silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar
Sinopsis
Abdul Rozk Zaidean et. al. (1994: 35) dalam buku Kamus Istilah Sastra mengartikan apresiasi sastra adalah penghargaan atas karya sastra sebagai hasil pengenalan, pemahaman, penafsiran, penghayatan, dan penikmatan yang didukung oleh kepekaan batin terhadap nilai-nilai yang terkandung dalam karya sastra itu. Dalam melaksanakan apresiasi sastra anak dapat melakukan beberapa kegiatan, salah satunya kegiatan apresiasi langsung
Kegiatan apresiasi langsung adalah kegiatan yang dilakukan secara sadar untuk memperoleh nilai kenikmatan dan kekhidmatan dari karya sastra anak yang diapresiasikan.Kegiatan apresiasi langsung meliputi kegiatan seperti:
- Membaca sastra anak.
- Mendengar sastra anak ketika dibacakan atau dideklamasikan.
- Menonton pertunjukan sastra anak dipentaskan
Salah satu manfaat dari pembelajaran apresiasi sastra di sekolah dasar ini adalah memberi berbagai informasi tentang proses pengubahan sikap dan tata laku seseorang atau kelompok orang dalam usaha mendewasakan manusia melalui pengajaran dan latihan.
Salah satu cara yang dapat digunakan dalam melakukan pembelajaran apresiasi sastra adalah dengan metode berkisah. Metode ini dapat diberikan oleh bapak atau ibu guru di depan kelas dengan membawakan sebuah kisah. Secara lisan metode berkisah dapat disampaikan selama 15-25 menit untuk menarik perhatian siswa. Metode berkisah tidak sama dengan metode berceramah. Kisah tidak semata-mata disampaikan monoton dengan narasi, tetapi perlu selingan dialog dan humor dengan suara yang berubah-ubah.
Sedangkan Pelaksanaan pembelajaran apresiasi sastra anak di sekolah dasar dapat dimulai dari kegiatan pra-KBM (Kegiatan Belajar Mengajar) hingga KBM di kelas. Kegiatan pra-KBM dapat dilakukan dengan memberi salinan atau kopi teks sastra, diberi tugas membaca, menghafalkan, meringkas atau mencatat dan menemukan arti kata-kata sukar yang terdapat dalam teks sastra. KBM di kelas dapat dilakukan dengan memberi tugas membaca sajak, membaca cerita, berdeklamasi atau mendongeng di depan kelas. Setelah itu baru diadakan tanya jawab, menuliskan pendapat, dan berdiskusi bersama merumuskan isi, tema, dan amanat.
Pembelajaran apresiasi sastra yang monoton terdakang membuat siswa menjadi takut untuk berkespresi. Maka diperlukan model pembelajaran yang beroritasi pada sisiwa dan membuat siswa menjadi lebih tertarik. Problem based learning dapat menjadi salah satu cara sebagai alternative pembelajaran apresiasi sastra di sekolah dasar. Siswa akan berdialog dan praktik langsung untuk melakukan apresiasi sastra.
Selamat menyaksikan.
PERTANYAAN PEMACU DISKUSI
- Bagaimana pendapat Anda mengenai Video Pembelajaran ini?
- Hal penting apa yang Anda peroleh dari video pembelajaran ini?
- Apa saja hal yang sudah sangat baik dalam video ini?
NAMA : YASINTA WULANDARI
NIM : 856834801
PRODI : PGSD S1
UPBJJ UT : KOTA BENGKULU
menurut pendapat saya, kegiatan pembelajaran yang dilakukan oleh guru tersebut sudah bisa menjadi acuan untuk pembelajaran kita dikelas.
pada pembelajaran Apresiasi Sastra Anak tersebut, guru melibatkan peserta didik untuk bisa aktif dalam pembelajaran dan menumbuhkan rasa percaya diri pada siswa tersebut.
video tersebut berisi kesan-kesan positif yang bisa menberikan suri tauladan baik agar bisa dicontoh oleh peserta didik dalam kehidupan sehari-hari. dengan menggunakan media visual yang sangat kreatif sehingga dapat menarik perhatian peserta didik lebih fokus dalam pembelajaran.
pada video pembelajaran tersebut, guru juga mampu untuk mendorong peserta didik untuk bisa bekerja sama, berdiskusi, dan berinteraksi dengan baik bersama-sama antara teman yang satu atau dengan teman yang lainnya.
sekian, terimakasih
Nama: AGNES OLYPIA SANDRA
NIM:856832879
1. Pendapat saya, video pembelajaran ini menarik dan menambah pengetahuan saya mengenai pembelajaran apresiasi sastra ini mencakup kegiatan apresiasi anak dapat berupa kegiatan seperti membaca sastra, mendengar sastra dan menonton sastra anak.
