silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar
Sinopsis
Program ini menggambarkan permasalahan guru ketika menjelaskan proses gunung meletus, tsunami, banjir, longsor dan peristiwa alam lainnya, para siswa masih bingung karena guru tidak menggunakan media. Salah satu cara untuk mengatasi kesulitan tersebut adalah menggunakan media sederhana yang dapat digunakan oleh guru yaitu media flip chart yang dapat membantu guru dalam menghemat waktu dan ruang untuk menulis atau menempelkan gambar-gambar di papan tulis.
Toto Fathoni
Dari tayangan video ini dapat saya sampaikan beberapa hal sebagai berikut:
1. Guru tidak menyampaikan tujuan apa yang akan dicapai dalam proses pembelajaran, namun hanya menyampaikan judul atau pokok bahasan saja.
2. Guru menyuruh siswa: “Sekarang keluarkan buku IPA” , dari perintah guru tersebut tidak dijelaskan halaman berapa, materinya apa. Bahkan samapai pembelajaran berakhir buku IPA tadi nampak tidak digunakan. Dan nampak janggal karena begitu siswa disuruh untuk membuka buku IPA, sedangkan siswa baru bergerak akan mengambil buku IPA nya, (siswa belum mengambil buku IPA dan belum membukanya), guru langsung meminta kepada siswa lagi :”Sebentar, sekarang dengarkan penjelasan bu guru. Guru langsung ceramah menjelaskan tentang, alam milik kita, kalau tidak dipelihara akan bagaimana dan sebagainya, kalau tidak dipelihara bagaimana. Sampai dengan brain storming tentang apa akibatnya kalau hutan yang sangat luas ini tidak dipelihara. Sampai dengan berakhirnya brain storming tentang akibat kerusakan hutan guru belum atau tidak menggunakan Flip Chart.
3. “Bagaimana solusinya?’ Dijelaskan bahwa dapat menggunakan flip chart. Di sini juga nampak bahwa, bukan guru melaksanakan proses pembelajaran dengan menggunakan media sederhana berupa flip chart, tetapi malah dijelaskan bagaimana menggunakan flip chart dalam proses pembelajaran. Bahkan dimulai dari apa pengertian flip chart, bagaimana penggunaan flip chart, macam macam flip chart, pada saat bagaimana penggunaan flip chart sambil dimunculkan guru membuka flip chart sebagai penjelas dari bagaimana penggunaan flip chat.
4. Jadi video tersebut intinya bukan pada bagaimana seorang guru memanfaatkan flip chart untuk menjelaskan proses peristiwa alam yang terjadi di Indonesia tetapi malah membicarakan apa, bagaimana menggunakan flip chart dalam proses pembelajaran.
5. Nampak dalam video ketika guru membuka berbagai flip chart (sebagai penjelas tentang bagaimana menggunakan flip chart), nampak tergesa gesa, tidak ada penjelasan, flip chartnya tidak begitu jelas.
6. Kalau diamati justru kelasnya lebih hidup pada saat guru menggunakan brain storming tentang akibat hutan yang tidak dipelihara, dari pada ketika guru membuka flip chart tentang akibat kerusakan hutan yang tidak dipelihara.
Drs. Sumarno, M.Pd.
Pada saat guru membuka pembelajaran belum terlihat jelas kebingungan siswa tentang materi tanpa bantuan flip chart, pada saat mengisi pembelajaran guru hanya sekilas saja menjelaskan materi dengan flip chart tersebut, dan saat menutup pembelajaran sebaiknya diberikan tugas / pr guna mengulas pembelajaran di rumah agar siswa tidak lupa.
Penggunaan strategi sudah baik, pendekatan metode sudah baik, media / evaluasi sudah cukup memadai.
Kesesuaian sudah cukup baik, kesesuaian dengan kurikulum sudah sesuai.
Saran dan rekomendasi sebaiknya video dibuat lebih masalah yang dihadapi saat siswa tidak menggunakan flip chart dan setelah siswa menggunakan flip chart.
Herawati, M.Pd.
