silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar
Sinopsis
Ada beberapa kemampuan dasar yang harus dikuasai guru dalam melaksanakan proses pembelajaran, di antaranya keterampilan mengelola kelas. Guru harus mampu bagaimana mengelola kelas untuk pembelajaran klasikal dan cara yang harus dilakukan dalam mengelola pembelajaran secara kelompok. Dalam tayangan veideo ini akan disajikan masalah-masalah yang muncul dalam belajar kelompok serta kiat-kiat yang dapat dilakukan untuk meningkatkan kerja sama dalam belajar, pembelajaran IPA melalui model pembelajaran kooperatif (cooprativei learning) dengan teknik jigsaw.
Setelah menyimak tayangam video ini, diharapkan Anda dapat membedakan bagai mana cara mengelola pembelajaran secara klasikal dan kerja kelompok. Sehingga masalah-masalah yang kemungkinan muncul dalam pembelajaran kelompok dapat diantisipasi melalui model pembelajaran kooperatif (cooprative leraning) dengan teknik jigsaw yang terdiri dari beberapa tahapan. Unutk lebih jelaskan silahkan simak secara seksama tayangan video ini.
Toto Fathoni
Dari tayangan video pembelajaran yang berdurasi hampir 6 menit tentang video pembelajaran yang berjudul: “Meningkatkan kerja sama siswa dalam kerja kelompok.” Ada beberapa hal yang dapat saya sampaikan:
1. Tujuan dari pembelajaran ini adalah untuk meningkatkan partisipasi siswa dalam kegiatan bekerja kelompok, dalam hal ini adalah diskusi. Yang selama ini kebanyakan yang terjadi apabila dilaksanakan diskusi kelompok dalam pembelajaran tidak semua anggota kelompok berpartisipasi aktif dalam kelompoknya. Ada yang ngomong sendiri, ada yang bermain sendiri, bahkan ada yang mengganggu temannya yang sedang bekerja.
2. Di dalam video pembelajaran tadi, tujuan apa yang akan dicapai dalam pembelajaran tersebut tidak disampaikan pada pendahuluan, sehingga siswa dalam belajar tidak mempunyai arah atau tujuan yang akan dicapai.
3. Tayangan dari video ini adalah bukan guru SD melaksankan proses pembelajaran dengan pokok bahasan atau judul “meningkatkan kerja sama siswa dalam kerja kelompok dengan menggunakan teknik Jigsaw” tetapi penjelasan tentang “bagaimana menggunakan teknik jigsaw dalam proses pembelajaran dengan pokok bahasan atau judul “Meningkatkan kerja sama siswa dalam kerja kelompok.” Nampak terlihat dengan jelas bahwa penjelasan setiap tahap dari teknik jigsaw diberikan contoh dalam proses pembelajarannya. Proses pembelajaran yang dilaksanakan oleh guru dengan menggunakan teknik jigsaw tidak terlihat secara utuh. Bahkan apa yang dilakukan guru kelas dalam proses pembelajaran tidak dapat diterima secara utuh.
4. Dari video yang ditayangkan tersebut sudah menunjukkan adanya perbedaan belum ada dan sudah adanya peningkatan kerja sama siswa apabila dibandingkan antara penggal pertama yang belum menggunakan teknik jigsaw, dengan penggal kedua yang sudah menggunakan teknik jigsaw.
Drs. Sumarno, M.Pd.
–
–
Assalamualaikum
Izin menanggapi video tersebut.
Nama : sheila syahfitri.
Nim : 856022383
Program studi :S1 PGSD
Semester :8
Setelah menyimak video tentang
“meningkatkan kerja sama siswa dalam kerja kelompok “terdapat kelebihan dan kekurangan,yaitu :
Kelebihan dari video itu :
Guru mampu untuk menemukan topik pembahasan yang membuat siswa menjadi lebih bersemangat dalam belajar melalui pembelajaran kooperatif ini.
Kelemahan dari video ini adalah :
1. Tidak adanya penyampaian tujuan dalam pembelajaran tersebut.
2. Siswa di biarkan ribut begitu saja.
3. Kurangnya partipasi siswa terhadap tugas kelompok tersebut.
Assalamualaikum
Izin menanggapi video tersebut.
