silahkan klik icon    jika video tidak dapat diputar

Sinopsis

Program ini menggambarkan permasalahan guru ketika menjelaskan proses gunung meletus, tsunami, banjir, longsor dan peristiwa alam lainnya, para siswa masih bingung karena guru tidak menggunakan media. Salah satu cara untuk mengatasi kesulitan tersebut adalah menggunakan media sederhana yang dapat digunakan oleh guru yaitu media flip chart yang dapat membantu guru dalam menghemat waktu dan ruang untuk menulis atau menempelkan gambar-gambar di papan tulis.

Toto Fathoni

Dari tayangan video ini dapat saya sampaikan beberapa hal sebagai berikut:

1. Guru tidak menyampaikan tujuan apa yang akan dicapai dalam proses pembelajaran, namun hanya menyampaikan judul atau pokok bahasan saja.

2. Guru menyuruh siswa: “Sekarang keluarkan buku IPA” , dari perintah guru tersebut tidak dijelaskan halaman berapa, materinya apa. Bahkan samapai pembelajaran berakhir buku IPA tadi nampak tidak digunakan. Dan nampak janggal karena begitu siswa disuruh untuk membuka buku IPA, sedangkan siswa baru bergerak akan mengambil buku IPA nya, (siswa belum mengambil buku IPA dan belum membukanya), guru langsung meminta kepada siswa lagi :”Sebentar, sekarang dengarkan penjelasan bu guru. Guru langsung ceramah menjelaskan tentang, alam milik kita, kalau tidak dipelihara akan bagaimana dan sebagainya, kalau tidak dipelihara bagaimana. Sampai dengan brain storming tentang apa akibatnya kalau hutan yang sangat luas ini tidak dipelihara. Sampai dengan berakhirnya brain storming tentang akibat kerusakan hutan guru belum  atau tidak menggunakan Flip Chart.

3. “Bagaimana solusinya?’ Dijelaskan bahwa dapat menggunakan flip chart. Di sini juga nampak bahwa, bukan guru melaksanakan proses pembelajaran dengan menggunakan media sederhana berupa flip chart, tetapi malah dijelaskan bagaimana menggunakan flip chart dalam proses pembelajaran. Bahkan dimulai dari apa pengertian flip chart, bagaimana penggunaan flip chart, macam macam flip chart, pada saat bagaimana penggunaan flip chart sambil dimunculkan guru membuka flip chart sebagai penjelas dari bagaimana penggunaan flip chat.

4. Jadi video tersebut intinya bukan pada bagaimana seorang guru memanfaatkan flip chart untuk menjelaskan proses peristiwa alam yang terjadi di Indonesia tetapi malah membicarakan apa, bagaimana menggunakan flip chart dalam proses pembelajaran.

5. Nampak dalam video ketika guru membuka berbagai flip chart (sebagai penjelas tentang bagaimana menggunakan flip chart), nampak tergesa gesa, tidak ada penjelasan, flip chartnya tidak begitu jelas.

6. Kalau diamati justru kelasnya lebih hidup pada saat guru menggunakan brain storming tentang akibat hutan yang tidak dipelihara, dari pada ketika guru membuka flip chart tentang akibat kerusakan hutan yang tidak dipelihara.

Drs. Sumarno, M.Pd.

Pada saat guru membuka pembelajaran belum terlihat jelas kebingungan siswa tentang materi tanpa bantuan flip chart, pada saat mengisi pembelajaran guru hanya sekilas saja menjelaskan materi dengan flip chart tersebut, dan saat menutup pembelajaran sebaiknya diberikan tugas / pr guna mengulas pembelajaran di rumah agar siswa tidak lupa.

Penggunaan strategi sudah baik, pendekatan metode sudah baik, media / evaluasi sudah cukup memadai.

Kesesuaian sudah cukup baik, kesesuaian dengan kurikulum sudah sesuai.

Saran dan rekomendasi sebaiknya video dibuat lebih masalah yang dihadapi saat siswa tidak menggunakan flip chart dan setelah siswa menggunakan flip chart.