Nama : MARIA UNTUNG NASUTION
Nim : 859784475
Upbbj :Medan
Izin menanggapi dari video di atas menurut saya video pembelajaran pada materi tersebut sudah bagus di mulai dengan apersepsi guru yang merangsang siswa dalam pembelajaran tersebut serta penggunaan media pembelajaran yang cukup bagus dan memadai oleh karena itu pembelajaran yang di lakukan oleh guru tersebut tersampaikan dengan baik serta penggunaan media dan alat praga yang cukup bagus sehingga memudahkan siswa dalam memahami proses pembelajaran yang di lakukan oleh guru tersebut jadi dapat disimpulkan bahwa pembelajaran tersebut sudah mencapai tujuan pembelajaran yang sesuai dan yang di harapkan dengan media flip chart sudah cukup bagus dengan begitu pembelajaran tersebut sudah tersampaikan dengan baik dan penggunaan media dan alat praga yang sudah cukup baik sehingga meningkatkan pemahaman siswa sehingga tercipta pembelajaran yang efektif dan menyenangkan.
Demikilanlah sedikit komentar yang dapat saya sampaikan semoga bermanfaat trms.
Nama : Ely Yoseba Lubis
Nim : 856035738
Pokjar: Toba Samosir
Ijin menanggapi dari tayangan vidio diatas.
Dari tayangan video ini, saya dapat menyampaikan beberapa hal sebagai berikut:
1. Saat guru membuka pembelajaran, kebingungan siswa terhadap materi tanpa bantuan flip chart belum terlihat jelas. Selama pembelajaran, guru hanya sekilas menjelaskan materi menggunakan flip chart. Saat menutup pembelajaran, sebaiknya diberikan tugas atau PR untuk mengulas materi di rumah agar siswa tidak lupa.
2. Pada tujuan pembelajaran yang ingin dicapai tidak dibacakan guru, guru hanya menyebutkan judul atau pokok bahasan saja.
2. Guru menginstruksikan siswa: “Sekarang keluarkan buku IPA”, tetapi tidak menyebutkan halaman atau materi yang dimaksud. Bahkan, hingga akhir pembelajaran, buku IPA tersebut tampaknya tidak digunakan. Ketika siswa baru akan mengambil buku IPA mereka, guru langsung meminta siswa untuk mendengarkan penjelasan tentang pelestarian alam dan dampak dari tidak memelihara hutan, tanpa menggunakan flip chart selama sesi brain storming ini.
3. Solusinya adalah menggunakan flip chart. Namun, video tersebut lebih menekankan pada penjelasan tentang apa itu flip chart, cara penggunaannya, jenis-jenisnya, dan cara membukanya, daripada menunjukkan bagaimana guru sebenarnya menggunakan flip chart dalam pembelajaran.
4. Inti video tersebut bukan pada bagaimana guru memanfaatkan flip chart untuk menjelaskan peristiwa alam di Indonesia, melainkan lebih kepada penjelasan tentang apa itu flip chart dan cara menggunakannya dalam pembelajaran.
5. Saat guru membuka berbagai flip chart (untuk menjelaskan cara penggunaan flip chart), terlihat tergesa-gesa, tanpa penjelasan yang jelas, dan flip chartnya tidak begitu terlihat jelas.
6. Kelas tampak lebih hidup saat guru melakukan brain storming tentang dampak tidak memelihara hutan, dibandingkan ketika guru membuka flip chart tentang kerusakan hutan yang tidak dipelihara.
Demikian yang bisa saya paparkan. Kurang lebihnya saya ucapkan terimakasih 🙏
Nama : Marsela Lamberti
NIM : 501312005
Saya izin menanggapi vidio pembelajaran di atas,
Pada awal video, guru menjelaskan materi tentang Proses Peristiwa-Peristiwa Alam yang Terjadi di Indonesia Pada Pembelajaran IPA di Sekolah Dasar. Guru menjelaskan proses gunung meletus, tsunami, banjir, longsor dan peristiwa alam lainnya, para siswa masih bingung karena guru tidak menggunakan media. Cara pembelajaran seperti ini kurang efektif karena siswa tidak mempunyai gambaran akan peristiwa-peristiwa tersebut. Namun pada video sesi selanjutnya, guru memanfaatkan media sederhana yaitu media flip chart yang dapat membantu guru dalam menghemat waktu dan ruang untuk menulis atau menempelkan gambar-gambar di papan tulis. Meskipun terlihat sederhana, namun media flip chart ini sangat membantu siswa dalam memvisualisasikan gambar sehingga mereka lebih mudah memahami materi yang disampaikan oleh guru.
