Similar Posts
Perlawanan pangeran Diponegoro VS Makam Mbah Priok
silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar Sinopsis Program ini menggambarkan kesulitan guru kelas V SD dalam mengajarkan peristiwa Perang Diponegoro secara bermakna kepada siswa. Ketika siswa diminta untuk mencatat hal-hal yang dijelaskan guru, siswa kebingungan untuk mencatatnya. Anak-anak diminta untuk mengingat sesuatu atau menghafal sesuatu yang terjadi pada masa lalu, tanpa mengaitkannya…
Keterpaduan Pembelajaran Sastra
silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar Sinopsis Video ini memuat gambaran tentang pembelajaran sastra klasik di SD yang dirasakan sulit bagi siswa. Dengan menggunakan pendekatan terpadu, antarketerampilan berbahasa maupun antarlintas bidang studi, masalah ini dapat diatasi. Melalui kegiatan membaca, menyimak, berbicara, dan menulis, serta dengan kegiatan berdiskusi di dalam kelompok, siswa akan…
Membelajarkan Konsep Perkalian Pada Soal Cerita
silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar Sinopsis Program ini membahas bagaimana seorang guru mengajarkan konsep perkalian dengan alat peraga berupa gambar buah-buahan dan bola-bola plastik. Dengan alat peraga bola-bola ini guru memperagakan jual beli yang merupakan kejadian sehari-hari sehingga anak-anak lebih mudah memahami konsep perkalian. – Pakar Dosen Video ini menayangkan upaya…
Kesulitan Menulis Karangan Cerita/Narasi
silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar Sinopsis – – Pakar Dosen – – Pakar Guru – –
Bagaimana Menyimak yang Efektif?
silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar Sinopsis – – Pakar Dosen – – Pakar Guru – –
Penggunaan Metode Field atau Karya Wisata dalam menumbuhkan Pemahaman Siswa Pada Tumbuhan dengan Memanfaatkan Lingkungan Sekitar Sebagai Sumber Belajar
silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar Sinopsis Program ini menggambarkan permasalahan guru ketika melaksanakan pembelajaran di kelas pada pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam, yaitu dalam materi tempat menyimpan cadangan makanan pada tumbuhan siswa mengalami kesulitan untuk memahami materi. Metode yang dianjurkan dalam program ini adalah dengan menggunakan metode field trip atau karya wisata…
Nama : HERMAWANTO
NIM : 856814025
UPBJJ : BENGKULU
Pokjar : Curup, Rejang Lebong
Menurut saya video ini sangat bermanfaat bagi kita seorang guru untuk dalam video ini mengajar yang efektif di kelas terutama di kelas rendah, karena dikelas rendah yang kita hadapi adalah kelompok anak yang masih sangat minim literasi dan belum mampu berfikir secara abstrak, kelompok anak yang tidak bisa di ajarkan secara visual, maka dalam video ini kita belajar bahwa dalam mengajar dikelas rendah, salah satu cara yang paling efektif untuk mengajar adalah melibatkan siswa secara aktif, maka dari cara itu siswa akan lebih fokus dan termotivasi untuk mengikuti pelajaran dikelas. metode ceramah
Nama : Vina Damayanti
NIM : 858808872
UPBJJ : Malang
Pokjar : Kediri
Dari video di atas saya dapat menyimpulkan bahwa guru ingin siswanya dapat menyimpulkan cerita dongeng dari kegiatan menyimak pada mata pelajaran bahasa Indonesia, tetapi pada video tersebut siswa masih terlihat kebingunan karena kurangnya media pembelajaran yang bisa diberikan oleh guru, pada video tersebut guru sudah berusaha untuk menceritakan cerita dengan ekspresif namun siswa masih sedikit kebingungan, agar siswa dapat memahami isi dari cerita tersebut guru bisa menceritakan secara perlahan dan meminta siswa bercerita ke depan secara bergantian, agar mereka tidak bosan dan tetap fokus. Untuk lebih baik guru bisa menggunakan gambar yang sesuai dengan cerita dongeng yang dibawakan agar lebih bervariasi.
Demikian pendapat saya mengenai video di atas mungkin ada sanggahan dari bapak/ibu tutor dan teman-teman sekalian. Terimakasih
Nama : Riska Indar Yulitasari
Nim :856991355
Upbjj : bandar Lampung
Bagaimana Reaksi anak/siswa terhadap kegiatan pembelajaran yang dilakukan guru ?
Setelah saya menganalisis video tersebut siswa tampak semangat dalam menerima pembelajaran tetapi setelah menyimak dongeng siswa tidak mengerti apa yang dongengkan gurunya namun dipertengahan video tersebut siswa tampak aktif menjawab pertanyaan yang didongengkan gurunya.
