidak perlu berkontribusi secara aktif dalam diskusi kelompok.

  3. Setelah saya menonton video ini ada keuntungan kita saat membentuk kelompok memudahkan kita mengontrol peserta didik.
    Selain itu, pembelajaran kelompok juga membantu siswa mengembangkan kemampuan kolaborasi, komunikasi, dalam memecahkan masalah.
    Kelemahannya. Menggunakan waktu dalam membentuk kelompok

  4. Nama : Bagus Taufi Qurrohman
    Nim : 857365636

    setelah menonton vidio ini membentuk kelompok dalam pembelajaran akan menumbuhkan rasa tanggung jawab melalui pembagian tugas yang jelas dalam kelompok, Membuka peluang bertukar pikiran dan berbagi ilmu, sehingga pemahaman materi bisa lebih mendalam, mengembangkan kemampuan kerjasama dan gotong royong yang penting untuk kehidupan sosial maupun profesional

  5. Nama : Anggun Fazzari Lubis
    Nim : 856021668

    Dari hasil analisis saya, Video tersebut menggunakan model pembelajaran kooperatif dengan teknik Jigsaw, di mana setiap siswa diberikan tugas berbeda dalam kelompok namun dikerjakan secara individu. Hal ini meningkatkan rasa tanggung jawab dan fokus siswa dalam menyelesaikan tugas, serta mencegah siswa dari perilaku tidak produktif seperti mengobrol atau bermain selama diskusi kelompok.

    Peningkatan Partisipasi Siswa
    Dengan pembagian tugas yang jelas, siswa menjadi lebih aktif dan terlibat dalam diskusi kelompok. Mereka dapat bertukar pikiran, berpikir kritis, dan menyampaikan ide-ide mereka dengan percaya diri. Hal ini menciptakan suasana kelas yang menyenangkan dan meningkatkan pemahaman siswa terhadap materi yang diajarkan.

    Penggunaan Media Visual yang Menarik
    Guru menggunakan media visual seperti gambar-gambar yang berbeda untuk setiap individu dalam kelompok belajar. Pendekatan ini meningkatkan motivasi dan keterlibatan siswa dalam proses pembelajaran, serta menciptakan variasi yang menyegarkan dalam kegiatan belajar mengajar.

    Kekurangan Video
    Kurangnya Penjelasan Tujuan Pembelajaran
    Pada awal pembelajaran, guru tidak menjelaskan tujuan dari pembelajaran yang akan dilaksanakan. Hal ini dapat membuat siswa kurang fokus dan tidak memahami arah dari kegiatan yang sedang berlangsung.

    Pengelolaan Kelas yang Kurang Optimal
    Beberapa siswa terlihat tidak berpartisipasi aktif dalam kelompok dan lebih memilih untuk bermain atau mengobrol. Hal ini menunjukkan bahwa pengelolaan kelas oleh guru belum sepenuhnya efektif dalam menjaga fokus dan keterlibatan semua siswa.

  6. Nama: Debora Mendrofa
    NIM: 857156217

    Video ini juga menyoroti peran guru dalam memfasilitasi dan memantau jalannya kerja kelompok agar kolaborasi yang efektif dapat tercapai. Secara keseluruhan, video ini memberikan wawasan yang bermanfaat bagi guru dalam mengelola dinamika kelompok di kelas. Materi disampaikan secara sistematis, mulai dari pentingnya kerjasama, tantangan yang mungkin dihadapi, hingga strategi solutif. Video ini dengan baik menjelaskan peran aktif guru dalam menciptakan lingkungan belajar yang kondusif untuk kerjasama kelompok. Kekurangannya menurut saya adalah video ini fokus pada strategi meningkatkan kerjasama, namun tidak membahas bagaimana cara menilai efektivitas kerjasama kelompok tersebut. Namun, secara keseluruhan, video pembelajaran ini merupakan sumber informasi yang berguna bagi guru yang ingin meningkatkan kualitas kerjasama siswa dalam kerja kelompok. Meskipun memiliki beberapa kekurangan, kelebihan yang ditawarkan menjadikannya tontonan yang bermanfaat.

Leave a Reply