silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar
Sinopsis
Ada beberapa kemampuan dasar yang harus dikuasai guru dalam melaksanakan proses pembelajaran, di antaranya keterampilan mengelola kelas. Guru harus mampu bagaimana mengelola kelas untuk pembelajaran klasikal dan cara yang harus dilakukan dalam mengelola pembelajaran secara kelompok. Dalam tayangan veideo ini akan disajikan masalah-masalah yang muncul dalam belajar kelompok serta kiat-kiat yang dapat dilakukan untuk meningkatkan kerja sama dalam belajar, pembelajaran IPA melalui model pembelajaran kooperatif (cooprativei learning) dengan teknik jigsaw.
Setelah menyimak tayangam video ini, diharapkan Anda dapat membedakan bagai mana cara mengelola pembelajaran secara klasikal dan kerja kelompok. Sehingga masalah-masalah yang kemungkinan muncul dalam pembelajaran kelompok dapat diantisipasi melalui model pembelajaran kooperatif (cooprative leraning) dengan teknik jigsaw yang terdiri dari beberapa tahapan. Unutk lebih jelaskan silahkan simak secara seksama tayangan video ini.
Toto Fathoni
Dari tayangan video pembelajaran yang berdurasi hampir 6 menit tentang video pembelajaran yang berjudul: “Meningkatkan kerja sama siswa dalam kerja kelompok.” Ada beberapa hal yang dapat saya sampaikan:
1. Tujuan dari pembelajaran ini adalah untuk meningkatkan partisipasi siswa dalam kegiatan bekerja kelompok, dalam hal ini adalah diskusi. Yang selama ini kebanyakan yang terjadi apabila dilaksanakan diskusi kelompok dalam pembelajaran tidak semua anggota kelompok berpartisipasi aktif dalam kelompoknya. Ada yang ngomong sendiri, ada yang bermain sendiri, bahkan ada yang mengganggu temannya yang sedang bekerja.
2. Di dalam video pembelajaran tadi, tujuan apa yang akan dicapai dalam pembelajaran tersebut tidak disampaikan pada pendahuluan, sehingga siswa dalam belajar tidak mempunyai arah atau tujuan yang akan dicapai.
3. Tayangan dari video ini adalah bukan guru SD melaksankan proses pembelajaran dengan pokok bahasan atau judul “meningkatkan kerja sama siswa dalam kerja kelompok dengan menggunakan teknik Jigsaw” tetapi penjelasan tentang “bagaimana menggunakan teknik jigsaw dalam proses pembelajaran dengan pokok bahasan atau judul “Meningkatkan kerja sama siswa dalam kerja kelompok.” Nampak terlihat dengan jelas bahwa penjelasan setiap tahap dari teknik jigsaw diberikan contoh dalam proses pembelajarannya. Proses pembelajaran yang dilaksanakan oleh guru dengan menggunakan teknik jigsaw tidak terlihat secara utuh. Bahkan apa yang dilakukan guru kelas dalam proses pembelajaran tidak dapat diterima secara utuh.
4. Dari video yang ditayangkan tersebut sudah menunjukkan adanya perbedaan belum ada dan sudah adanya peningkatan kerja sama siswa apabila dibandingkan antara penggal pertama yang belum menggunakan teknik jigsaw, dengan penggal kedua yang sudah menggunakan teknik jigsaw.
Drs. Sumarno, M.Pd.
–
–
Nama : Siti Fatimah
NIM : 856021485
Hasil analisi saya mengenai video yang berjudul “Meningkatkan Kerjasama Siswa dalam Kelompok” yaitu, model pembelajaran dengan berdiskusi kelompok sangat baik terapkan apabila diaplikasikan dengan tepat. Seperti contoh di awal video kegiatan belajar kelompok sering kali membuat siswa tidak serius dalam kelompoknya, saling bergantung satu sama lain dan tidak fokus dalam belajar. Hal ini disebabkan oleh guru yang kurang mampu membimbing jalanya diskusi kelompok, tidak ada sanksi tegas bagi siswa yang tidak serius dalam belajar, serta tidak ada model pembelajaran yang diterapkan dengan jelas.
Selanjutnya dalam video dijelaskan bahasa salah satu cara mengatasi masalah tersebut yaitu dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif learning, sedangkan teknik yang dipilih yaitu JIGSAW. Terbukti bahwa dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw merangsang siswa untuk lebih kreatif, inovatif dan siswa memiliki tugas dan tanggung jawab karena pembagian tugas yang jelas. Pengaplikasian setiap tahapan yang dilakukan oleh guru membuat model pembelajaran kooperatif learning tipe Jigsaw ini berlangsung dengan baik.
