silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar
Sinopsis
Program ini menggambarkan permasalahan guru ketika menjelaskan proses gunung meletus, tsunami, banjir, longsor dan peristiwa alam lainnya, para siswa masih bingung karena guru tidak menggunakan media. Salah satu cara untuk mengatasi kesulitan tersebut adalah menggunakan media sederhana yang dapat digunakan oleh guru yaitu media flip chart yang dapat membantu guru dalam menghemat waktu dan ruang untuk menulis atau menempelkan gambar-gambar di papan tulis.
Toto Fathoni
Dari tayangan video ini dapat saya sampaikan beberapa hal sebagai berikut:
1. Guru tidak menyampaikan tujuan apa yang akan dicapai dalam proses pembelajaran, namun hanya menyampaikan judul atau pokok bahasan saja.
2. Guru menyuruh siswa: “Sekarang keluarkan buku IPA” , dari perintah guru tersebut tidak dijelaskan halaman berapa, materinya apa. Bahkan samapai pembelajaran berakhir buku IPA tadi nampak tidak digunakan. Dan nampak janggal karena begitu siswa disuruh untuk membuka buku IPA, sedangkan siswa baru bergerak akan mengambil buku IPA nya, (siswa belum mengambil buku IPA dan belum membukanya), guru langsung meminta kepada siswa lagi :”Sebentar, sekarang dengarkan penjelasan bu guru. Guru langsung ceramah menjelaskan tentang, alam milik kita, kalau tidak dipelihara akan bagaimana dan sebagainya, kalau tidak dipelihara bagaimana. Sampai dengan brain storming tentang apa akibatnya kalau hutan yang sangat luas ini tidak dipelihara. Sampai dengan berakhirnya brain storming tentang akibat kerusakan hutan guru belum atau tidak menggunakan Flip Chart.
3. “Bagaimana solusinya?’ Dijelaskan bahwa dapat menggunakan flip chart. Di sini juga nampak bahwa, bukan guru melaksanakan proses pembelajaran dengan menggunakan media sederhana berupa flip chart, tetapi malah dijelaskan bagaimana menggunakan flip chart dalam proses pembelajaran. Bahkan dimulai dari apa pengertian flip chart, bagaimana penggunaan flip chart, macam macam flip chart, pada saat bagaimana penggunaan flip chart sambil dimunculkan guru membuka flip chart sebagai penjelas dari bagaimana penggunaan flip chat.
4. Jadi video tersebut intinya bukan pada bagaimana seorang guru memanfaatkan flip chart untuk menjelaskan proses peristiwa alam yang terjadi di Indonesia tetapi malah membicarakan apa, bagaimana menggunakan flip chart dalam proses pembelajaran.
5. Nampak dalam video ketika guru membuka berbagai flip chart (sebagai penjelas tentang bagaimana menggunakan flip chart), nampak tergesa gesa, tidak ada penjelasan, flip chartnya tidak begitu jelas.
6. Kalau diamati justru kelasnya lebih hidup pada saat guru menggunakan brain storming tentang akibat hutan yang tidak dipelihara, dari pada ketika guru membuka flip chart tentang akibat kerusakan hutan yang tidak dipelihara.
Drs. Sumarno, M.Pd.
Pada saat guru membuka pembelajaran belum terlihat jelas kebingungan siswa tentang materi tanpa bantuan flip chart, pada saat mengisi pembelajaran guru hanya sekilas saja menjelaskan materi dengan flip chart tersebut, dan saat menutup pembelajaran sebaiknya diberikan tugas / pr guna mengulas pembelajaran di rumah agar siswa tidak lupa.
Penggunaan strategi sudah baik, pendekatan metode sudah baik, media / evaluasi sudah cukup memadai.
Kesesuaian sudah cukup baik, kesesuaian dengan kurikulum sudah sesuai.
Saran dan rekomendasi sebaiknya video dibuat lebih masalah yang dihadapi saat siswa tidak menggunakan flip chart dan setelah siswa menggunakan flip chart.
Herawati, M.Pd.
Nama : Trikvide Akhirman Jaya Lawolo
Nim : 856021295
Dari video diatas menurut saya ada beberapa kelebihannya, yaitu:
1. Guru mengajar dengan ramah dan membuat siswa nyaman dalam belajar.
2. Siswa merasa nyaman dalam pembelajaran
Namun ada beberapa kelemahan yaitu:
1. Pada awal pembelajaran tidak dilakukan yg namanya kegiatan awal, seperti mengajak berdoa, mengecek kehadiran siswa, dan memberikan apersepsi kepada siswa akan materi sebelumnya.
