silahkan klik icon    jika video tidak dapat diputar

Sinopsis

Abdul Rozk Zaidean et. al. (1994: 35) dalam buku Kamus Istilah Sastra mengartikan apresiasi sastra adalah penghargaan atas karya sastra sebagai hasil pengenalan, pemahaman, penafsiran, penghayatan, dan penikmatan yang didukung oleh kepekaan batin terhadap nilai-nilai yang terkandung dalam karya sastra itu. Dalam melaksanakan apresiasi sastra anak dapat melakukan beberapa kegiatan, salah satunya     kegiatan apresiasi langsung

Kegiatan apresiasi langsung adalah kegiatan yang dilakukan secara sadar untuk memperoleh nilai kenikmatan dan kekhidmatan dari karya sastra anak yang diapresiasikan.Kegiatan apresiasi langsung meliputi kegiatan seperti:

  • Membaca sastra anak.
  • Mendengar sastra anak ketika dibacakan atau dideklamasikan.
  • Menonton pertunjukan sastra anak dipentaskan

 

Salah satu manfaat dari pembelajaran apresiasi sastra di sekolah dasar ini adalah memberi berbagai informasi tentang proses pengubahan sikap dan tata laku seseorang atau kelompok orang dalam usaha mendewasakan manusia melalui pengajaran dan latihan.

Salah satu cara yang dapat digunakan dalam melakukan pembelajaran apresiasi sastra adalah dengan metode  berkisah. Metode ini dapat diberikan oleh bapak atau ibu guru di  depan kelas dengan membawakan sebuah kisah. Secara lisan metode berkisah dapat disampaikan selama 15-25 menit untuk menarik perhatian siswa. Metode berkisah tidak sama dengan metode berceramah. Kisah tidak semata-mata disampaikan monoton dengan narasi, tetapi perlu selingan dialog dan humor dengan suara yang berubah-ubah.

Sedangkan Pelaksanaan pembelajaran apresiasi sastra anak di sekolah dasar dapat dimulai dari kegiatan pra-KBM (Kegiatan Belajar Mengajar) hingga KBM di kelas. Kegiatan pra-KBM dapat dilakukan dengan memberi salinan atau kopi teks sastra, diberi tugas membaca, menghafalkan, meringkas atau mencatat dan menemukan arti kata-kata sukar yang terdapat dalam teks sastra. KBM di kelas dapat dilakukan dengan memberi tugas membaca sajak, membaca cerita, berdeklamasi atau mendongeng di depan kelas. Setelah itu baru diadakan tanya jawab, menuliskan pendapat, dan berdiskusi bersama merumuskan isi, tema, dan amanat.

Pembelajaran apresiasi sastra yang monoton terdakang membuat siswa menjadi takut untuk berkespresi. Maka diperlukan model pembelajaran yang beroritasi pada sisiwa dan membuat siswa menjadi lebih tertarik. Problem based learning dapat menjadi salah satu cara sebagai alternative pembelajaran apresiasi sastra di sekolah dasar. Siswa akan berdialog dan praktik langsung untuk melakukan apresiasi sastra.

Selamat menyaksikan.

PERTANYAAN PEMACU DISKUSI

  1. Bagaimana pendapat Anda mengenai Video Pembelajaran ini?
  2. Hal penting apa yang Anda peroleh dari video pembelajaran ini?
  3. Apa saja hal yang sudah sangat baik dalam video ini?

Similar Posts

284 Comments

  1. 1. Menurut pendapat saya adanya Video PJBL ini sangat penting di lingkungan pendidikan karena memotivasi peserta didik dengan melibatkannya di dalam pembelajaran, menyediakan kesempatan pembelajaran berbagai disiplin ilmu, membantu keterkaitan hidup di luar sekolah, menyediakan peluang unik karena pendidik membangun hubungan dengan peserta didik sebagai fasilitator.
    Dengan adanya media ini para siswa dapat menemukan cara untuk pemecahan masalah, disamping itu juga agar peserta didik mempelajari konsep cara pemecahan masalah dan mengembangkan kemampuan berpikir kritis.
    2. Hal penting yang saya peroleh dari video pembelajaran ini adalah, dapat mendorong semangat para pendidik agar selalu kreatif dalam membuat media pembelajaran.
    3. Sangat sesuai, dan media tersebut juga media yang terupdate
    4. Hal yang menarik dalam video tersebut adalah, adanya interaksi antar siswa dan pengajar, yang mana tidak membuat suasana kelas menjadi pasif.

