Pemahaman dan Penanaman Makna Konsep Pembagian

silahkan klik icon    jika video tidak dapat diputar

Sinopsis

Video ini berisi tentang pemecahan masalah dalam strategi pembelajaran Matematika di Sekolah Dasar. Pada Penggalan Pertama, bercerita tentang pembelajaran matematika SD dengan topik “Pembagian”.Pada topik ini guru sering mengalami kesulitan dalam memberikan pemahaman yang tepat dan benar tentang konsep pembagian kepada siswa. Pada penggalan kedua, menceritakan strategi guru dalam memberikan pemahaman kepada siswa tentang konsep pembagian, yaitu dengan menggunakan gelas dan kelereng, sehingga siswa dapat mengamati langsung makna dari pembagian tersebut. Guru memberi penguatan ketika siswa memberi respons dengan baik terhadap apa yang dijelaskan.

Idha Novianti

Cerita serta penjelasannya cukup menarik agar siswa memahami konsep pembagian, tapi sebaiknya ada video lanjutan bahwa pembagian bilangan dengan dua angka oleh bilangan satu angka sabaiknya “dihafalkan” Misal 48:6=8)

Prof. Dr. Wahyudin (UPI Bandung)

Awal yang baik dilakukan guru ketika bertanya kepada siswa mengenai konsep pembagian dikaitkan dengan kehidupan sehari-hari siswa. Hal tersebut memberikan penekanan kepada siswa bahwa pembagian sudah sangat sering dilakukan dalam kehidupan sehai hari. Guru juga sudah benar menjelaskan pembagian 6:2=3 dengan memindahkan 6 kelereng kedalam tiga gelas kecil. Kemudian menjelaskan bahwa yang telah dilakukan siswa dengan mengambil jumlah yang sama dengan berulang-ulang sampai tidak bersisa lagi dinamakan dengan pembagian. Hal tersebut sangat tepat dilakukan karena guru mengajarkan anak bagaimana cara menyimpulkan atau menghasilkan suatu konsep dari kegiatan kegiatan yang telah dilakukan siswa.

Enih Wihenih (Guru SDN Citimun II Sumedang)


Pada saat guru membuka pembelajaran sudah terlihat motivasi untuk belajar, apersepsi kurang, Kemudian saat mengisi pembelajaran guru sudah interaktif dengan siswa dan belum ada tugas yang diberikan melalui latihan atau tugas di rumah,

Penggunaan strategi dan pendekatan sudah baik, metode dalam belajar juga sudah bagus, evaluasi pembelajaran kurang latihan dan diberi tugas pekerjaan rumah,

Kesesuaian sudah cukup baik, Kesesuaian dengan kurikulum sudah sesuai,

Saran dan rekomendasi sebaiknya ditekankan lagi mengenai proses ketidakfahaman pada siswa dan dapat diselesaikan dengan proses pembelajaran yang disampaikan oleh guru.

Fitria Handayani (SD Dharma Karya UT)

Similar Posts

111 Comments

  1. Tugas Analisis Vidio_Matematika – Penggunaan metode konkrit dengan menggunakan gelas dan kelereng dalam memberi pkonsep pemahaman pembagian dalam mata pelajaran Matematika _Tugas Praktik 1_PKP_Nama:MuhammadvArfadza’im A.S_NIM:857139321_Klas B_Tanggal Pengumpulan April 2025
    Isi Komentar :
    a. Identifikasi masalah
    – Guru mengalamai kesulitan Ketika akan menjelaskan konsep pembagian
    – Anak kesulitan memahami materi
    – Tidak ada media pembelajaran
    – Metode yang digunakan kurang menarik
    b. Analisis Masalah
    Masalah yang dialami guru adalah dalam menanamkan konsep pemahaman pembagian dalam mata Pelajaran Matematika , guru mengalami kesulitan Ketika menerangkan dan sisiwa mengalami kesulitan dalam memahami materi, guru menggunakan metode ceramah
    c. Alternatif pemecahan masalah
    Sebelum pembelajaran lakukan hal hal yang memotivasi minat siswa .Guru mencoba menggunakan metode konkrit dengan benda gelas dan kelereng dan langsung mempratikkan pembagian dengan cara menaruh kelereng ke dalam gelas, kemudian anak anak diberi kesempatan untuk mencobanya supaya anak memahami konsep pembagian.
    d. Tujuan perbaikan yang dilakukan guru adalah bertujuan supaya pembelajaran lebih menarik dan siswa mudah memahami materi, memberi Kesan yang mendalam dan bermakna bagi siswa dan siswa bisa mengerjakan pembagian
    e. Kelebihan metode pembelajaran konkret dengan menggunakan media gelas dan kelereng adalah pembelajaran lebih menarik, siswa lebih senang dan , tertarik dan tidak bosan, memudahkan anak dalam memahami materi
    f. Kelemahan metode ini adalah masalah waktu yang kurang efektif

Leave a Reply

https://pkvgamesqqonline.com/https://topweddinglists.com/https://aethelmearc.net/https://central.nasrda.gov.ng/
https://aenfis.com/cloud/bandarqq/https://aenfis.com/cloud/pkvgames/https://aenfis.com/cloud/dominoqq/
https://unm.edu.ni/old/pkvgames/https://unm.edu.ni/old/bandarqq/https://unm.edu.ni/old/dominoqq/
https://cheersport.at/doc/pkv-games/https://cheersport.at/doc/bandarqq/https://cheersport.at/doc/dominoqq/https://cheersport.at/about-us/
https://sigarmas.com/backup/pkv-games/https://sigarmas.com/backup/bandarqq/https://sigarmas.com/backup/dominoqq/
https://www.spring.edu.sg/sci/pkv-games/https://www.spring.edu.sg/sci/bandarqq/https://www.spring.edu.sg/sci/dominoqq/
https://cecas.clemson.edu/mobile-lab/https://cecas.clemson.edu/ladnergroup/blog/water-jokes/https://cecas.clemson.edu/amic/https://science.clemson.edu/scinet/https://science.clemson.edu/systemsbiology/
https://lpm.stital.ac.id/https://digilib.stital.ac.id/https://journal.unmaha.ac.id/https://id.pandamgadang.com/
https://gurupintar.ut.ac.id/
zeus slotmpo slotslot thailandslot gacorslot777