silahkan klik icon    jika video tidak dapat diputar

Sinopsis

Ada beberapa kemampuan dasar yang harus dikuasai guru dalam melaksanakan proses pembelajaran, di antaranya keterampilan mengelola kelas. Guru harus mampu bagaimana mengelola kelas untuk pembelajaran klasikal dan cara yang harus dilakukan dalam mengelola pembelajaran secara kelompok. Dalam tayangan veideo ini akan disajikan masalah-masalah yang muncul dalam belajar kelompok serta kiat-kiat yang dapat dilakukan untuk meningkatkan kerja sama dalam belajar, pembelajaran IPA melalui model pembelajaran kooperatif (cooprativei learning) dengan teknik jigsaw.

Setelah menyimak tayangam video ini, diharapkan Anda dapat membedakan bagai mana cara mengelola pembelajaran secara klasikal dan kerja kelompok. Sehingga masalah-masalah yang kemungkinan muncul dalam pembelajaran kelompok dapat diantisipasi melalui model pembelajaran kooperatif (cooprative leraning) dengan teknik jigsaw yang terdiri dari beberapa tahapan. Unutk lebih jelaskan silahkan simak secara seksama tayangan video ini.

Toto Fathoni

Dari tayangan video pembelajaran yang berdurasi hampir 6 menit tentang video pembelajaran yang berjudul: “Meningkatkan kerja sama siswa dalam kerja kelompok.” Ada beberapa hal yang dapat saya sampaikan:

1. Tujuan dari pembelajaran ini adalah untuk meningkatkan partisipasi siswa dalam kegiatan bekerja kelompok, dalam hal ini adalah diskusi. Yang selama ini kebanyakan yang terjadi apabila dilaksanakan diskusi kelompok dalam pembelajaran tidak semua anggota kelompok berpartisipasi aktif dalam kelompoknya. Ada yang ngomong sendiri, ada yang bermain sendiri, bahkan ada yang mengganggu temannya yang sedang bekerja.

2. Di dalam video pembelajaran tadi, tujuan apa yang akan dicapai dalam pembelajaran tersebut tidak disampaikan pada pendahuluan, sehingga siswa dalam belajar tidak mempunyai arah atau tujuan yang akan dicapai.

3. Tayangan dari video ini adalah bukan guru SD melaksankan proses pembelajaran dengan pokok bahasan atau judul “meningkatkan kerja sama siswa dalam kerja kelompok dengan menggunakan teknik Jigsaw” tetapi penjelasan tentang “bagaimana menggunakan teknik jigsaw dalam proses pembelajaran dengan pokok bahasan atau judul “Meningkatkan kerja sama siswa dalam kerja kelompok.” Nampak terlihat dengan jelas bahwa penjelasan setiap tahap dari teknik jigsaw diberikan contoh dalam proses pembelajarannya. Proses pembelajaran yang dilaksanakan oleh guru dengan menggunakan teknik jigsaw tidak terlihat secara utuh. Bahkan apa yang dilakukan guru kelas dalam proses pembelajaran tidak dapat diterima secara utuh.

4. Dari video yang ditayangkan tersebut sudah menunjukkan adanya perbedaan belum ada dan sudah adanya peningkatan kerja sama siswa apabila dibandingkan antara penggal pertama yang belum menggunakan teknik jigsaw, dengan penggal kedua yang sudah menggunakan teknik jigsaw.

Drs. Sumarno, M.Pd.

Similar Posts

540 Comments

  1. Nama: PUSTIKAWATI
    NIM : 859911134

    Setelah saya melihat tayangan dari video, saya mendapatkan tambahan ilmu tentang perbaikan Meningkatkan kerjasama siswa dalam kelompok. dan bisa mengetahui cara menerapkan metode dikelas yang tepat.

