Similar Posts
Yuk, Bercerita Kepada Teman
silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar Sinopsis – – Pakar Dosen – – Pakar Guru – –
Belajar Penjarian dengan Bermain Recorder tanpa Recorder
silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar Sinopsis Video ini berisi tentang kegiatan belajar anak dalam mempelajari teknik penjarian bermain recorder / suling tangga nada 1 = C pada siswa kelas 4 SD. Pada awal pertemuan guru menyampaikan apersepsi dengan penjelasan bagaimana cara memainkan alat musik sederhana yaitu recorder. Pada topik ini guru…
Tangga Nada Mayor
silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar Sinopsis – – Pakar Dosen – – Pakar Guru – –
Siswa Tidak Teratur pada Saat melaksanakan Observasi/Praktikum Diluar Kelas Pada Saat Pembelajaran IPA SD
silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar Sinopsis Kadang-kadang dalam pelaksanaan praktikum IPA di SD, guru mengalami kesulitan. Misalnya saat harus melaksanakan praktek di luar kelas. Siswa-siswa menjadi tidak terkendali dan berkeliaran tak tentu arah. Solusi yang ditawarkan dalam program ini adalah sebagai berikut. Guru memberikan pengarahan serta memberikan LKS sebelum siswa keluar…
Metode Pembelajaran Menyimak di Kelas I SD
silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar Sinopsis Video ini berisi tentang pemecahan kesulitan siswa dalam menjawab pertanyaan isi dongeng pada mata pelajaran bahasa Indonesia di kelas I SD, beserta alternatif pemecahan masalahnya. Dra. Yetty Morelent, M.Hum. & Dra. Benedicta Esti Pramuki Sri Karyati, Mpd. Pakar Dosen – – Pakar Guru – –
Membangun Suasana Aktif, Interaktif dan Menyenangkan
silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar Sinopsis Pada program ini digambarkan upaya seorang guru yang mengajar namun tidak memperhatikan apakah siswa memperhatikan atau tidak. Solusi yang disampaikan dalam tayangan ini adalah upaya guru mengajak siswa untuk aktif dalam kegiatan pembelajaran. Caranya adalah dengan mengajak siswa mengeksplorasi suatu objek/benda dengan membilangan/operasi berhitung dasar,…
Nama: Rizki Erawati
Nim :857002739
Menurut saya guru tersebut sabar dan telaten dalam membimbing didalam kelas, kelas juga sangat kondusif para siswa mengikuti kegiatan dengan teratur dan disiplin didalam kelas. Siswa mendengarkan arahan atau bimbingan yang diberikan oleh guru dan saling menanggapi Pembelajaran yang sedang berlangsung .
Nama : Putri Eka Yuliani
NIM : 857002417
Pokjar : Salut Way Tuba
UPBJJ : Bandar Lampung
BERANDA
TENTANG GPO
KONTAK
PROFILE
LOG OUT
X
Home / Seri Pembelajaran SD / Menyimpulkan Isi Cerita Anak
SERI PEMBELAJARAN SD
Menyimpulkan Isi Cerita Anak
silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar
Sinopsis
–
–
Pakar Dosen
–
–
Pakar Guru
–
–
Post navigation
PREVIOUS
Bagaimana Menyimak yang Efektif?