Herawati, M.Pd.

Similar Posts

364 Comments

  1. Assalammualaikum.wr.wb.
    Nama : MAYA BAYSARI
    Nim : 856834288
    Program Studi : S1-PGSD
    UPBJJ : Bengkulu
    Mata Kuliah : PDGK 4501

    Berdasarkan pengamatan saya dari Video diatas, tentang“Pemanfaatan Media Sederhana Berbentuk Flip Chart Untuk Menjelaskan Proses Peristiwa-Peristiwa Alam yang Terjadi di Indonesia Pada Pembelajaran IPA di SD”. kelebihan dari video diatas adalah
    1. guru menyampaikan informasi dengan cara yang visual dan interaktif.
    2. Guru menyampaikan materi kepada siswa dan menyesuaikan presentasi sesuai dengan kebutuhan kelas.
    3. Guru menjelaskan dan memeberi contoh peristiwa alam yang ada di indonesia seperti kebakaran hutan sebab dan akibat terjadinya kebakaran hutan
    kekuranga video adalah
    1. Pada saat kegiatan awal guru belum melakukan apersepsi guru tersebut langsung menjelaskan tujuan pembelajaran dan materi
    2. Pada video tersebut guru langsung meminta siswa membuka buku pelajaran IPA tetapi guru tersebut tidak menyebutkan halaman berapa pembelajaran tersebut, selain itu guru langsung memberi contoh peristiwa alam kepada siswa serta buku pelajaran tersebut tidak dimanfaatkan sehingga siswa hanya mendengarkan penjelasan dari guru contoh peristiwa alam yang ada di Indonesia.
    3. Guru tidak menggunakan metode diskusi guru hanya bertanya kepada siswa lalu siswa menjawab
    4. Pada kegiatan terakhir guru tidak memberikan tugas serta tidak melakukan kegiatan penutup

  2. nama : Dwi Nur Afifah
    NIM : 857696153
    pokjar : banyuputih batang

    daIam video tersebut seorang guru kesuIian menjeIaskan meteri peIajaran Ipa berkaitan dengan peristiwa atau proses terjadinya bencana aIam. Pengguaan media fIip card sangat membentu guru daIam proses pembeIajaran. RefIeksi video sangat mudah dicerna terdapat video kesulitan guru dalam pembelajaran sebelum menggunakan flip card dan sesudah menggunakan fip card. dan penggunaan media ersebut sangat membantu guru menerangkan pesistiwa yang tidak memungkinkan siswa melihatnya secara langsunag.

  3. NAMA : RAHMAT RUDI MARGONO
    NIM : 856736903
    UPBJJ-UT PALEMBANG Pokjar Pangkalan Balai (FKIP-S1PGSD).

    Pada video di atas yang sudah saya tonton serta di amati tentang ” Pemanfaatan media sederhana berbentuk flip chart untuk menjelaskan proses peristiwa- peristiwa alam yang terjadi di Indonesia pada pembelajaran IPA di SD ”

    Kelebihan dari isi Video tersebut :
    1. Guru tersebut sudah baik dalam membuka pembelajaran di kelas.
    2. Guru tersebut sudah mensiapkan segala media yang diperlukan untuk pembelajaran yang akan berlangsung.
    3. Terciptanya kondisi yang aktif yaitu tanya-jawab antara peserta didik dan guru di dalam kelas.

    Kekurangan dari Isi Video tersebut :
    1. Guru tersebut tidak melakukan apersepsi pada awal pembelajaran.
    2. Guru tersebut tidak menyampaikan terlebih dahulu tujuan pembelajaran yang akan di pelajari.
    3. Menyampaikan materi pembelajaran yang dirasa terlalu singkat dan kurang jelas.

    Maka dengan menyaksikan video tersebut terdapatlah refleksi ataupun perbaikan untuk cara mengajarnya yaitu pada awal pembelajaran janganlah untuk meninggalkan apersepsi, lalu jelaskanlah tujuan pembelajaran yang akan di ajarkan kepada peserta didik dan terakhir penyampaian materi dapat dilakukan dengan sejelas-jelasnya. Sekian diskusi dari saya. Terima Kasih.

