Similar Posts
Siswa Kurang Menguasai Konsep Pencerminan Bangun Dasar
Sinopsis Video ini membahas tentang bagaimana cara guru mengajarkan konsep pencerminan. Dalam hal ini guru menggunakan cermin, penghapus, spidol sebagai media pembelajaran. Selain itu guru meminta siswa untuk mempraktekan konsep pencerminan dengan menggunkan media pembelajaran. Muchtar M Noor Pakar Dosen Video ini berupaya menjelaskan konsep pencerminan yang diawali dengan pertanyaan terkait jarak antara cermin dan…
Tangga Nada Mayor
silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar Sinopsis – – Pakar Dosen – – Pakar Guru – –
Guru Tidak Menggunakan Media Pada Pembelajaran IPA SD
silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar Sinopsis Program ini menggambarkan kesulitan guru kelas V SD dalam mengajarkan peristiwa Perang Diponegoro secara bermakna kepada siswa. Ketika siswa diminta untuk mencatat hal-hal yang dijelaskan guru, siswa kebingungan untuk mencatatnya. Anak-anak diminta untuk mengingat sesuatu atau menghafal sesuatu yang terjadi pada masa lalu, tanpa mengaitkannya…
Membaca untuk Mendapatkan Informasi
silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar Sinopsis – – Pakar Dosen – – Pakar Guru – –
Pemahaman dan Penanaman Makna Konsep Pembagian
silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar Sinopsis Video ini berisi tentang pemecahan masalah dalam strategi pembelajaran Matematika di Sekolah Dasar. Pada Penggalan Pertama, bercerita tentang pembelajaran matematika SD dengan topik “Pembagian”.Pada topik ini guru sering mengalami kesulitan dalam memberikan pemahaman yang tepat dan benar tentang konsep pembagian kepada siswa. Pada penggalan kedua,…
Belajar Menjawab Pertanyaan isi Puisi
silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar Sinopsis – – Pakar Dosen – – Pakar Guru – –
Nama : Minda Ros Alvyanti
Nim : 856973816
Pokjar : Tulang Bawang Udik
UPBJJ : Bandar Lampung
Setelah saya amati pada video pembelajaran tersebut terdapat beberapa kekurangan yaitu,
– Guru belum menyampaikan tujuan pembelajaran yang akan di capai
– Guru belum menjelaskan materi awal secara terperinci, sehingga saat guru selesai membaca cerita tersebut siswa terlihat kebingungan
– Guru tidak menyampaikan kesimpulan pembelajaran terhadap apa yang sudah di pelajari
Saran perbaikan
– Guru harus menyampaikan tujuan pembelajaran yang akan dicapai, agar siswa memahami apa yang akan mereka pelajari dan dapat fokus pada materi yang disampaikan.
– Guru sebaiknya menjelaskan materi awal secara terperinci sebelum membacakan cerita, agar siswa memiliki pemahaman dasar yang jelas tentang apa yang akan mereka simak.
– Pada akhir pembelajaran, guru perlu menyampaikan kesimpulan pembelajaran terhadap apa yang sudah dipelajari, agar siswa dapat mengingat dan memahami inti dari pembelajaran yang telah dilakukan.
Nama : Minda Ros Alvyanti
Nim : 856973816
Pokjar : Tulang Bawang Udik
UPBJJ : Bandar Lampung
Setelah saya amati pada video pembelajaran tersebut terdapat beberapa kekurangan yaitu: Guru belum menyampaikan tujuan pembelajaran yang akan di capai, Guru belum menjelaskan materi awal secara terperinci, sehingga saat guru selesai membaca cerita tersebut siswa terlihat kebingungan, Guru tidak menyampaikan kesimpulan pembelajaran terhadap apa yang sudah di pelajari.
Saran perbaikan : Guru harus menyampaikan tujuan pembelajaran yang akan dicapai, agar siswa memahami apa yang akan mereka pelajari dan dapat fokus pada materi yang disampaikan, Guru sebaiknya menjelaskan materi awal secara terperinci sebelum membacakan cerita, agar siswa memiliki pemahaman dasar yang jelas tentang apa yang akan mereka simak, dan pada akhir pembelajaran, guru perlu menyampaikan kesimpulan pembelajaran terhadap apa yang sudah dipelajari, agar siswa dapat mengingat dan memahami inti dari pembelajaran yang telah dilakukan.
