silahkan klik icon    jika video tidak dapat diputar

Sinopsis

Video ini berisi tentang pemecahan masalah dalam strategi pembelajaran Matematika di Sekolah Dasar. Pada Penggalan Pertama, bercerita tentang pembelajaran matematika SD dengan topik “Pembagian”.Pada topik ini guru sering mengalami kesulitan dalam memberikan pemahaman yang tepat dan benar tentang konsep pembagian kepada siswa. Pada penggalan kedua, menceritakan strategi guru dalam memberikan pemahaman kepada siswa tentang konsep pembagian, yaitu dengan menggunakan gelas dan kelereng, sehingga siswa dapat mengamati langsung makna dari pembagian tersebut. Guru memberi penguatan ketika siswa memberi respons dengan baik terhadap apa yang dijelaskan.

Idha Novianti

Cerita serta penjelasannya cukup menarik agar siswa memahami konsep pembagian, tapi sebaiknya ada video lanjutan bahwa pembagian bilangan dengan dua angka oleh bilangan satu angka sabaiknya “dihafalkan” Misal 48:6=8)

Prof. Dr. Wahyudin (UPI Bandung)

Awal yang baik dilakukan guru ketika bertanya kepada siswa mengenai konsep pembagian dikaitkan dengan kehidupan sehari-hari siswa. Hal tersebut memberikan penekanan kepada siswa bahwa pembagian sudah sangat sering dilakukan dalam kehidupan sehai hari. Guru juga sudah benar menjelaskan pembagian 6:2=3 dengan memindahkan 6 kelereng kedalam tiga gelas kecil. Kemudian menjelaskan bahwa yang telah dilakukan siswa dengan mengambil jumlah yang sama dengan berulang-ulang sampai tidak bersisa lagi dinamakan dengan pembagian. Hal tersebut sangat tepat dilakukan karena guru mengajarkan anak bagaimana cara menyimpulkan atau menghasilkan suatu konsep dari kegiatan kegiatan yang telah dilakukan siswa.

Enih Wihenih (Guru SDN Citimun II Sumedang)


Pada saat guru membuka pembelajaran sudah terlihat motivasi untuk belajar, apersepsi kurang, Kemudian saat mengisi pembelajaran guru sudah interaktif dengan siswa dan belum ada tugas yang diberikan melalui latihan atau tugas di rumah,

Penggunaan strategi dan pendekatan sudah baik, metode dalam belajar juga sudah bagus, evaluasi pembelajaran kurang latihan dan diberi tugas pekerjaan rumah,

Kesesuaian sudah cukup baik, Kesesuaian dengan kurikulum sudah sesuai,

Saran dan rekomendasi sebaiknya ditekankan lagi mengenai proses ketidakfahaman pada siswa dan dapat diselesaikan dengan proses pembelajaran yang disampaikan oleh guru.

Fitria Handayani (SD Dharma Karya UT)

Similar Posts

117 Comments

  1. Tugas Analisis Vidio_Matematika – Penggunaan metode konkrit dengan menggunakan gelas dan kelereng dalam memberi pkonsep pemahaman pembagian dalam mata pelajaran Matematika _Tugas Praktik 1_PKP_Nama:MuhammadvArfadza’im A.S_NIM:857139321_Klas B_Tanggal Pengumpulan April 2025
    Isi Komentar :
    a. Identifikasi masalah
    – Guru mengalamai kesulitan Ketika akan menjelaskan konsep pembagian
    – Anak kesulitan memahami materi
    – Tidak ada media pembelajaran
    – Metode yang digunakan kurang menarik
    b. Analisis Masalah
    Masalah yang dialami guru adalah dalam menanamkan konsep pemahaman pembagian dalam mata Pelajaran Matematika , guru mengalami kesulitan Ketika menerangkan dan sisiwa mengalami kesulitan dalam memahami materi, guru menggunakan metode ceramah
    c. Alternatif pemecahan masalah
    Sebelum pembelajaran lakukan hal hal yang memotivasi minat siswa .Guru mencoba menggunakan metode konkrit dengan benda gelas dan kelereng dan langsung mempratikkan pembagian dengan cara menaruh kelereng ke dalam gelas, kemudian anak anak diberi kesempatan untuk mencobanya supaya anak memahami konsep pembagian.
    d. Tujuan perbaikan yang dilakukan guru adalah bertujuan supaya pembelajaran lebih menarik dan siswa mudah memahami materi, memberi Kesan yang mendalam dan bermakna bagi siswa dan siswa bisa mengerjakan pembagian
    e. Kelebihan metode pembelajaran konkret dengan menggunakan media gelas dan kelereng adalah pembelajaran lebih menarik, siswa lebih senang dan , tertarik dan tidak bosan, memudahkan anak dalam memahami materi
    f. Kelemahan metode ini adalah masalah waktu yang kurang efektif

  2. NAMA: DZULKIFLI NIM: 859771597 UPBJJ: KENDARI POKJAR: WUNDULAKO SEMESTER: 6 Setelah menonton video pembelajaran ini terkait dengan pembagian saya merasa sangat terkesan dan antusias dengan metode mengajarnya. konsep yang dipaparkan cukup terinci bagaimana proses pembagian itu terjadi dengan menggunakan media pembelajaran yang baik. Dalam video ini saya dapat menangkap konsep pembagian bukan hanya tentang membagi angka menjadi bagian yang sama, tetapi juga tentang memahami bagaimana membagi sesuatu secara adil dan merata. ini adalah keterampilan dasar yang sangat penting dalam kehidupan sehari-hari, baik itu dalam membagi tugas diantara teman sekelas atau dalam mengelola anggaran rumah tangga. pembagian juga membantu kita mengembangkan keterampilan berpikir kritis dan analisis, karena kita harus mempertimbangkan berbagai faktor untuk memastikan hasil yang akurat dan adil. penanaman makna melalui contoh-contoh praktis membuat proses ini menjadi lebih hidup dan memudahi, saya sangat berterima kasih atas cara pengajaran yang jelas dan mendalam, yang membantu saya menghargai keindahan dan kegunaan dari konsep pembagian.

