silahkan klik icon    jika video tidak dapat diputar

Sinopsis

Program ini menggambarkan permasalahan guru ketika menjelaskan proses gunung meletus, tsunami, banjir, longsor dan peristiwa alam lainnya, para siswa masih bingung karena guru tidak menggunakan media. Salah satu cara untuk mengatasi kesulitan tersebut adalah menggunakan media sederhana yang dapat digunakan oleh guru yaitu media flip chart yang dapat membantu guru dalam menghemat waktu dan ruang untuk menulis atau menempelkan gambar-gambar di papan tulis.

Toto Fathoni

Dari tayangan video ini dapat saya sampaikan beberapa hal sebagai berikut:

1. Guru tidak menyampaikan tujuan apa yang akan dicapai dalam proses pembelajaran, namun hanya menyampaikan judul atau pokok bahasan saja.

2. Guru menyuruh siswa: “Sekarang keluarkan buku IPA” , dari perintah guru tersebut tidak dijelaskan halaman berapa, materinya apa. Bahkan samapai pembelajaran berakhir buku IPA tadi nampak tidak digunakan. Dan nampak janggal karena begitu siswa disuruh untuk membuka buku IPA, sedangkan siswa baru bergerak akan mengambil buku IPA nya, (siswa belum mengambil buku IPA dan belum membukanya), guru langsung meminta kepada siswa lagi :”Sebentar, sekarang dengarkan penjelasan bu guru. Guru langsung ceramah menjelaskan tentang, alam milik kita, kalau tidak dipelihara akan bagaimana dan sebagainya, kalau tidak dipelihara bagaimana. Sampai dengan brain storming tentang apa akibatnya kalau hutan yang sangat luas ini tidak dipelihara. Sampai dengan berakhirnya brain storming tentang akibat kerusakan hutan guru belum  atau tidak menggunakan Flip Chart.

3. “Bagaimana solusinya?’ Dijelaskan bahwa dapat menggunakan flip chart. Di sini juga nampak bahwa, bukan guru melaksanakan proses pembelajaran dengan menggunakan media sederhana berupa flip chart, tetapi malah dijelaskan bagaimana menggunakan flip chart dalam proses pembelajaran. Bahkan dimulai dari apa pengertian flip chart, bagaimana penggunaan flip chart, macam macam flip chart, pada saat bagaimana penggunaan flip chart sambil dimunculkan guru membuka flip chart sebagai penjelas dari bagaimana penggunaan flip chat.

4. Jadi video tersebut intinya bukan pada bagaimana seorang guru memanfaatkan flip chart untuk menjelaskan proses peristiwa alam yang terjadi di Indonesia tetapi malah membicarakan apa, bagaimana menggunakan flip chart dalam proses pembelajaran.

5. Nampak dalam video ketika guru membuka berbagai flip chart (sebagai penjelas tentang bagaimana menggunakan flip chart), nampak tergesa gesa, tidak ada penjelasan, flip chartnya tidak begitu jelas.

6. Kalau diamati justru kelasnya lebih hidup pada saat guru menggunakan brain storming tentang akibat hutan yang tidak dipelihara, dari pada ketika guru membuka flip chart tentang akibat kerusakan hutan yang tidak dipelihara.

Drs. Sumarno, M.Pd.

Pada saat guru membuka pembelajaran belum terlihat jelas kebingungan siswa tentang materi tanpa bantuan flip chart, pada saat mengisi pembelajaran guru hanya sekilas saja menjelaskan materi dengan flip chart tersebut, dan saat menutup pembelajaran sebaiknya diberikan tugas / pr guna mengulas pembelajaran di rumah agar siswa tidak lupa.

Penggunaan strategi sudah baik, pendekatan metode sudah baik, media / evaluasi sudah cukup memadai.

Kesesuaian sudah cukup baik, kesesuaian dengan kurikulum sudah sesuai.

Saran dan rekomendasi sebaiknya video dibuat lebih masalah yang dihadapi saat siswa tidak menggunakan flip chart dan setelah siswa menggunakan flip chart.

Herawati, M.Pd.

