silahkan klik icon    jika video tidak dapat diputar

Sinopsis

Abdul Rozk Zaidean et. al. (1994: 35) dalam buku Kamus Istilah Sastra mengartikan apresiasi sastra adalah penghargaan atas karya sastra sebagai hasil pengenalan, pemahaman, penafsiran, penghayatan, dan penikmatan yang didukung oleh kepekaan batin terhadap nilai-nilai yang terkandung dalam karya sastra itu. Dalam melaksanakan apresiasi sastra anak dapat melakukan beberapa kegiatan, salah satunya     kegiatan apresiasi langsung

Kegiatan apresiasi langsung adalah kegiatan yang dilakukan secara sadar untuk memperoleh nilai kenikmatan dan kekhidmatan dari karya sastra anak yang diapresiasikan.Kegiatan apresiasi langsung meliputi kegiatan seperti:

  • Membaca sastra anak.
  • Mendengar sastra anak ketika dibacakan atau dideklamasikan.
  • Menonton pertunjukan sastra anak dipentaskan

 

Salah satu manfaat dari pembelajaran apresiasi sastra di sekolah dasar ini adalah memberi berbagai informasi tentang proses pengubahan sikap dan tata laku seseorang atau kelompok orang dalam usaha mendewasakan manusia melalui pengajaran dan latihan.

Salah satu cara yang dapat digunakan dalam melakukan pembelajaran apresiasi sastra adalah dengan metode  berkisah. Metode ini dapat diberikan oleh bapak atau ibu guru di  depan kelas dengan membawakan sebuah kisah. Secara lisan metode berkisah dapat disampaikan selama 15-25 menit untuk menarik perhatian siswa. Metode berkisah tidak sama dengan metode berceramah. Kisah tidak semata-mata disampaikan monoton dengan narasi, tetapi perlu selingan dialog dan humor dengan suara yang berubah-ubah.

Sedangkan Pelaksanaan pembelajaran apresiasi sastra anak di sekolah dasar dapat dimulai dari kegiatan pra-KBM (Kegiatan Belajar Mengajar) hingga KBM di kelas. Kegiatan pra-KBM dapat dilakukan dengan memberi salinan atau kopi teks sastra, diberi tugas membaca, menghafalkan, meringkas atau mencatat dan menemukan arti kata-kata sukar yang terdapat dalam teks sastra. KBM di kelas dapat dilakukan dengan memberi tugas membaca sajak, membaca cerita, berdeklamasi atau mendongeng di depan kelas. Setelah itu baru diadakan tanya jawab, menuliskan pendapat, dan berdiskusi bersama merumuskan isi, tema, dan amanat.

Pembelajaran apresiasi sastra yang monoton terdakang membuat siswa menjadi takut untuk berkespresi. Maka diperlukan model pembelajaran yang beroritasi pada sisiwa dan membuat siswa menjadi lebih tertarik. Problem based learning dapat menjadi salah satu cara sebagai alternative pembelajaran apresiasi sastra di sekolah dasar. Siswa akan berdialog dan praktik langsung untuk melakukan apresiasi sastra.

Selamat menyaksikan.

PERTANYAAN PEMACU DISKUSI

  1. Bagaimana pendapat Anda mengenai Video Pembelajaran ini?
  2. Hal penting apa yang Anda peroleh dari video pembelajaran ini?
  3. Apa saja hal yang sudah sangat baik dalam video ini?

Similar Posts

243 Comments

  1. nama: aicar Maudina
    Video di atas sangat bermanfaat bagi guru dan peserta didik, dalam video diatas mengajarkan cara intreaksi agar seorang siswa dapat memahami apa yang di jelaskan atau yang disampaikan olah guru.
    Guru sangat interaktif, komunikatif dan inovasi dalam memberikan pembelajaran dan siswa terlihat semangat dalam proses pembelajarann. Siswa pun menjadi lebih aktif dan berani mengemukakan pendapatnya ketika dia kurang memahami pelajaran. sehinngga ketrampilan berbicara dapat terlatih.
    2. Menurut saya hal penting yang saya dapatkan yaitu metode pembelajaran yang di terapkan dan motivasi siswa untuk bagaimana siswa dapat berani mengelurkan pendapatnya sehingga pembelajaran tidak bosan dan terlihat menarik
    3. Hal baik dari video ini yaitu sistem pembelajaran yang terarah guru yang menerapkan rpp sudah maksimal sehingga pembelajaran dari awal hingga akhir penuh berpastispasi

  2. Video tersebut sangat bermanfaat bagi pembelajaran Bahasa Indonesia. Terutama dalam hal literasi, dimana saat ini literasi siswa sangat rendah. Dari video ini saya bisa menemukan bahwa metode yang digunakan guru tersebut sangat membantu siswa untuk lebih tertarik memahami sebuah cerita, selain itu dari pembelajaran ini, peserta didik juga menjadi lebih berani mengungkapkan pendapatnya.

  3. 1. Video tersebut sangat bermanfaat bagi guru dan siswa karena mengajarkan cara berinteraksi agar siswa memahami penjelasan guru. Guru bersikap interaktif, komunikatif, dan inovatif dalam mengajar, sementara siswa terlihat antusias dalam belajar. Siswa juga lebih aktif dan berani menyampaikan pendapat saat mereka tidak memahami materi, sehingga keterampilan berbicara terlatih.

