silahkan klik icon    jika video tidak dapat diputar

Sinopsis

Abdul Rozk Zaidean et. al. (1994: 35) dalam buku Kamus Istilah Sastra mengartikan apresiasi sastra adalah penghargaan atas karya sastra sebagai hasil pengenalan, pemahaman, penafsiran, penghayatan, dan penikmatan yang didukung oleh kepekaan batin terhadap nilai-nilai yang terkandung dalam karya sastra itu. Dalam melaksanakan apresiasi sastra anak dapat melakukan beberapa kegiatan, salah satunya     kegiatan apresiasi langsung

Kegiatan apresiasi langsung adalah kegiatan yang dilakukan secara sadar untuk memperoleh nilai kenikmatan dan kekhidmatan dari karya sastra anak yang diapresiasikan.Kegiatan apresiasi langsung meliputi kegiatan seperti:

  • Membaca sastra anak.
  • Mendengar sastra anak ketika dibacakan atau dideklamasikan.
  • Menonton pertunjukan sastra anak dipentaskan

 

Salah satu manfaat dari pembelajaran apresiasi sastra di sekolah dasar ini adalah memberi berbagai informasi tentang proses pengubahan sikap dan tata laku seseorang atau kelompok orang dalam usaha mendewasakan manusia melalui pengajaran dan latihan.

Salah satu cara yang dapat digunakan dalam melakukan pembelajaran apresiasi sastra adalah dengan metode  berkisah. Metode ini dapat diberikan oleh bapak atau ibu guru di  depan kelas dengan membawakan sebuah kisah. Secara lisan metode berkisah dapat disampaikan selama 15-25 menit untuk menarik perhatian siswa. Metode berkisah tidak sama dengan metode berceramah. Kisah tidak semata-mata disampaikan monoton dengan narasi, tetapi perlu selingan dialog dan humor dengan suara yang berubah-ubah.

Sedangkan Pelaksanaan pembelajaran apresiasi sastra anak di sekolah dasar dapat dimulai dari kegiatan pra-KBM (Kegiatan Belajar Mengajar) hingga KBM di kelas. Kegiatan pra-KBM dapat dilakukan dengan memberi salinan atau kopi teks sastra, diberi tugas membaca, menghafalkan, meringkas atau mencatat dan menemukan arti kata-kata sukar yang terdapat dalam teks sastra. KBM di kelas dapat dilakukan dengan memberi tugas membaca sajak, membaca cerita, berdeklamasi atau mendongeng di depan kelas. Setelah itu baru diadakan tanya jawab, menuliskan pendapat, dan berdiskusi bersama merumuskan isi, tema, dan amanat.

Pembelajaran apresiasi sastra yang monoton terdakang membuat siswa menjadi takut untuk berkespresi. Maka diperlukan model pembelajaran yang beroritasi pada sisiwa dan membuat siswa menjadi lebih tertarik. Problem based learning dapat menjadi salah satu cara sebagai alternative pembelajaran apresiasi sastra di sekolah dasar. Siswa akan berdialog dan praktik langsung untuk melakukan apresiasi sastra.

Selamat menyaksikan.

PERTANYAAN PEMACU DISKUSI

  1. Bagaimana pendapat Anda mengenai Video Pembelajaran ini?
  2. Hal penting apa yang Anda peroleh dari video pembelajaran ini?
  3. Apa saja hal yang sudah sangat baik dalam video ini?

Similar Posts

284 Comments

  1. Nama:Toyyibeh
    Nim:858048976
    Upbjj. :UT semarang
    Masya Allah sangat membantu sekali dan sangat bermanfaat untuk kami.

  2. Assalamualaikum wrwb
    Nama : Rika Ismayanti
    Nim : 857505172
    Prodi : 118/ PGSD- S1

    1. Pendapat saya tentang video di atas sangat bermanfaat bagi kami sebagai pendidik.

    2. Hal penting yang saya peroleh dari video pembelajaran di atas dengan kegiatan membuka kelas yang ada dalam video tersebut sangat bagus dan memberi semangat pada anak-anak dalam memulai pembelajaran. Guru di video pembelajaran di atas membimbing dan memberi motivasi siswa pada saat tanya jawab dan mengerjakan tugas mandiri dan membuat anak- anak nyaman dan antusias dalam menjawab pertanyaan.

    3. Hal yang sudah baik dari video pembelajaran di atas adalah kegiatan membuka kelas, menjelaskan materi, kegiatan akhir pembelajaran sangat bagus dan terperinci. Sangat membantu saya dalam meningkatkan strategi mengajar pada siswa.

  3. Nama : Suwaibatul Aslamiyah
    Nim : 858834839
    Upbjj : UT Malang

    Videonya sangat menarik dan membantu disertai dengan keterangan keterangan yang membantu guru untuk menerapkan Metode Based Learning di sekolahnya. Hal penting yang saya peroleh dari video ini adalah pentingnya penguasaan materi yang akan diajarkan guru dalam pembelajaran. Hal baik yang saya dapatkan dari video ini adalah guru tidak lupa untuk memberi reward bagi siswanya yang mau menjawab pertanyaan.

  4. Nama : Endah Sulistioningsih
    NIM : 858421593
    UPBJJ : Balikpapan
    Bagus sangat bermanfaat dan membantu sekali

  5. Nama: ARIF
    Nim : 859636644
    Upbjj : UT Palu
    Sebelum membahas materi sebaiknya, guru mengajak siswa berdoa terlebih dahulu

  6. Menurut pendapat saya…
    1. Video tersebut memberikan inspirasi dalam proses pengajaran di dalam kelas
    2. Hal penting yang saya dapatkan di dalam pembelajaran tersebut adanya struktur pembelajaran dari awal sampai akhir memiliki point-point yang bermakna dalam setiap tahap pembelajaran pada proses pembelajaran di kelas
    3. Yang sudah sangat baik dalam video ini adanya cara menumbuhkan motivasi kepada peserta didik serta menanamkan nilai-nilai pembelajaran tersebut kepada peserta didik…

  7. Nama : Rismawati
    Nim :
    Upbjj : UT Kota Sorong
    Video nya sangat membantu guru untuk membantu dalam melakukan pembelajaran yang baik.

  8. vidieonya sangat menginspirasi utuk pengembangan KBM
    hal penting yang saya perhatikan , adanya komunikasi yang baik antara guru dan siswa , jadi sisw dapat mengeluarkan ide atau gagasannya dengan berani .
    sikap guru yang saat menguasai kelas
    peingkatan rasa percaya diri siswa ,dengan penghargaan pada siswa yang bisa menjawab benar atau yang mejawab kurang tepat.
    pembimbingan guru ,sehingga siswa dapat mempresentasikan hasil analisa dari masalah yang di tanyakan pak gurunya.

Leave a Reply