  3. Nama : Novi Andriani
    NIM : 857366186
    UPBJJ : Bogor

    Peserta didik terlihat kurang bersemangat dalam pembelajaran, meskipun ada sebagian yang aktif. Kelemahan guru meliputi kurangnya pemantik semangat, minimnya variasi aktivitas, keterlibatan siswa yang tidak merata, serta penjelasan yang kurang sistematis, terutama pada materi pembagian. Namun, guru juga memiliki kelebihan seperti mampu mengaitkan materi dengan kehidupan sehari-hari, memberikan pertanyaan pemantik, berdialog dengan siswa, dan menggunakan gaya komunikasi yang fleksibel. Hal unik yang ditemukan adalah kemampuan guru membangun pemahaman melalui pengalaman nyata siswa. Untuk meningkatkan kualitas pembelajaran, disarankan menggunakan ice breaking di awal, memperjelas alur pembelajaran, memvariasikan metode mengajar, menampilkan video menarik, serta meningkatkan partisipasi semua siswa.

  4. Nama: VIVIN NUR VAUZIAH
    NIM : 857604563
    Setelah saya menonton vidio tersebut, menurut pendapat saya vidio tersebut memiliki kelebihan dan kekurangan.
    kelebihan:
    – Penjelasan materi sudah cukup baik, dengan mencontohkan pembagian dalam kehidupan sehari-hari memudahkan siswa mengerti tentang pembagian.
    – Bahasa yang digunakan guru cukup jelas, sehingga dapat mudah dimengerti siswa.
    – Dalam vidio tersebut guru mampu membuat siswa aktif berinteraksi.
    Kekurangan:
    – Pada kegiatan awal guru tidak melakukan kegiatan Do’a, dan abzensi
    – Pada vidio siswa terlihat kurang semangat, alangkah lebih baik kalau guru mengawali dengan kegiatan ice breaking agar siswa semangat dan tertarik belajar Matematika.
    – Selain gelas dan kelereng, guru bisa memberikan contoh yang lebih beragam, yang lebih mudah dimengerti siswa.

  5. Dalam video tersebut menurut saya siswa terlihat sangat antusias dan berpatisipasi secara aktif selama kegiatan pembelajaran berlangsung. Suasana kelas cenderung kondusif dan interaktif dengan adanya interaksi dua arah. Beberapa siswa menunjukkan
    ekspresi tertarik dan aktif saat guru menggunakan alat bantu atau benda nyata saat menjelaskan.
    Dalam video tersebut kelebihan dari guru yaitu memiliki penguasaan materi yang baik dan menyampaikan dengan jelas. Guru memiliki keterampilan komunikasi yang ramah jadi siwa merasa nyaman dan tidak takut untuk menjawab pertanyaan. Interaksi guru
    dan siswa cukup baik, sering menunjuk dan memberikan kesempatan kepada siswa untuk merespons. Membantu siswa memahami konsep deskripsi dengan konkret. Menggunakan benda nyata sebagai media pembelajaran

  6. Nama: Rosa Amelia
    NIM: 858862891
    Pokjar : Salut Joyoboyo

    Dalam video tersebut menurut saya siswa terlihat sangat antusias dan berpatisipasi secara aktif selama kegiatan pembelajaran berlangsung. Suasana kelas cenderung kondusif dan interaktif dengan adanya interaksi dua arah. Beberapa siswa menunjukkan
    ekspresi tertarik dan aktif saat guru menggunakan alat bantu atau benda nyata saat menjelaskan.
    Dalam video tersebut kelebihan dari guru yaitu memiliki penguasaan materi yang baik dan menyampaikan dengan jelas. Guru memiliki keterampilan komunikasi yang ramah jadi siwa merasa nyaman dan tidak takut untuk menjawab pertanyaan. Interaksi guru
    dan siswa cukup baik, sering menunjuk dan memberikan kesempatan kepada siswa untuk merespons. Membantu siswa memahami konsep deskripsi dengan konkret. Menggunakan benda nyata sebagai media pembelajaran

  7. Nama : Mita sepriyani
    Nim : 85953769

    pembelajaran ini terkait dengan pembagian saya merasa sangat terkesan dan antusias dengan metode mengajarnya. konsep yang dipaparkan cukup terinci bagaimana proses pembagian itu terjadi dengan menggunakan media pembelajaran yang baik. Dalam video ini saya dapat menangkap konsep pembagian bukan hanya tentang membagi angka menjadi bagian yang sama, tetapi juga tentang memahami bagaimana membagi sesuatu secara adil dan merata. ini adalah keterampilan dasar yang sangat penting dalam kehidupan sehari-hari, baik itu dalam membagi tugas diantara teman sekelas atau dalam mengelola anggaran rumah tangga. pembagian juga membantu kita mengembangkan keterampilan berpikir kritis dan analisis, karena kita harus mempertimbangkan berbagai faktor untuk memastikan hasil yang akurat dan adil. penanaman makna melalui contoh-contoh praktis membuat proses ini menjadi lebih hidup dan memudahi, saya sangat berterima kasih atas cara pengajaran yang jelas dan mendalam, yang membantu saya menghargai keindahan dan kegunaan dari konsep pembagian.

Leave a Reply