Nama : sheila syahfitri.
Nim : 856022383
Program studi :S1 PGSD
Semester :8
Setelah menyimak video tentang
“meningkatkan kerja sama siswa dalam kerja kelompok “terdapat kelebihan dan kekurangan,yaitu :
Kelebihan dari video itu :
Guru mampu untuk menemukan topik pembahasan yang membuat siswa menjadi lebih bersemangat dalam belajar melalui pembelajaran kooperatif ini.
Kelemahan dari video ini adalah :
1. Tidak adanya penyampaian tujuan dalam pembelajaran tersebut.
2. Siswa di biarkan ribut begitu saja.
3. Kurangnya partisipasi siswa terhadap tugas kelompok tersebut.
Nama: Putri Ayunda Sari
Nim: 856057091
UPBJJ: Medan
Pokjar: Siantar
Semester: 6
Program Studi: S1 PGSD
Berdasarkan video diatas terkait Tema tentang Meningkatkan Kerjasama Siswa dalam Kerja Kelompok guru memiliki upaya dan berperan besar terhadap siswa,karena pada umumnya banyak siswa yang tidak peduli saat bekerja kelompok dimana siswa yang malas cenderung bergantung pada siswa yang rajin, sementara mereka yang malas malas sibuk bermain dan mengobrol dengan teman yang lain.Hal ini harus diatasi dengan memberi tugas yang menantang dan menarik minat siswa dan guru harus menjelaskan dengan jelas sehingga murid mudah mengerti.Buatlah suasana belajar menyenangkan bagi siswa,dengan bertanya mengenai hewan apa saja yang mereka sukai.Lalu dirikan beberapa kelompok untuk diberikan tugas setiap kelompok tersebut,didalam kelompok ada 5 siswa misalnya,setiap 5 siswa masing-masing diberi bahan oleh guru untuk mengerjakan tugas masing-masing mereka.
Berdasarkan video di atas tentang “meningkatkan kerja sama dalam kerja kelompok”
1. Kurang fokus dalam kerja kelompok
2. mengandalkan mengerjakan tugas kepada teman yang lebih rajin.
3. Bermain, mengobrol dan menggangu temannya yang sedang mengerjakan tugas.
4. Kurangnya partisipasi siswa dalam berkelompok.
5.Guru kurang jelas dalam menyampaikan arahan kepada anak-anak saat mengerjakan tugas kelompok.
Solusinya
Menggunakan model pembelajaran kooperatif ( cooperative learning) dengan teknik Jigsaw
1. Pendahuluan,guru membuka pembelajaran menggemukkan topik yang akan dibahas, tujuan dan langkah -langkah kegiatan pembelajaran.
2. Kelas di bagi ke dalam kelompok yang merata dan dengan tugas yang berbeda.
3.guru memberikan identifikasi kepada peserta kelompok bisa digunakan hewan asli atau hanya sebagai alat peraga (contoh) dalam mendiskusikan di berikan waktu yang dibataskan.
4.mempresentasikan hasil kerja kelompok secara bergiliran untuk menanggapi.
5.Guru memperkuatkan lagi dari hasil diskusi anak-anak agar lebih dipahami setiap kelompok.
Nama : RUBIYANTI
Nim. : 858414494
UPBJJ : SAMARINDA
Berdasarkan video diatas dapat disimpulkan
1. Model pembelajaran kooperatif sangat efektif dalam meningkatkan kemampuan dan hasil belajar siswa dimana semua siswa dapat berperan aktif dalam diskusi tanpa adanya perasaan ragu dan malu dalam menyampaikan pendapatnya. Semua siswa diberikan kesempatan dalam menyampaikan pendapatnya dan guru memberikan penguatan setelahnya
2. Tidak adanya kekurangan dalam model ini karnasemua siswa memiliki tanggung jawab dari masing masing kelompoknya
3. Penyampaian tujuan pembelajaran sangat perlu di sampaikan kepada siswa sehingga siswa dapat fokus dan menyimak setiap point’ yang disampaikan oleh gurunya
Nama : Mardiah
Nim : 858298093
Program studi : S1 PGSD
Semester : 6
Pokjar : tapin
Setelah saya menyimak video di atas. Agar siswa tertib dan disiplin saat belajar di berikan guru. Guru harus ketat saat belajar.