  2. Nama : Muliati hayani mrp
    Pokjar : Asahan
    Semester : 8

    1. Ringkasan isi video
    Setelah menyimak video “Meningkatkan kerjasama siswa da lam kelompok”, menurut pendapat saya video di atas sudah bagus dan jelas Dari video tersebut telah dijelaskan masalah-masalah yang biasanya terjadi di dalam kelas ketika siswa diminta untuk mengerjakan tugas kelompok, seperti: siswa merasa bosan karena tidak tahu harus mengerjakan apa, kurangnya partisipasi siswa, tidak ada sanksi bagi siswa yang tidak mengerjakan tugas kelompok sehingga saling mengandalkan orang yang dianggap mampu mengerjakan tugas tersebut. Hal tersebut mengakibatkan kegiatan belajar menjadi terhambat. Solusi yang diberikan pada video tersebut yaitu menggunakan model pembelajaran cooperatif learning dengan teknik jigsaw.
    2. kelemahan Pada pendahuluan tidak disampaikan tujuan yang ingin dicapai dalam pembelajaran
    3.kelebihan
    Penggunaan model pelajaran tekhink jigsaw sudah tepat untuk meningkatkan kerjasama dalam kelompok
    4. Rencana Perbaikan yang dapat dilakukan
    Setelah melihat video GPO, saya akan mencoba tehnik jigsaw di dalam menerapkan pembelajaran yang menggunakan metode kerja kelompok atau diskusi

  3. Setelah melihat vidio gpo saya akan menerapkan pembelajaran yang mengunakan metode kerja kelompok atau diskusi
    Dan saya akan mendapat kan pemahaman ilmu tentang perbaikan meningkatkan kerja Sama siswa dalam kelompok belajar

  4. Nama : Tiara Putri Syahrul
    Nim : 856050121
    pokjar : Tebing Tinggi

    -Ringkasan isi video
    Setelah menyimak video “Meningkatkan kerjasama siswa da lam kelompok”, menurut pendapat saya video di atas sudah bagus dan jelas Dari video tersebut telah dijelaskan masalah-masalah yang biasanya terjadi di dalam kelas ketika siswa diminta untuk mengerjakan tugas kelompok, seperti: siswa merasa bosan karena tidak tahu harus mengerjakan apa, kurangnya partisipasi siswa, tidak ada sanksi bagi siswa yang tidak mengerjakan tugas kelompok sehingga saling mengandalkan orang yang dianggap mampu mengerjakan tugas tersebut. Hal tersebut mengakibatkan kegiatan belajar menjadi terhambat. Solusi yang diberikan pada video tersebut yaitu menggunakan model pembelajaran cooperatif learning dengan teknik jigsaw.
    – kelemahan Pada pendahuluan tidak disampaikan tujuan yang ingin dicapai dalam pembelajaran
    – kelebihan
    Penggunaan model pelajaran tekhink jigsaw sudah tepat untuk meningkatkan kerjasama dalam kelompok
    – Rencana Perbaikan yang dapat dilakukan
    Setelah melihat video GPO, saya akan mencoba tehnik jigsaw di dalam menerapkan pembelajaran yang menggunakan metode kerja kelompok atau diskusi

  5. Nama : Dela El Dayati
    NIM : 856573781

    Setelah saya menyimak video pembelajaran “Meningkatkan Kerjasama Siswa dalam Kerja Kelompok”. Dari video tersebut telah dipaparkan masalah-masalah yang sering terjadi di dalam kelas pada saat siswa mengerjakan tugas kelompok. Solusi yang diberikan pada video di atas yakni penggunaan model pembelajaran kooperatif dengan teknik jigsaw.
    Model pembelajaran ini sangat membantu dalam kegiatan belajar kelompok. Terbukti bahwa dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw dapat meningkatkan keaktifan belajar siswa dan merangsang siswa untuk lebih kreatif serta bertanggung jawab terhadap tugaa kelompoknya, karena pembagian tugas yang jelas. Dengan adanya tayangan video penbelajaran di atas, saya mendapatkan tambahan ilmu tentang perbaikan proses belajar kelompok di dalam kelas saya, dan saya akan mencoba untuk menerapkan teknuk tersebut dalam pembelajaran di kelas. Terima kasih.

  6. Nama : Lilis Safitri
    Nim : 856022075

    Video Guru Pintar Online yang berjudul “Meningkatkan Kerjasama Siswa dalam Kerja Kelompok” memberikan pemahaman yang bermanfaat tentang pentingnya kerjasama dalam proses pembelajaran kelompok. Video ini membahas beberapa poin penting, antara lain:

    Tujuan Meningkatkan Kerjasama Siswa:

    Meningkatkan partisipasi aktif siswa dalam diskusi kelompok.
    Menghindari situasi di mana hanya beberapa siswa yang mendominasi diskusi.
    Memastikan semua siswa memiliki arah dan tujuan yang sama dalam belajar kelompok.
    Strategi Meningkatkan Kerjasama Siswa:

