Sinopsis
Video ini berisi tentang pemecahan masalah dalam strategi pembelajaran Bahasa Inggris di Sekolah Menengah Pada penggalan pertama video ini bercerita tentang pembelajaran Bahasa Inggris dengan topik “Mengembangkan kompetensi Menulis Bahasa Ingris Peserta Didik Kelas VII SMP”. Pada topik ini guru mengalami kesulitan dalam memberikan pemahaman yang baik kepada peserta didik cara menulis atau membuat essay pendek. Dalam bagian ini, teknik yang dilakukan oleh guru hanya meminta peserta didik untuk membuat essay pendek tanpa dijelaskan dan diberikan guided writing terlebih dahulu. Penggalan berikutnya adalah cara untuk memberikan solusi pada masalah ini, guru menyajikan contoh video dan artikel mengenai Hobby dan guided writing dalam membuat essay pendek.
–
Pakar Dosen
Cuplikan proses pembelajaran yang ditampilkan dalam video dapat dengan mudah dilakukan oleh guru di kelas.
Guru sudah memperlihatkan kegiatan membuka, mengisi serta menutup yang baik.
Aktikvitas guided writing yang dilakukan menjadi contoh yang dapat ditiru oleh guru lain.
Cara bertanya dan pemberian motivasi kepada siswa yang melakukan presentasi sudah baik.
Kualitas gambar video harus ditingkatkan.
Suci Madiarti Isman
dalam video tersebut menurut saya guru sudah sangat baik dalam memberikan arahan dalam kegiatan belajar di kelas, terlihat siswa merespon apa yang guru terangkan dan siswa dapat melaksanakan instruksi yang guru berikan, yaitu siswa membacakan tugas nya di depan kelas dan menuliskan kembali di papan tulis. setelah itu guru memberikan apresiasi berupa pujian, sehingga membuat siswa merasa di hargai dan semakin bersemangat. di dalam video tersebut juga guru memberikan simulasi video bagaimana membuat teks pendek tentang my hobby, setelah itu guru memberikan garis besar atau out line yang harus di kerjkan oleh siswa sehingga penulisan teks pendek sesuai dengan arahan guru.
Nam : Dedy Adian Utomo
NIM : 501252341
Prodi : Magister Pendidikan dasar
melelui video pembelajaran diatas siswa di harapkan pemahaman yang baik kepada peserta didik cara menulis atau membuat essay pendek. Dalam bagian ini, teknik yang dilakukan oleh guru hanya meminta peserta didik untuk membuat essay pendek tanpa dijelaskan dan diberikan guided writing terlebih dahulu. Penggalan berikutnya adalah cara untuk memberikan solusi pada masalah ini
dengan sistem penugasan dengan menulis essay bahasa inggris, anak akan belajar menulis bahasa inggris
Nama : Gina Sofianti
NIM : 501223249
Program : Magister Pendidikan Dasar
Guru dalam video sudah sangat baik dalam menjelaskan dan mengelola berlangsungnya kegiatan pembelajaran. Terdapat perbedaan yang signifikan antara proses pembelajaran yang tidak menggunakan media dengan yang menggunakan media video. Ketika pembelajaran menggunakan media video siswa-siswi lebih bersemangat dalam menyampaikan pendapatnya dan murid pun menjadi lebih aktif saat kegiatan tanya-jawab. Adapun saran yang dapat saya sampaikan yaitu guru harus terus berinovasi dalam menggunakan media pembelajaran sehingga motivasi belajar siswa dapat meningkat.
In the learning process it is very important to provide real examples so that students more easily understand the material being taught. Creating 21st century learning by using technology as a learning medium is also very effective in increasing student interest in learning. I also learned about the importance of always giving appreciation to students both verbally and nonverbally. Big thanks.