    2. Hal penting yang saya pelajari adalah metode pembelajaran yang diterapkan, serta cara memotivasi siswa agar berani menyampaikan pendapat, membuat pembelajaran lebih menarik dan tidak membosankan.

    3. Kelebihan video ini adalah sistem pembelajaran yang terarah dengan penerapan RPP yang optimal, sehingga seluruh proses pembelajaran, dari awal hingga akhir, berjalan dengan partisipasi penuh.

  4. Destia Mareta Dyah Santoso
    857623681
    UPBJJ Purwokerto

    1. Video tersebut sangat bermanfaat bagi guru dan siswa karena mengajarkan cara berinteraksi agar siswa memahami penjelasan guru. Guru bersikap interaktif, komunikatif, dan inovatif dalam mengajar, sementara siswa terlihat antusias dalam belajar. Siswa juga lebih aktif dan berani menyampaikan pendapat saat mereka tidak memahami materi, sehingga keterampilan berbicara terlatih.

    2. Hal penting yang saya pelajari adalah metode pembelajaran yang diterapkan, serta cara memotivasi siswa agar berani menyampaikan pendapat, membuat pembelajaran lebih menarik dan tidak membosankan.

    3. Kelebihan video ini adalah sistem pembelajaran yang terarah dengan penerapan RPP yang optimal, sehingga seluruh proses pembelajaran, dari awal hingga akhir, berjalan dengan partisipasi penuh.

  5. Nama : RENI YULIANTI NIM : 835029554 UT Daerah : Palembang. Seri pembelajaran Apresiasi sastra anak (puisi/cerita/drama) dalam upaya penguatan pendidikan karakter. 1. Reaksi siswa terhadap kegiatan pembelajaran yang di lakukan kurang kondusif. Sebagian siswa antusia tidak memperhatikan penjelasan guru. 2. Kelemahan guru dalam melakukan pembelajaran tersebut guru tidak menjelaskan dengan menggunakan media yang menarik sehingga siswa bosan mendengarkannya dan menjawab pertanyaa guru kurang di mengerti oleh siswa jadi susah untuk menjawab pertanyaan guru tersebut. 3. Kelebihannya adalah guru selalu aktif bertanya kepada siswa sehingga siswa selalu berminat untuk bertanya. 4. Hal unik yang saya temukan adalah guru yang sabar dan tenang menghadapi siswanya,serta menggunakan cara dan bahas yang baik agar siswa berani tampil untuk maju ke depan kelas.5. Usul saya untuk melakukan apresiasi dalam menjelaskan pembelajaran menggunakan model, metode media yang menarik agar siswa lebih antusias dalam mengikuti pelajaran.

  6. Nama : Danang Nurhalimi

    Dari video yang di ambil di atas sangat bermanfaat bagi guru dan peserta didik, dalam video diatas mengajarkan cara intreaksi seorang siswa dapat memahami apa yang di jelaskan atau yang disampaikan oleh guru.

    2.Menurut saya hal yang sangat penting, yang saya dapatkan yaitu dengan menggunakan metode pembelajaran dapat di terapkan dan motivasi bagi siswa untuk sebagaimana siswa dapat berani mengeluarkan pendapatnya sehingga pembelajaran berlangsung tidak bosan bagi siswa dan terlihat menarik bagi siswa

    3. dari video ini yaitu sistem pembelajaran yang terarah bagi guru yang menerapkan rpp sudah maksimal sehingga pembelajaran dari awal hingga akhir penuh berpastispasi

  7. Nama : Danang Nurhalimi
    Nim : 857145586

    Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh

    Dari video yang di ambil di atas sangat bermanfaat bagi guru dan peserta didik, dalam video diatas mengajarkan cara intreaksi seorang siswa dapat memahami apa yang di jelaskan atau yang disampaikan oleh guru.

    2.Menurut saya hal yang sangat penting, yang saya dapatkan yaitu dengan menggunakan metode pembelajaran dapat di terapkan dan motivasi bagi siswa untuk sebagaimana siswa dapat berani mengeluarkan pendapatnya sehingga pembelajaran berlangsung tidak bosan bagi siswa dan terlihat menarik bagi siswa

    3. dari video ini yaitu sistem pembelajaran yang terarah bagi guru yang menerapkan rpp sudah maksimal sehingga pembelajaran dari awal hingga akhir penuh berpastispasi

  8. Saya snagat suka dengan video ini karena snagat bagua untuk diajarkan kepada anak zaman sekarang.

  9. Nama : ELPI HASIBUAN
    Nim : 878253554
    Pokjar : Teluk panji, Labuhan Batu Selatan
    Setelah saya menyaksikan vidio Pembelajaran ini. Guru tersebut melaksanakan model pembelajaran yang sangat mengantisipasi peserta didik dalam proses pembelajaran, karena anak murid ikut berpartisipasi. Guru menggunakan metode Project Based Learning (PJBL) pada pembelajaran Apresiasi Sastra Anak sehingga guru dapat menganalisis dan mengevaluasi proses pemecahan masalah, guru membimbing presentasi siswa, mendorong siswa, memberikan apresiasi dan pujian serta masukan kepada siswa sehingga tercapai pembelajaran yang sangat menarik.

  10. Nama : wihersih
    Nim : 857221686
    Menurut Analisis saya : guru sudah sangat bagus mengajarajarnya, dg bercerita dan memancing siswa untuk aktif dalam tanya jawab.
    Kelemahanya, hanya kurang sedikit alat peraga saja,, untuk yang lainnya sudh sangat bagus.
    Terimakasih

Leave a Reply