Similar Posts
Yuk Mengarang Bebas
silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar Sinopsis – – Pakar Dosen – – Pakar Guru – –
Tangga Nada Mayor
silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar Sinopsis – – Pakar Dosen – – Pakar Guru – –
Pembelajaran IPAS dalam Kurikulum MBKM di Sekolah Dasar
silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar Sinopsis Lingkungan hidup yang kita nikmati saat ini adalah suatu anugerah ciptaan tuhan Yang Maha Esa. Lingkungan hidup sebagai tempat hidup dan berinteraksnya manusia dengan mahluk hidup lain dipermukaan bumi diatas lingkungan hidup ini. Lingkungan hidup memiliki dua komponen, yaitu biotik dan abiotik. Kedua kompenen ini tidak…
Penjumlahan Pecahan Berpenyebut Tidak Sama
silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar Sinopsis Program ini membahas bagaimana seorang guru memberikan pembelajaran matematika dengan topik pecahan berpenyebut tidak sama dengan menggunakan media potongan-potongan karton untuk memudahkan pemahaman siswa dalam penjumlahan pecahan. Mery Novianti Pakar Dosen Video ini ditayangkan agar murid memahami konsep penjumlahan dua buah pecahan dengan penyebut tidak…
Pemanfaatan Media Sederhana Berbentuk Flip Chart Untuk Menjelaskan Proses Peristiwa-Peristiwa Alam yang Terjadi di Indonesia Pada Pembelajaran IPA di SD
silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar Sinopsis Program ini menggambarkan permasalahan guru ketika menjelaskan proses gunung meletus, tsunami, banjir, longsor dan peristiwa alam lainnya, para siswa masih bingung karena guru tidak menggunakan media. Salah satu cara untuk mengatasi kesulitan tersebut adalah menggunakan media sederhana yang dapat digunakan oleh guru yaitu media flip…
Bagaimana Menulis Cerita?
silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar Sinopsis – – Pakar Dosen – – Pakar Guru – –
1. Bagaimana reaksi anak/siswa terhadap kegiatan pembelajaran yang dilakukan guru?
Jawab:
Pada awal pembelajaran, siswa tampak agak skeptis terhadap kegiatan pembelajaran yang berbeda dari apa yang mereka biasa lakukan. Mereka terlihat tidak percaya diri untuk berpartisipasi dalam kegiatan tersebut. Namun, setelah beberapa kali kegiatan, siswa mulai terlihat lebih aktif dan berminat dalam proses pembelajaran. Mereka mulai berani untuk bertanya dan berdiskusi dengan teman-teman sekelasnya.
2. Secara keseluruhan apa saja kelemahan guru dalam melakukan pembelajaran?
Jawab:
Dalam melakukan pembelajaran menyimak di kelas 1 SD, guru menghadapi beberapa kelemahan, seperti:
• Kurangnya media pembelajaran audio visual: Guru tidak menggunakan alat peraga yang dapat menunjang proses pembelajaran, seperti media audio visual, sehingga proses pembelajaran dapat menjadi kurang efektif.
• Guru tidak menjelaskan tujuan pembelajaran: Guru tidak menjelaskan tujuan pembelajaran yang akan dipelajari dalam pertemuan tersebut, sehingga siswa tidak memiliki gambaran yang jelas tentang apa yang akan dipelajari.
• Guru tidak menggunakan alat peraga yang dapat menumbuhkan nilai karakter tokoh dalam dongeng: Guru tidak menggunakan alat peraga yang dapat menumbuhkan nilai karakter tokoh dalam dongeng, sehingga siswa tidak dapat memahami nilai-nilai yang terkait dengan dongeng.
3. Secara keseluruhan apa saja kelebihan guru dalam melakukan pembelajaran?
Jawab:
Kelebihan guru dalam melakukan pembelajaran yaitu:
• Guru berinteraksi dengan siswa dengan melakukan tanya jawab: Guru berinteraksi dengan siswa dengan melakukan tanya jawab, sehingga siswa dapat aktif dalam proses pembelajaran dan guru dapat mengetahui kemampuan siswa.
• Guru memberikan kesempatan kepada siswa untuk aktif dalam pembelajaran; Guru memberikan kesempatan kepada siswa untuk aktif dalam pembelajaran, sehingga siswa dapat berpartisipasi secara aktif dalam proses pembelajaran.