2. Guru langsung menyuruh siswa untuk membuka buku paket IPA tanpa diberitahu halam berapa.
nama : Nur aisah Sanjaya
NIM : 856991695
menurut saya pada pembelajaran 1 guru tidak menggunakan media pembelajaran, guru juga belum menggunakan ketrampilan membuka pelajaran dengan baik karena guru tidak mengecek kesiapan siswa, tidak memberikan apersepsi dan tujuan pembelajaran. kelebihan guru memiliki penguasaan materi yang baik sehingga mendukung ketrampilan menjelaskan yg dimiliki guru.
pada video selanjutnya guru sudah menggunakan media pembelajaran untuk mempermudah siswa dalam memahami materi pembelajaran.
NAMA : DARA ROKIBAH PRATIWI
NIM : 859866551
POKJAR : ASAHAN
PRODI : S1 PGSD
video pemlejaran diatas sangat bermanfaat bagi para guru sebagai bahan pertimbangan jikala ada kendala seperti video diatas. tetapi, video pembelajaran diatas masi memiliki kekurangan antara lain seperti, diawal pembelajaran guru tidak mengkaji ulang pembelajaran dipertemuan sebelumnya dan guru juga menyuru siswa untuk membuka buku pelajaran namun guru tidak menyuru membaca melainkan guru menggunakan metode ceramah. dalam pemakaian media flip cart seperti yang ditayangkan di video menurut saya guru belum memperhatikan posisi duduk siswa sehingga siswa yang duduk dibelakang mungkin kurang jelas melihat media tersebut, hendaknya guru mengatur terlebih dahulu posisi duduk para siswa baru memulai menggunkan media flip chat tersebut.
Nama : Nurul ismiyati
Nim : 857698949
Menurut pengamatan saya dari vidio diatas.
1. Siswa lebih antusias jika saat pembelajaran menggunakan media seperti gambar ataupun visual
2. Guru bisa lebih menguasai kelas dlm pembelajaran
Nama: Husna Hidayati
Nim: 856099651
Assalamualaikum, ijin menanggapi Menurut pengamatan saya dari vidio diatas, metode yang digunakan guru tidak tepat dengan metode ceramah tanpa di bantu oleh media. Apabila guru tersebut menggunakan media pembelajaran flip chart dan di padukan metode tanya jawab maka akan lebih menarik.
Sehingga lebih muda guru untuk menyampaikan materi. Sekian terimakasih 🙏
Nama : Akhirul Siska Septiyani.
Nim: 859763124.
Prodi: PGSD S1.
UPBJJ: Kendari
Dalam tayangan video pembelajaran di atas yang telah saya analisis,
1. Guru tersebut mengajar dengan penuh semangat dan ramah. Sehingga membuat para siswa lebih semangat untuk mengikuti proses belajar.
2. Guru juga menyampaikan materi yang akan di pelajari dalam kegiatan pembelajaran tersebut.
3. Dalam video tersebut guru memiliki penguasaan materi yang cukup baik. Sehingga siswa sangat menyimak dengan baik. Dan kemampuan guru tersebut sangat mendukung keterampilan dalam menjelaskan yang dimiliki seseorang guru.
Kelemahan:
Guru menyuruh siswa untuk mengeluarkan buku paket IPA nya, namun guru tersebut tidak memberitahu siswa untuk membuka halaman berapa.
Nama : DHEA VERONIKA
NIM : 856994343
1. Bagaimana reaksi anak/siswa terhadap kegiatan pembelajaran yang dilakukan guru?
Jawab :
• Pada saat guru membuka pembelajaran belum terlihat jelas kebingungan siswa tentang materi tanpa bantuan flip chart,
• Siswa lebih aktif pada saat guru menggunakan brain storming tentang akibat hutan yang tidak dipelihara, dari pada ketika guru membuka flip chart tentang akibat kerusakan hutan yang tidak dipelihara.
2. Secara keseluruhan apa saja kelemahan guru dalam melakukan pembelajaran?
Jawab :
• Guru tidak menyampaikan tujuan apa yang akan dicapai dalam proses pembelajaran, namun hanya menyampaikan judul atau pokok bahasan saja.
• Pada saat mengisi pembelajaran guru hanya sekilas saja menjelaskan materi dengan flip chart tersebut, dan saat menutup pembelajaran sebaiknya diberikan tugas / PR guna mengulas pembelajaran di rumah agar siswa tidak lupa.