2. Hal penting yg saya dapat kan yakni tingkatan apresiasi sastra sd berada pada tahap memahami, dapat berupa memahami unsur unsur instrinsik dari karya sastra, mulai dari guru ngamawali kelas dengan mengucapkan salam dan kemudia di jawab dengan lantang oleh semua siswa. Kemudian pak guru bertanya tentang kabar anak serta mendoakan mereka semua. Kemudian di lanjutkan dengan orientasi peserta didik menjelaskan tujuan pembelajaran, menjelaskan proses pembelajaran, dan memotivasi peserta didik. Kemudian di lanjutkan memberikan tugas untuk mengukur sejauh mana pemahaman siswa.
3. Semua sudah baik dalam video ini dari mulai pembukaan, inti, sampai penutup
Nama: Manfi’ati Ufatul Janah
NIM: 856480545
Berikut beberapa tanggapan dan analisis vidio pembelajaran diatas:
1. Bagaimana pendapat anda mengenai video pembelajaran ini?
Pendapat saya tentang video tersebut:
Di dalam vidio tersebut dijelaskan sangat baik dan jelas tentang pembelajaran apresiasi di sekolah Dasar, serta metode metode yang menarik sehingga memicu semangat peserta didik dalam kegiatan belajar. Ini semoga bisa menjadi referensi bagi saya untuk mengajar di sekolah dasar.
2. Hal penting apa yang anda peroleh dari video pembelajaran ini?
Hal penting menurut saya pada video tersebut:
Pentingnya guru memberikan apresiasi kepada siswanya agar tidak ada timbul rasa bosan pada siswa… Dan selalu melibatkan siswa setiap proses pembelajaran dimulai… Ini memicu kepada keaktifan, semangat dan rasa ingin tahu siswa dalam pembelajaran yg sedang berlangsung di kelas.
3.apa saja hal yang sudah sangat baik dalam video ini?
Hal yang baik dalam video tersebut;
Dalam video apresiasi sastra anak, ada beberapa hal yang sudah sangat baik dalam video tersebut yaitu memberi contoh yang inspiratif: video menampilkan pemain, karakter dll yang memiliki nilai-nilai positif yg dapat dicontoh oleh siswa dengan baik, menggunakan elemen elemen-elemen yang sangat menarik yang dapat menarik perhatian siswa sehingga siswa lebih fokus terhadap pembelajaran yg sedang berlangsung.
Nama JELITA MARBUN
NIM 860107165
menambah referesnsi saya dalam mengajar Bahasa Indonesia Khususnya pada bab Apresiasi Sastra Anak agar tidak membosankan. tidak hanya guru saja yang bercerita di depan kelas melainkan siswa juga diajak untuk bercerita dalam bahasanya sendiri atas apa yang telah diceritakan pada buku paket tersebut.
2. hal penting yang berada di dalam video tersebut adalah dimana guru selalu meberikan apresiasi kepada siswanya dan selalu melibatkan siswa dalam proses pembelajaran sehingga proses pembelajaran tidak membosankan. guru juga tidak hanya berbicara di depan kelas tetapi mengajak siswa agar terlibat aktif dalam proses pembelajaran.
3. Apa saja hal yang sudah sangat baik dalam video ini?
Dalam video apresiasi sastra anak, ada beberapa hal yang sudah sangat baik dalam video tersebut yaitu
Memberi Contoh yang Inspiratif: Video sering menampilkan karakter atau tokoh yang menunjukkan nilai-nilai positif, memberikan teladan nyata bagi anak-anak.
