silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar
Sinopsis
Program ini menggambarkan permasalahan guru ketika menjelaskan proses gunung meletus, tsunami, banjir, longsor dan peristiwa alam lainnya, para siswa masih bingung karena guru tidak menggunakan media. Salah satu cara untuk mengatasi kesulitan tersebut adalah menggunakan media sederhana yang dapat digunakan oleh guru yaitu media flip chart yang dapat membantu guru dalam menghemat waktu dan ruang untuk menulis atau menempelkan gambar-gambar di papan tulis.
Toto Fathoni
Dari tayangan video ini dapat saya sampaikan beberapa hal sebagai berikut:
1. Guru tidak menyampaikan tujuan apa yang akan dicapai dalam proses pembelajaran, namun hanya menyampaikan judul atau pokok bahasan saja.
2. Guru menyuruh siswa: “Sekarang keluarkan buku IPA” , dari perintah guru tersebut tidak dijelaskan halaman berapa, materinya apa. Bahkan samapai pembelajaran berakhir buku IPA tadi nampak tidak digunakan. Dan nampak janggal karena begitu siswa disuruh untuk membuka buku IPA, sedangkan siswa baru bergerak akan mengambil buku IPA nya, (siswa belum mengambil buku IPA dan belum membukanya), guru langsung meminta kepada siswa lagi :”Sebentar, sekarang dengarkan penjelasan bu guru. Guru langsung ceramah menjelaskan tentang, alam milik kita, kalau tidak dipelihara akan bagaimana dan sebagainya, kalau tidak dipelihara bagaimana. Sampai dengan brain storming tentang apa akibatnya kalau hutan yang sangat luas ini tidak dipelihara. Sampai dengan berakhirnya brain storming tentang akibat kerusakan hutan guru belum atau tidak menggunakan Flip Chart.
3. “Bagaimana solusinya?’ Dijelaskan bahwa dapat menggunakan flip chart. Di sini juga nampak bahwa, bukan guru melaksanakan proses pembelajaran dengan menggunakan media sederhana berupa flip chart, tetapi malah dijelaskan bagaimana menggunakan flip chart dalam proses pembelajaran. Bahkan dimulai dari apa pengertian flip chart, bagaimana penggunaan flip chart, macam macam flip chart, pada saat bagaimana penggunaan flip chart sambil dimunculkan guru membuka flip chart sebagai penjelas dari bagaimana penggunaan flip chat.
4. Jadi video tersebut intinya bukan pada bagaimana seorang guru memanfaatkan flip chart untuk menjelaskan proses peristiwa alam yang terjadi di Indonesia tetapi malah membicarakan apa, bagaimana menggunakan flip chart dalam proses pembelajaran.
5. Nampak dalam video ketika guru membuka berbagai flip chart (sebagai penjelas tentang bagaimana menggunakan flip chart), nampak tergesa gesa, tidak ada penjelasan, flip chartnya tidak begitu jelas.
6. Kalau diamati justru kelasnya lebih hidup pada saat guru menggunakan brain storming tentang akibat hutan yang tidak dipelihara, dari pada ketika guru membuka flip chart tentang akibat kerusakan hutan yang tidak dipelihara.
Drs. Sumarno, M.Pd.
Pada saat guru membuka pembelajaran belum terlihat jelas kebingungan siswa tentang materi tanpa bantuan flip chart, pada saat mengisi pembelajaran guru hanya sekilas saja menjelaskan materi dengan flip chart tersebut, dan saat menutup pembelajaran sebaiknya diberikan tugas / pr guna mengulas pembelajaran di rumah agar siswa tidak lupa.
Penggunaan strategi sudah baik, pendekatan metode sudah baik, media / evaluasi sudah cukup memadai.
Kesesuaian sudah cukup baik, kesesuaian dengan kurikulum sudah sesuai.
Saran dan rekomendasi sebaiknya video dibuat lebih masalah yang dihadapi saat siswa tidak menggunakan flip chart dan setelah siswa menggunakan flip chart.
Herawati, M.Pd.
Nama : Widyo Setyoningsih
NIM : 857364856
Program : BI PGSD
Pokjar : Bogor Utara
Setelah melihat video di atas dapat di simpulkan beberapa hal terkait cara penyampain materi guru kepada siswa, yaitu kelebihan dan kekurangan dari penyampaian materi tersebut.
