silahkan klik icon    jika video tidak dapat diputar

Sinopsis

Abdul Rozk Zaidean et. al. (1994: 35) dalam buku Kamus Istilah Sastra mengartikan apresiasi sastra adalah penghargaan atas karya sastra sebagai hasil pengenalan, pemahaman, penafsiran, penghayatan, dan penikmatan yang didukung oleh kepekaan batin terhadap nilai-nilai yang terkandung dalam karya sastra itu. Dalam melaksanakan apresiasi sastra anak dapat melakukan beberapa kegiatan, salah satunya     kegiatan apresiasi langsung

Kegiatan apresiasi langsung adalah kegiatan yang dilakukan secara sadar untuk memperoleh nilai kenikmatan dan kekhidmatan dari karya sastra anak yang diapresiasikan.Kegiatan apresiasi langsung meliputi kegiatan seperti:

  • Membaca sastra anak.
  • Mendengar sastra anak ketika dibacakan atau dideklamasikan.
  • Menonton pertunjukan sastra anak dipentaskan

 

Salah satu manfaat dari pembelajaran apresiasi sastra di sekolah dasar ini adalah memberi berbagai informasi tentang proses pengubahan sikap dan tata laku seseorang atau kelompok orang dalam usaha mendewasakan manusia melalui pengajaran dan latihan.

Salah satu cara yang dapat digunakan dalam melakukan pembelajaran apresiasi sastra adalah dengan metode  berkisah. Metode ini dapat diberikan oleh bapak atau ibu guru di  depan kelas dengan membawakan sebuah kisah. Secara lisan metode berkisah dapat disampaikan selama 15-25 menit untuk menarik perhatian siswa. Metode berkisah tidak sama dengan metode berceramah. Kisah tidak semata-mata disampaikan monoton dengan narasi, tetapi perlu selingan dialog dan humor dengan suara yang berubah-ubah.

Sedangkan Pelaksanaan pembelajaran apresiasi sastra anak di sekolah dasar dapat dimulai dari kegiatan pra-KBM (Kegiatan Belajar Mengajar) hingga KBM di kelas. Kegiatan pra-KBM dapat dilakukan dengan memberi salinan atau kopi teks sastra, diberi tugas membaca, menghafalkan, meringkas atau mencatat dan menemukan arti kata-kata sukar yang terdapat dalam teks sastra. KBM di kelas dapat dilakukan dengan memberi tugas membaca sajak, membaca cerita, berdeklamasi atau mendongeng di depan kelas. Setelah itu baru diadakan tanya jawab, menuliskan pendapat, dan berdiskusi bersama merumuskan isi, tema, dan amanat.

Pembelajaran apresiasi sastra yang monoton terdakang membuat siswa menjadi takut untuk berkespresi. Maka diperlukan model pembelajaran yang beroritasi pada sisiwa dan membuat siswa menjadi lebih tertarik. Problem based learning dapat menjadi salah satu cara sebagai alternative pembelajaran apresiasi sastra di sekolah dasar. Siswa akan berdialog dan praktik langsung untuk melakukan apresiasi sastra.

Selamat menyaksikan.

PERTANYAAN PEMACU DISKUSI

  1. Bagaimana pendapat Anda mengenai Video Pembelajaran ini?
  2. Hal penting apa yang Anda peroleh dari video pembelajaran ini?
  3. Apa saja hal yang sudah sangat baik dalam video ini?

Similar Posts

284 Comments

  1. Nama : ZUBAIDAH
    Nim : 856077466
    Mahasiswa : S1 – PGSD
    1. Proses pembelajaran yang dilakukan sangat menarik karena siswa diharuskan menyimak dengan baik untuk dapat menemukan pesan yang terkandung dalam cerita.
    2. Guru menyampaikan dengan lambat dan jelas juga menjadi kemudahan bagi siswa dalam proses menyimak.

