silahkan klik icon    jika video tidak dapat diputar

Sinopsis

Video ini berisi tentang pemecahan kesulitan siswa dalam menjawab pertanyaan isi dongeng pada mata pelajaran bahasa Indonesia di kelas I SD, beserta alternatif pemecahan masalahnya.
Dra. Yetty Morelent, M.Hum. & Dra. Benedicta Esti Pramuki Sri Karyati, Mpd.

Similar Posts

253 Comments

  1. Nama : Minda Ros Alvyanti
    Nim : 856973816
    Pokjar : Tulang Bawang Udik
    UPBJJ : Bandar Lampung
    Setelah saya amati pada video pembelajaran tersebut terdapat beberapa kekurangan yaitu,
    – Guru belum menyampaikan tujuan pembelajaran yang akan di capai
    – Guru belum menjelaskan materi awal secara terperinci, sehingga saat guru selesai membaca cerita tersebut siswa terlihat kebingungan
    – Guru tidak menyampaikan kesimpulan pembelajaran terhadap apa yang sudah di pelajari

    Saran perbaikan
    – Guru harus menyampaikan tujuan pembelajaran yang akan dicapai, agar siswa memahami apa yang akan mereka pelajari dan dapat fokus pada materi yang disampaikan.
    – Guru sebaiknya menjelaskan materi awal secara terperinci sebelum membacakan cerita, agar siswa memiliki pemahaman dasar yang jelas tentang apa yang akan mereka simak.
    – Pada akhir pembelajaran, guru perlu menyampaikan kesimpulan pembelajaran terhadap apa yang sudah dipelajari, agar siswa dapat mengingat dan memahami inti dari pembelajaran yang telah dilakukan.

  2. Nama : Minda Ros Alvyanti
    Nim : 856973816
    Pokjar : Tulang Bawang Udik
    UPBJJ : Bandar Lampung
    Setelah saya amati pada video pembelajaran tersebut terdapat beberapa kekurangan yaitu: Guru belum menyampaikan tujuan pembelajaran yang akan di capai, Guru belum menjelaskan materi awal secara terperinci, sehingga saat guru selesai membaca cerita tersebut siswa terlihat kebingungan, Guru tidak menyampaikan kesimpulan pembelajaran terhadap apa yang sudah di pelajari.

    Saran perbaikan : Guru harus menyampaikan tujuan pembelajaran yang akan dicapai, agar siswa memahami apa yang akan mereka pelajari dan dapat fokus pada materi yang disampaikan, Guru sebaiknya menjelaskan materi awal secara terperinci sebelum membacakan cerita, agar siswa memiliki pemahaman dasar yang jelas tentang apa yang akan mereka simak, dan pada akhir pembelajaran, guru perlu menyampaikan kesimpulan pembelajaran terhadap apa yang sudah dipelajari, agar siswa dapat mengingat dan memahami inti dari pembelajaran yang telah dilakukan.

  3. Nama : Anes Fadila Rizki
    Nim : 857973126
    UPBJj: Ut bandar Lampung
    Pokjar : Ambarawa

    Setelah saya amati Vidio pada pembelajaran diatas dapat saya analisis kelebihan dan kekurangan Vidio
    tersebut

    Kelebihan : kelebihan dari Vidio tersebut guru sudah mampu dalam menjelaskan materi terhadap pembelajaran tersebut namun guru masih terfokus pada buku ajar yang di ajarakan

    Kelemahan : guru belum menyampaikan tujuan yang akan di sampaikan kepada siswa sehingga siswa blm bisa memahami apa yang guru sampaikan
    Pada akhir pembelajaran Guru juga tidak menyampaikan kesimpulan yang berkaitan dengan materi pembelajaran yang telah di sampaikan

  4. Nama : Anes Fadila Rizki
    Nim : 856972126.
    UPBJj : bandar Lampung
    Pokjar : Ambarawa

    Menurut pendapat saya mengena Vidio pbelajaran diatas terdapat kelebihan dan kelemahan pada Vidio tersebut
    Kelebihan :

    Kelebihan : kelebihan pada Vidio di atas sangat terlihat antusias para siswa dalam mengikuti pembelajaran

    Kelemahan : guru tidak mengajak siswa untuk membaca doa terlebih dahulu
    Guru juga tidak menyampaikan terlebih dahulu pembelajaran yang akan di sampaikan lalu di akhir pembelajaran guru tidak memberikan kesimpulan pada materi yang telah di sampaikan