  4. Nama : Hevi Nopita
    Nim :856734132
    Prodi : S1-PGSD

    Menurut saya dari video diatas tentang pembelajaran IPA di SD mengenai “Pemanfaatan Media Sederhana Berbentuk Flip Chart untuk Menjelaskan Proses Peristiwa-Peristiwa Alam yang Terjadi di Indonesia Pada Pembelajaran di SD” guru tersebut sudah cukup baik dalam menyampaikan metode pembelajaran kepada siswa atau peserta didik, namun ada beberapa kekurangan dalam penyampaian materi divideo yang saya amati, yakni :
    1. Guru tidak melakukan kegiatan pendahuluan dengan benar seperti : mengabsen, menyampaikan materi yang akan dipelajari, berdo’a
    2. Guru tidak menyebutkan spesifikasi buku yang akan di pelajari, seperti : bab atau halaman yang akan di pelajari
    3. Guru kurang melibatkan siswa dalam pembelajaran sehingga siswa kurang aktif dalam mengikuti pembelajaran.
    4. Tidak memberikan evaluasi atau tugas-tugas agar siswa bisa mengulangi pembelajaran yg mereka dapatkan di sekolah.

    Adapun kelebihannya, sebagai berikut :
    1. Guru sangat menguasai materi
    2. Intonasi dan penggunaan bahasa yang jelas dalam penyampaian materi
    3. Menggunakan media sederhana yang akan membantu siswa memahami pembelajaran yang sedang di ikuti.

    Cara mengatasi kekurangan :
    Setelah menganalisis kekurangan pembelajaran dalam video yang saya amati, hendaknya guru dapat melakukan tahap-tahap kegiatan dengan baik, dari kegiatan pendahuluan, kegiatan inti, dan kegiatan penutup. Kemudian guru dapat memberikan motivasi kepada anak untuk mamacu antusias siswa dalam mengikuti pembelajaran. Dan yg terakhir tentang penggunaan media flip chart, menurut saya jika sarana dan prasarana disekolah sudah mendukung dalam penggunaan teknologi alangkah baiknya media pembelajaran ditingkatkan lagi dengan menggunakan media audio-visual karna dengan gambar yang bergerak atau video akan lebih meningkatkan minat dan perhatian siswa dalam mengikuti pembelajan

  5. Nama : Hevi Nopita
    Nim :856734132
    Prodi : S1-PGSD

    Menurut saya dari video diatas tentang pembelajaran IPA di SD mengenai “Pemanfaatan Media Sederhana Berbentuk Flip Chart untuk Menjelaskan Proses Peristiwa-Peristiwa Alam yang Terjadi di Indonesia Pada Pembelajaran di SD” guru tersebut sudah cukup baik dalam menyampaikan metode pembelajaran kepada siswa atau peserta didik, namun ada beberapa kekurangan dalam penyampaian materi divideo yang saya amati, yakni :
    1. Guru tidak melakukan kegiatan pendahuluan dengan benar seperti : mengabsen, menyampaikan materi yang akan dipelajari, berdo’a
    2. Guru tidak menyebutkan spesifikasi buku yang akan di pelajari, seperti : bab atau halaman yang akan di pelajari
    3. Guru kurang melibatkan siswa dalam pembelajaran sehingga siswa kurang aktif dalam mengikuti pembelajaran.
    4. Tidak memberikan evaluasi atau tugas-tugas agar siswa bisa mengulangi pembelajaran yg mereka dapatkan di sekolah.

    Adapun kelebihannya, sebagai berikut :
    1. Guru sangat menguasai materi
    2. Intonasi dan penggunaan bahasa yang jelas dalam penyampaian materi
    3. Menggunakan media sederhana yang akan membantu siswa memahami pembelajaran yang sedang di ikuti.