Nama : YUNI NUR LAILI
Nim : 501333198
Program studi : Magister Pendidikan Dasar
manfaat dari video yang telah ditonton yaitu strategi guru dalam memberikan pemahaman siswa terhadap penyusunan kalimat yang benar. Pada video tersebut menggunakan contoh dengan video ataupun poster atau suara cerita, sehingga siswa dapat dengan mudah memahami terhadap penyusunan kalimat yang benar. Saat ini banyak sekali fitur-fitur yang dapat dimanfaatkan oleh guru sebagai media untuk memberikan pemahaman terhadap murid.
nama : sumarsih
nim : 501253227
prodi : magister pendidikan dasar
In my opinion, the way of explaining the material is good, conducive class management is also good. But unfortunately, the part where the students were explaining was too short and was immediately cut off even though they had not explained. Teaching students to continue to be brave when coming forward and writing on the board about what they write about their hobbies. Thank you because we can take things that can trigger students’ courage to be able to do public speaking well.
Nama : Ayu Septyani
NIM : 511073248
Prodi : Magister Pendidikan Dasar
Manfaat yang dapat diambil dari video pembelajaran ini adalah kompetensi menulis dapat dikembangkan melalui pengamatan video ataupun artikel yang sesuai dengan materi pembelajaran. Pada video tersebut, siswa mengalami kesulitan dalam membuat sebuah karangan, sehingga guru menampilkan sebuah video pendek mengenai “Angga’s hobby” agar siswa lebih mudah memahami materi atau memahami cara membuat karangan. Adanya video tersebut siswa lebih mudah menjawab pertanyaan dari guru dan lebih aktif. Selin itu juga manfaat yang didapatkan adalah penggunaan penguatan verbal berupa pujian dan nonverbal berupa acungan jempol guru kepada siswa yang akan memberikan dampak positif bagi siswa.
Saran untuk video pembelajaran ini ketika siswa menuliskan jawaban di papan tulis sebaiknya dibahas dulu kesalahan dalam penulisan tata bahasa. Guru sebaiknya memberikan kesempatan kepada siswa lain untuk memperbaiki jawaban (grammar) agar siswa lain juga bisa memahami kesalahan penulisan tersebut dan memberikan pendapatnya.
Nama : Mirnawati
NIM : 501173176
Jurusan : Magister Pendidikan Dasar
UPBJJ : Palembang
manfaat yang dapat diambil pada video dengan judul “my hobby” yaitu pada saat guru memberikan Metode guided writing merupakan cara yang paling efektif dan efisien untuk mengajarkan konsep menulis. dengan menggunakan metode ini diharapkan siswa dapat mudah memahami bagaimana cara menulis esay pendek dalam pembelajran Bahasa Inggris serta dapat meningkatkan kemampuan belajar bahasa inggris khususnya dalam pembuatan esay pendek.
Nama: Atri Murni
Nim : 501132883
Jurusan : Magister Pendidikan Dasar
Pada video tersebut menurut saya guru sudah sangat baik dalam memberikan arahan dalam kegiatan belajar di kelas, terlihat siswa merespon apa yang guru terangkan dan siswa dapat melaksanakan instruksi yang guru berikan, yaitu siswa membacakan tugas nya di depan kelas dan menuliskan kembali di papan tulis. setelah itu guru memberikan apresiasi berupa pujian, sehingga membuat siswa merasa di hargai dan semakin bersemangat. di dalam video tersebut juga guru memberikan simulasi video bagaimana membuat teks pendek tentang my hobby, setelah itu guru memberikan garis besar atau out line yang harus di kerjkan oleh siswa sehingga penulisan teks pendek sesuai dengan arahan guru.
Nama : Nur Afiana
NIM : 501173019
Jurusan : Magister Pendidikan Dasar
Berdasarkan video tersebut, guru sangat kreatif dalam menjelaskan tentang cara menulis essay pendek menggunakan bahasa inggris. Awalnya beberapa siswa diminta untuk membacakan dan menuliskan essay pendeknya tentang hobi mereka masing-masing, ternyata mereka masih banyak mengalami kesulitan dan kesalahan dalam penulisan essay. Untuk mengatasi hal tersebut maka guru memberikan contoh tentang bentuk essay pendek yang baik dan benar melalui video pembelajaran. Lalu guru melakukan tanya jawab dengan peserta didik setelah itu siswa diminta membuat essay pendek sesuai outline yang telah ditentukan guru.