silahkan klik icon    jika video tidak dapat diputar

Sinopsis

Video ini berisi tentang pemecahan kesulitan siswa dalam menjawab pertanyaan isi dongeng pada mata pelajaran bahasa Indonesia di kelas I SD, beserta alternatif pemecahan masalahnya.
Dra. Yetty Morelent, M.Hum. & Dra. Benedicta Esti Pramuki Sri Karyati, Mpd.

Similar Posts

253 Comments

  1. Nama : Akhirul Siska Septiyani
    Nim : 859763124
    Prodi : PGSD S1
    UPBJJ : Kendari
    Dalam video pembelajaran Bahasa Indonesia tersebut guru menceritakan sebuah dongeng. Dan guru tersebut meminta para siswa untuk membaca dongeng secara bergantian dan siswa yang lainnya dapat menyimak dengan baik. Guru juga memberikan pertanyaan dan siswa menjawab pertanyaan.
    Kelemahan
    1. Guru tidak mengucapkan salam. Dan guru juga tidak menyampaikan tujuan pembelajaran yang akan dicapai.
    2. Guru tidak menyampaikan isi materi yang akan dipelajari. Sehingga siswa belum memahami isi dari materi yang telah guru sampaikan.
    3. Guru tidak memberikan kesimpulan dari isi materi yang telah dipelajari.

  2. Nama : AGUSTINA DIAN FIVENTI
    NIM : 859813354
    Pokjar : PRABUMULIH
    UPBJJ : PALEMBANG

    Setelah mengamati video pembelajaran di atas dapat saya analisis untuk beberapa masalah yang terdapat dalam video tersebut diantaranya :
    1. Fakta yang terjadi pada video pembelajaran di atas adalah :
    – Guru tidak membicarakan tujuan pembelajaran yang ingin dicapai
    – Guru tidak menyampaikan hasil belajar tentang apa yang dipelajari
    2. Identifikasi masalah dalam video di atas adalah :
    – Siswa sudah kesulitan menjawab pertanyaan tentang isi dongeng
    3. Analisis masalah dalam video di atas adalah :
    – Tidak memahami intisari dongeng
    4. Alternatif penyelesaian masalah dalam video di atas adalah :
    – Guru membacakan dongeng , siswa mendengarkan
    – Siswa bergiliran membacakan dongeng
    – Tanya jawab
    5. Rumusan masalah dalam video di atas adalah :
    – Guru dalam proses pembelajaran harus mendengarkan, mengetahui tujuan yang dicapai, sehingga siswa memahami isi tugas.
    – Membaca dongeng
    6. Tujuan Perbaikan Pembelajaran dalam video di atas adalah :
    – agar siswa memahami apa yang telah dipelajarinya
    – menyampaikan kesimpulan pembelajaran tentang apa yang telah dipelajarinya sehingga siswa mengingat dan memahami intisari dari apa yang telah
    dipelajarinya.
    Demikian analisis dari saya tentang video pembelajaran di atas mengenai pembelajaran menyimak dongeng pada anak kelas 1 SD.

  3. Setelah menonton video mengenai metode pembelajaran menyimak di kelas 1 SD, saya menyimpulkan bahwa kekurangan dalam kegiatan pembelajaran pada tayangan diatas adalah:
    1. Guru memulai pembelajaran tanpa membuka doa.
    2. Guru tidak menyampaikan mata pelajaran apa yang akan disampaikan kepada siswa, terlihat dalam video gurunya langsung bertanya dan membacakan dongeng dan juga tidak menyampaikan sasaran/tujuan dari pembelajaran.
    3. Dan cara penyampaian materi oleh gurunya juga menurut saya terlalu cepat/tergesa-gesa, sehingga siswa nya kesulitan atau tidak memahami materi yang telah disampaikan.

    Saran :
    – sebelum memulai kegiatan pembelajaran alangkah baiknya diawali dengan membaca doa,
    – Seorang guru juga harus menyampaikan materi apa yang akan dipelajari, menyampaikan sasaran/tujuan kegiatan pembelajaran, serta menyampaikan materinya dengan pelan-pelan agar siswa dapat memahami materi yang disampaikan dengan baik.

    Terimakasih..

  4. Nama : SRI IRMAYANTI RAHAYU
    Nim : 821569951
    UPBJJ : 83 / KENDARI
    Pokjar : UT KENDARI
    Setelah saya mengamati video pembelajaran tersebut terdapat beberapa kelemahan yaitu :
    – Guru pada awal pembelajaran tidak mengucapkan salam pembuka pada permulaan pembelajaran.
    – Guru tidak menyampaikan tujuan pembelajaran yang akan dicapai –
    – Guru tidak melakukan absensi dan doa pembuka sebelum mulai pembelajaran
    – Guru tidak menjelaskan materi awal secara terperinci sehingga guru pada saat guru selesai membaca cerita tersebut siswa terlihat kebingungan
    kemudian untuk kelebihan yaitu :
    – Guru mampu dengan sabar membimbing siswa untuk memahami isi bacaan yang telah dibaca.
    – Guru mampu mengajak siswa sebagai partisipan aktif ketika sebagian peserta didik ke depan.
    – Guru mampu membuat peserta didik menjadi aktif dalam proses pembelajaran di kelas
    – Guru mampu memberikan kesempatan membaca cerita secara bergantian.
    Kemudian untuk Saran yaitu :
    – Sebaiknya guru menggunakan pertanyaan terbuka untuk mendorong peserta didik untuk berpikir lebih kritis tentang isi cerita .
    – Sebainya guru sebelum memulai pembelajaran guru memberikan salam damn berdoa sebelum memulai pembelajaran
    – Sebaiknya guru tidak lupa untuk mengabsen peserta didik sebelum memulai pembelajaran .
    – Sebaiknya guru memberi metode pembelajaran yang lebih inovatif dan menambah media pembelajaran .