NEXT
Metode Pembelajaran Menyimak di Kelas I SD
Similar Posts
109 Comments
Comments navigation
Older comments
Nurhamidah Laburaut says:
May 1, 2024 at 1:53 pm
Nama : Nur Hamidah Br. Pane
NIM: 855864027
Pokjar: Labura
UPBJJ: MEDAN
Reaksi siswa anak fokus mendengarkan dan menuruti apa yang diperintahkan gurunya
Kelemahan guru tidak mengabsen atau menanya kabar anak terlebih dahulu, siswa banyak tidak tahu waktu guru menanya kembali
Kelebihan guru sabar dan guru juga membimbing diskusi para siswa
Hal unik guru membantu siswa dalam berdiskusi dengan kondusif
Upaya guru dapat memberikan apresiasi jika siswa sudah membacakan hasilnya di depan kelas
suryanita siahaan says:
May 3, 2024 at 12:54 pm
*Menurut saya reaksi siswa terhadap kegiatan pembelajaran yang berlangsung sudah baik karna disini bisa dilihat anak menurut dan tidak ribut ketika guru mengarahkan untuk memulai pembelajaran
* secara keseluruhan kelemahan guru dalam pembelajaran adalah pada saat memulai pembelajaran guru tidak menyapa siswa atau mengapsen terlebih dahulu
Menurut saya sebaiknya guru membuat satu iyel iyel atau permainan sebelum memulai pembelajaran agar anak-anak semangat
* kelebihan guru sabar dalam membimbing siswa untuk melakukan pembelajaran dengan tenang
* menurut saya sebaiknya dalam pembelajaran gurunya jangan terlalu kaku dan tegang, sebaiknya pada saat siswa bisa menjawab guru bisa memberikan apresiasi agar siswa lebih semangat lagi.
suryanita siahaan says:
May 3, 2024 at 12:57 pm
Nama: Suryanita Siahaan
Nim : 855854929
Pokjar :Tapteng
Menurut saya reaksi siswa terhadap kegiatan pembelajaran yang berlangsung sudah baik karna disini bisa dilihat anak menurut dan tidak ribut ketika guru mengarahkan untuk memulai pembelajaran * secara keseluruhan kelemahan guru dalam pembelajaran adalah pada saat memulai pembelajaran guru tidak menyapa siswa atau mengapsen terlebih dahulu Menurut saya sebaiknya guru membuat satu iyel iyel atau permainan sebelum memulai pembelajaran agar anak-anak semangat * kelebihan guru sabar dalam membimbing siswa untuk melakukan pembelajaran dengan tenang * menurut saya sebaiknya dalam pembelajaran gurunya jangan terlalu kaku dan tegang, sebaiknya pada saat siswa bisa menjawab guru bisa memberikan apresiasi agar siswa lebih semangat lagi.
risna yonicha says:
May 3, 2024 at 9:12 pm
Nama : Risna Ira Yonicha
NIM: 877525219
Pokjar: ASAHAN
UPBJJ: MEDAN
Menurut saya, reaksi siswa saat guru sedang memberikan pengarahan sudah baik, siswa tidak ribut saat guru sedang menjelaskan. dan saat guru menanyakan kepada siswa tentang menarik kesimpulan, siswa tidak paham tentang membuat kesimpulan, guru langsung mengambil metode diskusi kelompok. dan itu dapat memudahkan pembelajaran saat siswa mengerjakan tugas yang diberikan oleh guru kepada siswa. disini guru dengan sabar mendampingi siswa nya dalam mengerjakan tugas dengan sabar, tetapi sebaiknya guru memberikan apresiasi kepada siswa yang sudah mampu mengerjakan tugas tersebut.
aminrohmatin650 says:
May 4, 2024 at 10:47 pm
Nama : Amin Rohmatin
NIM : 858808944
Pokjar : Salut Kab. Kediri
UPBJJ : UT – Malang
Menurut pendapat saya, secara keseluruhan siswa di kelas ini sudah baik, siswa mengikuti arahan guru dengan baik.
Untuk kelemahan dan kebihan pada pembelajaran ini yaitu :
Kelemahan :
-Guru tidak memberikan semangat kepada siswa di awal pembelajaran
-Guru tidak menanyakan kabar siswa
-Guru tidak melakukan presensi terhadap siswa
-Guru tidak melakukan apersepsi di awal pembelajaran
-Pembelajaran masih menggunakan metode konvensional tanpa menggunakan media yang menarik sehingga pembelajaran terkesan monoton
Kelebihan :
– Guru melibatkan siswa dalam proses belajar mengajar dengan membentuk kelompok diskusi, sehingga dapat memaksimalkan pembelajaran karena siswa bisa belajar dan menjawab pertanyaan secara bersama-sama.