  2. Nama : LEDY FRETTY PURBA
    Nim : 859877927
    Prodi: PGSD S-1/ Semester 2
    Pokjar: Simalungun
    UPBJJ: UT Medan
    MK : Pemantapan Kemampuan Profesional Guru

    1. Setelah saya menyaksikan dan mengamati tayangan pembelajaran yang terdapat didalam vidio tersebut, maka pendapat saya mengenai video pembelajaran tersebut adalah sangat bagus. Keaktifan siswa dalam pembelajaran, penggunaan bahasa (penyampaikan setiap kalimat yang tidak terburu-buru), serta metode mengajarnya membuat mahasiswa tidak mudah bosan. Guru memberikan kesempatan kepada siswa untuk bertanya, dan Guru mampu memberikan solusi terhadap tertanyaan siswa dengan kalimat yang mudah dipahami oleh siswa.

    2. Hal penting yang saya peroleh dari video ini adalah Guru mendampingi siswa dalam menerapkan metode Problem Based Learning (PBL) ke dalam proses pembelajaran. salah satu contohnya adalah adanya Diskusi kelompok karna Diskusi memiliki beberapa manfaat dalam pembelajaran. Selain dapat meningkatkan keaktifan siswa, diskusi tentu akan melatih siswa dalam berpikir kritis dan juga membangun rasa percaya diri siswa.

    3. Hal yang sudah sangat baik dalam video ini adalah Guru menyapa dan mengucapkan salam kepada Siswa. Guru memberikan arahan kepada siswa untuk konsentrasi memahami cerita, menuliskan dan memberikan kesempatan kepada siswa untuk membacakan apa yang di pahami dan di tuliskan oleh salah satu siswa dan guru tidak lupa memberikan apresisai/ reward kepada siswa yang sudah berani maju dan membacakan apa yang di tulis oleh siswa.

  3. Nama: Diana Ririn Maria Sihotang

    Nim : 856040944

    Prodi : PGSD S-1

    Salam kenal dan salam hormat semuanya Bapak/Ibu,
    Ijin menanggapi videonya.

    1). Tanggapan saya terkait mengenai video tersebut ialah sangat menarik dan menyenangkan

    2). Hal penting yang saya dapat setelah menonton video tersebut adalah bagaimana membuat susunan rangkaian pembelajaran yang rapi, mengawali/ membuka pembelajaran .
    video ini banyak memberi pengetahuan atau sebagai referensi bagi tenaga pengajar yakni cara mengelola kelas dan siswa , membuat siswa aktif dalam pembelajaran, melibatkan siswa dalam pembelajaran. menuntun siswa dalam memecahkan masalah dalam sebuah tugas/proyek serta menciptakan komunikasi yang baik dengan peserta didik.

    3). hal yang sudah sangat baik dari video tersebut ialah cara mengajarkan materi, dapat kita lihat videonya bahwa gurunya sangat berpengalaman sekali dalam membawakan pembelejaran dikelasnya yaitu bagaimana hasil yang didapat oleh siswa setelah guru memberi tugas dan keterlibatan /antusias siswa dalam video pembelajara tersebut.

    Terimakasih

  4. Nama : NURUL FADHILLAH
    NIM : 856029275
    Prodi : 118/PGSD S1
    Upbjj : Medan

    1. Menurut saya, video pembelajaran ini sangat membantu dan menambah wawasan kami sebagai pengajar dalam menerapkan metode yang menarik dan menyenangkan bagi siswa dalam KBM.
    2. Hal penting yang saya peroleh dari video ini adalah bagaimana langkah- langkah guru sebagai tutor/ pendamping siswa dalam menerapkan metode PBL ke dalam proses pembelajaran.
    3. Hal yang sudah sangat baik dalam video ini adalah antusiasme siswa dalam mengikuti jalannya KBM dengan penerapan metode PBl.