Similar Posts

308 Comments

  1. Nama : DARNIS PADILAH
    Nim : 855767872
    UPBJJ : PALEMBANG
    Dari tayangan video ini, saya dapat menyampaikan beberapa hal sebagai berikut:
    1. Saat guru membuka pembelajaran, kebingungan siswa terhadap materi tanpa bantuan flip chart belum terlihat jelas. Selama pembelajaran, guru hanya sekilas menjelaskan materi menggunakan flip chart. Saat menutup pembelajaran, sebaiknya diberikan tugas atau PR untuk mengulas materi di rumah agar siswa tidak lupa.
    2. Pada tujuan pembelajaran yang ingin dicapai tidak dibacakan guru, guru hanya menyebutkan judul atau pokok bahasan saja.
    2. Guru menginstruksikan siswa: “Sekarang keluarkan buku IPA”, tetapi tidak menyebutkan halaman atau materi yang dimaksud. Bahkan, hingga akhir pembelajaran, buku IPA tersebut tampaknya tidak digunakan. Ketika siswa baru akan mengambil buku IPA mereka, guru langsung meminta siswa untuk mendengarkan penjelasan tentang pelestarian alam dan dampak dari tidak memelihara hutan, tanpa menggunakan flip chart selama sesi brain storming ini.
    3. Solusinya adalah menggunakan flip chart. Namun, video tersebut lebih menekankan pada penjelasan tentang apa itu flip chart, cara penggunaannya, jenis-jenisnya, dan cara membukanya, daripada menunjukkan bagaimana guru sebenarnya menggunakan flip chart dalam pembelajaran.
    4. Inti video tersebut bukan pada bagaimana guru memanfaatkan flip chart untuk menjelaskan peristiwa alam di Indonesia, melainkan lebih kepada penjelasan tentang apa itu flip chart dan cara menggunakannya dalam pembelajaran.
    5. Saat guru membuka berbagai flip chart (untuk menjelaskan cara penggunaan flip chart), terlihat tergesa-gesa, tanpa penjelasan yang jelas, dan flip chartnya tidak begitu terlihat jelas.
    video pembelajaran pada materi tersebut sudah bagus di mulai dengan apersepsi guru yang merangsang siswa dalam pembelajaran tersebut serta penggunaan media pembelajaran yang cukup bagus dan memadai oleh karena itu pembelajaran yang di lakukan oleh guru tersebut tersampaikan dengan baik serta penggunaan media dan alat praga yang cukup bagus sehingga memudahkan siswa dalam memahami proses pembelajaran yang di lakukan oleh guru tersebut jadi dapat disimpulkan bahwa pembelajaran tersebut sudah mencapai tujuan pembelajaran yang sesuai dan yang di harapkan dengan media flip chart sudah cukup bagus dengan begitu pembelajaran tersebut sudah tersampaikan dengan baik dan penggunaan media dan alat praga yang sudah cukup baik sehingga meningkatkan pemahaman siswa sehingga tercipta pembelajaran yang efektif dan menyenangkan.
    Terimah kasih

  2. Menurut saya
    Solusinya adalah menggunakan flip chart. Namun, video tersebut lebih menekankan pada penjelasan tentang apa itu flip chart, cara penggunaan, jenis-jenisnya, dan cara membukanya, daripada menunjukkan bagaimana guru sebenarnya menggunakan flip chart dalam pembelajaran.

    1. Inti video tersebut bukan pada bagaimana guru memanfaatkan flip chart untuk menjelaskan peristiwa alam di Indonesia, melainkan lebih kepada penjelasan tentang apa itu flip chart dan cara menggunakannya dalam pembelajaran.

    2. Saat guru membuka berbagai flip chart (untuk menjelaskan cara penggunaan flip chart), terlihat tergesa-gesa, tanpa penjelasan yang jelas, dan flip chartnya tidak begitu terlihat jelas.