Adapun hal yang terkait dengan kekurangan adalah sebagai berikut :
– Guru tidak melakukan absensi diawal dan tidak melakukan pengkondisian kelas apakah siswa sudah siap atau belum
– Guru tidak menjelaskan tujuan dari mempelajari materi tersebut
– Guru hanya memerintahkan siswa membuka buku tanpa memberitahu halaman berapa yang harus di simak dan langsung masuk ke materi baru yang akan dibahas
– Ada dua perintah ganda pada saat guru meminta siswa mengeluarkan buku IPA , guru juga meminta dengarkan dulu sebentar di saat siswa sedang berusaha mengeluarkan buku, hal ini dapat membuat siswa bingun dan fokusnya menjadi terpecah
– Guru hanya memberi salam tanpa mengaitkan materi yang akan di bahas dengan materi sebelumnya
– Guru memberikan pertanyaan tentang materi baru sebelum dijelaskan sehingga siswa tidak dapat menjawab
Sedangkan hal yang terkait dengan kelebihan video di atas adalah sebagai berikut :
– Pembawaan guru yang semangat di awal mulai pembelajaran
– Guru sudah memberikan salam pembuka kepada siswa di awal
– Guru sudah memberikan pertanyaan pematik sederhana di awal dan siswa antusias menjawab dan kelas menjadi lebih hidup
– Guru menggunakan media flip chart sudah baik dengan gambar yang jelas. Seiring kemajuan teknologi filp chart dapat digantikan dengan media yang lebih modern seperti infokus.
Nama : Widyo Setyoningsih
NIM : 857364856
Program : BI PGSD
Pokjar : Bogor Utara
Setelah melihat video di atas dapat di simpulkan beberapa hal terkait cara penyampain materi guru kepada siswa, yaitu kelebihan dan kekurangan dari penyampaian materi tersebut.
Adapun hal yang terkait dengan kekurangan adalah sebagai berikut :
– Guru tidak melakukan absensi diawal dan tidak melakukan pengkondisian kelas apakah siswa sudah siap atau belum
– Guru tidak menjelaskan tujuan dari mempelajari materi tersebut
– Guru hanya memerintahkan siswa membuka buku tanpa memberitahu halaman berapa yang harus di simak dan langsung masuk ke materi baru yang akan dibahas
– Ada dua perintah ganda pada saat guru meminta siswa mengeluarkan buku IPA , guru juga meminta dengarkan dulu sebentar di saat siswa sedang berusaha mengeluarkan buku, hal ini dapat membuat siswa bingun dan fokusnya menjadi terpecah
– Guru hanya memberi salam tanpa mengaitkan materi yang akan di bahas dengan materi sebelumnya
– Guru memberikan pertanyaan tentang materi baru sebelum dijelaskan sehingga siswa tidak dapat menjawab
Sedangkan hal yang terkait dengan kelebihan video di atas adalah sebagai berikut :
– Pembawaan guru yang semangat di awal mulai pembelajaran
– Guru sudah memberikan salam pembuka kepada siswa di awal
– Guru sudah memberikan pertanyaan pematik sederhana di awal dan siswa antusias menjawab dan kelas menjadi lebih hidup
– Guru menggunakan media flip chart sudah baik dengan gambar yang jelas. Seiring kemajuan teknologi filp chart dapat digantikan dengan media yang lebih modern seperti infokus.
Nama : Mayasari Dewi Rahayu
NIM : 857363467
Program : BIPGSD
Pokjar : Bogor Utara
Setelah menyaksikan dan menganalisa tayangan video di atas, menurut pendapat saya :
1. Kelebihan video pembelajaran di atas diantaranya adalah :
– Guru mengucapkan salam terlebih dahulu (Selamat Pagi!)
– Guru menyampaikan pokok bahasan pembelajaran
– Guru sudah menyampikan telaah dari materi ini
– Guru sudah melakukan kaitkan dengan materi sebelumnya, walaupun di tengah-tengah. Kelebihannya menstimulus Peserta didik untuk aktif menjawab (Apa yang terjadi jika ekosistem darat terbesar rusak?)
– Sudah ada pertanyaan pemantik : Ada yang bisa menjelaskan proses terjadinya bencana alam (gunung meletus, longsor, banjir, tsunami)
2. Kelemahan video pembelajaran di atas diantaranya adalah:
– Guru tidak menyampaikan tujuan pembelajaran, guru hanya menyampaikan pada pokok bahasan saja.
