Sinopsis

Video ini berisi tentang pemecahan masalah dalam strategi pembelajaran Bahasa Inggris di Sekolah Menengah Pada penggalan pertama video ini bercerita tentang pembelajaran Bahasa Inggris dengan topik “Mengembangkan kompetensi Menulis Bahasa Ingris Peserta Didik Kelas VII SMP”. Pada topik ini guru mengalami kesulitan dalam memberikan pemahaman yang baik kepada peserta didik cara menulis atau membuat essay pendek. Dalam bagian ini, teknik yang dilakukan oleh guru hanya meminta peserta didik untuk membuat essay pendek tanpa dijelaskan dan diberikan guided writing terlebih dahulu. Penggalan berikutnya adalah cara untuk memberikan solusi pada masalah ini, guru menyajikan contoh video dan artikel mengenai Hobby dan guided writing dalam membuat essay pendek.

Cuplikan proses pembelajaran yang ditampilkan dalam video dapat dengan mudah dilakukan oleh guru di kelas.

Guru sudah memperlihatkan kegiatan membuka, mengisi serta menutup yang baik.

Aktikvitas guided writing yang dilakukan menjadi contoh yang dapat ditiru oleh guru lain.

Cara bertanya dan pemberian motivasi kepada siswa yang melakukan presentasi sudah baik.

Kualitas gambar video harus ditingkatkan.

Suci Madiarti Isman

Similar Posts

202 Comments

  1. Nama : Dwi Arga Medatama
    NIM : 042635063

    Dalam video tersebut, pengajar memberikan arahan dalam kegiatan pembelajaran dengan baik. Terlihat beberapa siswa berinteraksi dengan pengajar. Pengajar juga membenarkan beberapa pekerjaan tugas siswa yang dirasa kurang benar, seperti penulisan dan tata bahasa dalam bahasa Inggris. Guru juga memberikan apresiasi berupa pujian, sehingga membuat siswa merasa di hargai dan semakin bersemangat. Pengajar juga memperlihatkan sebuah video kepada anak agar anak punya gambaran bagaimana menulis sebuah cerita tentang my hobby dan mempresentasikannya di depan kelas. Metode ini mempermudah pemahaman pada anak karena menampilkan audio visual apalagi di tambah dengan penjelasan detail dari guru itu sendiri.

  2. Nama : Yessi gasella
    Nim : 042873136
    Fakultas: pendidikan bahasa Inggris
    Assalamualaikum wr wb
    Menurut saya dalam Vidio tersebut , kegiatan pembelajaran sudah cukup baik , karena siswa bisa merespon pertanyaan yang di berikan guru dengan baik dan jelas , dan di Vidio tersebut menggunakan alat media sehingga siswa dapat dengan mudah memahami cerita tersebut.
    Terimakasih
    Wassalamu’alaikum wr wb

  3. Nama : Junaidi
    Nim : 041056427
    Prodi : Pendidikan Bahasa Inggris
    UPBJJ : 13/ BATAM

    Assalammualaikum,

    Dari vidio tersebut, Guru tidak melakukan appersepsi terlebih dahulu kepada siswa untuk mengingatkan kembali materi pembelajaran yang telah dilakukan pada pertemuan sebelumnya. Guru langsung menanyakan mengenai pekerjaan rumah (PR) siswa dan meminta mereka unttuk mempersentasikannya didepan kelas.

    Kelebihannya yaitu, guru dapat menciptakkan suasana kelas yang kondusif, dan membuat siswa dapat bersikap tenang dalam proses belajar- mengajar. Serta kelebihan yang lainnya yaitu, Guru memberikan kesempatan kepada siswa untuk mempersentasikan hasil pekerjaan rumah (PR) mereka didepan kelas dan meminta mereka menuliskan dipapan tulis serta mengkoreksinya.

    Hal yang harus diperhatikan guru pada saat ingin melanjutkan pembelajaran, hendaknya melakukan appersepsi terlebih dahulu, sehingga siswa dapat mengingat kembali meteri yang telah dipelajari pada pertemuan sebelumnya, dan proses belajar- mengajar dapat berjalan dengan lancar.

    Terima kasih.

  4. nama: Mike Lina
    nim : 042417326
    Jurusan: Pendidikan bahasa inggris
    UPBJJ. : Pekanbaru

    Menurut saya setelah menonton video nya, guru sudah sangat baik dalam memberikan arahan dalam kegiatan belajar di kelas, hal tersebut dibuktikan dengan peserta didik yang merespon apa yang guru jelaskan dan peserta didik dapat mengikuti instruksi yang di berikan guru, yaitu peserta didik membacakan tugas nya di depan kelas dan menuliskan kembali di papan tulis. setelah itu guru memberikan apresiasi berupa pujian, sehingga membuat siswa merasa di hargai dan semakin bersemangat. Guru Juga memberikan simulasi video bagaimana membuat teks pendek tentang my hobby, setelah itu guru memberikan garis besar atau out line yang harus di kerjkan oleh peserta didik sehingga penulisan teks pendek sesuai dengan arahan guru.
    Tetapi, menurut saya, guru masih kurang dalam memberikan apersepsi di awal kegiatan pembelajaran, kemudian guru masih terlalu kurang senyum.
    Selebihnya menurut saya, guru sangat baik dalam penyampaian materi ajar.