  5. nama : eka amallia fitri
    nim : 857566875
    pokjar : Slawi
    menurut saya dalam video pembelajaran bahasa indonesia ” metode pembelajaran menyimak di kelas 1 sd “. Ada beberapa kelemahan yang saya liat dari dalam pembelajaran tersebut :
    1. pada awal pembelajaran guru tidak mengucapkan salam sebelum pembelajaran.
    2. guru ditak menerangan tujuan pembelajaran tersebut .
    3. guru tidak mengabsensi siswa siswi yang hadir .
    untuk kelebihannya adalah :
    1. guru mampu membuat siswa siswi berantisipasi dalam mencerita dongen tersebut
    2. guru mampu membangukan semangat siswa siswi untuk bertanya jawab

  6. Nama : Fiolin Floreta
    NIM : 857109605
    UPBJJ : UT Jakarta
    Pokjar : SMPN 92
    Dalam video pembelajaran tersebut ada beberapa kelemahan yaitu:
    1. Guru tidak menjelaskan materi awal secara terperinci sehingga pada saat guru selesai membaca cerita tersebut siswa tampak kebingungan.
    2. Guru tidak menjelaskan tujuan pembelajaran
    3. Guru tidak menyampaikan hasil belajar yang telah dipelajari
    4. Guru tidak melakukan presensi pada siswa

    Dan ada beberapa kelebihan yaitu :
    1. Guru memberikan kesempatan kepada siswa untuk membacakan cerita secara bergantian
    2. Guru mampu membuat siswa menjadi aktif selama proses pembelajaran di kelas
    3. Guru sangat sabar membimbing siswa untuk memahami isi bacaan

    Saran yang bisa diberikan :
    > sebaiknya sebelum memulai kegiatan pembelajaran diawali dengan salam, membaca doa dan presensi
    > Guru sebaiknya memberikan metode pembelajaran yang lebih inovatif
    > Dalam proses pembelajaran guru harus mendengarkan dan mengetahui tujuan yang dicapai

    Terima kasih

  7. Nama: Yoandella
    Nim: 877601967
    UPBJJ: Palembang
    Pokjar: UT Prabumulih

    Setelah saya menyimak dan memahami vidio pembelajaran tentang “metode pembelajaran menyimak di kelas 1 sd” maka dapat diambil kesimpulan pada beberapa hal diantaranya:
    A. Terdapat kelemahan pada proses belajar mengajar pada vidio tersebut diantaranya:
    1. pada saat memulai pelajaran guru tidak memberikan pembuka terlebih dahulu seperti berdoa sebelum memulai pelajaran dan memotivasi siswa.
    2. guru tidak menyampaikan tujuan pembelajaran kepada siswa
    3. guru tidak menyampaikan kesimpulan dan makna dari pembelajaran yang telah dipelajari
    4. guru terlalu monoton dalam menyampaikan dongeng pada siswa, sehingga terkesan terburu-buru.
    B. Terdapat beberapa kelebihan pada proses pembelajaran pada vidio tersebut antara lain:
    1. Guru membuat beberapa siswa terlibat dan aktif dalam kegiatan belajar dengan cara mempersilahkan siswa untuk kedepan membacakan dongeng
    2. Guru berhasil membuat beberapa siswa berani untuk menjawab pertanyaan yang diberikan
    Dari kelemahan dan kelebihan tersebut, saran yang dapat saya berikan yaitu pada saat proses belajar mengajar akan dimulai alangkah baiknya guru memberikan salam pembuka dan mengajak siswa untuk memotivasi diri dengan sedikit game kecil atau bernyanyi, selain itu sebelum memulai materi guru sebaiknya menyampaikan tujuan dari materi yang akan dipelajari dan memberikan kesimpulan dari hasil materi yang dipelajari.