    Demikian tanggapan dari saya terimakasih

  5. Nama : Ina Rohimah
    Nim : 857133123
    Pokjar : Kalideres
    UPBJJ : Jakarta
    Setelah saya mengamati video pembelajaran tersebut terdapat beberapa kekurangan yaitu,
    – guru belum mempersiapkan pembelajaran saat pembukaan pelajaran.
    – guru belum menyampaikan menyampaikan tujuan pembelajaran.
    – guru belum menjelaskan materi secara konkret atau kejadian nyata.
    – guru tidak menyampaikan kesimpulan pembelajaran.

    Saran perbaikan untuk pembelajaran pada vidio :
    sebaiknya guru saat membuka pelajaran harus mempersiapkan pembukaan pelajaran. Seperti membaca do’a, menyampaikan tujuan pembelajaran dan memberikan pengertian materi yang akan diajarkan. Pada saat pembelajaran guru memberikan contoh yang nyata atau konkret pada murid. Pada saat akhir pembelajaran guru harus menyampaikan kesimpulan pembelajaran.

  6. Nama : ERHASUDIN
    Nim : 856734157
    Pokjar : Baturaja
    UPBJJ : PALEMBANG

    1. Fakta yang terjadi :
    – Guru tidak menyampaikan tujuan pembelajaran yang akan di capai
    – Guru tidak menyampaikan kesimpulan pembelajaran terhadap apa yang sudah di pelajari

    2. Identifikasi Masalah :
    – Kesulitan siswa dalam menjawab pertanyaan isi dongeng

    3. Analisis Masalah :
    – Kurangnya pemahaman dari inti cerita dongeng

    4. Alternatif Pemecahan Masalah :
    – Guru membaca dongeng siswa menyimak
    – Siswa bergantian membaca dongeng
    – Lakukan tanya jawab

    5. Rumusan Masalah :
    – Dalam proses pembelajaran menyimak guru harus tau sasaran yang akan dicapai agar siswa dapat memahami isi bacaan tersebut

    6. Tujuan Perbaikan Pembelajaran
    – Agar siswa dapat memahami apa yang akan mereka pelajari
    – Menyampaikan kesimpulan pembelajaran terhadap apa yang sudah dipelajari, agar siswa dapat mengingat dan memahami inti dari pembelajaran yang telah dilakukan

  7. Nama : Nurul Fadhillah
    Nim : 856029275
    Pokjar : Ajamu
    UPBJJ : Medan

    Selamat Malam, Izin menanggapi video metode pembelajaran menyimak.
    Dari video yang saya tonton, menurut saya seorang guru dalam video ini memiliki beberapa kekurangan dalam langkah-langkah pembelajaran.
    1. Dalam video ini seorang guru tidak melakukan kegiatan awal seperti: menyapa para siswa dalam kelas, memberi salam dan berdoa, mengabsen para siswa dan guru belum menjelaskan kepada para siswa untuk pelajaran hari ini guru langsung masuk pada kegiatan inti, seperti dalam video ini.
    2. Seorang guru langsung membacakan buku cerita, sehingga membuat beberapa siswa kebingungan dalam menanggapi pertanyaan dari seorang guru.
    3. Guru dalam video ini juga sangat biasa saja saat menyampaikan cerita kepada para siswa, sehingga sebagian siswa merasa cerita ini kurang menarik.
    Solusi dari video ini :
    Seorang guru terlebih dahulu harus menjelaskan kepada para siswa tentang cerita/dongeng yang ingin disampaikan sehingga para siswa mengetahui judul dari cerita tersebut. Jika cerita bersumber dari buku pelajaran maka seorang guru juga bisa mengajak para siswa untuk membuka buku yang sama. Lalu seorang guru bisa meminta para siswa untuk bergantian membaca cerita dan siswa yang lain menyimak dengan begini para siswa dapat memahami setiap jalan cerita dari dongeng tersebut. Dan seorang guru pun bisa melakukan tanya-jawab terhadap para siswa untuk memastikan apakah siswanya menyimak cerita ini dengan baik.