Secara keseluruhan apa saja kelemahan guru dalam melakukan pembelajaran ? Dalam video tersebut guru tidak memulai salam dan berdoa ketika diawal pembelajaran . Guru juga terlalu cepat saat membacakan dongeng sehingga siswa tidak dapat memahami dan menjawab pertanyaan tentang isi dongeng yang disimak. Metode pembelajarannya kurang tepat dan kurang bervariasi sehingga monoton. dan guru terlalu sering melihat ke buku sehingga seperti tidak ada penghayatan saat membaca.Secara keseluruhan apa saja kelebihan guru dalam melakukan pembelajaran ? Diakhir pembelajaran guru berinteraksi dengan siswa dengan melakukan tanya jawab ke siswa agar guru dapat mengetahui sejauh mana pemahaman siswa saat menyimak.
Hal-hal unik apa saja yang ditemukan dalam video tersebut dari guru saat melaksanakan pembelajaran ? Keunikan dari video tersebut guru mempersilahkan siswa untuk maju satu persatu membacakan dongeng sehingga siswa dengan mudah memahami isi dongeng tersebut.
Setelah mengetahui kelemahan dan kelebihan dari guru yang anda amati dari tayangan video,upaya apa saja yang dapat diusulkan untuk meningkatkan kualitas kegiatan pembelajaran berikutnya ? untuk meiningkatkan kegiatan pembelajaran guru seharusnya melakukan evaluasi terhadap siswa di akhir pelajaran agar guru mengetahui sejauh mana pemahaman siswa , Dan metode bercerita pertu ditingkatkan.
Nama: Yus srinur
Nim : 856020071
Menurut saya video ini sangat bermanfaat bagi kita seorang guru untuk dalam video ini mengajar yang efektif di kelas terutama di kelas rendah, karena dikelas rendah yang kita hadapi adalah kelompok anak yang masih sangat minim literasi dan belum mampu berfikir secara abstrak, kelompok anak yang tidak bisa di ajarkan secara visual, maka dalam video ini kita belajar bahwa dalam mengajar dikelas rendah, salah satu cara yang paling efektif untuk mengajar adalah melibatkan siswa secara aktif, maka dari cara itu siswa akan lebih fokus dan termotivasi untuk mengikuti pelajaran dikelas. metode ceramah
Nama : Yus srinur
Nim: 856020071
Setelah saya melihat video mengenai Metode Pembelajaran Menyimak, beberapa poin yang dapat diambil yaitu :
1. pada awal penbelajaran Guru kurang berinteraksi dengan siswa, terutama dalam Membangun semangat siswa serta dalam meng-Absen siswa juga tidak di lakukan.
2. Pembacaan dongeng dengan suara nada datar kurang di sukai oleh Siswa
Tetapi untuk kelebihan nya :
1. Guru berhasil membuat anak murid menyimak penjelasan dengan baik / tidak gaduh.
2. Meminta siswa mengulang pembacaan Dongeng merupakan hal yang sangat bagus di lakukan, sehingga anak lebih menyimak dongeng tersebut.
3. Melakukan tanya jawab untuk memastikan bahwa Siswa paham dengan isi dongeng tersebut.
Nama : Indah Prastitiningtyas
NIM : 857825235
UPBJJ : Surakarta
Pokjar : Klaten
1. Reaksi anak terhadap kegiatan pembelajaran yang dilakukan guru adalah anak-anak berantusias untuk mendengarkan cerita.
2. Kelemahan guru dalam pembelajaran ini adalah guru tidak melakukan kegiatan pembuka dalam pembelajaran seperti berdoa, mengecek kehadiran siswa, dan menayakan kabar.
3. Kelebihan guru dalam pembelajaran ini adalah guru berhasil membuat siswa aktif mengikuti pelajaran dan membuat siswa memahami isi cerita dengan cara yang dilakukan.
4. Hal-hal unik dalam video tersebut adalah ketika guru membacakan cerita, anak-anak belum memahami isi cerita tersebut. Tetapi setelah guru meminta beberapa siswa untuk membacakan kembali di depan kelas, anak-anak telah mampu memahami isi cerita yang dibacakan.
5. Upaya yang dapat diusulkan untuk meningkatkan kualitas kegiatan pembelajaran berikutnya yaitu melakukan kegiatan pembelajaran sesuai dengan rancana pelaksanaan pembelajaran, sebelum kegiatan pembelajaran dimulai, tidak lupa untuk melakukan kegiatan pendahuluan.
Nama : Supri yani
Nim : 855866504
Prodi : PGSD – S1 Semester 6
Upbjj : Medan
Pokjar : Tanjung balai
– Bagaimana reaksi anak / siswa terhadap kegiatan pembelajaran yang dilakukan guru? Di awal pembelajaran siswa belum mengerti dengan cerita yang dibacakan ibu guru.
– Secara keseluruhan apa saja kelemahan guru dalam melakukan pembelajaran? Guru tidak menggunakan media pembelajaran lain selain buku.
– Secara keseluruhan apa saja kelebihan guru dalam melakukan pembelajaran? Guru sangat sabar dalam mengulang membaca atau menyampaikan cerita dalam pembelajaran.
– Hal-hal apa saja yang ditemukan dalam video tersebut dari guru saat melaksanakan pembelajaran? Guru dan siswa sama-sama membaca cerita dan melakukan tanya jawab antar siswa dalam pembelajaran.
