silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar
Sinopsis
Ada beberapa kemampuan dasar yang harus dikuasai guru dalam melaksanakan proses pembelajaran, di antaranya keterampilan mengelola kelas. Guru harus mampu bagaimana mengelola kelas untuk pembelajaran klasikal dan cara yang harus dilakukan dalam mengelola pembelajaran secara kelompok. Dalam tayangan veideo ini akan disajikan masalah-masalah yang muncul dalam belajar kelompok serta kiat-kiat yang dapat dilakukan untuk meningkatkan kerja sama dalam belajar, pembelajaran IPA melalui model pembelajaran kooperatif (cooprativei learning) dengan teknik jigsaw.
Setelah menyimak tayangam video ini, diharapkan Anda dapat membedakan bagai mana cara mengelola pembelajaran secara klasikal dan kerja kelompok. Sehingga masalah-masalah yang kemungkinan muncul dalam pembelajaran kelompok dapat diantisipasi melalui model pembelajaran kooperatif (cooprative leraning) dengan teknik jigsaw yang terdiri dari beberapa tahapan. Unutk lebih jelaskan silahkan simak secara seksama tayangan video ini.
Toto Fathoni
Dari tayangan video pembelajaran yang berdurasi hampir 6 menit tentang video pembelajaran yang berjudul: “Meningkatkan kerja sama siswa dalam kerja kelompok.” Ada beberapa hal yang dapat saya sampaikan:
1. Tujuan dari pembelajaran ini adalah untuk meningkatkan partisipasi siswa dalam kegiatan bekerja kelompok, dalam hal ini adalah diskusi. Yang selama ini kebanyakan yang terjadi apabila dilaksanakan diskusi kelompok dalam pembelajaran tidak semua anggota kelompok berpartisipasi aktif dalam kelompoknya. Ada yang ngomong sendiri, ada yang bermain sendiri, bahkan ada yang mengganggu temannya yang sedang bekerja.
2. Di dalam video pembelajaran tadi, tujuan apa yang akan dicapai dalam pembelajaran tersebut tidak disampaikan pada pendahuluan, sehingga siswa dalam belajar tidak mempunyai arah atau tujuan yang akan dicapai.
3. Tayangan dari video ini adalah bukan guru SD melaksankan proses pembelajaran dengan pokok bahasan atau judul “meningkatkan kerja sama siswa dalam kerja kelompok dengan menggunakan teknik Jigsaw” tetapi penjelasan tentang “bagaimana menggunakan teknik jigsaw dalam proses pembelajaran dengan pokok bahasan atau judul “Meningkatkan kerja sama siswa dalam kerja kelompok.” Nampak terlihat dengan jelas bahwa penjelasan setiap tahap dari teknik jigsaw diberikan contoh dalam proses pembelajarannya. Proses pembelajaran yang dilaksanakan oleh guru dengan menggunakan teknik jigsaw tidak terlihat secara utuh. Bahkan apa yang dilakukan guru kelas dalam proses pembelajaran tidak dapat diterima secara utuh.
4. Dari video yang ditayangkan tersebut sudah menunjukkan adanya perbedaan belum ada dan sudah adanya peningkatan kerja sama siswa apabila dibandingkan antara penggal pertama yang belum menggunakan teknik jigsaw, dengan penggal kedua yang sudah menggunakan teknik jigsaw.
Drs. Sumarno, M.Pd.
–
–
Nama : Esterlina
Nim : 859821684
UPBJJ : Kendari
Pokjar : Kendari
Setelah saya menonton video tentang ” Meningkatkan Kerjasama Siswa Dalam Kerja Kelompok”
Saya sangat suka dengan metode yang digunakan oleh guru tersebut didalamnya memiliki tahapan- tahapan sehingga semua anggota kelompok ikut aktif dalam mengerjakan tugas kelompoknya.
Nama: Winda Wismarianti
Nim: 859762179
UPBJJ: Kendari
Dalam video pembelajaran guru mengunakan model pembelajaran kooperatif dengan teknik “JIGSAW” yang mana pada model pembelajaran ini ada 5 tahapan. Dalam pembelajaran guru menjelaskan mengenai jenis-jenis hewan peliharaan dan ciri cirinya kemudian guru membagi beberapa kelompok dengan tugas yang berbeda. Kelemahan dalam video pembelajaran yang dilaksanakan oleh guru ialah tugas yang diberikan tidak menantang dan kurang menarik bagi siswa, guru kurang jelas dalam menjelaskan materi pembelajaran, tidak ada target yang jelas yang harus dicapai oleh siswa dan tidak ada sanksi bagi siswa yang tidak bekerja dalam kelompok.
Nama : Indriani
Nim. : 859763962
Prodi : PGSD-S1
Setelah saya menonton video yang berjudul “ Meningkatkan kerja sama siswa dalam kerja kelompok” . Menurut saya,model pembelajaran yang di terapkan guru tersebut sangat bagus, karena dengan adanya tahapan-tahapan tersebut semua anggota kelompok ikut aktif dalam mengerjakan tugas yang sudah di berikan. Sehingga tidak ada lagi istilah hanya satu orang yang kerja,karena masing-masing orang sudah ada bagiannya untuk di kerjakan dan di selesaikan.