• Guru menstimulasi siswa untuk mau dan mampu mengekspresikan dirinya: Guru menstimulasi siswa untuk mau dan mampu mengekspresikan dirinya dengan maju ke depan membaca dongeng, sehingga siswa dapat meningkatkan kemampuan berbicara dan berkomunikasi.
4. Hal-hal unik apa saja yang ditemukan dalam video tersebut dari guru saat melaksanakan pembelajaran?
Jawab:
Terdapat beberapa hal unik yang ditemukan dari guru saat melaksanakan pembelajaran, seperti:
• Guru mempersilahkan siswa untuk maju satu persatu membacakan dongeng: Guru memberikan kesempatan kepada siswa untuk maju satu persatu membacakan dongeng, sehingga siswa dapat dengan mudah memahami isi dongeng tersebut.
• Interaksi guru dengan siswa melalui tanya jawab: Guru berinteraksi dengan siswa dengan melakukan tanya jawab, memungkinkan guru untuk mengetahui sejauh mana pemahaman siswa saat menyimak.
• Kurangnya kegiatan awal pembelajaran dan apersepsi: Guru tidak melakukan kegiatan awal pembelajaran dan apersepsi untuk menumbuhkan gairah belajar siswa sebelum memulai pembelajaran
5. Setelah mengetahui kelemahan dan kelebihan dari guru yang anda amati dari tayangan video, upaya apa saja yang dapat diusulkan untuk meningkatkan kualitas kegiatan pembelajaran berikutnya?
Jawab:
Berikut adalah beberapa upaya yang dapat diusulkan untuk meningkatkan kualitas kegiatan pembelajaran berikutnya:
• Evaluasi terhadap siswa di akhir pelajaran: Guru seharusnya melakukan evaluasi terhadap siswa di akhir pelajaran agar guru mengetahui sejauh mana pemahaman siswa.
• Metode bercerita ditingkatkan: Metode bercerita harus ditingkatkan dengan cara yang lebih interaktif dan menarik, seperti dengan menggunakan alat peraga yang dapat menumbuhkan nilai karakter tokoh dalam dongeng.
• Penggunaan media pembelajaran audio visual: Guru seharusnya menggunakan media pembelajaran audio visual yang dapat menunjang proses pembelajaran, seperti video, untuk memudahkan siswa dalam menyimak dan meningkatkan minat dalam belajar.
• Penggunaan alat peraga yang dapat menumbuhkan nilai karakter tokoh dalam dongeng: Guru seharusnya menggunakan alat peraga yang dapat menumbuhkan nilai karakter tokoh dalam dongeng, sehingga siswa dapat memahami nilai-nilai yang terkait dengan dongeng.
NAMA : Yulia Hadistya Nasution
NIM : 856024119
Menyimak merupakan salah satu keterampilan penting yang perlu dikuasai oleh siswa kelas 1 SD. Keterampilan ini menjadi dasar bagi mereka untuk memahami informasi, berkomunikasi secara efektif, dan belajar di sekolah.
Sebagai guru, penting untuk memberikan tanggapan yang positif dan membangun kepada siswa selama pembelajaran menyimak. Berikut beberapa tips untuk memberikan tanggapan yang efektif:
– Berikan pujian kepada siswa atas usaha dan partisipasi mereka.
– Berikan umpan balik yang spesifik tentang apa yang dilakukan siswa dengan baik dan apa yang perlu ditingkatkan.
– Gunakan pertanyaan terbuka untuk mendorong siswa untuk berpikir lebih kritis tentang isi cerita atau percakapan.
– Berikan kesempatan kepada siswa untuk bertanya dan berdiskusi tentang apa yang mereka pelajari.
Nama : Frisky Ariska Wanda
Nim :856044547
Pokjar :Sei balai
Menyimak merupakan salah satu keterampilan penting yang perlu dikuasai oleh siswa kelas 1 SD. Keterampilan ini menjadi dasar bagi mereka untuk memahami informasi, berkomunikasi secara efektif, dan belajar di sekolah.
1. guru tidak melakukan kegiatan awal pembelajaran.