– Guru tidak mengawali dengan pengecekan absensi, bertanya kabar, serta alph zone
– Guru tidak melakukan apersepsi terlebih dahulu, ada pengkaitan materi hanya saja di tengah-tengah (ekosistem darat terbesar)
– Guru meminta murid-murid untuk membuka buku, akan tetapi tidak disebutkan halamannya.
– Peserta didik belum melakukan telaah secata optimal dari materi ini, hanya mendengarkan berupa cerita/penjelasan semata. Yang seyogyanya telaah dilakukan oleh peserta didik, bukan oleh guru
– Penjelasan yang dilakukan guru baru berupa deskripsi yang masih difahami secara abstrak, sedangkan peserta didik SD membutuhkan hal yang kongkrit
– Kesulitan menjelaskan materi karena tidak didukung oleh media
3. Perlu ada solusi dalam masalah ini salah satunya adalah dengan flip chart atau dengn media modern lainnya, agar anak dapat fokus melihat, menelaah, mengeksplorasi, menganalisa, merumuskan menyimpulkan dan mengaplikasikan dalam kehidupan sehari-hari
Menurut saya dalam menjelaskan materi terlalu tergesa-gesa,
Guru juga terlihat tidak mengkaitkan materi sebelumnya ke materi yang sekarang diajarkan.
Bahkan saat menggunakan media flip chart guru pun masih kurang detail saat menjelaskan masing-masing gambar pada file chart tersebut.
Nama : Dea Yennisa
NIM : 856481103
Prodi : PGSD
Pokjar : Kuansing UPBJJ Pekanbaru
Video praktik mengajar IPA di SD yaitu “Pemanfaatan Media Sederhana Berbentuk Flip Chart untuk Menjelaskan Proses dan Peristiwa-peristiwa Alam yang Terjadi di Indonesia pada Pembelajaran IPA di SD”.
Pendapat saya mengenai video tersebut yaitu:
Terdapat kelebihan dan kelemahan yang terdapat dalam video tersebut yaitu:
Kelebihan:
* Guru memberikan sapaan kepada siswa sebelum belajar dimulai.
* Cara guru menjelaskan sudah baik, intonasi dan gaya bicaranya baik.
* Sudah digunakan media dalam pembelajaran berupa flip chart.
* Flip chart yang berupa gambar memiliki kualitas yang baik dan jelas, serta menampilkan keadaan yang nyata di alam.
Kelemahan:
* Pada saat kegiatan pendahuluan, guru tidak menanyakan kabar dan tidak melakukan absensi.
* Guru tidak menyampaikan tujuan pelajaran yang hendak dicapai siswa, sehingga siswa tidak dapat mengetahui apa yang harus dicapainya setelah mengikuti pelajaran tersebut.
* Saat akan memulai menyajikan materi, guru tidak melakukan apersepsi (mengaitkan materi yang akan dipelajari dengan pembelajaran sebelumnya atau hal-hal yang berupa pengalaman serta informasi yang telah diperoleh siswa sebelumnya). Padahal pada topik pelajaran yang berkaitan dengan kerusakan alam sangat banyak keterkaitannya dengan hal-hal disekitar siswa sehingga sebelum siswa mempelajari materi pada hari itu, siswa seharusnya mengingat kembali tentang hal-hal dan informasi yang sebelumnya telah mereka alami.
* Pada video tersebut tidak ditampilkan pelaksanaan dan penggunaan flip chart secara keseluruhan, namun dapat dilihat bahwa flip chart yang digunakan tidak bervariasi, hanya menampilkan gambar-gambar tentang dampak kerusakan hutan. Sebaiknya gunakan flip chart yang lebih detail disertai keterangan-keterangan gambar, atau mungkin dapat juga gunakan diagram atau tabel sederhana yang mudah dimengerti oleh siswa SD.
* Jika keadaan sekolahnya memiliki sarana dan prasarana yang baik, guru dapat menggunakan media audio visual seperti infocus yang menayangkan video dan gambar-gambar.
* Buku IPA yang merupakan sumber belajar siswa tidak digunakan hingga akhir pelajaran padahal guru sudah menginstruksikan siswa untuk mengeluarkan buku tersebut.
* Siswa kurang aktif saat belajar menggunakan flip chart, padahal diawal saat dilakukan brain storming siswa terlihat aktif merespon pertanyaan guru.