– Setelah mengetahui kelemahan dan kelebihan dari guru yang Anda amati dari tayangan video, upaya apa saja yang dapat diusulkan untuk meningkatkan kualitas kegiatan pembelajaran berikutnya? Selanjutnya guru dapat menggunakan metode pembelajaran yang beragam agar siswa mudah memahami pembelajaran dan menggunakan media yang beragam pula.
Nama : Sumariya Desi
Nim : 856854717
Pokjar : Ketahun
Upbjj : Bengkulu
Di sini saya ingin menyelesaikan tugas saya pada mata kuliah penguatan kemampuan mengajar (PKM) oleh bapak rodi hermayanto.
Pada tugas PKM ini saya di tugas kan untuk menonton video dan merefleksikan serta menganalisa video tersebut.Yang pertama mengenai refleksi siswa pada saat proses PBL. Dari perbandingan dua video tersebut jelas terlihat bahwa penyampaian materi dongeng ke pada anak² yang langsung menanyakan kepahaman maka siswa akan terasa bingung. Apalagi jika di tanyakan ulang cerita tersebut, bahkan kalimat awal yang di sampaikan saja tidak teringat. namun di video selanjutnya adanya keterlibatan siswa dalam membacakan dongeng serta ada umpan balik materi cerita akan menjadi lebih menyenangkan dan bahkan siswa pun mengigat siapa saja toko yang terdapat bahkan judul cerita.Untuk kegiatan pendahuluan nya juga belum nampak, sehingga refleksi siswa terhadap awal pembelajaran belum nampak kesiapan belajar, rasa semangat nya.
Dan mungkin bila di tambahkan apersepsi jadi siswa akan termotivasi bahwa sejatinya pembelajaran yang dia pelajari akan bermanfaat nya nanti.Kekurangan tahap pan dalam pembelajaran di kegiatan pendahuluan dan kegiatan akhir dan tindak lanjut atau penutup saja yang belum ada atau mungkin dalam video tidak di nampakkan.Kelebihan guru sudah melibatkan siswa dalam pembelajaran guru sudah lebih semangat memberi penjelasan dengan senyum ceria.Selain itu guru juga sudah menampilkan media pembelajaran berupa buku, dan menyesuaikan dengan kondisi lingkungan di sekolah. Sehingga menjadi pertimbangan buat kita semua bahwa tidak harus memaksakan media elektronik namun jika kondisi tidak memungkinkan. Lihat sinkron nya terlebih dahulu.Hal unik yang saya temui guru memberikan perhatian dengan mendekatkan diri memberikan sentuhan kepada siswa u
Yang ingin tampil maju kedepan sehingga siswa menambah rasa percaya diri nyaUpaya kelebihan dan kekurangan yang ada maka di sini saya akan mengikuti kelebihan tersebut dengan menambah inovasi reformasi yang lebih baik lagi. Dan kekurangan yang ada menjadi kan pelajaran buat saya untuk menjadi pertimbangan nantinya serta mengikuti solusi dengan melihat referensi agar pembelajaran lebih baik lagi.
Setelah saya menganalisis video pembelajaran tersebut, siswa tampak semangat dalam menerima pembelajaran. Tetapi setelah menyimak dongeng, siswa tidak mengerti apa yang didongengkan oleh gurunya. selain itu masih ada beberapa kelemahan dalam video tersebut yaitu :
-guru tidak melakukan tahapan awal pembelajaran seperti mengucap salam dan afirmasi, serta absensi.
-guru tidak menyampaikan tujuan pembelajaran yang hendak dicapai.
-guru tidak melakukan apersepsi untuk menumbuhkan semangat belajar
-guru terlalu cepat saat membacakan cerita sehingga siswa tidak dapat memahami dan menjawab pertanyaan tentang isi Dongeng yang disimak.
-guru kurang inovatif dalam menyediakan media pembelajaran. Guru terlalu sering melihat kebuku sehingga seperti tidak ada penghayatan saat membaca.
NAMA : SWANNI ZANDROTO
NIM : 855863222
POKJAR : IDANOGAWO
SEMESTER : VI (enam )
Kelemahan : Reaksi siswa terhadap kegiatan pembelajaran yang di laksanakan Guru tersebut siswa lebih banyak diam dan mendengarkan guru membaca sehingga ada saja siswa yang mengantuk dan terlihat mengabaikan guru yang membaca. Guru tidak memberi kesempatan kepada siswa membaca sendiri yang dibacakan guru sebelumnya sehingga kurang mampu menyimak isi dari cerita tersebut.
Kelebihan : Siswa dapat mencapai tujuan pembelajaran sesuai yang guru tersebut harapkan,mesikipun siswa kuarang semangat.
Hal-hal unik dalam video tersebut siswa lebih antusias dan tertarik memahami isi cerita jika mereka di beri waktu membaca bergantian di depan kelas
Upaya yang dapat di usulkan : Untuk meningkatkan kualitas kegiatan pembelajaran guru berupaya memahami kemauan siswa dan memberi kesempata bagi siswa menbaca sendiri di depan kelas.