Nama : Anes Fadila Rizki
Nim : 857973126
UPBJj: Ut bandar Lampung
Pokjar : Ambarawa
Setelah saya amati Vidio pada pembelajaran diatas dapat saya analisis kelebihan dan kekurangan Vidio
tersebut
Kelebihan : kelebihan dari Vidio tersebut guru sudah mampu dalam menjelaskan materi terhadap pembelajaran tersebut namun guru masih terfokus pada buku ajar yang di ajarakan
Kelemahan : guru belum menyampaikan tujuan yang akan di sampaikan kepada siswa sehingga siswa blm bisa memahami apa yang guru sampaikan
Pada akhir pembelajaran Guru juga tidak menyampaikan kesimpulan yang berkaitan dengan materi pembelajaran yang telah di sampaikan
Nama : Anes Fadila Rizki
Nim : 856972126.
UPBJj : bandar Lampung
Pokjar : Ambarawa
Menurut pendapat saya mengena Vidio pbelajaran diatas terdapat kelebihan dan kelemahan pada Vidio tersebut
Kelebihan :
Kelebihan : kelebihan pada Vidio di atas sangat terlihat antusias para siswa dalam mengikuti pembelajaran
Kelemahan : guru tidak mengajak siswa untuk membaca doa terlebih dahulu
Guru juga tidak menyampaikan terlebih dahulu pembelajaran yang akan di sampaikan lalu di akhir pembelajaran guru tidak memberikan kesimpulan pada materi yang telah di sampaikan
Demikian tanggapan dari saya terimakasih
Nama : Ina Rohimah
Nim : 857133123
Pokjar : Kalideres
UPBJJ : Jakarta
Setelah saya mengamati video pembelajaran tersebut terdapat beberapa kekurangan yaitu,
– guru belum mempersiapkan pembelajaran saat pembukaan pelajaran.
– guru belum menyampaikan menyampaikan tujuan pembelajaran.
– guru belum menjelaskan materi secara konkret atau kejadian nyata.
– guru tidak menyampaikan kesimpulan pembelajaran.
Saran perbaikan untuk pembelajaran pada vidio :
sebaiknya guru saat membuka pelajaran harus mempersiapkan pembukaan pelajaran. Seperti membaca do’a, menyampaikan tujuan pembelajaran dan memberikan pengertian materi yang akan diajarkan. Pada saat pembelajaran guru memberikan contoh yang nyata atau konkret pada murid. Pada saat akhir pembelajaran guru harus menyampaikan kesimpulan pembelajaran.
Nama : ERHASUDIN
Nim : 856734157
Pokjar : Baturaja
UPBJJ : PALEMBANG
1. Fakta yang terjadi :
– Guru tidak menyampaikan tujuan pembelajaran yang akan di capai
– Guru tidak menyampaikan kesimpulan pembelajaran terhadap apa yang sudah di pelajari
2. Identifikasi Masalah :
– Kesulitan siswa dalam menjawab pertanyaan isi dongeng
3. Analisis Masalah :
– Kurangnya pemahaman dari inti cerita dongeng
4. Alternatif Pemecahan Masalah :
– Guru membaca dongeng siswa menyimak
– Siswa bergantian membaca dongeng
– Lakukan tanya jawab
5. Rumusan Masalah :
– Dalam proses pembelajaran menyimak guru harus tau sasaran yang akan dicapai agar siswa dapat memahami isi bacaan tersebut
6. Tujuan Perbaikan Pembelajaran
– Agar siswa dapat memahami apa yang akan mereka pelajari
– Menyampaikan kesimpulan pembelajaran terhadap apa yang sudah dipelajari, agar siswa dapat mengingat dan memahami inti dari pembelajaran yang telah dilakukan
Nama : Nurul Fadhillah
Nim : 856029275
Pokjar : Ajamu
UPBJJ : Medan
Selamat Malam, Izin menanggapi video metode pembelajaran menyimak.
Dari video yang saya tonton, menurut saya seorang guru dalam video ini memiliki beberapa kekurangan dalam langkah-langkah pembelajaran.
1. Dalam video ini seorang guru tidak melakukan kegiatan awal seperti: menyapa para siswa dalam kelas, memberi salam dan berdoa, mengabsen para siswa dan guru belum menjelaskan kepada para siswa untuk pelajaran hari ini guru langsung masuk pada kegiatan inti, seperti dalam video ini.
2. Seorang guru langsung membacakan buku cerita, sehingga membuat beberapa siswa kebingungan dalam menanggapi pertanyaan dari seorang guru.
3. Guru dalam video ini juga sangat biasa saja saat menyampaikan cerita kepada para siswa, sehingga sebagian siswa merasa cerita ini kurang menarik.
Solusi dari video ini :
Seorang guru terlebih dahulu harus menjelaskan kepada para siswa tentang cerita/dongeng yang ingin disampaikan sehingga para siswa mengetahui judul dari cerita tersebut. Jika cerita bersumber dari buku pelajaran maka seorang guru juga bisa mengajak para siswa untuk membuka buku yang sama. Lalu seorang guru bisa meminta para siswa untuk bergantian membaca cerita dan siswa yang lain menyimak dengan begini para siswa dapat memahami setiap jalan cerita dari dongeng tersebut. Dan seorang guru pun bisa melakukan tanya-jawab terhadap para siswa untuk memastikan apakah siswanya menyimak cerita ini dengan baik.