    Cara mengatasi kekurangan :
    Setelah menganalisis kekurangan pembelajaran dalam video yang saya amati, hendaknya guru dapat melakukan tahap-tahap kegiatan dengan baik, dari kegiatan pendahuluan, kegiatan inti, dan kegiatan penutup. Kemudian guru dapat memberikan motivasi kepada anak untuk mamacu antusias siswa dalam mengikuti pembelajaran. Dan yg terakhir tentang penggunaan media flip chart, menurut saya jika sarana dan prasarana disekolah sudah mendukung dalam penggunaan teknologi alangkah baiknya media pembelajaran ditingkatkan lagi dengan menggunakan media audio-visual karna dengan gambar yang bergerak atau video akan lebih meningkatkan minat dan perhatian siswa dalam mengikuti pembelajaran

  6. Berdasarkan pengamatan saya dari Video diatas, tentang“Pemanfaatan Media Sederhana Berbentuk Flip Chart Untuk Menjelaskan Proses Peristiwa-Peristiwa Alam yang Terjadi di Indonesia Pada Pembelajaran IPA di SD”.

    Kelebihan :
    Pertama, pada awal pembukaan kelas guru sudah bagus dengan menyapa siswa dengan baik.
    Kedua, guru menjelaskan konsep peristiwa alam sehingga siswa nanti dapat memahami materi yang akan dipelajari.
    Ketiga, dengan menggunakan media atau alat peraga pada saat proses belajar mengajar hal itu sudah bagus, dimana dengan menggunakan media sederhana tersebut lebih dapat membantu siswa dalam mudah memahami materi pelajaran dan nenumbuhkan semagat siswa dalam belajar.

    Kekurangan :
    Pertama, Pada saat kegiatan awal atau pendahuluan pembelajaran guru belum melakukan apersepsi.
    Lalu guru tidak menjelaskan tujuan dari pembelajaran tersebut dan langsung ke judul materi.
    Kedua, Pada video tersebut terlihat guru meminta siswa untuk membuka buku pelajaran IPA, tetapi tidak menyebutkan secara spesifik halaman berapa dan dalam proses pembelajaran guru tidak memanfaatkan buku secara maksimal.
    Ketiga, dalam menayakan siswa tentang contoh peristiwa alam, guru tidak meminta siswa untuk mendeskripsikan bentuk kejadian alam tersebut.
    Keempat, guru tidak mengaktifkan mode diskusi.
    Kelima, pada kegiatan akhir pelajaran guru tidak memberikan evaluasi atau tugas. Dan guru tidak melakukan kegiatan penutup pada saat kelas selesai.

    Cara mengatasi kekurangan :
    Berdasarkan uraian tersebut sebaiknya, yang harus dilakukan guru yaitu, melakukan kegiatan awal atau pendahuluan seperti apersepsi, lalu guru menjelaskan tujuan pembelajaran agar siswa dapat mengetahui akan kemana materi yang di pelajari tersebut. Dan pada saat sudah memasuki inti pelajaran guru memberitahukan kepada siswa untuk membuka buku dan halaman berapanya, agar nantinya siswa tidak salah dalam melakukan pelajaran. Setelah itu ketika mode diskusi sebaiknya guru juga harus meminta siswa mendeskripsikan bentuk kejadian alam, sehingga guru dapat melihat pandangan kepada siswa tersebut tentang peristiwa alam yang diketahuinya. Agar kelas menjadi menyenangkan dan membangkitkan keaktifan siswa sebaiknya guru membuat siswa menjadi beberapa kelompok. Terakhir, guru memberikan kegiatan evaluasi dan tugas sehingga guru dapat mengetahui apakah siswa mengerti tentang materi yang dipelajari. Lalu melakukan kegiatan penutupan kelas.

  7. Pada video pembelajaran tersebut, pemanfaatan media pembelajaran menggunakan flip chart sudah baik untuk menjelaskan kepada siswa.
    Pada awal pembelajaran sebelum menampilan media flip chart,

    1. Guru sudah menjelaskan materi tentang peristiwa tentang peristiwa alam dan cara menjaga dan meletarikan alam. Kemudian guru menjelaskan dampak apa saja yang terjadi akibat bencana peristiwa alam.