Nama : Indriani
Nim. : 859763962
Prodi : PGSD-S1
Setelah saya menonton video yang berjudul “ Meningkatkan kerja sama siswa dalam kerja kelompok” . Menurut saya,model pembelajaran yang di terapkan guru tersebut sangat bagus, karena dengan adanya tahapan-tahapan tersebut semua anggota kelompok ikut aktif dalam mengerjakan tugas yang sudah di berikan. Sehingga tidak ada lagi istilah hanya satu orang yang kerja,karena masing-masing orang sudah ada bagiannya untuk di kerjakan dan di selesaikan.
Nama : Ursila Hidayah Rahmadani
NIM : 858697015
UPBJJ : Surabaya
Pokjar : Jombang ( Putra Bangsa )
dari video pembelajaran tersebut, tujuan pembelajaran tidak disampaikan di awal pendahuluan sehingga siswa tidak memiliki tujuan yang jelas tentang arah pembelajaran. Alangkah baiknya di awal pembelajaran guru melakukan apersepsi dan menjelaskan tujuan pembelajaran dan hal apa saja yang nanti akan kita lakukan. Dalam pembelajaran banyak siswa mengobrol dan asik sendiri padahal tujuan dari pembelajaran ini adalah untuk meningkatkan partisipasi siswa dalam kegiatan bekerja kelompok, dalam hal ini adalah diskusi. Namun nyatanya tidak semua anggota kelompok aktiof dalam kegiatan kelompok ini. Tayangan dari video ini adalah tentang bagaimana menggunakan teknik jigsaw dalam proses pembelajaran dengan pokok bahasan Meningkatkan kerja sama siswa dalam kerja kelompok.” Nampak terlihat dengan jelas bahwa penjelasan setiap tahap dari teknik jigsaw diberikan contoh dalam proses pembelajarannya. Proses pembelajaran yang dilaksanakan oleh guru dengan menggunakan teknik jigsaw tidak terlihat secara utuh
Kekurangan pembelajaran pada video ini :
1. Pada kegiatan awal guru dan akhir guru tidak apersepsi dan pembukan di awal seperti doa dan salam serta penjelasan tujuan pembelajaran waktu itu.
2. Guru tidak bisa mengatur siswa secara keseluruhan dimana siswa sebagian malah asik sendiri.
3. Guru seharusnya menjelaskan dengan jelas ,menjelaskan satu persatu jenis, dan ciri-ciri hewan terlebih dahulu sebelum melakukan diskusi secara berkelompok agar siswa memiliki pengetahuan di awal kegiatan kelompok.
Kelebihan pembelajaran dalam video tersebut :
1. Guru menggunakan media saat menjelaskan sesuatu kepada siswa.
2. kelebihan dalam pembelajaran tersebut adalah penggunaan model pembelajaran kooperatif dengan teknik jigsaw sudah tepat agar siswa lebih aktif dalam diskusi kelompok.
betul sekali perlu ada nya instruksi dan pencapaian siswa yang jelas agar siswa aktif dan kooperatif pada saat bekerjasama dalam menyelesaikan tugas
Syifa Farhanah
857132139
UT Jakarta
betul sekali, harus ada instruksi dan target pencapaian siswa yang jelas agar siswa aktif dan kooperatif dalam bekerjasama
BismiLLAH
Nama : Ummu salamah (859764853)
UPBJJ : Kendari
Pokjar : Tonggoni Pomalaa
dari pengamatan saya diatas bahwa guru memiliki permasalahan didalam kelas yaitu siswa kurang perhatian dalam mengerjakan tugas yang dimana disebabkan :
1. Tugas yang diberikan tdk menantang dan kurang menarik bagi siswa
2. Guru kurang jelas memberikan arahan apa saja yang harus dilakukan siswa
3. Tidak ada target yang jelas yang harus dicapai siswa.
4. Tidak ada sangsi yang diberikan kepada siswa yang tidak mengerjakan tugas
Solusi :
Dengan menerapkan metode kooperatif dengan tekhnik JIGSAW dalam 5 tahapan.
Nama : Ayu Nadila
NIM : 859764885
Fakultas : FKIP S1 PGSD
Semester : 6
Pokjar : Tonggoni Pomalaa
UPBJJ : KENDARI
Berdasarkan hasil pengamatan saya terhadap vidio tersebut, motode JIGSAW atau kegiatan diskusi kelompok cukup efektif untuk di lakukan di apa bila memperhatika tahapan-tahapannya.
Nama : Sri Irmayanti Rahayu
Nim : 821569951
UPBJJ : 83/ KENDARI
Pokjar : UT KENDARI
Menurut Saya dalam video pembelajaran dapat disimpulkn kelemahan dan kelebihan yaitu ,
Kelemahan :
– Guru tidak melakukan kegiatan awal dan apersepsi dalam pembelajaran
– Guru tidak menyampaikan tujuan pembelajaran.
– Guru kurang memotivasi peserta didik dalam pembelajaran.
Kelebihan :
– Guru mampu menggunakan metode pembelajaran kooperatif dengan tehnik jigsaw.
– guru sudah mampu meciptakan suasana lebih afektif
– Guru mampu menggunakan media dengan baik.
Saran :
– Menurut saya,sebaiknya guru meningkatkan kualitas kegiatan pembelajaran.
– Guru sebaiknya melakukan kegiatan apresiasi dalam pembelajaran.