  5. Nama : Tabita Gita Kurniawati
    Nim. : 042872356
    Fakultas : pendidikan bahasa Inggris
    Upbjj: Bandar lampung

    Menurut pendapat saya mengenai video pembelajaran tersebut sudah cukup baik yaitu dalam pembelajaran guru membawa kelas tetap tenang dan kondusif .guru juga setelah siswa mempresentasikan jawabnya guru langsung menelaah jawaban murid dan membetulkan kalimat yang salah.hal ini menurut saya cukup baik karena dapat membentuk siswa agar membuat dan menyusun kalimat dengan baik dan benar.Divideo tersebut juga guru memanfaatkan media teknologi dengan baik yaitu dengan memutar kan contoh video tantang materi yang dibawakan .hal ini dapat memberikan gambaran tentang materi kepada siswa.akan tetapi guru kurang dalam memberikan apresiasi kepada siswa yang sudah berpresentasi atau menjawab pertanyaan seperti apresiasi tepuk tangan.hal ini menurut saya diperlukan karena dapat memicu siswa untuk lebih percaya diri. Dan mendapat suasana kelas yang lebih hidup , menyenangkan dan tidak monoton.

  6. Mery Septiana – NIM. 042085294
    Prodi. Pendidikan Bahasa Inggris – UPBJJ Semarang

    Kelebihan yang ada dalam video pembelajaran “My Hobby” di atas adalah pengelolaan kelas yang baik yang dilakukan guru sehingga dapat siswa dapat merespon apa yang disampaikan guru. Guru juga memberikan apresiasi kepada siswa setelah siswa melakukan tugas dengan menuliskan kembali materi di papan tulis. Kelebihan lain adalah penggunaan media dengan memberikan video simulasi tentang teks my hobby.
    Kekurangan dalam pembelajaran tersebut adalah penjelasan guru saat mengoreksi pekerjaan siswa di papan tulis belum detail. Guru juga tidak memberi kesempatan siswa untuk menyelesaikan cerita dan disusul siswa lain untuk menulis di papan tulis.

  7. Nama: Yusriyyah
    NIM: 042064119
    Prodi: Pendidikan Bahasa Inggris

    Menurut saya, cara menjelaskan materi sudah bagus, pengelolaan kelas yang kondusif juga bagus. Namun sayang pada bagian siswa sedang menjelaskan terlalu singkat dan langsung dipotong padahal belum menjelaskan. Mengajari siswa untuk terus berani ketika maju ke depan dan menulis di papan tulis tentang apa yang mereka tulis tentang hobinya. Terimakasih karena kita bisa ambil hal yang bisa memicu keberanian siswa untuk bisa public speaking dengan baik.

  8. Nam : Firda Tika Nafisa
    NIM : 042951981
    Prodi : Pendidikan Bahasa Inggris

    Menurut saya pengelolaan kelas yang dilakukan oleh guru sudah cukup baik. Jika guru bertanya, siswa dapat merespon pertanyaan guru. Pada sesei pertama, guru membuka pelajaran dengan menyapa murid dan menanyakan tugas. Guru juga memberi kesempatan kepada murid untuk membacakan tugasnya di depan kelas. Hal ini bisa melatih siswa untuk berani dan percaya diri dengan apa yang telah dikerjakan. Setelah itu guru menyuruh siswa untuk menulis tugasnya di papan tulis dan mengoreksi tulisan siswa. Disini bagus, karena siswa akan mengetahui letak kesalahannya. Namun guru tidak menjelasakan alasan kesalahannya. Hal ini membuat siswa bingung karena tidak memahami aturan penulisan.
    Pada sesi kedua, guru memberikan video tentang seseorang yang sedang menjelaskan hobinya. Hal ini dapat menarik perhatian siswa dan siswa dapat memahami apa yang disampaikan dalam video. Setelah itu guru memberikan kertas dengan outline penulisan hobi. Siswa diminta melengkapi teks tersebut seperti apa yang disampaikan di video. Hal ini dapat mempermudah siswa untuk membuat essai hobi karena sudah diberi contoh dan outlinenya. Namun kekurangannya guru tidak menjelaskan struktur kalimat yang benar dan yang salah. Hal ini juga masih dapat memungkinkan siswa membuat kesalahan dalam menulis essai hobi.

  9. The video above talk about hobby, and the student read that homework infront of the class. Like the first one hobby is listening to the music, he’s like a bollywood music. Not to forget that he mention one of the biggest movie in the bollywood “Kabhi Kushi Kabhi Gam and Kuch Kuch Hota Hai”. And the teacher corrected the wrong sentence.
    And the second one hobby is dancing.

    From that video I can tell you that the teacher has ability to communicated with her student, that is one of the duty that teacher should have.
    Thank you.

  10. In my opinion, in the learning video, the teacher is very good at giving directions starting from the beginning of learning. so that students are able to respond well to what is explained by the teacher. By providing simple material, students are able to learn actively by giving explanations about the assignments given by their teacher.
    the teaching materials carried out by the teacher are also very good, by providing videos or examples of what they are learning. so that students besides direct practice also get more knowledge than what is learned.
    However, it would be nice if the teacher was more cheerful and relaxed, so that the atmosphere in class would not be too stressful.
    Thank you.

Leave a Reply