silahkan klik icon    jika video tidak dapat diputar

Sinopsis

Video ini berisi tentang pemecahan kesulitan siswa dalam menjawab pertanyaan isi dongeng pada mata pelajaran bahasa Indonesia di kelas I SD, beserta alternatif pemecahan masalahnya.
Dra. Yetty Morelent, M.Hum. & Dra. Benedicta Esti Pramuki Sri Karyati, Mpd.

Similar Posts

253 Comments

  1. Nama : Dinar Mulia Anjani
    Nim : 859525424

    Setelah saya melihat tanyangan di atas, saya melihat beberapa anak-anak memiliki kesulitan untuk menyimak cerita yang di sampaikan oleh guru. mungkin beberapa faktor ini menjadi penyebabnya

    1. guru terlalu cepat menyampaikan isi cerita kepada siswa
    2. belum siap nya siswa untuk menyimak pembelajaran
    3. tidak adanya media pembelajaran. seperti menonton vidio dengan media laptop dan proyektor. sehingga siswa hanya mendengarkan. sehingga mungkin siswa merasa jenuh dan bosan
    4. guru tidak memberikan pertanyaan langsung kepada siswa yang dirasa kurang memahami isi bacaan

  2. Nama : Dinar Mulia Anjani
    Nim : 859525424

    Setelah saya melihat tanyangan di atas, saya melihat beberapa anak-anak memiliki kesulitan untuk menyimak cerita yang di sampaikan oleh guru. mungkin beberapa faktor ini menjadi penyebabnya

    1. guru terlalu cepat menyampaikan isi cerita kepada siswa
    2. belum siap nya siswa untuk menyimak pembelajaran
    3. tidak adanya media pembelajaran. seperti menonton vidio dengan media laptop dan proyektor. sehingga siswa hanya mendengarkan. sehingga mungkin siswa merasa jenuh dan bosan
    4. guru tidak memberikan pertanyaan langsung kepada siswa yang dirasa kurang memahami isi bacaan

  3. Nama : ENJELINA TIOVANI HUTAGAOL
    NIM : 858043533
    UPBJJ : PONTIANAK
    Setelah saya melihat tanyangan di atas, saya melihat beberapa anak-anak memiliki kesulitan untuk menyimak cerita yang di sampaikan oleh guru yaitu

    1.Guru terlalu menoton dengan buku
    2. saat membaca guru tersebut terlalu biasa dalam intonasi suara
    3. tidak adanya media pembelajaran seperti gambar, atau menggunakan video

  4. Nama : SITI KHOTIJAH
    NIM : 859770302
    UPBJJ : KENDARI
    Setelah saya menyaksikan video di atas, saya melihat beberapa anak kesulitan dalam menyimak cerita yang di sampaikan oleh guru, yaitu:
    1.Guru terlalu menoton dengan materi yang ada dalam buku
    2. intonasi suara guru terlalu cepat dan biasa saja
    3. kurangnya media pembelajaran seperti gambar dan penggunaan video.

  5. Nama : Putri Awal Lukesi
    Nim. : 855841005
    Prodi s1 pgsd Pokjar Labura

    Setelah saya melihat vidio pembelajaran tersebut saya melihat banyaknya kurang perhatian siswa kepada guru dikarenakan guru
    tersebut membacakan dongeng tersebut dengan gaya yg sederhana atau bersifat monoton, serta kurangnya penjelasan mengenai dongeng tersebut serta tidak ada tugas yg diberikan setelah selesai pembelajaran

  6. Nama : edison sahputra
    Nim : 856814104
    UPBJJ UT BENGKULU
    Setelah saya melihat tayangan video di atas dapat saya katakan bahwasanya penyampaian cerita guru di dalam video tersebut terlalu monoton sehingga sebagian anak kurang memperhatikan apa yang di sampaikan oleh guru,serta media yang di gunakan bisa di tambah seperti penggunaan gambar dan video agar anak anak lebih tertarik dengan apa yang di sampaikan dalam pembelajaran