Nama : Zenny Ramadhani
Nim. : 877524191
Dalam video tersebut, guru menceritakan sebuah cerita sebagai materi literasi dan siswa-siswa mendengarkannya. Terlihat siswa-siswa sangat bersemangat memperhatikan cerita dari guru. sebelumnya guru juga sudah mempersiapkan kelas dengan baik, sehingga siswa bisa lebih fokus memperhatikan dan tidak bermain sendiri. Guru tersebut juga memberikan kertas origami yang warna-warni untuk dibagikan ke siswa sebagai bentuk respon terhadap cerita yang disampaikan tadi, yang kemudian siswa diminta menuliskan nilai-nilai yang bisa diambil dari cerita yang disampaikan guru tersebut.
Sehingga di vidio pembelajaran tersebut ada umpan baliknya.
Nama : Kris Jelita Lirensya Gea
NIM : 859892453
Prodi : PGSD
1. Menurut saya video pembelajaran apresiasi sastra anak diatas merupakan pendekatan pembelajaran berbasis masalah yang mendorong siswa berpikir kritis dalam mengapresiasi sastra dan memecahkan masalah.
2. Hal penting yang diperoleh ialah belajar tentang apresiasi seni
yang sebelumnya berfokus pada buku yang kurang menarik antusias siswa, di gunakan strategi pembelajaran berbasis masalah (PBL) yang diterapkan untuk meningkatkan antusias siswa dalam kegiatan belajar mengajar. Apresiasi sastra anak secara langsung juga memberikan pengalaman bagi siswa untuk mengekspresikan dan berdialog tentang sastra.
3. Hal yang baik dalam video pembelajaran ialah adanya interaksi yang baik antar siswa dan guru sehingga menciptakan kondisi kelas yang nyaman dan guru mengontrol serta memberikan teladan apresiasi sastra anak sehingga siswa dapat memahami pembelajaran yang disampaikan oleh guru.
Nama : Mailana
UPBJJ UT Batam
Menurut pendapat saya setelah saya menonton Vidio pembelajaran Bahasa Indonesia ini bagus karena menggunakan
1. Pendekatan Pembelajaran yang Interaktif dan Menyenangkan karena Guru dalam video ini memulai pembelajaran dengan kegiatan yang membangkitkan semangat, seperti memberikan salam, menanyakan kabar siswa, dan mengajak mereka melakukan tepuk semangat.
Hal ini menciptakan suasana kelas yang positif dan menyenangkan, sehingga siswa lebih antusias dalam mengikuti pelajaran.
2. Penggunaan Metode Problem-Based Learning (PBL)
Metode PBL diterapkan dengan baik, dimulai dari orientasi masalah, pengorganisasian siswa untuk belajar, pengembangan dan penyajian karya, hingga analisis dan evaluasi proses. Pendekatan ini mendorong siswa untuk berpikir kritis dan kreatif dalam memahami karya sastra.
3. Aktivitas yang Meningkatkan Partisipasi Siswa
Siswa diajak untuk mendengarkan cerita, menuliskan nilai-nilai yang terkandung dalam cerita, dan mendiskusikannya. Aktivitas ini tidak hanya meningkatkan pemahaman siswa terhadap materi, tetapi juga melatih keterampilan komunikasi dan kerja sama mereka.
Guru juga memberikan apresiasi kepada siswa yang aktif dalam menyampaikan pendapat, baik melalui pujian maupun reward. Hal ini meningkatkan rasa percaya diri siswa dan mendorong mereka untuk lebih berani dalam berpendapat.
Saran untuk Variasi Media Pembelajaran
-Untuk meningkatkan keterlibatan siswa, guru dapat mempertimbangkan penggunaan media pembelajaran yang lebih beragam, seperti gambar, video, atau alat peraga lainnya, yang dapat memperkaya pengalaman belajar siswa.
Jadi secara keseluruhan, video pembelajaran ini memberikan contoh yang baik tentang bagaimana mengajarkan apresiasi sastra kepada siswa sekolah dasar dengan cara yang menyenangkan, interaktif, dan bermakna. Pendekatan yang digunakan dapat menjadi inspirasi bagi guru dalam merancang pembelajaran yang efektif dan menyenangkan bagi siswa.