  5. Nama : Sekar mutiara
    Nim : 856022992
    Prodi : S1 PGSD
    1.Analisis saya pada video ini sangat membantu untuk proses pbm yang lebih baik dan juga unt menginspirasi dalam proses belajar mengajar karena dalam video tersebut aspek yang diterapkan sudah sangat baik dan komunikasi antara guru dan anak didik sudah baik juga, guru juga memiliki sikap tang menguasai kelah sehingga anak2 didik bersemangat.
    2.Hal penting yang saya dapat dari video ini yaitu saya lebih tau bagaimana sih penerapan pembelajaran yang baik? dan bagaimana sih membuat suasana kelas menjadi bersemangat?
    Jadi pertanyaan nya sudah terjawab pada video ini dan bisa kita lihat dalam video ini juga, Video tersebut sangat bermanfaat sekali untuk seorang pengajar. Intinya video ini memotivasi dan mendorong kita untuk bersemangat dan selalu menjadi pendidik yang profesional.
    3.Hal yang menarik anak didik selalu bersemangat dan antusias anak didik pun sangat baik selama pembelajaran berlangsung.Anak didik mempunyai sikap pemberani dalam mempresentasikan hasil analisa. Ini berkat seorang guru yang profesional membuat suasana kelas aktif dan kondusif
    Terimakasih

  6. Nama : NELLA RIA SITANGGANG
    NIM : 856023038
    Prodi : S-1 PGSD

    1. Bagaimana pendapat Anda mengenai Video Pembelajaran ini? dalam video pembelajaran ini sangat membantu dan menambah wawasan kami sebagai pengajar dalam menerapkan metode yang menarik dan menyenangkan bagi siswa dalam KBM.

    2.Hal penting apa yang Anda peroleh dari video pembelajaran ini? Hal penting yang saya peroleh dari video ini adalah bagaimana langkah- langkah guru sebagai tutor/ pendamping siswa dalam menerapkan metode PBL ke dalam proses pembelajaran.

    3. Apa saja hal yang sudah sangat baik dalam video ini?Hal yang sudah sangat baik dalam video ini adalah antusiasme siswa dalam mengikuti jalannya KBM dengan penerapan metode PBL.

  7. Nama: Dian Ratna Sari
    Nim : 857694443
    Prodi : S1 PGSD

    1. Pendapat saya mengenai video pembelajaran ini sangat membantu dan juga sangat menginspirasi di dalam proses pembelajaran. Selama proses pembelajaran berlangsung guru sangat menguasai materi dengan baik dan juga cara berkomunikasi dengan peserta didik juga sangat baik sehingga peserta didik mudah memahami sehingga bersemangat mengikuti pembelajaran.

    2. Hal penting yang saya peroleh dari video pembelajaran ini yaitu video ini banyak memberikan pengetahuan kepada pengajar dalam membuat susunan pembelajaran yang rapi dan sesuai dengan dengan materi yang diajarkan mulai dari mengawali kegiatan pembelajaran sampai akhir.

    3. Hal yang sudah sangat baik dari video ini yaitu bagaimana cara mengajarkan materi yang dibawakan, sudah sangat jelas dalam video ini bahwa guru sudah sangat menguasai materi yang dibawakan. Untuk melatih kerjasama peserta didik juga diberikan tugas secara berkelompok kemudian disuruh mempresentasikan sehingga melatih keberanian dan kepercayaan diri dari peserta didik.

  8. Nama : Rahma Yuke Sari lubis

    Nim : 856036439

    Prodi : S1 PGSD

    ijin saya menanggapi video tersebut
    1. Bagaimana pendapat Anda mengenai Video Pembelajaran ini?
    => Video pembelajaran ini sangat membantu kami sebagai guru agar bisa mengatur suasana menyenangkan dan bervariasi dalam mengajar, sehingga siswa bisa fokus dan bisa menerima pembelajarannya.

    2. Hal penting apa yang Anda peroleh dari video pembelajaran ini?
    => Pembelajaran apresiasi sastra melalui video ini mengajak siswa untuk langsung membaca, memahami, menganalisis, dan menikmati karya sastra secara langsung.

