silahkan klik icon    jika video tidak dapat diputar

Sinopsis

Ada beberapa kemampuan dasar yang harus dikuasai guru dalam melaksanakan proses pembelajaran, di antaranya keterampilan mengelola kelas. Guru harus mampu bagaimana mengelola kelas untuk pembelajaran klasikal dan cara yang harus dilakukan dalam mengelola pembelajaran secara kelompok. Dalam tayangan veideo ini akan disajikan masalah-masalah yang muncul dalam belajar kelompok serta kiat-kiat yang dapat dilakukan untuk meningkatkan kerja sama dalam belajar, pembelajaran IPA melalui model pembelajaran kooperatif (cooprativei learning) dengan teknik jigsaw.

Setelah menyimak tayangam video ini, diharapkan Anda dapat membedakan bagai mana cara mengelola pembelajaran secara klasikal dan kerja kelompok. Sehingga masalah-masalah yang kemungkinan muncul dalam pembelajaran kelompok dapat diantisipasi melalui model pembelajaran kooperatif (cooprative leraning) dengan teknik jigsaw yang terdiri dari beberapa tahapan. Unutk lebih jelaskan silahkan simak secara seksama tayangan video ini.

Toto Fathoni

Dari tayangan video pembelajaran yang berdurasi hampir 6 menit tentang video pembelajaran yang berjudul: “Meningkatkan kerja sama siswa dalam kerja kelompok.” Ada beberapa hal yang dapat saya sampaikan:

1. Tujuan dari pembelajaran ini adalah untuk meningkatkan partisipasi siswa dalam kegiatan bekerja kelompok, dalam hal ini adalah diskusi. Yang selama ini kebanyakan yang terjadi apabila dilaksanakan diskusi kelompok dalam pembelajaran tidak semua anggota kelompok berpartisipasi aktif dalam kelompoknya. Ada yang ngomong sendiri, ada yang bermain sendiri, bahkan ada yang mengganggu temannya yang sedang bekerja.

2. Di dalam video pembelajaran tadi, tujuan apa yang akan dicapai dalam pembelajaran tersebut tidak disampaikan pada pendahuluan, sehingga siswa dalam belajar tidak mempunyai arah atau tujuan yang akan dicapai.

3. Tayangan dari video ini adalah bukan guru SD melaksankan proses pembelajaran dengan pokok bahasan atau judul “meningkatkan kerja sama siswa dalam kerja kelompok dengan menggunakan teknik Jigsaw” tetapi penjelasan tentang “bagaimana menggunakan teknik jigsaw dalam proses pembelajaran dengan pokok bahasan atau judul “Meningkatkan kerja sama siswa dalam kerja kelompok.” Nampak terlihat dengan jelas bahwa penjelasan setiap tahap dari teknik jigsaw diberikan contoh dalam proses pembelajarannya. Proses pembelajaran yang dilaksanakan oleh guru dengan menggunakan teknik jigsaw tidak terlihat secara utuh. Bahkan apa yang dilakukan guru kelas dalam proses pembelajaran tidak dapat diterima secara utuh.

4. Dari video yang ditayangkan tersebut sudah menunjukkan adanya perbedaan belum ada dan sudah adanya peningkatan kerja sama siswa apabila dibandingkan antara penggal pertama yang belum menggunakan teknik jigsaw, dengan penggal kedua yang sudah menggunakan teknik jigsaw.

Drs. Sumarno, M.Pd.

Similar Posts

540 Comments

  1. Nama : Rohmiati
    NIM :856980829
    UPBJJ : Bandar Lampung
    Pokjar : SMK 17 Baradatu

    Setelah saya mengamati video tentang “Meningkatkan kerjasama siswa dalam kerja kelompok” bahwsannya dalam video tersebut tujuan pembelajaran tidak disampaikan diawal, sehingga siswa tidak memiliki tujuan yang jelas tentang arah pembelajaan tersebut, kemudian, model pembelajaran yang di terapkan guru cukup bagus , karena dengan adanya tahapan tahapan tersebut semua anggota kelompok ikut aktif dalam mengerjakan tugas yang sudah diberikan, sehingga tidak ada lagi istilah hanya satu orang yan hanya berkerja.

  2. Nama: Siti Aisah
    Nim. : 859764591
    Porjak: Kendari

    Menurut saya tentang fidio sebaiknya guru meningkatkan kualitas kegiatan pembelajaran.dan mampu menciptakan suasana baru dalam melakukan kegiatan apresiasi dalam pembelajaran .

  3. Nama : Erika susanti
    Nim : 856738893
    Menurut video yang sudah saya lihat bahwa metode yang diajarkan guru sudah kreatif dan guru mampu menggunakan pembelajaran kooferatif dengan teknik jigsaw akan tetapi kekurangannya adalah guru sebaiknya melakukan kegiatan apresiasi dalam pembelajaran

  4. Nama Rostiningsih
    NIM 85713626
    Semester 8
    Pokjar Makasar
    Setelah saya amati videonya
    Bahwa penyampaian materi sudah baik dan langkah -langkah nya pun sudah sesuai siswa aktif dalam belajar kelompok.
    Kelemahan nya hanya guru kurang keras menyampaikan materinya ,tetapi Alhamdulillah anak-anak nya sudah paham.