    2. Dilanjutkan dengan sesi tanya jawab dan terlihat beberapa siswa aktif untuk bertanya.

    3. Pada saat menampilkan media flip chart gambar terlihat sudah cukup besar dan jelas bagi siswa.

    Namun ada sedikit masukan dan saran pada penggunaaan media flip chart alangkah baiknya jika gambar yang ditampilkan menjadi horisontal dan tersusun. Sehingga siswa lebih paham bagaimana urutan dari peritiwa tersebut tanpa harus membolak balik gambar tersebut.

    Untuk pembelajaran IPA lebih baik memakai media audio visual. Seperti tayangan video langsung sehingga siswa menjadi lebih paham. Tapi tergantung dari ketersediaan media dari guru dan sekolah.

  8. Nama : Sri Rahayu
    Nim. : 855996684
    Pokjar : Asahan

    Kelemahan Pembelajaran dalam Video
    Berdasarkan video yang saya analisis tentang “Pemanfaatan Media Sederhana Berbentuk Flib Chart Untuk Menjelaskan Proses Peristiwa Alam Yang Terjadi di Indonesia Pada Pembelajaran IPA di SD, yang mana kelemahan dalam video tersebut adalah guru kurang menguasai beberapa keterampilan dalam mengajar yaitu guru kurang mampu dalam membuka pembelajaran dengan baik, keterampilan bertanya, keterampilan menutup pembelajaran dan kurang terampil dalam mengelola kelas. Kurang.

    Kelebihan Pembelajaran dalam Video
    Berdasarkan video yang saya analisis tentang “Pemanfaatan Media Sederhana Berbentuk Flib Chart Untuk Menjelaskan Proses Peristiwa Alam Yang Terjadi di Indonesia Pada Pembelajaran IPA di SD”.

    kelebihan dalam video tersebut adalah guru sudah mampu menguasai beberapa keterampilan dalam mengajar yaitu guru sudah mampu memberi penguatan dengan cara memberikan contoh nyata dalam kehidupan sehari-hari bahwa belajar matematik sangat penting dipelajari. Selanjutnya guru juga sudah mampu/terampil dalam memberikan variasi dalam penggunaan media audio visual. Dengan memberikan contoh nyata dalam kehidupan sehari-hari siswa semakin termotivasi lagi dalam belajar. Sehingga dengan cara guru tersebut dapat mengurangi ketidaksukaan siswa dalam pelajaran IPA.
    Memperbaiki pada saat membuka pembelajaran
    Guru memberikan salam dan mengajak semua siswa berdo’a menurut agama dan keyakinan masing-masing.
    Guru mengecek kesiapan diri dengan mengisi lembar kehadiran dan memeriksa kerapihan pakaian, posisi dan tempat duduk disesuaikan dengan kegiatan pembelajaran.
    Guru menyampaikan tahapan kegiatan yang meliputi kegiatan mengamati, menanya, mengeksplorasi, mengomunikasikan dan menyimpulkan.
    Memperbaiki pada saat inti pembelajaran
    Guru mengulang pembelajaran di hari sebelumnya
    Guru menjelaskan tentang peristiwa yang terjadi di Indonesia
    Guru memberikan penjelasan manfaat alam dan memberikan contohnya
    Guru memberikan kesempatan kepada siswa untuk menjawab pertanyaan
    Guru menggunakan media flib chart atau berupa lembar yang berisikan bahan pembelajaran seperti gambar kerusakan hutan, banjir.

  9. Analisis dari vidio diatas:
    Kelemahan Pembelajaran dalam Video
    Berdasarkan video yang saya analisis tentang “Pemanfaatan Media Sederhana Berbentuk Flib Chart Untuk Menjelaskan Proses Peristiwa Alam Yang Terjadi di Indonesia Pada Pembelajaran IPA di SD, yang mana kelemahan dalam video tersebut adalah guru kurang menguasai beberapa keterampilan dalam mengajar yaitu guru kurang mampu dalam membuka pembelajaran dengan baik, keterampilan bertanya, keterampilan menutup pembelajaran dan kurang terampil dalam mengelola kelas. Kurang.