– Guru memberikan apresiasi kepada siswa yang bisa menjawab pertanyaan.
Nul Muttaqin says:
May 5, 2024 at 9:47 am
Nama : Zainul Muttaqin
Nim: 877529144
Pokjar : Simalungun
Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh,
Setelah saya mengamati video tersebut terdapat beberapa kesimpulan yang saya dapat mengenai kelebihan dan kekurangan yang terdapat di dalam video tersebut.
Yang pertama yaitu kekurangannya , Di video tersebut guru Tidak maksimal menggunakan metode pembelajaran dikarenakan pada pembelajaran kurangnya interaksi antar guru dan siswa, kurangnya media pembelajaran agar lebih menarik, media pembelajarannya terlalu monoton, pada awal pembelajaran guru juga tidak melakukan pendahuluan di awal pembelajaran seperti menanyakan kabar ataupun absensi siswa bisa juga guru memberikan motivasi belajar agar siswa lebih semangat lagi dalam belajar sehingga siswa mengalami kesulitan dalam mengerjakan tugas menyimpulkan isi cerita anak tersebut.
Kelebihan yang saya dapat dalam video tersebut adalah, pada saat pertengahan pembelajaran guru membuat metode pembelajaran diskusi atau kelompok dan pembimbing siswa cara memahami materi dengan baik.
Nama : Putri Eka Yuliani
NIM : 857002417
Menurut saya, pembelajaran pada video tersebut sudah baik tetapi masih ada kekurangan nya sebagai berikut:
– Kurangnya kegiatan awal : Guru tidak mengecek kehadiran, tidak menjelaskan tujuan pembelajaran, dan tidak mengapresiasi siswa sehingga menyebabkan kurangnya semangat dan partisipasi.
– Peralihan langsung ke kegiatan inti : Guru langsung berpindah ke pelajaran utama tanpa menjelaskan materi yang akan dibahas, sehingga mungkin menimbulkan kebingungan di kalangan siswa.
NAMA : DIAN PARAMITA
KELAS : 6 A PGSD
POKJAR :UT SALUT WAY TUBA
menurut pendapat saya setelah menonton video tersebut
Reaksi siswafokus mendengarkan dan guru menerangkan dengan baik serta kegiatan belajar mengajar berjalan dengan baik dan nyaman
kelemahannya guru tidak mengabsen dan menyapa seperti menanyakan kabar siswa agar siswa dalam belajar tidak terlalu tegang.
kelebihannya guru sabar dalam membimbing siswa dalam menerapkan pembelajaran , kegiatan belajar mengajar lebih kondusif karena siswa serius dalam memperhatikan pelajaran.
saran dalam video pembelajaran alangkah baiknya di awal
Nama : Eni Rahayu
Nim : 858071525
Kelas : 6B
Pokjar: Mempawah
Semester 6 sesi 1 dari video tersebut, menurut saya reaksi siswa terhadap kegiatan pembelajaran yang berlangsung sudah baik karena anak menurut dan tidak ribut saat guru mengarahkan untuk menilai pembelajaran. Adapun kelemahannya guru tidak menyapa siswa dan mengabsen mengabsen siswa sebelum memulai pelajaran, guru tidak melakukan apersepsi di awal pembelajaran, guru langsung menyuruh anak untuk menyimpulkan cerita tanpa menjelaskan terlebih dahulu bagaimana cara menyimpulkan isi cerita tersebut. Adapun kelebihan guru yaitu membuat metode dengan diskusi kelompok agar memudahkan anak saat mengerjakan tugas yang diberikan guru kepada siswa, menjawab pertanyaan secara bersama-sama dan guru mendampingi siswa dalam mengerjakan tugas dengan sabar. Anak yang mampu mengerjakan tugas dengan baik guru tersebut memberikan apersepsi terhadap pekerjaan yang telah dilakukannya secara berkelompok. Hal unik nya adalah siswa terlihat antusias saat melakukan diskusi kelompok tentang materi yang dijelaskan dan mereka saling menanggapi pembelajaran yang sedang berlangsung. Rencana pembelajaran dalam video sebaiknya guru memberikan apersepsi kepada siswa sebelum pembelajaran dimulai agar anak terlihat bersemangat untuk memulai pembelajaran dan sebaiknya guru tidak terlalu kaku dan tegang agar anak tidak kaku saat memulai pembelajaran.