  3. Yang harus saya diskusikan dalam video ini pembelajaran tersebut sangat bermanfaat dan mendukung proses pembelajaran. Dengan adanya flip chart sebagai media pembelajaran, guru tidak kesulitan lagi dalam menjelaskan materi yang berisi contoh-contoh. siswa juga akan menjadi lebih mudah memahami materi yang disampaikan oleh guru, karena melihat langsung gambar dari contoh-contoh yang dipaparkan oleh guru melalui flip chart.
    namun dalam menggunakan flip chart, guru juga harus lebih kreatif dalam memberikan/menyampaikan materi. Saya pikir, guru juga bisa memberikan contoh wujud nyata dg kerajinan tangan seperti dinosaurus mainan dan sebagainya.
    Berikut ini beberapa hasil analisis yang dapat saya simpulkan setelah menonton video tersebut:
    1. Pada awal pelajaran Guru sudah bagus memberikan sapaan kepada murid-muid, hanya saja kurang semangata
    2. Guru belum melakukan pembukaan pembelajaran dengan benar, tidak adanya penyampaian pada siswa tentang tujuan pembelajarannya, hanya judul yang disampaikan guru
    3. Guru tidak menyampaikan tujuan apa yang akan dicapai dalam proses pembelajaran, namun hanya menyampaikan judul atau pokok bahasan saja.
    4. Dalam video tersebut ketika menggunakan flip chart tidak dijelaskan kejadian peristiwa tersebut, dan terlalu cepat menjelaskannya apabila tersebut akan menjadikan siswa sulit untuk mengerti.
    5. Saat adanya tanya jawab atau mengumpan siswa dengan pertanyaan materi yang akan disampaikan sudah bagus.
    6. Siswa sangat antusian dan memperhatikan guru ketika menjelaskan materi tentang peristiwa yang terjadi di Indonesia.
    7. Cara menjelaskan Guru sudah bagus dan jelas.
    8. Saat akhir pembelajaran Guru tidak memberikan Pekerjaan Rumah dan tidak melakukan Do’a penutup untuk pembelajaran hari itu.
    Solusinya adalah harusnya dijelaskan dulu kegunaan Flip Chart nya dan ketika menyampaikannya tidak tergesa – gesa.
    Kelemahan pembelajaran dari vidio tersebut:
    1. Guru tidak memanfaatkan alat pembelajaran dengan baik sehingga anak-anak kurang memahami materi yang disampaikan.

    2. Ketika guru membuka berbagai flip chart ( sebagai penjelas tentang bagaimana menggunakan flip chart), nampak tergesa-gesa, tidak ada penjelasan, flip chartnya tidak begitu jelas.
    Kelebihan dari pembelajaran vidio diatas:

    1. Guru Menerangkan materi dengan metode ceramah dengan suara jelas

    2. Menggunakan pembelajaran dengan brainstorming membuat Siswa lebih memahami pembelajaran.

    Solusi Dari kelemahan dan kelebihan guru dalam video pembelajaran di atas seharusnya guru lebih aktif dalam menggunakan media pendukung lainnya seperti media pembelajaran audio visual yang dapat membuat siswa lebih fokus dalam pembelajaran, sebelum memulai pembelajaran seharusnya guru terlebih dahulu menjelaskan kepada siswa tata cara menggunakan metode flip chart, Sehingga dalam materi belajar siswa sudah mampu menggunakan media tersebut.

  4. NAMA : Nurvianti Laili
    Nim : 856084479
    Asal : Kota Batam
    Yang harus saya diskusikan dalam video ini pembelajaran tersebut sangat bermanfaat dan mendukung proses pembelajaran. Dengan adanya flip chart sebagai media pembelajaran, guru tidak kesulitan lagi dalam menjelaskan materi yang berisi contoh-contoh. siswa juga akan menjadi lebih mudah memahami materi yang disampaikan oleh guru, karena melihat langsung gambar dari contoh-contoh yang dipaparkan oleh guru melalui flip chart. namun dalam menggunakan flip chart, guru juga harus lebih kreatif dalam memberikan/menyampaikan materi. Saya pikir, guru juga bisa memberikan contoh wujud nyata dg kerajinan tangan seperti dinosaurus mainan dan sebagainya.