  2. Nama Mahasiswa : Herlina
    NIM : 858305554
    1. Menurut pendapat saya adanya Video PJBL ini sangat penting di lingkungan pendidikan karena memotivasi peserta didik dengan melibatkannya di dalam pembelajaran, menyediakan kesempatan pembelajaran berbagai disiplin ilmu, membantu keterkaitan hidup di luar sekolah, menyediakan peluang unik karena pendidik membangun hubungan dengan peserta didik sebagai fasilitator.
    Dengan adanya media ini para siswa dapat menemukan cara untuk pemecahan masalah, disamping itu juga agar peserta didik mempelajari konsep cara pemecahan masalah dan mengembangkan kemampuan berpikir kritis.
    2. Hal penting yang saya peroleh dari video pembelajaran ini adalah, dapat mendorong semangat para pendidik agar selalu kreatif dalam membuat media pembelajaran.
    3. Sangat sesuai, dan media tersebut juga media yang terupdate
    4. Hal yang menarik dalam video tersebut adalah, adanya interaksi antar siswa dan pengajar, yang mana tidak membuat suasana kelas menjadi pasif.

  3. Syallom,,,
    Nama saya : Febernidar Halawa
    Nim : 856023274
    Prodi : PGSD
    Pokjar : Disdik Nias Barat
    UPBJJ : Medan

    Izin, Saya menanggapi diskusi ini. Yang dimana pertanyaannya yaitu :
    1. Bagaimana pendapat Anda mengenai Video Pembelajaran ini?
    Menurut saya, mengenai video pembalajaran ini adalah:
    Video ini sangat menyenangkan, yang dimana dalam pembelajaran bahasa sastra ini bertujuan agar siswa memiliki kemampuan berbahasa Indonesia yang baik dan benar, serta dapat menghayati bahasa yang akan digunakan dalam sehari-hari.
    2. Hal penting apa yang Anda peroleh dari video pembelajaran ini?
    Menurut saya, hal yang saya peroleh dari video pembelajaran ini adalah:
    Salah satu manfaat dari pembelajaran apresiasi sastra di sekolah dasar ini adalah memberi berbagai informasi tentang proses pengubahan sikap dan tata laku seseorang atau kelompok orang dalam usaha mendewasakan manusia melalui pengajaran dan latihan.
    3. Apa saja hal yang sudah sangat baik dalam video ini?
    Menurut saya, tentang hal yang sudah sangat baik dalam video ini adalah:
    Di video ini, dapat menjadi salah satu cara sebagai alternatif pembelajaran apresiasi sastra di sekolah dasar. Siswa akan berdialog dan praktik langsung untuk melakukan apresiasi sastra dengan bahasa sendiri.

    Demikian tanggapan saya, Terimakasih.

  4. Nama : Marjuki
    Nim : 857814368
    Program Studi : PGSD S-1
    pokjar : Pergunu Jatisrono
    Upbjj : UT Surakarta

    1. Dalam tayangan pembelajaran yang terdapat didalam vidio tersebut, setelah saya amati, bahwa dalam menyampaikan juga menjelaskan materi pembelajaran menggunakan bahasa yang mudah dipahami juga metode mengajarnya yang membuat kesan menyenangkan, menarik dan anak tidak akan mudah bosan dalam proses pembelajaran.
    2. Hal terpenting yang dapat kita ambil dari vidio tersebut yaitu, bagaimana kita bisa membuat KBM yang bisa memancing keaktifan anak dalam tanya jawab didalam materi yang dipelajarinya.
    3. Sebenarnya hal baik tentunya sangat banyak jika mau melihat dan mengamati proses pembelajaran tersebut, misalnya penyampaian materi yang baik, dapat menguasai anak didalam kelas sehingga kelas sangat kondusif, anak dapat berinteraksi dengan guru berdiskusi sehingga anak dapat mempresentasikan hasil dari pembelajaran.

  5. Angella Febriani Lesmana 857747267
    FKIP – PGSD BI (S1) Kota Semarang

    Pendapat saya mengenai video pembelajaran tersebut di atas, sebagai guru kita harus bisa membuat suasana kelas menyenangkan dan bersemangat dalam kegiatan pembelajaran, bisa dimulai dengan yel-yel atau keyakinan kelas bersama agar pembelajaran sepanjang hari berjalan dengan lancar. Sebagai guru juga bisa melibatkan siswa dalam kegiatan pembelajaran dengan memberikan kesempatan siswa untuk maju, bertanya, dan menanggapi temannya. Tak pula juga sebagai guru kita juga harus memberikan apresiasi dan tindak lanjut dalam kegiatan pembelajaran kepada setiap siswanya. Sehingga terjalinnya komunikasi 2 arah antara siswa dan guru.