  7. Nama : Amin Saleh Marulafau
    Nim : 856034023
    Prodi : PGSD
    Upbjj : Ut-Medan

    1. Menurut saya proses pembelajaran yang dilakukan sudah baik. Akan tetapi pada awal pembelajaran guru tidak menyampaikan kata salam terhadap siswa dan tidak melakukan apersepsi terlebih dahulu. Mengakibatkan anak didik kurang bersemangat dalam mengikuti pembelajaran di dalam kelas.
    2. Kelemahan guru dalam melakukan pembelajaran tersebut, yaitu:
    – Pada saat guru masuk didalam kelas hendakany a memulai pembelajaran dengan melakukan apresiasi terlebih dahulu, seperti menyapa siswa, memberikan motivasi atau bahkan bisa juga diawali dengan melakukan ice breaking. Hal ini adalah salah satu cara untuk membangkitkan semangat siswa dalam mengikuti pembelajaran.
    – hendaknya guru menyediakan media gambar untuk memudahkan siswa memahami isi dongeng yang dibacakan.
    – Guru terlalu cepat dalam membaca dongeng sehingga siswa belum bisa menyimak apa yang dibacakan oleh guru dengan baik.
    3. Kelebihan guru dalam melakukan pembelajaran tersebut, yaitu:
    – Guru memberikan kesempatan terhadap siswa untuk membaca buku cerita yang mereka miliki di depan kelas.
    – Guru memberikan pertanyaan kepada siswa dan siswa menjawab pertanyaan dari ibu guru.
    4. Gaya uniknya cerita dongeng yang dibacakan oleh guru tersebut memiliki amanat baik yang dapat ditiru oleh anak/siswa dalam kehidupan sehari-hari.
    5. Untuk kedepannya guru harus lebih baik dalam membuka pembelajaran dengan cara melakukan apersepsi yang tepat sesuai materi yang akan disampaikan.

  8. Nama : Jamaludin Hasan Rahmat
    NIM : 859661085
    UPBJJ : UT Bandung

    Setelah saya mengamati vidio diatas ,terjadi permasalahan siswa kelas 1 SD yang
    kesulitan menyimak cerita dari Ibu Guru tersebut, mungkin permasalahan itu terjadi
    ada beberapa penyebab, seperti :
    1. Tidak adanya media ajar pembantu seperti tampilan visual dari layar ,karena
    umumnya kemampuan menyimak anak itu berbeda seperti kemampuan audio,
    Kemampuan visual ataupun keduanya.
    2. Belum adanya kesiapan anak dalam proses menyimak
    3. Nada penyampaian Guru yang belum menarik perhatian siswa ( monoton )
    4. Belum adanya komunikasi dua arah yang efektif.
    Sekian pendapat dari saya, Terimakasih

  9. Nama : Susiati
    NIM : 877317314
    Prodi : PGSD
    UPBJJ : UT Malang

    Setelah mengamati vidio tentang Metode Pembelajaran Menyimak Kelas 1 SD, saya menemukan beberapa kelebihan dan kekurangan dalam proses belajar tersebut.
    Kekurangan dari proses mengajar tersebut :
    1. Guru masuk dengan memulai pelajaran secara langsung tanpa mengucapkan salam.
    2. Guru tidak mengabsen kehadiran siswa
    3. Guru tidak melakukan ice breaking untuk menambah semangat belajar anak
    4. Guru tidak mengulas pembelajaran kemarin
    5. Guru membacakan cerita terlalu cepat sehingga meskipun siswa menyimak cerita guru tetapi siswa tidak memahaminya dengan jelas.

    Kelebihan dari proses belajar tersebut :
    1. Saat guru membacakan cerita murid mendengarkan dengan seksama
    2. Siswa sebagian besar sudah bisa membacakan isi cerita dalam buku, dengan membaca lancar
    3. Saat guru memberikan pertanyaan siswa antusias meresponnya
    4. Siswa berani dan bisa menjawab pertanyaan guru dengan baik.

    Dan alangkah baiknya jika guru menggunakan LCD dan memutarkan jenis-jenis cerita dari youtube, tentunya hal itu akan menambah semangat anak-anak dalam belajar menyimak isi dari cerita tersebut. Dengan metode belajar yang bervariasi akan memudahkan siswa dalam menerima materi yang disampaikan guru karena siswa akan menjadi aktif sendiri, siswa bisa menikmati suasana kelas yang bervariasi.

    Sekian terimakasih.

Leave a Reply