    Berikut ini beberapa hasil analisis yang dapat saya simpulkansetelah menonton video tersebut:
    1. Pada awal pelajaran Guru sudah bagus memberikan sapaan kepada murid-muid, hanya saja kurang semangata
    2. Guru belum melakukan pembukaan pembelajaran dengan benar, tidak adanya penyampaian pada siswa tentang tujuan pembelajarannya, hanya judul yang disampaikan guru
    3. Guru tidak menyampaikan tujuan apa yang akan dicapai dalam proses pembelajaran, namun hanya menyampaikan judul atau pokok bahasan saja.
    4. Dalam video tersebut ketika menggunakan flip chart tidak dijelaskan kejadian peristiwa tersebut, dan terlalu cepat menjelaskannya apabila tersebut akan menjadikan siswa sulit untuk mengerti.
    5. Saat adanya tanya jawab atau mengumpan siswa dengan pertanyaan materi yang akan disampaikan sudah bagus.
    6. Siswa sangat antusian dan memperhatikan guru ketika menjelaskan materi tentang peristiwa yang terjadi di Indonesia.
    7. Cara menjelaskan Guru sudah bagus dan jelas.
    8. Saat akhir pembelajaran Guru tidak memberikan Pekerjaan Rumah dan tidak melakukan Do’a penutup untuk pembelajaran hari itu. Solusinya adalah harusnya dijelaskan dulu kegunaan Flip Chart nya dan ketika menyampaikannya tidak tergesa – gesa.

    Kelemahan pembelajaran dari vidio tersebut:
    1. Guru tidak memanfaatkan alat pembelajaran dengan baik sehingga anak-anak kurang memahami materi yang disampaikan.

    2. Ketika guru membuka berbagai flip chart ( sebagai penjelas tentang bagaimana menggunakan flip chart), nampak tergesa-gesa, tidak ada penjelasan, flip chartnya tidak begitu jelas.
    Kelebihan dari pembelajaran vidio diatas:

    1. Guru Menerangkan materi dengan metode ceramah dengan suara jelas

    2. Menggunakan pembelajaran dengan brainstorming membuat Siswa lebih memahami pembelajaran.


    Solusi Dari kelemahan dan kelebihan guru dalam video pembelajaran di atas seharusnya guru lebih aktif dalam menggunakan media pendukung lainnya seperti media pembelajaran audio visual yang dapat membuat siswa lebih fokus dalam pembelajaran, sebelum memulai pembelajaran seharusnya guru terlebih dahulu menjelaskan kepada siswa tata cara menggunakan metode flip chart, Sehingga dalam materi belajar siswa sudah mampu menggunakan media tersebut.

  5. Nama : Saras Dwi Artika
    NIM : 835029561
    UPBJJ-Palembang

    1. Pada awal video anak-anak terlihat tertib dan aktif menjawab pertanyaan dari ibu guru, namun saat pertanyaan berikutnya anak-anak mulai kebingungan.
    2. Pada awal pembelajaran guru tidak menyampaikan tujuan pembelajaran yang akan di capai pada proses pembelajaran tersebut
    Guru kelihatan kesulitan dalam memberi contoh
    Guru kurang memahami kondisi waktu, pada saat anak-anak belum selesai mengeluarkan buku atas perintah nya tetapi guru sudah langsung menyampaikan materi
    3. Pendekatan kepada siswa sudah baik sehingga dapat menghidupkan suasana kelas dengan cara mengajak anak berinteraksi dengan melemparkan pertanyaan-pertanyaan kepada siswa
    4. Hal unik pada video yaitu ketika menggunakan metode flip chart namun belum nampak jelas cara penggunaan nya.
    5. Untuk memberi materi pelajaran pada siswa sebaiknya menggunakan bahan ajar yang menarik seperti pada contoh di video yaitu menggunakan flip chart dengan resolusi gambar yang lebih jelas dan menarik agar siswa tidak merasa bosan dan semakin penasaran pada gambar/materi yang akan di sampaikan.