    3. Apa saja hal yang sudah sangat baik dalam video ini?
    => hal baik dalam video ini dimana saya diajarkan menjadi seorang guru untuk dapat mengembangkan kemampuan siswa dalam menikmati, menghayati, dan memahami isi cerita serta meningkatkan kemampuan pengetahuan dan berbahasa.

  9. Nama : Sri Utami
    Nim : 856024506
    Program Studi : 118/PGSD-S1

    1. Bagaimana pendapat Anda mengenai Video Pembelajaran ini?
    dalam video pembelajaran ini sangat membantu dan menambah wawasan kami sebagai pengajar dalam menerapkan metode yang menarik dan menyenangkan bagi siswa dalam KBM.
    2. Hal penting apa yang Anda peroleh dari video pembelajaran ini?
    Salah satu manfaat dari pembelajaran apresiasi sastra di sekolah dasar ini adalah memberi berbagai informasi tentang proses pengubahan sikap dan tata laku seseorang atau kelompok orang dalam usaha mendewasakan manusia melalui pengajaran dan latihan.
    3. Apa saja hal yang sudah sangat baik dalam video ini?
    Guru menyapa dan mengucapkan salam kepada Siswa. Guru memberikan arahan kepada siswa untuk konsentrasi memahami cerita, menuliskan dan memberikan kesempatan kepada siswa untuk membacakan apa yang di pahami dan di tuliskan oleh salah satu siswa dan guru tidak lupa memberikan apresisai/ reward kepada siswa yang sudah berani maju dan membacakan apa yang di tulis oleh siswa.

  10. Nama:Rizki Handayani
    Nim:856022946
    Prodi:S1 PGSD

    1. Pendapat saya mengenai video pembelajaran ini sangat membantu dan juga sangat menginspirasi di dalam proses pembelajaran. Selama proses pembelajaran berlangsung guru sangat menguasai materi dengan baik dan juga cara berkomunikasi dengan peserta didik juga sangat baik sehingga peserta didik mudah memahami sehingga bersemangat mengikuti pembelajaran.
    -videonya sangat menginspirasi utuk pengembangan KBM
    -video pembelajaran ini adalah sangat menarik dan menginspirasi bagi saya. Video tersebut menampilkan langkah-langkah pembelajaran yang baik mulai dari kegiatan pembuka, kegiatan inti, dan kegiatan penutup.
    2. Hal penting yang saya peroleh dari video pembelajaran ini yaitu video ini banyak memberikan pengetahuan kepada pengajar dalam membuat susunan pembelajaran yang rapi dan sesuai dengan dengan materi yang diajarkan mulai dari mengawali kegiatan pembelajaran sampai akhir.
    -Dari video tersebut kita dapat belajar hal apa yang kurang pada diri kita pada saat mengajar di kelas dan video tersebut bisa memotivasi kita untuk kedepannya bisa mengajar lebih baik dan profesional .
    -yang dapat diperoleh dalam vidio pembelajaran tersebut guru tersebut membuka sesi diskusi agar anak-anak aktif dalam memberikan pendapatnya masing-masing dan saya sebagai seorang pengajar terinspirasi dalam mengajar
    3. Hal yang sudah sangat baik dalam video ini adalah antusiasme siswa dalam mengikuti jalannya KBM dengan penerapan metode PBl.
    -Hal yang menarik dalam video tersebut adalah, adanya interaksi antar siswa dan pengajar, yang mana tidak membuat suasana kelas menjadi pasif.
    -Hal yang sudah sangat baik dalam video ini adalah Guru menyapa dan mengucapkan salam kepada Siswa. Guru memberikan arahan kepada siswa untuk konsentrasi memahami cerita, menuliskan dan memberikan kesempatan kepada siswa untuk membacakan apa yang di pahami dan di tuliskan oleh salah satu siswa dan guru tidak lupa memberikan apresisai/ reward kepada siswa yang sudah berani maju dan membacakan apa yang di tulis oleh siswa.

Leave a Reply