silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar
Sinopsis
Abdul Rozk Zaidean et. al. (1994: 35) dalam buku Kamus Istilah Sastra mengartikan apresiasi sastra adalah penghargaan atas karya sastra sebagai hasil pengenalan, pemahaman, penafsiran, penghayatan, dan penikmatan yang didukung oleh kepekaan batin terhadap nilai-nilai yang terkandung dalam karya sastra itu. Dalam melaksanakan apresiasi sastra anak dapat melakukan beberapa kegiatan, salah satunya kegiatan apresiasi langsung
Kegiatan apresiasi langsung adalah kegiatan yang dilakukan secara sadar untuk memperoleh nilai kenikmatan dan kekhidmatan dari karya sastra anak yang diapresiasikan.Kegiatan apresiasi langsung meliputi kegiatan seperti:
- Membaca sastra anak.
- Mendengar sastra anak ketika dibacakan atau dideklamasikan.
- Menonton pertunjukan sastra anak dipentaskan
Salah satu manfaat dari pembelajaran apresiasi sastra di sekolah dasar ini adalah memberi berbagai informasi tentang proses pengubahan sikap dan tata laku seseorang atau kelompok orang dalam usaha mendewasakan manusia melalui pengajaran dan latihan.
Salah satu cara yang dapat digunakan dalam melakukan pembelajaran apresiasi sastra adalah dengan metode berkisah. Metode ini dapat diberikan oleh bapak atau ibu guru di depan kelas dengan membawakan sebuah kisah. Secara lisan metode berkisah dapat disampaikan selama 15-25 menit untuk menarik perhatian siswa. Metode berkisah tidak sama dengan metode berceramah. Kisah tidak semata-mata disampaikan monoton dengan narasi, tetapi perlu selingan dialog dan humor dengan suara yang berubah-ubah.
Sedangkan Pelaksanaan pembelajaran apresiasi sastra anak di sekolah dasar dapat dimulai dari kegiatan pra-KBM (Kegiatan Belajar Mengajar) hingga KBM di kelas. Kegiatan pra-KBM dapat dilakukan dengan memberi salinan atau kopi teks sastra, diberi tugas membaca, menghafalkan, meringkas atau mencatat dan menemukan arti kata-kata sukar yang terdapat dalam teks sastra. KBM di kelas dapat dilakukan dengan memberi tugas membaca sajak, membaca cerita, berdeklamasi atau mendongeng di depan kelas. Setelah itu baru diadakan tanya jawab, menuliskan pendapat, dan berdiskusi bersama merumuskan isi, tema, dan amanat.
Pembelajaran apresiasi sastra yang monoton terdakang membuat siswa menjadi takut untuk berkespresi. Maka diperlukan model pembelajaran yang beroritasi pada sisiwa dan membuat siswa menjadi lebih tertarik. Problem based learning dapat menjadi salah satu cara sebagai alternative pembelajaran apresiasi sastra di sekolah dasar. Siswa akan berdialog dan praktik langsung untuk melakukan apresiasi sastra.
Selamat menyaksikan.
PERTANYAAN PEMACU DISKUSI
- Bagaimana pendapat Anda mengenai Video Pembelajaran ini?
- Hal penting apa yang Anda peroleh dari video pembelajaran ini?
- Apa saja hal yang sudah sangat baik dalam video ini?
NAMA. : RIZA FITRIA UTAMI NASUTION
NIM : 85585435
POKJAR : S1-PGSD
UPBJJ. : UT MEDAN
1. Menurut saya video diatas sangatlah bermanfaat bagi guru dan peserta didik, dalam video diatas mengajarkan cara intreaksi agar seorang siswa dapat memahami apa yang di jelaskan atau yang disampaikan olah guru.
Guru sangat interaktif dan kreatif dalam memberikan pembelajaran dan siswa sangat antusias. Siswa pun menjadi lebih aktif dan berani mengemukakan pendapatnya ketika dia kurang memahami pelajaran.
2. Menurut saya hal penting yang saya dapatkan yaitu metode pembelajaran yang di terapkan dan motivasi siswa untuk menyampaikan maksud dari nilai nilai yang dia pilih dan interaksi serta apresia guru terhadap pendapat siswa sehingga siswa menjadi semangat dalam belajar.