    Hal penting yang saya peroleh dari video di atas yang belum saya lakukan di kelas saya adalah memulai pembelajaran dengan yel-yel, memberikan kesempatan siswa untuk maju ke depan, memberikan kesempatan siswa untuk menanggapi temannya, dan memberikan apresiasi serta tindak lanjut kepada setiap siswa saya.

    Menurut saya video tersebut sudah sangat baik karena sudah memfasilitasi siswa untuk belajar di kelas dengan menyenangkan dengan pembelajaran yang tidak monoton sehingga siswa bisa memahami tujuan pembelajaran yang akan dicapai secara tidak langsung, karena pembelajaran tidak membosankan.

  6. NAMA : LISA LUNISA ZHUNUBI
    NIM : 856202859
    PRODI : 118 PGSD-S1
    MK : PKP
    UPBJJ : SITIUNG DHARMASRAYA

    1. Tanggapan saya pada video ini sangat membantu untuk proses pbm yang lebih baik dan juga unt menginspirasi dalam proses belajar mengajar karena dalam video tersebut aspek yang diterapkan sudah sangat baik dan komunikasi antara guru dan anak didik sudah baik juga, guru juga memiliki sikap tang menguasai kelah sehingga anak2 didik bersemangat.

    2. Hal penting yang saya dapat dari video ini yaitu saya lebih tau bagaimana sih penerapan pembelajaran yang baik? dan bagaimana sih membuat suasana kelas menjadi bersemangat?
    Jadi pertanyaan nya sudah terjawab pada video ini dan bisa kita lihat dalam video ini juga, Video tersebut sangat bermanfaat sekali untuk seorang pengajar. Intinya video ini memotivasi dan mendorong kita untuk bersemangat dan selalu menjadi pendidik yang profesional.

    3. Hal yang menarik anak didik selalu bersemangat dan antusias anak didik pun sangat baik selama pembelajaran berlangsung.Anak didik mempunyai sikap pemberani dalam mempresentasikan hasil analisa. Ini berkat seorang guru yang profesional membuat suasana kelas aktif dan kondusif

  7. Nama : Nurbaiti
    Nim : 855892216
    Menurut pengamatan sy tentang Vidio
    1.vidio yg sangat menarik guru yang menguasai kelas guru yg bisa mengajak ank2 ikut berperan aktif.
    2.selalu mengajak murik utk berperan aktif dlm setiap kegiatan
    3.penguasaan kelas,penguasaan materi,memotivasi murid dengan dengan memberikan nilai”bagus” atas setiap hawaban ank.

  8. Dalam tayangan pembelajaran yang terdapat didalam vidio tersebut, setelah saya amati, bahwa dalam menyampaikan juga menjelaskan materi pembelajaran menggunakan bahasa yang mudah dipahami juga metode mengajarnya yang membuat kesan menyenangkan, menarik dan anak tidak akan mudah bosan dalam proses pembelajaran.
    2. Hal terpenting yang dapat kita ambil dari vidio tersebut yaitu, bagaimana kita bisa membuat KBM yang bisa memancing keaktifan anak dalam tanya jawab didalam materi yang dipelajarinya.
    3. Sebenarnya hal baik tentunya sangat banyak jika mau melihat dan mengamati proses pembelajaran tersebut, misalnya penyampaian materi yang baik, dapat menguasai anak didalam kelas sehingga kelas sangat kondusif, anak dapat berinteraksi dengan guru berdiskusi sehingga anak dapat mempresentasikan hasil dari pembelajaran.

  9. Nama : Selfa Efriyanti Semarang
    NIM : 855707322
    Prodi : PGSD
    Upbjj : UT Ambon

    Video tersebut sangat bermanfaat bagi seorang Guru dan Mahasiswa. Terima Kasih….

  10. Nama : Nur Ilmiyah
    Nim : 858945608
    Prodi : PGSD
    Upjj : UT Jember

    1. Pendapat saya tentang video diatas yaitu cara penyampaian dengan bahasa yang jelas dan tidak terburu-buru sehingga anak-anak lebih sangat memperhatikan apa yang disampaikan oleh bpk guru selain itu juga anak-anak sangat antusias untuk menyimak jika ada yang tidak jelas anak tidak segan-segan untuk bertanya.

    2. Hal yang terprnting dalam video ini menurut saya yaitu anak-anak sangat antusias untuk melakukan pembelajaran didalam kelas, dengan cara media pembelajaran yang tidak membosankan.

    3. Hal yang sangat baik didalam video ini menurut saya adalah sebagai cara alternatif untuk melatih anak untuk menceritakan kembali apa yang sudah didengar sebelumnya dengan menggunakan bahasa sendiri.

    Demikian tanggapan saya, Terimakasih

Leave a Reply