Kendala :
Kurang jelas guru menyampaikan dan kurang menariknya soal yang di berikan. Tidak ada sanksi di berikan.
Solusi :
Guru memberikan tugas dan gambar yang menarik. Membagi kelompok secara merata. Beri semangat dan dukungan pada anak agar memotivasi anak. Membacakan hasil diskusi secara bergilir. Beri sanksi anak bagi anak yang tidak mengerjakan atau membantu teman.
NAMA : RISKA DIASTARI
NIM : 858071152
• Setelah melihat vidio tersebut saya menganalisis bahwa reaksi anak terhadap pembelajaran sangat baik dan sangat antusias sekali
• Sejauh ini belum ada kelemahan tetapi guru harus menyediakan semua media pembelajaran nya sendiri.
• Dari vidio tersebut dapat saya lihat kelebihan guru ialah beliau mampu mengkondisikan kelas yang sangat efektif serta adanya presepsi (penghayatan) terhadap pembelajaran sehingga membuat kelas menjadi kondusif dan terkendali.
• Hal yang unik guru mampu membuat semua siswa bekerja sama dalam kelompok tanpa terkecuali.
• Uapay yang dapat saya berikan ialah untuk kedepannya diharapkan guru dapat menggunakakn dan membuat media pembelajaran sebanyak munggkin agar menarik perhatian siswa dan tidak mmembuat siswa bosan berada di dalam kelas.
Nama : Tira isdiyanti
Nim : 856037788
Pokjar : labusel
Video di atas menerangkang tentang meningkatkan kerja sama dalam kerja kelompok.
Biasanya jika sudah membentuk kelompok maka siswa akan :
– kurang fokus dalam kerja kelompok
– mengandalkan mengerjakan tugas kepala teman yg lebih rajin dan dirinya bermalas malasan
– bermain, mengobrol.
– kurang nya partisipasi di dalam kelompok
Berdasarkan video di atas, guru menggunakan model pembelajaran kooperatif dengan teknik jigsaw. Model pembelajaran tersebut sangat efektif dalam meningkatkan kemampuan dan hasil belajar siswa dimana semua siswa dapat berperan aktif dalam berdiskusi tanpa adanya perasaan ragu dan malu dalam menyampaikan pendapatnya.
Nama : Tira isdiyanti
Nim : 856037788
Pokjar : labusel
Video di atas menerangkang tentang meningkatkan kerja sama dalam kerja kelompok.
Biasanya jika sudah membentuk kelompok maka siswa akan :
– kurang fokus dalam kerja kelompok
– mengandalkan mengerjakan tugas kepala teman yg lebih rajin dan dirinya bermalas malasan
– bermain, mengobrol.
– kurang nya partisipasi di dalam kelompok
Berdasarkan video di atas, guru menggunakan model pembelajaran kooperatif dengan teknik jigsaw. Model pembelajaran tersebut sangat efektif dalam meningkatkan kemampuan dan hasil belajar siswa dimana semua siswa dapat berperan aktif dalam berdiskusi tanpa adanya perasaan ragu dan malu dalam menyampaikan pendapatnya.
Nama : Maysarah Afanni Tanjung
Nim : 855854341
Semester : 6
Program studi : S1 PGSD
Ubjj : Medan
Keterampilan mengelola kelas yang harus dikuasai guru, khususnya dalam Mengelola pembelajaran secara klasikal,Mengelola pembelajaran secara kelompok. Masalah-masalah yang mungkin muncul dalam pembelajaran kelompok, Kiat-kiat yang dapat dilakukan untuk meningkatkan kerja sama dalam belajar kelompok,Penerapan model pembelajaran kooperatif (cooperative learning) dengan teknik jigsaw, yang terdiri dari beberapa tahapan
Membedakan cara mengelola pembelajaran secara klasikal dan kelompok,Mengantisipasi masalah-masalah yang mungkin muncul dalam pembelajaran kelompok, Memahami penerapan model pembelajaran kooperatif (cooperative learning) dengan teknik jigsaw dan tahapan-tahapannya.