• Bukan guru melaksanakan proses pembelajaran dengan menggunakan media sederhana berupa flip chart, tetapi malah dijelaskan bagaimana menggunakan flip chart dalam proses pembelajaran. Bahkan dimulai dari apa pengertian flip chart, bagaimana penggunaan flip chart, macam macam flip chart, pada saat bagaimana penggunaan flip chart sambil dimunculkan guru membuka flip chart sebagai penjelas dari bagaimana penggunaan flip chat.
• Ketika guru membuka berbagai flip chart (sebagai penjelas tentang bagaimana menggunakan flip chart), nampak tergesa gesa, tidak ada penjelasan, flip chartnya tidak begitu jelas.
3. Secara keseluruhan apa saja kelebihan guru dalam melakukan pembelajaran?
Jawab :
• Penggunaan strategi sudah baik, pendekatan metode sudah baik, media / evaluasi sudah cukup memadai.
• Kesesuaian sudah cukup baik, kesesuaian dengan kurikulum sudah sesuai.
4. Hal-hal unik apa saja yang Anda temukan dalam video tersebut dari guru saat melaksanakan pembelajaran?
Jawab :
• Jadi video tersebut intinya bukan pada bagaimana seorang guru memanfaatkan flip chart untuk menjelaskan proses peristiwa alam yang terjadi di Indonesia tetapi malah membicarakan apa, bagaimana menggunakan flip chart dalam proses pembelajaran.
5. Setelah mengetahui kelemahan dan kelebihan dari guru yang diamati pada tayangan video, upaya apa saja yang dapat diusulkan untuk meningkatkan kualitas kegiatan pembelajaran berikutnya?
Jawab :
• Guru perlu menyampaikan tujuan apa yang akan dicapai dalam proses pembelajaran.
• Dalam penutup, guru perlu memberikan tugas rumah agar siswa dapat mengulas pembelajaran yang telah diperoleh dan tidak mudah lupa.
• Pada pelaksanaan pembelajaran, guru tidak boleh tergesa-gesa dalam menyampaikan pembelajaran kepada siswa.
• Seharusnya guru benar-benar melaksanakan proses pembelajaran dengan menggunakan media flip chart yang dapat membantu guru dalam menghemat waktu dan ruang untuk menulis atau menempelkan gambar-gambar di papan tulis.
Menurut pengamatan saya dari video singkat diatas, cara menyampaikan guru nya sudah baik dan peserta didik nya terlihat antusias dalam menerima pembelajaran. Akan tetapi, kekurangan dalam pembelajaran tersebut adalah : gurunya kurang menyapa muridnya dan gurunya juga memulai pembelajaran tanpa diawali dengan berdoa bersama, serta kurang nya adalah gurunya langsung memulai pembelajaran tanpa menjelaskan tujuan akhir dari materi pembelajaran yang disampaikan.
Dan pada sinopsis pertama, saat penyampaian materi tentang banjir, longsor, kebakaran hutan, dan lainnya guru dan siswa terlihat bingung karena tidak menggunakan media sebagai gambaran terjadi nya fenomena alam tersebut. Sehingga nampak susah untuk menjelaskan.
Terimakasih.
Bismillah
Nama : Ummu salamah (859764853)
UPBJJ : Kendari
Pokjar : Tonggoni Pomalaa
Dari pengamatan saya diatas di awal pembelajaran guru mengalami kesulitan dalam memberikan penjelasan materi krn tdk memakai objek yg sedang dibahas, solusi nya yaitu :
1. Guru dapat menggunakan Klip Chart , yang sangan menguntungkan untuk memvasilitasi informasi diagram, chart, gambar berurutan bahkan grafik.
Nama : Ayu Nadila
Nim : 859764885
fakultas : FKIP SI PGSD
Semester : 6
Pokjar : Tonggoni Pomalaa
UPBJJ : KENDARI
Bedasarkan hasil pengamatan saya terhadap vidio,
kekurangaanya,
1. pada awal pemebelajaran guru tidak melakukan reflekasi pembelajaran
2. guru langsung menyuruh siswa membuka buku paket IPA tanpa memberitahu halam berapa dan siswa belum sempat membuka buku guru mengalihkan perhatian siswa umtuk fokus terhadap penjelasannya
kelebihan, penjelasan guru mudah di pahami anak-anak di lihat dari para murid yang aktif dan antusias dalam menjawab pertanyaan.