Nama:SRI KURNIATI
Nim :855865717
Dari video di atas guru tidak menjelaskan tujuan pembelajaran yang akan di capai dan jika diulas kembali guru tidak menjelaskan secara rinci pembelajaran tersebut seharusnya kita sebagai guru menjelaskan apa apa saja materi dan dibahas bersama lalu guru dapat membentuk kelompok untuk mnegerjakan tugas yang akan dibagikan jadi siswa tersebut akan lebih paham dan mengerti.
Salam Kebangsaan
NOVA SANTOSO (501192818)
Pembelajaran terkesan monoton dan tidak menari karena kurang bervariasinya metode dan teknik yang di gunakan.
sebaiknya guru menambah metode tenik dan taktik pembelajarannya agar lebih menarik perhatian dan minat siswa.
Nama : Nurhidayanisyam
Nim: 857130214
UPBJJ : Jakarta
Dari video tersebut pendapat saya adalah pada awal pembelajaran guru tidak menanyakan kehadiran peserta didik dan tidak melakukan apersepsi berupa stimulus pertanyaan-pertanyaan yang berkaitan dengan materi yang diajarkan. Guru langsung memerintahkan peserta didik untuk membaca isi cerita dan menyimpulkannya sehingga peserta didik kurang memahami cerita yang mereka baca karena sebelumnya tidak ada penjelasan dari guru mengenai cerita tersebut.
Selanjutnya guru merubah cara mengajarnya menggunakan metode diskusi, dengan adanya metode ini peserta didik lebih mudah untuk memahami isi cerita dan mereka dapat menyimpulkan isi cerita tersebut karena metode diskusi menjadikan pembelajaran lebih menarik dan mudah dipahami oleh peserta didik. Dengan metode diskusi peserta didik jadi lebih aktif dan dapat bertukar pikiran sehingga memudahkan mereka untuk memahami isi cerita tersebut.
Nama : Fahri Rizki Sinaga
Nim : 856021937
Izin mengomentari video menyimpulkan isi cerita anak
KELEMAHAN
1. Guru tidak melakukan ice breaking saat awal mula pelajaran agar siswa lebih semangat
2. Guru tidak menjelaskan tujuan pembelajaran yang akan di capai dan jika di ulas kembali guru tidak menjelaskan secara rinci pembelajaran tersebut. Sehingga anak-anak tersebut kurang mengerti dengan apa yang harus di kerjakan
KELEBIHAN
1. Keadaan kelas kondusif sehingga membuat konsentrasi belajar lebih baik
2. Guru sangat sabar menghadapi anak murid nya
3. Guru membantu siswa membentuk kelompok agar lebih mudah memahami materi pembelajaran.
SARAN
1. guru harus mengapresiasi siswa terlebih dahulu sebelum memulai proses belajar mengajar.
Nama : Nov ika Niki Loda Sihombing
Nim : 878233158
Menurut saya dari video pembelajaran tersebut kelebihannya adalah suasana kelas yang kondusif serta kondisi siswa yang sangat kooperatif sehingga kegiatan belajarnya berjalan dengan baik. Dan juga guru membagi kelompok untuk memudahkan siswa mengambil atau menyimpulkan isi cerita dengan menerapkan metode diskusi.
Sedangkan kekurangannya menurut saya adalah guru tidak membuka kelas dengan memberikan apresiasi dan tidak mengecek kehadiran siswa.