Nama : Jessica Ritonga
NIM : 877529137
Menurut saya video diatas sudah baik karena:
1. Guru bersemangat dalam memberikan penjelasan tentang peristiwa alam
2. Siswa aktif dalam menjawab pertanyaan yang di sampaikan guru.
3. Guru mengkondisikan siswa didalam kelas
4. Menggunakan media Flip chart
Kemudian yang menjadi pemasalahan dalam video tersebut adalah:
1. Guru tidak memberi salam/ sapaan kepada siswa, tidak mengabsen siswa.
2. Tidak ada flashback pembelajaran kemarin.
3. Guru tidak memberikan apersepsi
4. Guru langsung masuk ke kegiatan inti dengan metode ceramah.
5. Tidak ada pembagian kelompok.
6. Tidak ada memberikan penguatan kepada siswa
Nama : Lani Marlina
Nim : 857454187
Pokjar : Garut
Pada video di atas menurut saya sudah baik namun ada beberapa hal yang harus di perbaiki yaitu metode pembelajaranya harus bervariasi tidak hanya menggunakan metode ceramah saja agar siswa lebih aktif lagi, dan kelihatan jelas setelah guru menggunakan media alat peraga yaitu Flip Chart dengan gambar yang menarik siswa jadi antusias dan aktif dalam pembelajaran.
NAMA : YENI FIDIANINGSIH
NIM : 857648636
PRODI : PGSD
UPJJ : PUROWKERTO
1. Berdasarkan vidio yang saya amati ketika awal proses pembelajaran, anak-anak kurang antusias mengikuti pemebelajaran, karena guru menggunakan metode ceramah. 2. Kelemahan guru dalam mengajar yaitu kurang melibatkan siswa dalam pembelajaran, yang mana pembelajaran masih terfokus pada guru. 3. kelebihan guru yaitu dengan merubah metode pembelajaran menggunakan flip chart yang dapat menarik perhatian anak, sehingga pembelajaran lebih kondusif. 4. hal unik yang diteumakan dalam vidio adalah penyajian gambar-gambar yang menarik yang memudahkan anak-anak untuk memahami pembelajaran. 5. upaya yang dapat diusulkan untuk meningkatkan kualitas kegiatan pembelajaran adalah dengan tidak hanya menampilkan gambar, tetapi vidio yang relevan kemudian dengan memberikan pemantik untuk meanalisis keadaan di lingkungan masing-masing. sekian dan terimakasih.
NAMA : ROSMITA FADILLA
NIM : 856084257
POKJAR BINTAN
Fakultas Ilmu Pendidikan dan Keguruan
PGSD Semester 6
Hasil pengamatan saya terhadap video diatas adalah
Kelebihan dalam video tersebut penggunaan yang digunakan guru sudah tepat yaitu dengan menggunakan media sederhana berupa flip chart. Dalam video tersebut guru juga sudah menguasai materi dengan baik sehingga mudah dipahami oleh siswanya. Guru juga tanggap dalam merespon dan mengapresiasi siswanya, guru juga menjelaskan dengan suara yang jelas.
Kekurangan dalam video tersebut terdapat beberapa kekurangan yaitu, Di awal pembukaan guru tidak melakukan apersepsi, guru juga tidak menyampaikan tujuan yang akan dicapai dalam proses pembelajaran. Guru hanya menyampaikan tentang materi atau pokok bahasan yang akan dipelajari. Kemudian, guru menyuruh siswa untuk mengeluarkan buku tetapi saya lihat sampai di akhir pembelajaran atau diakhir video buku yang dikeluarkan tidak dipakai sama sekali. Selanjutnya didalam menjelaskan bagaimana proses terjadinya suatu peristiwa alam tersebut dengan menggunakan media flip chart guru terlihat sangat terburu-buru atau terlalu cepat dalam menjelaskannya.