2. guru tidak melakukan apersepsi untuk menumbuhkan gairah belajar
3. guru terlalu cepat membacakan cerita
4. guru kurang inovatif dalam menyediakan media pembelajaran.
NAMA : BEBILIANA
NIM : 858571167
POKJAR : ALHUDA KEDIRI KOTA
Berikut ini adalah instrumen refleksi yang digunakan:
Bagaimana reaksi anak/siswa terhadap kegiatan pembelajaran yang dilakukan guru?
peserta didik menyimak guru bercerita. Dalam penyampaian cerita, guru sudah ekspresif dengan intonasi dan mimic yang variatif. Peserta didik bergantian membaca dongen dan peserta didik yang lainna menyimak.
Secara keseluruhan apa saja kelemahan guru dalam melakukan pembelajaran?
Dalam kegiatan bercerita guru belum memanfaatkan media yang mendukung pembelajaran sehingga terlihat peserta didik kurang antusias
Secara keseluruhan apa saja kelebihan guru dalam melakukan pembelajaran?
Pengelolaan kelas yang cukup baik karena secara umum terlihat peserta didik tenang menyimak cerita yag dibacakan temannya.
Hal-hal unik apa saja yang ditemukan dalam video tersebut dari guru saat melaksanakan pembelajaran?
Peserta Didik terlihat memperhatikan guru dan temannya bercerita namun saat diajukan pertanyaan tidak semua peserta didik yang antusias menjawab pertanyaan guru
Setelah mengetahui kelemahan dan kelebihan dari guru yang anda amati dari tayangan video, upaya apa saja yang dapat diusulkan untuk meningkatkan kualitas kegiatan pembelajaran berikutnya?
• Memilih cerita yang menarik,
• Menggunakan media pembelajaran ketika bercerita guna memudahkan peserta didik menyimak dan meningkatkan antusiasme peserta didik dalam belajar. alat peraga bisa berupa gambar yang mendukung, boneka jari, atau video pembelajaran yang ditampilkan melalui proyektor.
• Pengaturan posisi duduk peserta didik sedemikian rupa agar setiap peserta didik dapat melihat dan mendengar dengan jelas cerita yang dibacakan guru maupun temannya. (misalnya dengan cara melingkar sehingga guru atau peserta didik membaca cerita ditengah lingkaran yang ada.
• Sebelum bercerita minta peserta didik untuk menyimak dengan sunguh-sungguh dan katakan bahwa bagi mereka yang bisa menjawab pertanyaan diakhir cerita maka akan diberi penghargaan (memotivasi peserta didik agar bersemangat dalam pembelajaran
Nama : Lenny Setyowati
NIM : 858809448
UPBJJ : Malang
Pokjar : Joyoboyo
Izin menanggapi video simulasi pembelajaran pada jenjang Sekolah Dasar (SD) di mata pelajaran Bahasa Indonesia dengan judul “Metode Pembelajaran Menyimak di Kelas 1 SD”.
Dalam video pembelajaran tersebut nampak seorang Guru yang sedang melakukan pembelajaran Bahasa Indonesia dengan materi pokok “Metode Pembelajaran Menyimak Cerita Dongeng”. Terdapat beberapa kelebihan dan kelemahan dari pembelajaran yang dilakukan Ibu Guru tersebut, yaitu :
A. KELEBIHAN
– Guru mengajak siswa sebagai partisipan aktif ketika beberapa siswa diajak untuk ikut membaca dongeng tersebut ke depan.
– Guru dengan sabar membimbing siswa untuk memahami isi bacaan yang telah dibaca.
– Guru mampu mengondisikan kelasnya agar kondusif dalam belajar.
– Guru melakukan sesi tanya-jawab setelah pembacaan dongeng berlangsung. Hal ini dapat memacu semangat siswa. Selain itu, Guru dapat mengukur sejauh mana siswa sudah memahami teks dongeng.
B. KELEMAHAN
– Pada awal pembelajaran, Guru belum mengucapkan salam pembuka untuk memulai pembelajaran.
– Guru tidak melakukan absensi dan doa pembuka sebelum memulai pembelajaran.
– Guru belum menyampaikan tujuan pembelajaran yang akan dicapai.
– Guru belum menjelaskan materi awal secara terperinci, sehingga saat Guru selesai membaca cerita tersebut siswa terlihat kebingungan.
