Similar Posts
Mengerjakan Soal Cerita, Belajar Memahami Cara Menyelesaikan Soal Cerita
silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar Sinopsis Kemampuan siswa dalam menyelesaikan soal cerita masih terkendala. Guru sering mengalami kesulitan bagaimana membelajarkan pada siswa cara menyelesaikan soal cerita. Pada video ini menggambarkan bagaimana strategi seorang guru dalam membantu siswa untuk memahami dan menyelesaikan soal cerita. Alternatif pembelajaran dalam tayangan video ini memperlihatkan bagaimana…
Membelajarkan Konsep Perkalian Pada Soal Cerita
silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar Sinopsis Program ini membahas bagaimana seorang guru mengajarkan konsep perkalian dengan alat peraga berupa gambar buah-buahan dan bola-bola plastik. Dengan alat peraga bola-bola ini guru memperagakan jual beli yang merupakan kejadian sehari-hari sehingga anak-anak lebih mudah memahami konsep perkalian. – Pakar Dosen Video ini menayangkan upaya…
Belajar Penjarian dengan Bermain Recorder tanpa Recorder
silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar Sinopsis Video ini berisi tentang kegiatan belajar anak dalam mempelajari teknik penjarian bermain recorder / suling tangga nada 1 = C pada siswa kelas 4 SD. Pada awal pertemuan guru menyampaikan apersepsi dengan penjelasan bagaimana cara memainkan alat musik sederhana yaitu recorder. Pada topik ini guru…
Pembelajaran IPAS dalam Kurikulum MBKM di Sekolah Dasar
silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar Sinopsis Lingkungan hidup yang kita nikmati saat ini adalah suatu anugerah ciptaan tuhan Yang Maha Esa. Lingkungan hidup sebagai tempat hidup dan berinteraksnya manusia dengan mahluk hidup lain dipermukaan bumi diatas lingkungan hidup ini. Lingkungan hidup memiliki dua komponen, yaitu biotik dan abiotik. Kedua kompenen ini tidak…
Memainkan Alat Musik Sederhana
silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar Sinopsis Video ini berisi tentang bagaimana seorang guru yang berusaha unutkmenarik perhatian siswa untuk memperhatikan pelajaran yang dei berikan. Dalam hal ini guru melakukan beberapa cara diantaranya dengan cara: Mengajak mahasiswa untuk mengeksplorasi dengan membilang; Memberi penguatan ketika memberi respon terhadap apa yang kita contohkan; Meminta…
Mengajar Berat Benda
silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar Sinopsis Kompetensi yang harus dikusai dalam menjalankan tugasnya sebagai guru di antaranya kompetensi pedagogik. Kompetensi pedagogik meliputi pemahaman guru terhadap peserta didik, perancangan dan pelaksanaan pembelajaran, evaluasi hasil belajar, dan pengembangan peserta didik untuk mengaktualisasikan berbagai potensi yang dimilikinya. Dengan menguasai pemahaman terhadap peserta didik guru…
Nama : Dinar Mulia Anjani
Nim : 859525424
Setelah saya melihat tanyangan di atas, saya melihat beberapa anak-anak memiliki kesulitan untuk menyimak cerita yang di sampaikan oleh guru. mungkin beberapa faktor ini menjadi penyebabnya
1. guru terlalu cepat menyampaikan isi cerita kepada siswa
2. belum siap nya siswa untuk menyimak pembelajaran
3. tidak adanya media pembelajaran. seperti menonton vidio dengan media laptop dan proyektor. sehingga siswa hanya mendengarkan. sehingga mungkin siswa merasa jenuh dan bosan
4. guru tidak memberikan pertanyaan langsung kepada siswa yang dirasa kurang memahami isi bacaan
Nama : Dinar Mulia Anjani
Nim : 859525424
Setelah saya melihat tanyangan di atas, saya melihat beberapa anak-anak memiliki kesulitan untuk menyimak cerita yang di sampaikan oleh guru. mungkin beberapa faktor ini menjadi penyebabnya
1. guru terlalu cepat menyampaikan isi cerita kepada siswa
2. belum siap nya siswa untuk menyimak pembelajaran
3. tidak adanya media pembelajaran. seperti menonton vidio dengan media laptop dan proyektor. sehingga siswa hanya mendengarkan. sehingga mungkin siswa merasa jenuh dan bosan
4. guru tidak memberikan pertanyaan langsung kepada siswa yang dirasa kurang memahami isi bacaan
Nama : ENJELINA TIOVANI HUTAGAOL
NIM : 858043533
UPBJJ : PONTIANAK
Setelah saya melihat tanyangan di atas, saya melihat beberapa anak-anak memiliki kesulitan untuk menyimak cerita yang di sampaikan oleh guru yaitu
1.Guru terlalu menoton dengan buku
2. saat membaca guru tersebut terlalu biasa dalam intonasi suara
3. tidak adanya media pembelajaran seperti gambar, atau menggunakan video
Nama : SITI KHOTIJAH
NIM : 859770302
UPBJJ : KENDARI
Setelah saya menyaksikan video di atas, saya melihat beberapa anak kesulitan dalam menyimak cerita yang di sampaikan oleh guru, yaitu:
1.Guru terlalu menoton dengan materi yang ada dalam buku
2. intonasi suara guru terlalu cepat dan biasa saja
3. kurangnya media pembelajaran seperti gambar dan penggunaan video.