3. Hal baik dari video ini yaitu sistem pembelajaran yang terarah dari awal pembukaan, pelajaran inti sampai penutup yang mana tardapa motivasi keberanian menyampaikan pendapat oleh siswa dan siswa yang kreatif serta aktif mengikuti pelajaran.
Nama : Novita Syahputri Ramahdani
Nim : 855860227
Semester : 6
Kelas : A
Pokjar : Labusel
UPBJJ : Medan
1. Bagaimana pendapat anda mengenai video pembelajaran ini?
menurut saya dengan dilakukannya pembelajaran tersebut, pembelajaran di dalam kelas lebih menyenangkan dan anak didik lebih mudah dan antusias mendengar kegiatan guru di depan kelas.
2. Hal penting apa yang anda peroleh dari video pembelajaran ini?
sebagai seorang guru kita juga perlu memperhatikan kenyamanan anak didik di dalam kelas sewaktu belajar. Bagaimana cara kita sebagai guru agar anak didik tidak merasa bosan dengan metode belajar yang sudah sering dilakukan. anak didik akan lebih antusias dengan hal-hal baru.
3. Apa saja hal yang sudah sangat baik dalam video ini?
hal baik yang saya dapat dari video tersebut yaitu, anak-anak dapat mangambil segi positif dari alur cerita atau video tersebut. yang dapat di terapkan oleh anak didik di kehidupannya sehari-hari. seperti sikap bersyukur atas apa yang telah dimiliki saat ini, dan memiliki sikap dan sifat kasih sayang sesama terutama kepada kedua orangtua yang telah membesarkan dan merawat kita selama ini.
Nama : DINA NURAINI RAMBE
nim : 855860234
program studi : S1 PGSD
UPBJJ : MEDAN
1. menurut pendapat saya setelah melihat video tersebut adalah dilakukannya pembelajaran tersebut pembelajaran di dalam kelas lebih menyenangkan dan anak didik lebih mudah dan antusias mendengarkan kegiatan guru dalam mengajar.
2. hal penting yang saya dapat dalam video tersebut adalah sebagai seorang guru kita juga perlu memperhatikan kenyamanan anak didik di dalam kelas sewaktu belajar bagaimana cara kita sebagai guru agar anak didik tidak merasa bosan dengan metode belajar yang sudah kita terangkan.
3. hal yang sangat baik dalam video tersebut adalah dalam dari menyimak video tersebut kita atau anak-anak dapat mengambil segi positif dari alur cerita atau video tersebut yang dapat diterapkan oleh anak didik di kehidupannya sehari-hari seperti sikap bersyukur atas apa yang telah dimiliki saat ini dan memiliki sikap dan sifat kasih sayang sesama sesama.
Nama :REVORMARNIAT ZENDRATO
NIM :855853776
POKJAR :UPBJJ
UPBJJ :MEDAN
1.Reaksi siswa terhadap kegiatan pembelajaran yang dilakukan guru tersebut terlihat semangat dan antusius unutk belajar .apalagi pada saat pembuka siselingi dengan bertepuk anak hebat untuk membangkitkan semangat siswa .
2.kelemahan guru dalam pembelajaran tersebut yang saya guru tidak mengawali pembelajaran dengan berdoa.
3.kelebihan guru dalam melakukan pembelajaran adanya umpan balik pada saat pembelajaran berlangsung,kegiatan pembukaan,kegiatan inti,serta penutup.
Nama : Intan Pandini Tarigan
Nim : 855856528
Reaksi siswa terhadap pembelajaran sangat antusias dan semangat. Hal tersebut menurut saya dilatarbelakangi guru yang juga semangat dalam membangkitkan semangat belajar anak dengan hal-hal yang menyenangkan seperti memberikan motivasi kepada siswa dan melakukan kegiatan tepuk anak hebat. Secara keseluruhan menurut saya kelemahan guru dalam melakukan pembelajaran adalah dengan tidak melakukan pengecekan daftar hadir siswa. Sedangkan kelebihan nya menurut saya guru tersebut mampu mengajak siswa menelaah dan melalukan penilaian dari materi yang diajarkan dengan menggunakan pendekatan yang sangat baik yaitu dengan bercerita sehingga siswa dapat memahami materi yang diajarkan. Hal unik yang saya temukan disini adalalah antusias belajar siswa yang sepadan dengan guru. Hal ini menjadikan proses belajar lebih menyenangkan. Menurut saya, hal yang perlu diperbaiki disini hanyalah baiknya guru memeriksa absensi siswa, hal tersebut dapat dilakukan dengan beberapa kata guyonan agar siswa dapat lebih fresh dan santai serta fokus dalam menerima pembelajaran.