– Guru tidak menyampaikan kesimpulan pembelajaran terhadap apa yang sudah dipelajari.
C. SARAN
– Sebelum memulai pembelajaran, alangkah baiknya Guru melakukan pendahuluan seperti salam, berdoa, dan mengecek kehadiran siswa.
– Guru perlu memaparkan tujuan dan materi awal kepada peserta didik.
– Guru sebaiknya memberikan metode pengajaran yang lebih inovatif dengan menambahkan beberapa media ajar lain.
NAMA : Fiolin Floreta
NIM : 857109605
POKJAR : SMPN 92 JAKARTA
Secara umum, tujuan menyimak ada dua macam, yaitu tujuan bersifat khusus dan tujuan bersifat umum. Adapun tujuan yang bersifat khusus adalah untuk memperoleh informasi, menangkap isi, serta memahami makna komunikasi yang hendak disampaikan oleh si pembicara melalui ujaran. Namun tujuan yang bersifat umum tersebut dapat dipecah-pecah menjadi beberapa bagian sesuai dengan aspek tertentu yang ditekankan. adapun tujuan menyimak menurut klasifikasinya adalah sebagai berikut :
1. Mendapatkan Fakta
2. Menganalisis Fakta
3. Mendapatkan inspirasi
4. Menghibur diri
Jadi dalam pembelajaran menyimak di Sekolah Dasar kelas rendah membutuhkan metode dan teknik pembelajaran yang cocok diterapkan untuk siswa sekolah dasar kelas rendah yaitu metode dan teknik pembelajaran yang sekiranya mampu memudahkan siswa dalam mempelajari pembelajaran menyimak, sehingga dalam pembelajaran tersebut akan dapat tercipta hasil pembelajaran yang efektif dan efisien.
Nama : MANJA TAMBUNAN S.Ak
NIM : 859801872
UPJJ : MEDAN
POKJAR : LABURA
Izin menanggapi video diatas yang berjudul “Metode Pembelajaran Menyimak di Kelas 1 SD”.
Menyimak merupakan suatu kegiatan mendengarkan informasi berupa informasi lisan dan merupakan bagian dari interaksi dalam berkomunikasi. Keterampilan menyimak merupakan keterampilan yang sangat dibutuhkan manusia. Banyak pengetahuan, pengalaman yang diperoleh seseorang melalui kegiatan menyimak.
Sebagai guru, penting untuk memberikan tanggapan yang positif dan membangun kepada siswa selama pembelajaran menyimak.
Kelebihan dari video pembelajaran tersebut,
a. Guru mengajak siswa ikut berpartisipasi dalam membaca ulang dongeng tersebut ke depan.
b. Guru sabar membimbing siswa untuk memahami isi bacaan yang telah dibaca.
c. Guru mampu mengondisikan kelasnya agar kondusif dalam belajar.
d. Guru melakukan sesi tanya-jawab setelah pembacaan dongeng berlangsung. Hal ini dapat memacu semangat siswa. Selain itu, Guru dapat mengukur sejauh mana siswa sudah memahami teks dongeng.
Kelemahan dari video pembelajaran tersebut.
a. Pada awal pembelajaran, Guru sebaiknya membuka pelajaran dengan salam dan berdoa.
b. Guru tidak melakukan absensi sebelum memulai pembelajaran.
c. Guru belum menyampaikan tujuan pembelajaran yang akan dicapai.
d. Guru tidak menyampaikan kesimpulan pembelajaran terhadap apa yang sudah dipelajari.
Nama : Nur Kamila
NIM : 858961222
UPBJJ : UT Jember
Pokjar : Banyuwangi-Kota
Izin menanggapi video simulasi pembelajaran pada jenjang Sekolah Dasar (SD) di mata pelajaran Bahasa Indonesia dengan judul “Metode Pembelajaran Menyimak di Kelas 1 SD”.
Dalam video pembelajaran tersebut nampak seorang Guru yang sedang melakukan pembelajaran Bahasa Indonesia dengan materi pokok “Metode Pembelajaran Menyimak Cerita Dongeng”. Terdapat beberapa kelebihan dan kelemahan dari pembelajaran yang dilakukan Ibu Guru tersebut, yaitu :
1. Kelebihan Pembelajaran dalam Video
– Guru sudah menggunakan strategi pembelajaran dengan baik, yaitu meminta siswa untuk bergantian membacakan cerita ke depan agar anak-anak mampu menyimak apa yang disampaikan. Jika anak-anak belum paham akan ada 1 siswa lagi yang akan membacakan ke depan.