* Pembelajaran masih berpusat pada guru.
Itulah pendapat saya mengenai video tersebut, semoga bermanfaat dan mohon perbaikannya jika ada kesalahan.
Nama : Neng Laeli Khomsah
NIM : 857498038
Program studi : PGSD (Masukan sarjana)
dari video pembelajaran diatas analisis saya yaitu :
1. Fakta/data pembelajaran yang terjadi dikelas:
Pengamatan pada guru
fakta yang muncul ada:
– Guru memberikan sapaan kepada siswa sebelum belajar dimulai
– Guru melakukan tanya jawab dengan siswa
– Guru menjelaskan materi pembelajaran dengan baik secara intonasi dan gaya bicaranya
– Guru menggunakan media flip chart dalam proses pembelajaran
– Ketika pembelajaran dilakukan dengan brain storming siswa terlihat aktif
– Siswa kurang aktif ketika penggunaan media flip chart
– Siswa menjawab pertanyaan yang diajukan guru
Fakta yang tidak muncul ada:
– Guru tidak melakukan pengkondisian kelas
– Guru tidak mengecek kehadiran siswa
– Guru tidak melakukan apersepsi dengan menanyakn kembali pelajaran sebelumnya
– Guru tidak menyampaikan tujuan pembelajaran
– Guru tidak memberikan penguatan
– Guru tidak menyimpulkan pembelajaran
– Guru tidak melakukan tindak lanjut
2. Identifikasi masalah
– Guru tidak melakukan pengkondisian kelas
– Guru tidak mengecek kehadiran siswa
– Guru tidak melakukan apersepsi dengan menanyakn kembali pelajaran sebelumnya
– Guru tidak menyampaikan tujuan pembelajaran
– Guru tidak memberikan penguatan
– Guru tidak menyimpulkan pembelajaran
– Guru tidak melakukan tindak lanjut
– Siswa kurang aktif ketika penggunaan media flip chart
3. Alternatif pemecahan masalah
– Guru harus menggunakan media audio visual jika sarana prsarana mendukung
– Guru harus menggunakan metode mengajar yang menarik
– Siswa harus terlibat secara aktif
– Guru harus mengganti metode mengajar untuk membuat siswa terlibat secara aktif dalam kegiatn pembelajran
4. Tujuan perbaikan
– Agar siswa dapat memahami pembelajaran yang disampaikan guru yaitu bagaimana proses terjadinya setiap bencana yang sering terjadi di Indonesia
Tuti erlina
Nim: 856445099
Setelah mengamati vidio pembelajaran ini seharusnya guru melakukan kegiatan awal (Apersepsi)
Dan saat proses pembelajaran berlangsung guru tidak menggunakan media pembelajaran sehingga anak kurang memahami.
Nama: Muhammad Natsir
NIM: 859158398
Prodi: PGSD S1
UPBJJ: Mataram
Analisis saya terhadap pembelajaran pada vidio tersebut adalah:
1. Kelebihan pembelajaran
a) Guru berpenampilan menarik dan rapi
b) Guru telah mampu membuat pembelajaran menjadi menarik dengan penggunaan media berupa flip chart.
c) Guru menyampaikan materi pelajaran
d) Guru mampu menguasai ketrampilan menjelaskan dengan baik
e) Guru sudah mampu memberikan pertanyaan yang dapat digunakan untuk mengetahui kemampuan awal siswa
2. Kekurangan pembelajaran pada vidio tersebut adalah:
a) Pada awal pembelajaran, guru tidak mempersiapkan kelas dengan baik, seperti; salam, berdoa dan mengecek kehadiran siswa
b) Guru tidak menjelaskan tujuan pembelajaran
c( Guru tidak memberi kesempatan kepada siswa untuk bertanya jawab tentang materi pelajaran yang sedang diajarkan
d) Pada akhir pembelajaran, guru tidak memberikan evaluasi atau tugas.
Nama : Mulia ningsih
Nim : 856440233
Program Studi : S1 PGSD
Pokjar : Kandis
Dalam video pembelajaran tersebut menurut saya ada beberapa hal yang menjadi kekurangan dan juga kelebihan guru dalam mengajar sebagai berikut
Kekurangan :
1. Guru tidak melakukan apersepsi sebelum memulai pembelajaran padahal ini sangat penting dalam proses mengajar adapun tujuan apersepsi dalam pembelajaran yaitu
– untuk mengetahui kesiapan belajar siswa
– menjadikan proses berpikir siswa dan juga dapat mengembangkan motivasi belajar siswa
Contoh : guru bisa bertanya ” Apakah anak ibu mengetahui kerusakan alam seperti banjir ataupun kebakaran yang terjadi di daerah ataupun lingkungan kita?