  5. Nama: Ijah Fitriana
    NIM: 859763797
    UPBJJ: Kendari
    Video: Meningkatkan Kerjasama Siswa dalam Kerja Kelompok

    Setelah menyimak video ini, saya menemukan beberapa kelemahan. Di antaranya adalah sebagai berikut:
    1. Tahapan teknik Jigsaw sudah terlihat secara bertahap namun belum menunjukkan tujuan utamanya yaitu “meningkatkan kerjasama”.
    2. Guru belum menunjukkan bentuk peningkatan kerja sama yang nyata, walau hanya sebatas by design saja.
    3. Pada dasarnya, video lebih menunjukkan tahapan penerapan teknik Jigsaw saja.

    Catatan: Meningkatkan sikap kerjasama memang membutuhkan proses, namun dalam pembuatan video seperti ini, guru perlu menunjukkan bentuk kerjasama yang bagaimana yang dapat dihasilkan dari teknik Jigsaw.

  6. Nama : Listiani
    Nim : 859762448

    Dari video diatas dapat dilihat bahwa pada awal pembelajaran tidak terdapat tujuan yang akan ditempuh sehingga siswa tidak serius dalam menanggapi tugas yang diberikan tetapi dengan menggunakan teknik jigsaw proses pembelajaran jadi terarah dan siswa aktif dan semangat dalam melakukan proses belajar. Sebagai guru kita harus pandai memilih teknik atau metode apa yang akan kita berikan kepada siswa agar proses belajar mengajar berjalan dengan baik dan siswa dapat menerimanya dengan baik pula.

  7. Nama : Kezia Priskila K
    UPBJJ : UT Kendari
    Pokjar : Wanggudu

    Izin Berkomentar.
    Berdasarkan analisis video, terdapat beberapa kelemahan yang dapat diidentifikasi:
    1. Tugas yang Tidak Menantang dan Kurang Menarik : Tugas yang diberikan tidak memberikan tantangan yang cukup bagi siswa dan kurang menarik bagi mereka, sehingga dapat mengurangi motivasi belajar.
    2. Penjelasan Materi yang Kurang Jelas : Guru tampaknya kurang memberikan penjelasan yang jelas dan terstruktur tentang materi pembelajaran, sehingga siswa mungkin mengalami kesulitan dalam memahami konsep-konsep yang diajarkan.
    3. Ketidakjelasan Target Pembelajaran : Tidak adanya target pembelajaran yang jelas membuat siswa kebingungan tentang apa yang harus dicapai selama proses pembelajaran.
    4. Tidak Ada Sanksi untuk Ketidakpartisipan : Kurangnya sanksi bagi siswa yang tidak bekerja dalam kelompok dapat mengurangi rasa tanggung jawab dan akuntabilitas mereka dalam berkolaborasi dalam pembelajaran kelompok.
    5. Hal unik apa dalam video pembelajaran : Dalam video pembelajaran tersebut, terdapat keunikan yang menarik, yaitu penggunaan media berupa gambar-gambar hewan yang berbeda untuk setiap siswa di kelas. Pendekatan ini menciptakan variasi yang menarik dalam pembelajaran, karena setiap siswa memiliki gambar yang unik. Dengan demikian, siswa dapat merasa lebih terlibat secara personal dengan materi pembelajaran, meningkatkan minat dan keterlibatan mereka dalam proses belajar.

  8. Nama : Siti Rukmiati
    NIM. : 856642592
    UPJJ. : Jambi
    Vidio. : Meningkatkan Kerjasama Siswa dalam Kerja Kelompok
    Setelah menyimak vidio diatas dalam kerja sama siswa dalam Kerja Kelompok adalah kunci untuk mencapai tujuan bersama dengan edisien.Metode yang dipilih adalah metode kooperatif jigsaw pendekatan yang sangat kuat untuk mempromosikan kerja sama dalam kelompok karena setiap anggota kelompok bertanggung jawab atas bagian tertentu dari materi atau tugas dan kemudian mereka harus saling mengajar satu sama lain. Meningkatkan sikap kerja sama memang membutuhka proses,namun dalam pembuatan vidio seperti ini guru perlu menunjukkan bentuk kerja sama yang bagaimana dapat dihasilkan dari teknik jigsaw.
    Sekian Trima kasih

  9. NAMA :DIAN PARAMITA
    KELAS :6 A PGSD
    POKJAR : UT SALUT WAY TUBA
    Menurut saya tentang pembelajaran dari video tersebut bahwa dalam kegiatan diskusi kelompok siswa sudah aktif berdiskusi dan bekerjasama akan tetapi dalam penyampaian materi dengan menggunakan teknik JIGSAW tidak terlihat secara menyeluruh tujuan apa yang akan dicapai dari awal pendahuluan, maka dari itu guru perlu lebih dalam lagi menguasai teknik JIGSAW sehingga dalam pelaksanaan kegiatan belajar berlangsung , disampaikan dengan baik dan benar agar anak-anak dapat lebih mudah memahami dengan menggunakan bahasa yang lebih jelas , tidak membuat jenuh , dan lebih mudah diterima penyampaian materinya.

  10. Nama : julia hikmah, Nim:855860194,
    Pokjar: Rantauprapat
    Setelah saya menonton vidio pembelajaran tersebut ,saya melihat kurangnya pemahaman seorang guru untuk menjadikan suatu kelas yang akan ikut serta dalam semua siswa pada saat kerja kelompok,bahkan terdapat keributan didalam kelas pada saat pembelajaran berlangsung,dan seluruh siswa belum bisa untuk saling berkerja sama, namun sebaliknya terjadi kesulitan dalam kerja kelompok dan masih ada sebagian yang mengerjakan dan sebagian lagi siswanya juga terdapat sedang bermain pada saat belajar meskipun dalam keadaan kerja kelompok.

Leave a Reply