    Kelebihan Pembelajaran dalam Video
    Berdasarkan video yang saya analisis tentang “Pemanfaatan Media Sederhana Berbentuk Flib Chart Untuk Menjelaskan Proses Peristiwa Alam Yang Terjadi di Indonesia Pada Pembelajaran IPA di SD”.
    kelebihan dalam video tersebut adalah guru sudah mampu menguasai beberapa keterampilan dalam mengajar yaitu guru sudah mampu memberi penguatan dengan cara memberikan contoh nyata dalam kehidupan sehari-hari bahwa belajar matematik sangat penting dipelajari. Selanjutnya guru juga sudah mampu/terampil dalam memberikan variasi dalam penggunaan media audio visual. Dengan memberikan contoh nyata dalam kehidupan sehari-hari siswa semakin termotivasi lagi dalam belajar. Sehingga dengan cara guru tersebut dapat mengurangi ketidaksukaan siswa dalam pelajaran IPA.

    Hal unik yang terdapat dalam Pembelajaran Video
    Hal unik yang saya temukan dalam video pembelajaran tersebut adalah siswa tidak tertarik mengikuti pembelajaran bahkan siswa mengeluarkan suara ketidaksukaannya terhadap pelajaran IPA.
    Rencana pembelajaran yang akan dilakukan

    Rencana perbaikan dalam vidio “ Pemanfaatan Media Sederhana Berbentuk Flib Chart Untuk Menjelaskan Proses Peristiwa Alam Yang Terjadi di Indonesia Pada Pembelajaran IPA di SD”, yaitu :
    Memperbaiki pada saat membuka pembelajaran
    Guru memberikan salam dan mengajak semua siswa berdo’a menurut agama dan keyakinan masing-masing.
    Guru mengecek kesiapan diri dengan mengisi lembar kehadiran dan memeriksa kerapihan pakaian, posisi dan tempat duduk disesuaikan dengan kegiatan pembelajaran.
    Guru menyampaikan tahapan kegiatan yang meliputi kegiatan mengamati, menanya, mengeksplorasi, mengomunikasikan dan menyimpulkan.
    Memperbaiki pada saat inti pembelajaran
    Guru mengulang pembelajaran di hari sebelumnya
    Guru menjelaskan tentang peristiwa yang terjadi di Indonesia
    Guru memberikan penjelasan manfaat alam dan memberikan contohnya
    Guru memberikan kesempatan kepada siswa untuk menjawab pertanyaan
    Guru menggunakan media flib chart atau berupa lembar yang berisikan bahan pembelajaran seperti gambar kerusakan hutan, banjir.

  10. Nama : FAIZ ILMUTTAQIN
    NIM : 858685605
    Prodi : S1. PGSD
    UPBJJ : SURABAYA

    Menurut saya pada tayangan video tersebut, tampak seorang guru yang memberikan penjelasan mengenai peristiwa alam yang terjadi di Indonesia dengan menggunakan alat peraga yang sederhana. Disini kita dapat mengambil pelajaran bahwa dalam melaksanakan pembelajaran di dalam kelas perlu sekali alat peraga atau media pembelajaran yang dapat menunjang kegiatan mengajar. Dengan adanya media belajar siswa akan lebih tertarik dikarenakan tidak monoton mendengarkan penjelasan dari guru. Pada era digital seperti ini tampaknya menggunakan Flip Chart tidak begitu diminati oleh siswa, karena dijaman yang semakin canggih media pembelajaran yang digunakan seharusnya semakin canggih seperti penayangan video peristiwa dengan menggunakan proyektor, menggunakan media pembelajaran KIT IPA. Dengan begitu siswa dengan mudah memahami tentang pristiwa alam karena yang terpenting dalam proses pembelajaran guru dapat mengambangkan ide – ide kreatif serta inovatif guna membuat semangat belajar para peserta didiknya.

Leave a Reply