Nah dengan pertanyaan seperti itu siswa akan kembali mengingat peristiwa banjir yang pernah dialami secara tidak langsung siswa akan melakukan proses berpikir sederhana. Hal ini juga memberikan rasa motivasi belajar siswa, karena siswa merasa tertarik dengan materi pembelajaran tersebut
2. Guru tidak menyampaikan tujuan yang akan dicapai dalam proses pembelajaran hanya menyampaikan judul dan pokok bahasan saja ini seperti penjelasan yang monoton
3. Guru tidak melakukan absensi kelas dan bertanya kabar kepada siswa padahal melakukan absensi kelas dan bertanya kabar dapat membangkitkan semangat belajar siswa
4. Guru mengatakan ” Nah sekarang kalian keluarkan buku IPA nya” kemudian murid langsung mempersiapkan dan mencari buku tersebut namun belum selesai mencari buku guru langsung memberikan materi tanpa memberitahu halaman buku yang akan diajarkan ini dibuktikan dengan terlihat beberapa siswa kurang memperhatikan guru dan malah sibuk dengan bukunya hal ini membuat kesiapan belajar siswa kurang
5. Ketika guru mengatakan “ada yang bisa menjelaskan proses terjadinya gunung meletus kebakaran hutan tanah longsor banjir dan lain-lain”?
Terlihat siswa tidak dapat menjawab pertanyaan guru ini adalah kesulitan bagi guru ketika tidak menggunakan media dalam mengajar
Kemudian guru tidak tinggal diam guru langsung menggunakan media seperti flip chart untuk memudahkan dalam mengajar dan selanjutnya pembelajaran kembali kondusif dengan adanya media belajar tersebut Namun penggunaan media flip chart kurang efektif jika digunakan dalam kondisi kelas yang luas dan penuh karena siswa yang duduk paling belakang kurang melihat dengan jelas gambar-gambar tersebut
Kelebihan :
1. Banyak antusias siswa dalam menjawab pertanyaan guru ketika guru bertanya Coba bayangkan jika ekosistem darat terbesar kita rusak apa yang terjadi nah ini membuktikan bahwa guru tersebut dapat menarik perhatian siswa dengan penjelasan yang dibawakan guru tersebut.
2. Guru menggunakan media flip chart dalam menyampaikan materi ini membuat siswa tertarik dengan pembelajaran tersebut
NAMA : RISA NURVITA SARI
NIM : 858812786
PRODI : S1 PGSD
POKJAR : MALANG
Menurut saya kelebihan yang ada divideo :
1) Guru memberikan salam
2) Guru menyapaikan materi yang akan dipelajari
3) Guru bisa membuat siswa fokus untuk memperhatikan yang berarti baik dalam manajemen kelasnya
4) Guru mengajukan beberapa pertanyaan pemantik untuk manarik siswa mempelajari materi
5) Guru menyampaikan materi dengan menarik
6) Guru memberikan beberapa pertanyaan dan siswa diberi kesempatan untuk menjawab sehingga kelas menjadi aktif
7) Guru menyediakan media flip chart agar siswa lebih paham dengan materi tahu gambar peristiwa alam dan tidak hanya membayangkannya saja
Menurut saya kekurangan yang ada divideo :
1) Guru dan siswa tidak berdoa
2) Guru tidak mngecek kehadiran siswa
3) Guru tidak menyampaikan tujuan pembelajaran yang akan dicapai
4) Guru hanya memberikan pertanyaan tanpa memberi kesempatan siswa untuk bertanya
5) Diawal video guru kesulitan menjelaskan matri karena tidak ada media yang mendukung pembelajaran
6) Guru tidak memberikan tugas agar tahu sejauh mana siswa paham dengan materi yang diajarkan
7) Guru menyimpulkan kegiatan yang sudah dilakukan
8) Guru tidak memberi kesempatan siswa bertanya tentang hal yang tidak dimengerti
9) Guru tidak memberi tugas rumah agar siswa lebih mendalami materi