  8. Nama : Maulana Ihwanul Yakin
    Nim : 857002259
    Semester : PGSD 6.B
    Pokjar : Salut Way Tuba
    Upbjj : Bandar Lampung
    1. Pada reaksi pembelajaran, masih banyak siswa yang kurang fokus, ada yang mengantuk, sehingga membuat bingung yang disampaikan guru tentang sebuah cerita dongeng, kemudian tidak membuka salam dan tidak melakukan absensi kelas.
    2. Kelemahan pada pembelajaran ini guru tidak melakukan kegiatan pendahuluan/apersepsi seperti salam pembuka, mengabsensi kehadiran, berdoa dan menilai kesiapan siswa dalam mengikuti pembelajaran. Pada video 1 dan 2 guru tidak memberikan kesimpulan dan tidak mengapresiasi hasil kerja siswa
    3. Kelebihan dari pembelajaran ini guru sudah baik mengikut sertakan siswa untuk membaca cerita secara bergantian, sehingga dapat memancing dan merangsang siswa untuk aktif melakukan kegiatan pembelajaran. Dengan guru membaca dongeng menggunakan intonasi yang jelas dan serta memberikan pertanyaan kepada siswa. sehingga di kegiatan pembelajaran tersebut minat belajar siswa lebih meningkat, sehingga terciptanya suasana pembelajaran yang menyenangkan..
    4. Hal unik dalam video ini terdapat aktivitas siswa yang masih terlihat mengantuk, berjalan jalan, dan asyik ngobrol dengan temannya akan tetapai proses kegiatan mengajar masih dapat berjalan kondusif meskipun di siang hari.
    5. Menurut saya upaya yang harus dilakukan, sebelum pembelajaran dimulai guru harus memberikan motivasi dan menyampaikan materi terlebih dahulu, guru harus lebih kreatif dan inovatif lagi dengan cara membawakan alat peraga atau media gambar yang lebih menarik perhatian dan konsentrasi siswa, perlu evaluasi pemindahan jam pelajaran agar siswa lebih segar dalam menerima materi yang disampaikan oleh guru, sehingga siswa lebih aktif dan pembelajaran berjalan dengan baik.

  9. Nama : DEWI MEFFI ARIANTI
    Nim : 855738832
    Semester : PGSD 6.A
    Pokjar : Kalideres
    Upbjj : Universitas Terbuka Jakarta
    1. Pada reaksi pembelajaran, masih banyak siswa yang kurang fokus, ada yang mengantuk, sehingga membuat bingung yang disampaikan guru tentang sebuah cerita dongeng, kemudian tidak membuka salam dan tidak melakukan absensi kelas.
    2. Kelemahan pada pembelajaran ini guru tidak melakukan kegiatan pendahuluan/apersepsi seperti salam pembuka, mengabsensi kehadiran, berdoa dan menilai kesiapan siswa dalam mengikuti pembelajaran. Pada video 1 dan 2 guru tidak memberikan kesimpulan dan tidak mengapresiasi hasil kerja siswa
    3. Kelebihan dari pembelajaran ini guru sudah baik mengikut sertakan siswa untuk membaca cerita secara bergantian, sehingga dapat memancing dan merangsang siswa untuk aktif melakukan kegiatan pembelajaran. Dengan guru membaca dongeng menggunakan intonasi yang jelas dan serta memberikan pertanyaan kepada siswa. sehingga di kegiatan pembelajaran tersebut minat belajar siswa lebih meningkat, sehingga terciptanya suasana pembelajaran yang menyenangkan..
    4. Hal unik dalam video ini terdapat aktivitas siswa yang masih terlihat mengantuk, berjalan jalan, dan asyik ngobrol dengan temannya akan tetapai proses kegiatan mengajar masih dapat berjalan kondusif meskipun di siang hari.
    5. Menurut saya upaya yang harus dilakukan, sebelum pembelajaran dimulai guru harus memberikan motivasi dan menyampaikan materi terlebih dahulu, guru harus lebih kreatif dan inovatif lagi dengan cara membawakan alat peraga atau media gambar yang lebih menarik perhatian dan konsentrasi siswa, perlu evaluasi pemindahan jam pelajaran agar siswa lebih segar dalam menerima materi yang disampaikan oleh guru, sehingga siswa lebih aktif dan pembelajaran berjalan dengan baik.

  10. Nama : Nesyara
    Nim : 857563941

    Pada Kegiatan pembelajaran diatas, ada beberapa yang telah saya koreksi mengenai kekurangan dalam video tersebut.
    1. Tidak adanya pembukaan pada awal pembelajaran, seperti sala dan doa.
    2. Dalam pembelajaran menyimak cerita seharusnya Guru tidak hanya membaca satu kali, agar siswa lebih memahami. Walaupun setelah itu anak anak mewakili membaca, namun banyak siswa yang tidak mendengarkan karena suasana dalam cerita kurang tersampaikan serta kurang nyaring.
    3. Guru tidak memberikan tujuan dari pembelajaran tersebut.
    4. Guru tidak menyampaikan isi dan pesan dalam cerita.
    5. Guru tidak memberikan tanggapan mengenai cerita tersebut

    Kelebihannya
    1. Guru membacakan cerita dengan suara jelas dan nyaring.
    2. Guru membacakan cerita disertai dengan intonasi yang tepat dan ekspresi Wajah yang sesuai.
    3. Guru menyampaikan dengan suara lembut dan santun.
    4. Guru sabar dalam melakukan kegiatan belajar.
    6. Guru dapat mengatur kondisi kelas sehingga anak-anak tenang saat pembelajaran.

Leave a Reply