Terima Kasih…
Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh
NAMA : SAPRONI
NIM : 856995796
POKJAR : KOTAAGUNG
UPBJJ : BANDAR LAMPUNG
Video pembelajaran yang berjudul ( meningkatkan kerja sama siswa dalam berkelompok )
Setelah saya amati video tersebut
Dari sebelum dan sesudah menggunakan model pembelajaran kooperatif ( cooprative learning ) dengan teknik ( JIGSAW )
saya dapat menyimpulkan bahwa penggunaan metode serta media yang tepat dan menarik sangat diperlukan dalam proses pembelajaran. Sehingga, siswa akan tertarik dan bersemangat saat pembelajaran berlangsung. pemilihan metode kooperatif jigsaw tersebut sudah tepat terhadap peningkatan kerjasama siswa dalam kelompok.
Sehingga dalam pembelajaran berkelompok siswa akan lebih antusias serta lebih aktif.
Mungkin itu saja yang dapat saya simpulkan, sekian dan terimakasih,
Assalamualaikum wrwb
Nama: REKI PERDINAN
NIM: 856976607
Pokjar: POKJAR KOTAAGUNG
UPBJJ: BANDAR LAMPUNG
Setelah menyimak video “Meningkatkan kerjasama siswa da lam kelompok”, menurut pendapat saya video di atas sudah bagus dan jelas pemaparannya. Dalam video juga dijelaskan setiap tahapannya. Sehingga dapat dijadikan rujukan bagi guru yang ingin menerapkan pembelajaran IPA dalam diskusi dan kerja kelompok yang dapat membantu siswa bekerja secara aktif dan melatih kekompakan siswa dalam berkerja sama dengan baik.
Nama : Jamilah
Nim : 856979738
UPBJJ : UT Bandar Lampung
POKJAR : Baradatu
Setelah saya menonton video ini, menurut saya penjelasan dari pendidik jelas dan mudah dimengertim, walaupun pada awal pembelajaran terlihat bahwa ada murid-murid yang tidak memperhatikan guru malah mengobrol dengan murid lain.
Tapi setelah saya melanjutkan melihat video dan guru pun mulai masuk ke tahap-tahap dalam pembelajaran terlihat anak-anak mulai memperhatikan dan kebanyakan aktif dengan penjelasan yang diberikan oleh guru.
Setelah guru menjelaskan materi siswa yang sudah di kelompok nya masing-masing juga mulai mengerjakan dengan seksama, dan mereka mampu bekerja sama dengan kelompok nya masing-masing. Setelah selesai mengerjakan hasil kerja kelompok dikumpulkan ke depan dan mereka mulai menjelaskan apa yang telah di diskusi kan dengan kelompoknya.
Intinya jika guru dapat membangun lingkungan belajar yang kondusif dan dengan penjelasan-penjelasan yang mudah dimengerti dengan anak serta memiliki bahan ajar yang konkret seperti gambar-gambar yang telah disediakan di video tersebut.
Nama : Nurafni
Nim : 855864833
Pokjar : Sei Balai
UPBJJ : Medan
Setelah melihat vidio pembelajaran diatas, yaitu tentang “meningkatkan kemampuan belajar kelompok siswa” menurut saya isi dari Vidio tersebut sudah bagus guru secara rinci memaparkan kekurangan siswa dalam melaksanakan diskusi kelompok dan guru juga memberikan solusi bagaimana agar diskusi kelompok dalam kelas menjadi efektif. Selain itu situasi didalam kelas tetap berjalan dengan kondusif tapi tetap santai dan memberikan keleluasaan bagi siswa untuk menyampaikan pendapat mereka masing masing sehingga terjadi interaksi antar sesama siswa dan guru.
Nama : Jamilah
Nim : 856979738
UPBJJ : UT Bandar Lampung
POKJAR : Baradatu
Setelah saya menonton video ini, menurut saya penjelasan dari pendidik jelas dan mudah dimengertim, walaupun pada awal pembelajaran terlihat bahwa ada murid-murid yang tidak memperhatikan guru malah mengobrol dengan murid lain.
Tapi setelah saya melanjutkan melihat video dan guru pun mulai masuk ke tahap-tahap dalam pembelajaran terlihat anak-anak mulai memperhatikan dan kebanyakan aktif dengan penjelasan yang diberikan oleh guru.