  6. Nama : Rina Julia Simamora
    NIM : 856060423
    UPBJJ : Medan
    Pokjar : Toba

    Menurut saya untuk situasi pembelajaran di dalam video tersebut sudah bagus, hanya saja di awal pembelajaran guru kurang memberitahu siswa tujuan pembelajaran itu apa dan hanya meyampaikan judul dan bahasan pokok pada materi, untuk media yang digunakan sudah tepat, namun untuk penjelasan nya masih kurang, karena beberapa kali guru masih terlihat ceramah dan siswa tidak fokus dengan flip chart yang digunakan.

  7. Nama : Vebrianti Pasaribu
    Nim :856064968
    Pokjar : Toba
    Ijin menanggapi
    Yang saya lihat di video tersebut :
    1. Guru tidak menyampaikan apa tujuan pembelajaran, guru langsung ke kegiatan inti saja.
    2. Siswa disuruh membuka buku tetapi guru langsung menjelaskan inti dari pelajaran tersebut tanpa menunggu siswa mengambil buku dari tas masing masing siswa. Bahkan guru tidak memberitahu halaman atau BAB berapa yang akan di bahas
    3. Menggunakan media pembelajaran berbentuk flip chart. Yang saya lihat di video tersebut lebih mengarah ke pengenalan media flip chart, bukan ke cara menggunakan atau cara menjelaskan peristiwa alam yang terjadi di indonesia.
    4. Dalam penggunaan flip chart sebenarnya sangat membantu guru dalam menjelsakan materi, karena lebih menghemat waktu dan sangat mudah di gunakan dengan memaparkan gambar maka siswa akan lebih mudah memahami apa yang di bahas oleh guru.
    Demikian dari saya, sekian dan terimakasih

  8. Nama : Nabila Azzahra Moegiyanto
    NIM : 857592111

    Menurut saya, kelebihan dari video ini adalah guru telah mampu memahami rencana pembelajaran secara baik dan benar, sehingga guru tidak terfokus pada konsep Kekurangan pada video ini guru tidak menampilkan media yang sesuai dengan materi pelajaran.

  9. jadi menurut saya diskusikan dalam video ini pembelajaran tersebut sangat bermanfaat dan mendukung proses pembelajaran. Dengan adanya flip chart sebagai media pembelajaran, guru tidak kesulitan lagi dalam menjelaskan materi yang berisi contoh-contoh. siswa juga akan menjadi lebih mudah memahami materi yang disampaikan oleh guru, karena melihat langsung gambar dari contoh-contoh yang dipaparkan oleh guru melalui flip chart. namun dalam menggunakan flip chart, guru juga harus lebih kreatif dalam memberikan/menyampaikan materi.

  10. Assalamualaikum izin menanggapi video di atas.
    Nama : Asti Dwi Wahyuni
    NIM : 877675907
    Prodi : S1 PGSD
    Pokjar : Garut
    UPBJJ : Bandung

    Dari video di atas dapat saya sampaikan bahwa:
    – Reaksi anak pada saat guru membuka pembelajaran belum terlihat jelas kebingungan siswa tentang materi tanpa bantuan flip chart.
    – siswa lebih aktif pada saat guru menggunakan brain storming.
    – guru tidak menyampaikan tujuan apa yang akan dicapai dalam proses pembelajaran.
    – guru tidak melaksanakan proses pembelajaran dengan menggunakan media sederhana berupa flip chart, tetapi malah dijelaskan bagaimana menggunakan flip chart dalam proses pembelajaran.
    – pada saat menutup pembelajaran sebaiknya diberikan tugas / PR untuk mengulas pembelajaran dirumah agar siswa tidak lupa.
    Sebaiknya sebelum proses pembelajaran dimulai guru perlu menyampaikan tujuan apa yang akan dicapai dalam proses pembelajarannya dan pada saat pelaksanaan pembelajaran, guru tidak boleh tergesa-gesa dalam menyampaikan pembelajaran kepada siswa. Seharusnya guru benar-benar melaksanakan proses pembelajaran dengan menggunakan media flip chart yang dapat membantu guru dalam menghemat waktu dan ruang untuk menulis atau menempelkan gambar-gambar dipapan tulis, dan kemudian dalam penutup guru perlu memberikan tugas rumah agar siswa dapat mengulas pembelajaran yang telah diperoleh dan tidak mudah lupa.

Leave a Reply