Nama: Leni kristiani gulo
Nim : 895870386
UPBJJ: UT Medan
Prodi : S1 PGSD
1. Menurut saya, video pembelajran yang disampaikan di atas sangat bagus ya. menambah referensi saya dalam mengajar Bahasa Indonesia Khususnya pada bab Apresiasi Sastra Anak agar tidak membosankan. tidak hanya guru saja yang bercerita di depan kelas kecuali siswa juga diajak untuk bercerita dalam bahasanya sendiri atas apa yang telah diceritakan pada buku paket tersebut.
2. hal penting yang berada di dalam video tersebut adalah dimana guru selalu memberikan penghargaan kepada siswanya dan selalu melibatkan siswa dalam proses pembelajaran sehingga proses pembelajaran tidak membosankan. guru juga tidak hanya berbicara di depan kelas tetapi mengajak siswa agar terlibat aktif dalam proses pembelajaran.
3. Apa saja hal yang sudah sangat baik dalam video ini?
Dalam video apresiasi sastra anak, ada beberapa hal yang sudah sangat baik dalam video tersebut yaitu
Memberi Contoh yang Inspiratif: Video sering menampilkan karakter atau tokoh yang menunjukkan nilai-nilai positif, memberikan teladan nyata bagi anak-anak.
Penggunaan Visual yang Menarik: Elemen visual yang kreatif dan menarik dapat memikat perhatian anak, membuat mereka lebih terlibat dalam pembelajaran.
Interaksi dan Diskusi: Memfasilitasi interaksi antara anak-anak, baik dalam diskusi maupun kegiatan kelompok, mendorong kerja sama dan komunikasi.
Video tersebut menggambarkan dengan jelas sebuah pembelajaran yang menarik disitu juga guru mempersiapkan murid terlebih dahulu sebelum memulai kegiatan mengajar sehingga kegiatan pembelajaran yang akan dilakukan berjalan dengan kondusif. Guru juga menggunakan metode yang menarik sehingga siswa menjadi semangat dalam melakukan pembelajaran. Dalam video tersebut juga guru melakukan interaksi dengan murid dengan cara tanya jawab yang memicu respon murid dalam belajar
Nama: Qotrunnada Salsabilla
Nim: 858530487
Program Studi: PGSD
UPBJJ: Semarang
Terimakasih atas kesempatan yang diberikan kepada saya, mohon izin untuk berkomentar.
1. Pendapat saya mengenai video ini, bahwa video ini sangat bagus dan menginspirasi saya terutama dalam pembelajaran Bahasa Indonesia materi Apresiasi Sastra. Guru dan siswa sangat antusias dan aktif dalam mengikuti pembelajaran. Sehingga dapat terlihat tujuan pembelajaran tercapai dengan hampir semua siswa memahami materi tersebut.
2. Hal penting yang saya peroleh dari video ini salah satunya yaitu guru mempersiapkan anak- anak sebelum memulai pembelajaran dengan memberi semangat, motivasi melalui ice breaking. Guru juga menjelaskan secara urut kegiatan apa saja yang dilakukan selama proses pembelajaran nantinya.
3. Hal yang sudah sangat baik dalam video ini salah satunya yaitu guru selalu melibatkan siswa dalam setiap proses dan kegiatan pembelajarannya. Guru menerangkan tidak monoton didepan dan duduk melainkan dengan berdiri dan mendekati siswa sehingga siswa senantiasa selalu siap mengikuti pembelajaran dan merasa selalu diawasi dengan guru.
Namun ada beberapa saran dari saya, diantaranya:
1. Guru sebaiknya bisa menggunakan video atau proyektor dalam menyampaikan cerita sehingga siswa bisa lebih antusias.
2. Jika guru menceritakan sebuah cerita, sebaiknya tidak monoton atau melihat buku. Guru harus menceritakan dengan penuh penghayatan dan menatap mata siswa, sehingga siswa bisa tertarik dengan cerita guru.
3. Sebaiknya guru memberikan contoh terlebih dulu sebelum memberikan tugas pada siswa. Seperti contoh dalam video ini, guru bisa memberikan contoh nilai- nilai yang ada dalam cerita atau teks.
Terimakasih