Setelah guru menjelaskan materi siswa yang sudah di kelompok nya masing-masing juga mulai mengerjakan dengan seksama, dan mereka mampu bekerja sama dengan kelompok nya masing-masing. Setelah selesai mengerjakan hasil kerja kelompok dikumpulkan ke depan dan mereka mulai menjelaskan apa yang telah di diskusi kan dengan kelompoknya.
Intinya jika guru dapat membangun lingkungan belajar yang kondusif dan dengan penjelasan-penjelasan yang mudah dimengerti dengan anak serta memiliki bahan ajar yang konkret seperti gambar-gambar yang telah disediakan di video tersebut.
Nama : Desi Angriani
Nim : 859407176
Pokjar : Makassar
Dari video tersebut, menurut pendapat saya siswa kurang berpartisipasi dalam kerja kelompok dengan alasan topik yang akan dikerjakan tidak menantang. Guru tidak memberikan arahan yang jelas apa saja yang akan dibahas dalam kerja kelompok. Serta tidak ada sangsi kepada kelompok yang tidak mengerjakan tugas kelompok.
Kelebihan dari video pembelajaran tersebut telah menggunakan metode pembelajaran kooperatif (cooperative learning) dengan teknik Jigsaw. Dimana metode ini memiliki 5 tahapan. Dengan model tersebut membantu siswa dalam kegiatan belajar mengajar. Didalam metode ini guru sudah menerapkannya, hanya saja pada tahap pertama guru tidak menyampaikan tujuan pembelajaran.
NAMA : YOLANDO SINAGA
NIM : 855868396
POKJAR : ASAHAN
1. Ringkasan Isi Video
• Sinopsis Video :
Video ini bisa menjadi solusi bagi guru yang kurang mahir dalam menguasai kelas dan bagi guru yang masih kurang dalam persiapan mengajar didepan kelas. Dari video tersebut menurut saya cara mengajar sudah bagus tetapi masih ada beberapa yang harus direvisi.
2. Kelemahan Pembelajaran Dalam Video
• Pada pendahuluan tidak disampaikan tujuan yang ingin dicapai dalam pembelajaran
• Sebelum menggunakan tekhnik jigsaw, anak-anak belajarnya tidak terarah
• Tidak ada punishment bagi siswa yang tidak berpartisipasi dalam kerja kelompok
• Tekhnik jigsaw membutuhkan waktu yang relative lama sehingga guru harus bisa memberi Batasan waktu dalam setiap batasan
3. Kelebihan Pembelajaran Dalam Video
• Penggunaan model pelajaran kooperatif dengan tekhink jigsaw sudah tepat untuk meningkatkan kerjasama dalam kelompok
• Guru bisa mengelolah kelas lebih baik sehingga tidak ada siswa yang berkesempatan untuk bermain-main atau mengganggu teman lainnya
• Guru bertindak sebagai fasilitator
4. Rencana Perbaikan yang dapat dilakukan
Setelah melihat video GPO rencana perbaikan yang akan saya lakukan yaitu menyampaikan materi pembelajaran dengan metode yang tepat.
Nama : Erina Oktavira
NIM : 858071557
UPBJJ : Pontianak
Video di atas berjudul “Meningkatkan Kerjasama Siswa dalam Kelompok.” Disini siswa kurang berpartisipasi dalam kerja kelompok dengan alasan topik yang akan dikerjakan tidak menantang atau tidak menyenangkan. Tetapi telah menggunakan metode pembelajaran kooperatif (cooperative learning) dengan teknik Jigsaw. Pemilihan metode kooperatif jigsaw tersebut sudah tepat terhadap meningkatkan kerjasama siswa dalam kelompok. Dimana siswa sangat berperan aktif selama proses belajar berlangsung hingga selesai.
Nama : Sinta Ayu
NIM : 857319384
UPBJJ : Bogor
Berdasarkan video yang telah dilihat dan disimak yang berjudul “Meningkatkan Kerja Sama Siswa dalam Kerja Kelompok”, yaitu terdapat sebab dan solusi dalam meningkatkan kerja sama siswa dalam kerja kelompok. Maka pentingnya seorang guru untuk melakukan beberapa langkah agar siswa kooperatif dalam kerja kelompok, seperti:
1. memilih model pembelajaran yang dapat membuat siswa kooperatif dalam kerja kelompok seperti contoh dalam video menggunakan model pembelajaran cooperatif learning tekhnik jigsaw dengan 5 langkah
2. tugas yang diberikan harus menantang dan menarik perhatian siswa
3. menyampaikan tujuan pembelajaran secara jelas
4. memberi sanksi terhadap siswa yang tidak bekerja dan memberi reward terhadap siswa yang bekerja