    Membentuk Kelompok yang Heterogen: Kelompok yang terdiri dari siswa dengan kemampuan dan latar belakang yang berbeda dapat mendorong kerjasama yang lebih baik.
    Memberikan Peran dan Tanggung Jawab yang Jelas: Setiap anggota kelompok harus memiliki peran dan tanggung jawab yang jelas untuk memastikan semua orang berkontribusi.
    Menerapkan Teknik Diskusi yang Efektif: Gunakan teknik diskusi seperti “brainstorming”, “role-playing”, dan “jigsaw” untuk mendorong partisipasi dan kolaborasi.
    Memberikan Dukungan dan Bimbingan: Guru harus memberikan dukungan dan bimbingan kepada siswa selama proses kerja kelompok.
    Mengevaluasi Kerjasama Siswa: Guru harus menilai kerjasama siswa dan memberikan umpan balik yang konstruktif.

  7. Nama : Lilis Safitri
    Nim : 856022075
    Video Guru Pintar Online yang berjudul “Meningkatkan Kerjasama Siswa dalam Kerja Kelompok” memberikan pemahaman yang bermanfaat tentang pentingnya kerjasama dalam proses pembelajaran kelompok. Video ini membahas beberapa poin penting, antara lain:

    Tujuan Meningkatkan Kerjasama Siswa:

    Meningkatkan partisipasi aktif siswa dalam diskusi kelompok.
    Menghindari situasi di mana hanya beberapa siswa yang mendominasi diskusi.
    Memastikan semua siswa memiliki arah dan tujuan yang sama dalam belajar kelompok.
    Strategi Meningkatkan Kerjasama Siswa:

    Membentuk Kelompok yang Heterogen: Kelompok yang terdiri dari siswa dengan kemampuan dan latar belakang yang berbeda dapat mendorong kerjasama yang lebih baik.
    Memberikan Peran dan Tanggung Jawab yang Jelas: Setiap anggota kelompok harus memiliki peran dan tanggung jawab yang jelas untuk memastikan semua orang berkontribusi.
    Menerapkan Teknik Diskusi yang Efektif: Gunakan teknik diskusi seperti “brainstorming”, “role-playing”, dan “jigsaw” untuk mendorong partisipasi dan kolaborasi.
    Memberikan Dukungan dan Bimbingan: Guru harus memberikan dukungan dan bimbingan kepada siswa selama proses kerja kelompok.
    Mengevaluasi Kerjasama Siswa: Guru harus menilai kerjasama siswa dan memberikan umpan balik yang konstruktif.

  8. Nama : Sevia Auliani
    Pokjar : ut Tarumajaya
    Semester : 8
    Setelah saya melihat dari Vidio di atas dapat meningkatkan kerja sama antar siswa dan guru dapat berkolaborasi di dalam kelas sehingga guru bisa memberikan penjelasan dengan mudah dan dapat juga mengindikasikan kelas dengan baik. Namun kelemahan dalam Vidio tersebut adalah siswa kurang aktif dalam melakukan pembelajaran sehingga ada beberapa siswa yang tidak fokus terhadap pembelajaran tersebut.

  9. Nama : Sevia Auliani
    Nim : 857109519
    Pokjar : Tarumajaya
    Setelah saya melihat Vidio di atas dapat meningkatkan kerja sama antar siswa dan guru dapat berkolaborasi di dalam kelas sehingga guru bisa memberikan penjelasan dengan mudah dan dapat mengondisikan kelas dengan baik. Namun kelemahan dalam Vidio tersebut adalah siswa kurang aktif dalam melakukan pembelajaran sehingga ada beberapa siswa yang tidak fokus terhadap pembelajaran tersebut.

  10. Assalamu’alaikum wr wb

    Nama : Ela Sanjaya
    NIM : 858685565
    UPBJJ : UT SURABAYA

    Video yang disampaikan sangat inspiratif dan bermanfaat.
    Saya sangat senang karena video tersebut juga menjelaskan solusi dan mengatasi anak yang sulit melakukan kerjasama dengan baik antar sesama teman.
    Pentingnya meningkatkan kerjasama antar kelompok yaitu untuk mencapai tujuan pembelajaran yang optimal, serta guru harus bisa menghidupkan suasana kelas sehingga siswa dapat tertarik dalam materi yang disampaikan.

    Terimakasih
    Wassalamu’alaikum wr wb

Leave a Reply