– Adapun keterampilan dasar mengajar yang tampak sudah lebih dari satu, yaitu:
a. keterampilan menyimak
b. keterampilan membaca
2. Kelemahan Pembelajaran dalam Video
– Guru mengalami kesulitan dalam memberikan arahan untuk menyimak kepada siswa
– Guru belum menampilkan bagian awal awal dan akhir pembelajaran. Seperti mengabsensi siswa, mereview kembali pembelajaran yang kemarin untuk membangkitkan semangat siswa
– Materi yang dijelaskan pun tidak runtut
Solusi yang diberikan oleh Guru :
Menurut Webb (Tarigan, 2008:70) cara meningkatkan keterampilan menyimak adalah sebagai berikut:
a. Memahami maksud pembicaraan
b. Menghindari ketergesa-gesa
c. Memahami maksud sendiri
d. Memperhatikan perbedaan pemakaian bahasa
e. Menyadari prasangka sendiri.
NAMA : UNIK SETIYA NINGRUM
NIM : 857631284
Tujuan pembelajaran menyimak di kelas 1 SD adalah untuk mengembangkan kemampuan mendengarkan siswa dalam memahami informasi yang disampaikan secara lisan. Tujuan ini meliputi beberapa hal, antara lain:
Membangun Kemampuan Memahami: Tujuan utama adalah membantu siswa dalam memahami pesan, cerita, atau instruksi yang disampaikan melalui lisan, seperti dalam pembacaan cerita oleh guru atau dalam instruksi pembelajaran.
Mengembangkan Kosakata dan Pemahaman Bahasa: Melalui kegiatan menyimak, siswa akan diperkenalkan dengan kosakata baru dan struktur bahasa yang membantu mereka memahami bahasa dengan lebih baik.
Mengasah Konsentrasi: Melalui kegiatan menyimak, siswa belajar untuk fokus dan berkonsentrasi dalam mendengarkan. Hal ini penting untuk membantu mereka dalam memahami informasi dengan baik.
Mengembangkan Imajinasi dan Kreativitas: Menyimak cerita atau narasi juga membantu mengembangkan imajinasi siswa, memperkaya dunia pikiran mereka, dan merangsang kreativitas dalam memahami dan merespons informasi yang mereka terima.
Membantu Proses Pembelajaran Selanjutnya: Kemampuan menyimak yang baik sangat penting sebagai dasar untuk pembelajaran selanjutnya di sekolah, seperti membaca dan menulis. Dengan memperkuat kemampuan menyimak sejak dini, siswa akan lebih siap untuk belajar hal-hal baru di masa depan.
Dengan demikian, tujuan pembelajaran menyimak di kelas 1 SD tidak hanya terbatas pada memahami apa yang didengarkan, tetapi juga dalam mempersiapkan siswa untuk pembelajaran yang lebih lanjut dan membangun dasar yang kuat dalam kemampuan berbahasa.
Nama :Wiwik Wijayati
Nim :858715059
Prodi :S1 PGSD
Pokjar: Sampang
Assalamualaikum wr wb
Dalam video edukasi pembelajaran ini menggunakan metode menyimak dengan menggunakan media buku cerita dongeng dimana dalam penyampaiannya guru tidak menggunakan media visual lainnya selain pendengaran, maka dari itu guru dituntut untuk lebih kreatif dan menggunakan dinamika bahasa tubuh karna itu sangatlah berpengaruh dalam metode menyimak terlebih jika audien adalah anak SD kelas 1
Dalam hal ini izin memberi saran bahwa dalam pembelajaran menyimak siswa dan guru memerlukan keterkaitan agar apa yang disimak dapat tersampaikan dengan baik. Adanya interaksi seperti yang sudah dipaparkan di video membuat anak lebih paham dan diperlukan pula pengulangan juga memastikan apakah anak tersebut sudah paham atau belum. Selain itu media berupa video atau gambar jauh lebih disukai oleh anak anak sehingga dapat mudah dipahami dan dimengerti.