NAMA : FEBY VANY WAHYU HAZLIA
NIM : 855859159
UBJJ : UT MEDAN
1. Vidio pembelajaran ini sangat bagus dan membantu para guru yang sedang ingin membangun suasana kelas aktif dan tidak membosankan di pelajaran yang rawan monoton dan tidak fokus seperti pelajaran apresiasi seni yang ada di vidio.
2. Dengan melihat vidio di atas, saya mendapatkan banyak hal penting untuk pembelajaran. Salah satunya adalah pelajaran sastra yang seringkali dianggap mudah adalah pelajaran yang sangat rawan bosan atau monoton. Jadi sebagai guru kita harus menggunakan metode pembelajaran yang tepat supaya siswa tidak merasa bosan dan aktif di kelas. Interaksi guru dan siswa seperti tanya jawab juga sangat penting untuk membangun suasana kelas dan keaktifan siswa.
3. Hal yang sudah sangat baik dalam vidio ini adalah guru dan siswa yang sama-sama aktif dalam menjalankan peran mereka. Guru menjalankan kegiatan pembelajaran dari awal pembukaan, ice breaking (tepuk hebat) untuk membangun semangat siswa, kegiatan inti, dan kegiatan akhir dengan baik. Guru tersebut terus menstimulasi siswa dengan pertanyaan yang memancing siswa untuk berpikir dan menyampaikan pendapatnya. Guru tersebut juga memberikan penghargaan untuk siswanya, menganalisis dan mengevaluasi siswa dan hasil pembelajarannya. Sementara siswanya, mereka sangat aktif dalam pembelajaran. Para siswa juga tidak takut bertanya hal yang mereka tidak tau pada gurunya. Itu menandakan hubungan guru dan siswa terjalin dengan baik dan penuh kepercayaan dan kenyamanan.
Nama : Veraira Purba
NPM : 877529792
Prodi : PGSD
Setelah menyimak video pembelajaran diatas guru telah melakukan teknik atau metode pembelajaran yang sesuai dengan aktif, kreatif, nyaman dan menyenangkan
Dari pembukaan,pembelian materi inti sampai dengan recalling atau penutup guru melibat siswa dalam pembelajaran tersebut sehingga siswa bereaksi menjadi lebih bersemangat dan fokus menyimak pembelajaran tersebut yang menjadikan suasana kelas lebih aktif terlebih saat guru mengajak siswa untuk melakukan ice breaking sederhana
Nama : ALI PUSTOKO
NIM : 858686581
Pokjar : Bojonegoro
UPBJJ : Surabaya
Setelah menyimak video tersebut pembelajaran diatas guru telah melakukan teknik atau metode pembelajaran yang sesuai dengan aktif, kreatif, nyaman dan menyenangkan
Dari pembukaan,pembelian materi inti sampai dengan recalling atau penutup guru melibat siswa dalam pembelajaran tersebut sehingga siswa bereaksi menjadi lebih bersemangat dan fokus menyimak pembelajaran tersebut yang menjadikan suasana kelas lebih aktif terlebih saat guru mengajak siswa untuk melakukan ice breaking sederhana dan menyenangkan dan dapat mengatifkan siswa
Nama : ALI PUSTOKO
NIM : 858686581
Pokjar : Bojonegoro
UPBJJ : Surabaya
Setelah menyimak video tersebut sangat menarik karena dapat mengatifkan siswa dalam kegiatan belajar mengajar, bermain sambil belajar sehinga siswa menjadi senang
Nama : Hendrik Steven Siregar
Nim. : 855860338
Prodi : PGSD
UPBJJ : MEDAN
1. Video pembelajaran tersebut cukup baik, selain murid yang mempraktikkan pelajaran yang berlangsung gurunya juga ikut memberikan antusias sehingga menambah semangat pada murid.
2. Hal yang penting menurut saya adalah guru yang antusias terhadap para murid, menjelaskan kemudian memperagakan pelajaran yang sedang berlangsung
3. Hal yang sudah sangat baik menurut saya pada video tersebut adalah guru yang antusias serta kreatif dan dekat dengan murid, pengambilan sudut video yang baik