NAMA : ROSMITA FADILLA
NIM : 856084257
POKJAR BINTAN
Fakultas Ilmu Pendidikan dan Keguruan
PGSD Semester 6
Hasil pengamatan saya terhadap video diatas adalah
Kelebihan dalam video tersebut penggunaan yang digunakan guru sudah tepat yaitu dengan menggunakan media sederhana berupa flip chart. Dalam video tersebut guru juga sudah menguasai materi dengan baik sehingga mudah dipahami oleh siswanya. Guru juga tanggap dalam merespon dan mengapresiasi siswanya, guru juga menjelaskan dengan suara yang jelas.
Kekurangan dalam video tersebut terdapat beberapa kekurangan yaitu, Di awal pembukaan guru tidak melakukan apersepsi, guru juga tidak menyampaikan tujuan yang akan dicapai dalam proses pembelajaran. Guru hanya menyampaikan tentang materi atau pokok bahasan yang akan dipelajari. Kemudian, guru menyuruh siswa untuk mengeluarkan buku tetapi saya lihat sampai di akhir pembelajaran atau diakhir video buku yang dikeluarkan tidak dipakai sama sekali. Selanjutnya didalam menjelaskan bagaimana proses terjadinya suatu peristiwa alam tersebut dengan menggunakan media flip chart guru terlihat sangat terburu-buru atau terlalu cepat dalam menjelaskannya.
nam : yuli triyanto
nim : 857595948
upbjj : purwoerto
pembelajaran ipa disd ,pemanfaatan media sederhana flip chart untuk menjelaskan proses peristiwa2 ala yg tejadi di indonesia pada vidio pembelajaran ipa disd.
beriut ini hasil pengamatan vidio pembelajaran diatas :
1.sinopsis
ada seorang guru sedang menjelaskan proses peristiwa alam yg terjadi di indonesia dengan mengunakan media flip chart guna menjelaskan pelajaran ipa disekalah dasar.
2.kekuatan
-media flip chart menarik perhatian siswa/antusias
-menghemat waktu /efisien waktu
-membuat siswa lebih fokus ke flip chart
-gamabar pd flip chart jd lebih jelas untuk contoh2 kejadian /peistiwa
3.kelemahan
-perintah guru urang jelas dalam memberi perintah terhadp buku ipa /cuma menyuruh memuka saja,,
-kurang detail tentang halamanannya
-digambar kurang ada tulisan keterangannya.
-terlal cepat dalam membuka flip chartnya
-kurang melibatkan siswa dalam pembelajaraanya
4.solusinya
-sebaiknya jika menyuruh siswa membuka buku pelajran lebih detail lg halamannya /babnya
-hendannya lebih pelan /teratur dalam membuka flipnya
-harus lebih banyak melibatkan siswa
-lebih baik mengatur tempat duduk siswa ,mungkin ada siswa yg penglihatannya kurang jelas.
-pemilihan gambar lebih diperhatikan lg ,contoh gamar yg lebih familiar untu siswa
-penempatan flip chart jgan terlau jauh dari siswa
demikian pengamatan dari saya sekiranya ada kesalahn dan kekurangan mohon maaf ,trima kasih
Nama : Hilda Melinda Zahro’
NIM : 878191638
Saya menanggapi dari video di atas menurut saya pembelajaran pemanfaatan media sederhana berbentuk flip chart sangat berguna sekali dalam materi tentang alam, bahwasannya media ini sangat membantu untuk sekolah- sekolah di pedalaman yang kurang sarana dan prasarana yang kurang memadai, mungkin ini bisa digunakan tapi kalau masih terkendali bisa menggunakan beberapa gambar yang ditunjukkan. untuk sekolah -sekolah notabennya negeri atau swasta yang bagus mungkin memakai LCD yang bisa sangat efektif waktu dan tenaga. dan dalam media seperti ini sangat cocok bagi sekolah yang tidak punya LCD dalam pembelajaran yang membutuhkan audio visual.