  8. Nama : panoguan sianipar
    Nim : 856035627
    Pokjar : Toba
    UPBJJ : Medan
    Setelah saya amati pada video pembelajaran diatas terdapat beberapa kekurangan guru dalam penyampaian pembelajaran di dalam kelas yaitu,
    _ saat masuk ruang kelas, guru tidak ada melaksanakan penyapaan terhadap siswa.
    _ guru tidak menanyakan bagaimana kabar siswa di dalam kelas
    _ guru tidak mengecek kehadiran siswa
    _ guru belum membrikan apersepsi terhadap siswa
    – Guru belum menyampaikan tujuan pembelajaran yang harus dicapai pada pembelajaran ini
    – Guru belum menjelaskan materi awal secara terperinci, sehingga saat guru selesai membaca cerita tersebut siswa terlihat kebingungan
    _ guru terlalu cepat membaca dongeng tersebut sehingga siswa sulit untuk menyimak cerita yang dibaca oleh guru
    – Guru tidak menyampaikan kesimpulan pembelajaran terhadap apa yang sudah di pelajari

    Saran perbaikan
    _ sebelum pelajaran dimulai didalam kelas ada baiknya seorang guru harus terlebih dahulu memberikan sapaan terhadap siswa,mengecek kehadiran dan harus menanyakan bagaimana kabar siswa di kelas.
    – Guru harus menyampaikan tujuan pembelajaran yang akan dicapai, agar siswa memahami apa yang akan mereka pelajari dan dapat fokus pada materi yang disampaikan.
    – Guru sebaiknya menjelaskan materi awal secara terperinci sebelum membacakan cerita, agar siswa memiliki pemahaman dasar yang jelas tentang apa yang akan mereka simak.
    – Pada akhir pembelajaran, guru perlu menyampaikan kesimpulan pembelajaran terhadap apa yang sudah dipelajari, agar siswa dapat mengingat dan memahami inti dari pembelajaran yang telah dilakukan.
    terimakasih

  9. Nama : Iid Fadilah Mustakilah (857255772)
    Upbjj : Serang
    Setelah saya mengamati video pembelajaran di atas, saya bisa menanggapi bahwa :
    1. Guru awal masuk pembelajaran tidak melakaukan sapaan
    2. Guru tidak menjelaskan tujuan pembelajaran hari ini
    3. Guru langsung to the point bercerita

    Saran saya :
    1. Hendaknya memulai pembelajaran dengan melakukan sapaan/apersepsi agar siswa tertarik
    2. Menjelaskan tujuan pembalajaran agar siswa tahu fungsi belajar hari ini

  10. Nama : Intan Andini Dwi Safitri
    Nim : 856975683
    Upbjj : 20 Bandar Lampung
    setelah saya mengamati video pembelajaran di atas terdapat beberapa kekurangan guru dalam penyampaian pembelajaran di dalam kelas yaitu,
    _ saat masuk ruang kelas, guru tidak ada melaksanakan penyapaan terhadap siswa.
    _ guru tidak menanyakan bagaimana kabar siswa di dalam kelas
    _ guru tidak mengecek kehadiran siswa
    _ guru belum membrikan apersepsi terhadap siswa
    – Guru belum menyampaikan tujuan pembelajaran yang harus dicapai pada pembelajaran ini
    – Guru belum menjelaskan materi awal secara terperinci, sehingga saat guru selesai membaca cerita tersebut siswa terlihat kebingungan
    _ guru terlalu cepat membaca dongeng tersebut sehingga siswa sulit untuk menyimak cerita yang dibaca oleh guru
    – Guru tidak menyampaikan kesimpulan pembelajaran terhadap apa yang sudah di pelajari

    Saran perbaikan
    _ sebelum pelajaran dimulai didalam kelas ada baiknya seorang guru harus terlebih dahulu memberikan sapaan terhadap siswa,mengecek kehadiran dan harus menanyakan bagaimana kabar siswa di kelas.
    – Guru harus menyampaikan tujuan pembelajaran yang akan dicapai, agar siswa memahami apa yang akan mereka pelajari dan dapat fokus pada materi yang disampaikan.
    – Guru sebaiknya menjelaskan materi awal secara terperinci sebelum membacakan cerita, agar siswa memiliki pemahaman dasar yang jelas tentang apa yang akan mereka simak.
    – Pada akhir pembelajaran, guru perlu menyampaikan kesimpulan pembelajaran terhadap apa yang sudah dipelajari, agar siswa dapat mengingat dan memahami inti dari pembelajaran yang telah dilakukan.
    terimakasih

Leave a Reply