Nama : panoguan sianipar
Nim : 856035627
Pokjar : Toba
UPBJJ : Medan
Setelah saya amati pada video pembelajaran diatas terdapat beberapa kekurangan guru dalam penyampaian pembelajaran di dalam kelas yaitu,
_ saat masuk ruang kelas, guru tidak ada melaksanakan penyapaan terhadap siswa.
_ guru tidak menanyakan bagaimana kabar siswa di dalam kelas
_ guru tidak mengecek kehadiran siswa
_ guru belum membrikan apersepsi terhadap siswa
– Guru belum menyampaikan tujuan pembelajaran yang harus dicapai pada pembelajaran ini
– Guru belum menjelaskan materi awal secara terperinci, sehingga saat guru selesai membaca cerita tersebut siswa terlihat kebingungan
_ guru terlalu cepat membaca dongeng tersebut sehingga siswa sulit untuk menyimak cerita yang dibaca oleh guru
– Guru tidak menyampaikan kesimpulan pembelajaran terhadap apa yang sudah di pelajari
Saran perbaikan
_ sebelum pelajaran dimulai didalam kelas ada baiknya seorang guru harus terlebih dahulu memberikan sapaan terhadap siswa,mengecek kehadiran dan harus menanyakan bagaimana kabar siswa di kelas.
– Guru harus menyampaikan tujuan pembelajaran yang akan dicapai, agar siswa memahami apa yang akan mereka pelajari dan dapat fokus pada materi yang disampaikan.
– Guru sebaiknya menjelaskan materi awal secara terperinci sebelum membacakan cerita, agar siswa memiliki pemahaman dasar yang jelas tentang apa yang akan mereka simak.
– Pada akhir pembelajaran, guru perlu menyampaikan kesimpulan pembelajaran terhadap apa yang sudah dipelajari, agar siswa dapat mengingat dan memahami inti dari pembelajaran yang telah dilakukan.
terimakasih
Nama : Iid Fadilah Mustakilah (857255772)
Upbjj : Serang
Setelah saya mengamati video pembelajaran di atas, saya bisa menanggapi bahwa :
1. Guru awal masuk pembelajaran tidak melakaukan sapaan
2. Guru tidak menjelaskan tujuan pembelajaran hari ini
3. Guru langsung to the point bercerita
Saran saya :
1. Hendaknya memulai pembelajaran dengan melakukan sapaan/apersepsi agar siswa tertarik
2. Menjelaskan tujuan pembalajaran agar siswa tahu fungsi belajar hari ini
Nama : Intan Andini Dwi Safitri
Nim : 856975683
Upbjj : 20 Bandar Lampung
setelah saya mengamati video pembelajaran di atas terdapat beberapa kekurangan guru dalam penyampaian pembelajaran di dalam kelas yaitu,
_ saat masuk ruang kelas, guru tidak ada melaksanakan penyapaan terhadap siswa.
_ guru tidak menanyakan bagaimana kabar siswa di dalam kelas
_ guru tidak mengecek kehadiran siswa
_ guru belum membrikan apersepsi terhadap siswa
– Guru belum menyampaikan tujuan pembelajaran yang harus dicapai pada pembelajaran ini
– Guru belum menjelaskan materi awal secara terperinci, sehingga saat guru selesai membaca cerita tersebut siswa terlihat kebingungan
_ guru terlalu cepat membaca dongeng tersebut sehingga siswa sulit untuk menyimak cerita yang dibaca oleh guru
– Guru tidak menyampaikan kesimpulan pembelajaran terhadap apa yang sudah di pelajari
Saran perbaikan
_ sebelum pelajaran dimulai didalam kelas ada baiknya seorang guru harus terlebih dahulu memberikan sapaan terhadap siswa,mengecek kehadiran dan harus menanyakan bagaimana kabar siswa di kelas.
– Guru harus menyampaikan tujuan pembelajaran yang akan dicapai, agar siswa memahami apa yang akan mereka pelajari dan dapat fokus pada materi yang disampaikan.
– Guru sebaiknya menjelaskan materi awal secara terperinci sebelum membacakan cerita, agar siswa memiliki pemahaman dasar yang jelas tentang apa yang akan mereka simak.
– Pada akhir pembelajaran, guru perlu menyampaikan kesimpulan pembelajaran terhadap apa yang sudah dipelajari, agar siswa dapat mengingat dan memahami inti dari pembelajaran yang telah dilakukan.
terimakasih