Nama : Putri Awal Lukesi
Nim. : 855841005
Prodi s1 pgsd Pokjar Labura
Setelah saya melihat vidio pembelajaran tersebut saya melihat banyaknya kurang perhatian siswa kepada guru dikarenakan guru
tersebut membacakan dongeng tersebut dengan gaya yg sederhana atau bersifat monoton, serta kurangnya penjelasan mengenai dongeng tersebut serta tidak ada tugas yg diberikan setelah selesai pembelajaran
Nama : edison sahputra
Nim : 856814104
UPBJJ UT BENGKULU
Setelah saya melihat tayangan video di atas dapat saya katakan bahwasanya penyampaian cerita guru di dalam video tersebut terlalu monoton sehingga sebagian anak kurang memperhatikan apa yang di sampaikan oleh guru,serta media yang di gunakan bisa di tambah seperti penggunaan gambar dan video agar anak anak lebih tertarik dengan apa yang di sampaikan dalam pembelajaran
Nama : Amin Saleh Marulafau
Nim : 856034023
Prodi : PGSD
Upbjj : Ut-Medan
1. Menurut saya proses pembelajaran yang dilakukan sudah baik. Akan tetapi pada awal pembelajaran guru tidak menyampaikan kata salam terhadap siswa dan tidak melakukan apersepsi terlebih dahulu. Mengakibatkan anak didik kurang bersemangat dalam mengikuti pembelajaran di dalam kelas.
2. Kelemahan guru dalam melakukan pembelajaran tersebut, yaitu:
– Pada saat guru masuk didalam kelas hendakany a memulai pembelajaran dengan melakukan apresiasi terlebih dahulu, seperti menyapa siswa, memberikan motivasi atau bahkan bisa juga diawali dengan melakukan ice breaking. Hal ini adalah salah satu cara untuk membangkitkan semangat siswa dalam mengikuti pembelajaran.
– hendaknya guru menyediakan media gambar untuk memudahkan siswa memahami isi dongeng yang dibacakan.
– Guru terlalu cepat dalam membaca dongeng sehingga siswa belum bisa menyimak apa yang dibacakan oleh guru dengan baik.
3. Kelebihan guru dalam melakukan pembelajaran tersebut, yaitu:
– Guru memberikan kesempatan terhadap siswa untuk membaca buku cerita yang mereka miliki di depan kelas.
– Guru memberikan pertanyaan kepada siswa dan siswa menjawab pertanyaan dari ibu guru.
4. Gaya uniknya cerita dongeng yang dibacakan oleh guru tersebut memiliki amanat baik yang dapat ditiru oleh anak/siswa dalam kehidupan sehari-hari.
5. Untuk kedepannya guru harus lebih baik dalam membuka pembelajaran dengan cara melakukan apersepsi yang tepat sesuai materi yang akan disampaikan.
Nama : Jamaludin Hasan Rahmat
NIM : 859661085
UPBJJ : UT Bandung
Setelah saya mengamati vidio diatas ,terjadi permasalahan siswa kelas 1 SD yang
kesulitan menyimak cerita dari Ibu Guru tersebut, mungkin permasalahan itu terjadi
ada beberapa penyebab, seperti :
1. Tidak adanya media ajar pembantu seperti tampilan visual dari layar ,karena
umumnya kemampuan menyimak anak itu berbeda seperti kemampuan audio,
Kemampuan visual ataupun keduanya.
2. Belum adanya kesiapan anak dalam proses menyimak
3. Nada penyampaian Guru yang belum menarik perhatian siswa ( monoton )
4. Belum adanya komunikasi dua arah yang efektif.
Sekian pendapat dari saya, Terimakasih
Nama : Susiati
NIM : 877317314
Prodi : PGSD
UPBJJ : UT Malang
Setelah mengamati vidio tentang Metode Pembelajaran Menyimak Kelas 1 SD, saya menemukan beberapa kelebihan dan kekurangan dalam proses belajar tersebut.
Kekurangan dari proses mengajar tersebut :
1. Guru masuk dengan memulai pelajaran secara langsung tanpa mengucapkan salam.
2. Guru tidak mengabsen kehadiran siswa
3. Guru tidak melakukan ice breaking untuk menambah semangat belajar anak
4. Guru tidak mengulas pembelajaran kemarin
5. Guru membacakan cerita terlalu cepat sehingga meskipun siswa menyimak cerita guru tetapi siswa tidak memahaminya dengan jelas.
Kelebihan dari proses belajar tersebut :
1. Saat guru membacakan cerita murid mendengarkan dengan seksama
2. Siswa sebagian besar sudah bisa membacakan isi cerita dalam buku, dengan membaca lancar
3. Saat guru memberikan pertanyaan siswa antusias meresponnya
4. Siswa berani dan bisa menjawab pertanyaan guru dengan baik.
Dan alangkah baiknya jika guru menggunakan LCD dan memutarkan jenis-jenis cerita dari youtube, tentunya hal itu akan menambah semangat anak-anak dalam belajar menyimak isi dari cerita tersebut. Dengan metode belajar yang bervariasi akan memudahkan siswa dalam menerima materi yang disampaikan guru karena siswa akan menjadi aktif sendiri, siswa bisa menikmati suasana kelas yang bervariasi.
Sekian terimakasih.
Nama Lia Sapitri
N