silahkan klik icon    jika video tidak dapat diputar

Sinopsis

Abdul Rozk Zaidean et. al. (1994: 35) dalam buku Kamus Istilah Sastra mengartikan apresiasi sastra adalah penghargaan atas karya sastra sebagai hasil pengenalan, pemahaman, penafsiran, penghayatan, dan penikmatan yang didukung oleh kepekaan batin terhadap nilai-nilai yang terkandung dalam karya sastra itu. Dalam melaksanakan apresiasi sastra anak dapat melakukan beberapa kegiatan, salah satunya     kegiatan apresiasi langsung

Kegiatan apresiasi langsung adalah kegiatan yang dilakukan secara sadar untuk memperoleh nilai kenikmatan dan kekhidmatan dari karya sastra anak yang diapresiasikan.Kegiatan apresiasi langsung meliputi kegiatan seperti:

  • Membaca sastra anak.
  • Mendengar sastra anak ketika dibacakan atau dideklamasikan.
  • Menonton pertunjukan sastra anak dipentaskan

 

Salah satu manfaat dari pembelajaran apresiasi sastra di sekolah dasar ini adalah memberi berbagai informasi tentang proses pengubahan sikap dan tata laku seseorang atau kelompok orang dalam usaha mendewasakan manusia melalui pengajaran dan latihan.

Salah satu cara yang dapat digunakan dalam melakukan pembelajaran apresiasi sastra adalah dengan metode  berkisah. Metode ini dapat diberikan oleh bapak atau ibu guru di  depan kelas dengan membawakan sebuah kisah. Secara lisan metode berkisah dapat disampaikan selama 15-25 menit untuk menarik perhatian siswa. Metode berkisah tidak sama dengan metode berceramah. Kisah tidak semata-mata disampaikan monoton dengan narasi, tetapi perlu selingan dialog dan humor dengan suara yang berubah-ubah.

Sedangkan Pelaksanaan pembelajaran apresiasi sastra anak di sekolah dasar dapat dimulai dari kegiatan pra-KBM (Kegiatan Belajar Mengajar) hingga KBM di kelas. Kegiatan pra-KBM dapat dilakukan dengan memberi salinan atau kopi teks sastra, diberi tugas membaca, menghafalkan, meringkas atau mencatat dan menemukan arti kata-kata sukar yang terdapat dalam teks sastra. KBM di kelas dapat dilakukan dengan memberi tugas membaca sajak, membaca cerita, berdeklamasi atau mendongeng di depan kelas. Setelah itu baru diadakan tanya jawab, menuliskan pendapat, dan berdiskusi bersama merumuskan isi, tema, dan amanat.

Pembelajaran apresiasi sastra yang monoton terdakang membuat siswa menjadi takut untuk berkespresi. Maka diperlukan model pembelajaran yang beroritasi pada sisiwa dan membuat siswa menjadi lebih tertarik. Problem based learning dapat menjadi salah satu cara sebagai alternative pembelajaran apresiasi sastra di sekolah dasar. Siswa akan berdialog dan praktik langsung untuk melakukan apresiasi sastra.

Selamat menyaksikan.

PERTANYAAN PEMACU DISKUSI

  1. Bagaimana pendapat Anda mengenai Video Pembelajaran ini?
  2. Hal penting apa yang Anda peroleh dari video pembelajaran ini?
  3. Apa saja hal yang sudah sangat baik dalam video ini?

Similar Posts

284 Comments

  1. Nama: Dinda Khoirunisa
    Nim : 857359933
    Prodi : S1 PGSD
    UPBJJ : BOGOR

    1. Pendapat saya mengenai video pembelajaran ini sangat membantu dan juga sangat menginspirasi di dalam proses pembelajaran. Selama proses pembelajaran berlangsung guru sangat menguasai materi dengan baik dan juga cara berkomunikasi dengan peserta didik juga sangat baik sehingga peserta didik mudah memahami sehingga bersemangat mengikuti pembelajaran.

    2. Hal penting yang saya peroleh dari video pembelajaran tersebut adalah video ini sangat banyak memberikan pengetahuan kepada guru dalam membuat susunan pembelajaran yang rapih dan sesuai dengan dengan materi yang akan diajarkan yang dimana dimulai dari mengawali kegiatan pembelajaran hingga sampai akhir pembelajaran. dan membuat peserta didik selalu kreatif dalam proses pembelajaran.

    3. Hal yang sudah sangat baik dari video ini yaitu bagaimana cara mengajarkan materi yang dibawakan, sudah sangat jelas dalam video ini bahwa guru sudah sangat menguasai materi yang dibawakan. Untuk melatih kerjasama peserta didik juga diberikan tugas secara berkelompok kemudian disuruh mempresentasikan sehingga melatih keberanian dan kepercayaan diri dari peserta didik. sehingga membuat tidak menjadi pasif melainkan menjadi aktif.

  2. Nama : Chantika Dewi
    Nim : 856029236
    Prodi : PGSD-S1

    1. Bagaimana pendapat Anda mengenai Video Pembelajaran ini?
    Menurut pendapat saya tentang video pembelajaran diatas adalah, sudah cukup baik dan terstruktur, mulai dari kegiatan pembuka, kegiatan inti dan kegiatan penutup. Guru juga menyampaikan bahan ajar yang sangat menyenangkan, sehingga buat para siswa lebih antusias dalam mengikuti pelajaran dan mudah memahami materi yang disampaikan dengan baik.

    2. Hal penting apa yang Anda peroleh dari video pembelajaran ini?
    Hal penting yang saya peroleh adalah, bahwa memberikan pembelajaran yang menyenangkan kepada siswa sangat berpengaruh untuk membangkitkan semangat belajar dan memotivasi siswa itu lebih giat belajar.

    3. Apa saja hal yang sudah sangat baik dalam video ini?

    Hal yang sudah sangat baik dalam video diatas adalah pelaksanaan pembelajaran yang terstruktur, menggunakan metode berkisah dan problem based learning, model pembelajaran yang beroritasi pada sisiwa dan membuat siswa menjadi lebih tertarik. Sehingga tidak monoton dan siswa berani untuk mempresentasikan hasil yg dia peroleh.

  3. Nama : Niah
    NIM : 857161613
    Pokjar : UPBJJ Pokjar Pakisjaya-Kab. Karawang Provinsi Jabar
    1. Setelah saya amati dalam siaran video tersebut bahwa dalam penyampaian materi pembelajaran sudah menggunakan bahasa yang mudah di pahami oleh peserta didik.
    2. Kekurangan pada video tersebut yaitu :
    -Guru tidak melakukan kegiatan pendahuluan seperti : Persiapan peserta didik, pengecheckan kerapihan peserta didik, pengecheckan kehadiran peserta didik dan berdoa terlebih dahulu yang dilakukan secara bersama-sama yang di pimpin oleh ketua kelas.
    3. Kelebihan pada video tersebut, yaitu:
    – Guru membuka kelas dengan melakukan kegiatan menyapa kepada anak-anak yang ada di kelas
    – Memotivasi anak dengan melakukan tepuk “Anak Hebat” secara bersama-sama
    – Menjelaskan dan menjabarkan orientasi masalah yang akan dibahas terkait pembelajaran di kelas
    – Melakukan kegiatan akhir di akhir pembelajaran dengan menarik dan menyenangkan.

  4. Nama : Niah
    NIM : 857161613
    Pokjar : UPBJJ Pokjar Pakisjaya-Kab. Karawang Provinsi Jabar
    1. Setelah saya amati dalam siaran video tersebut bahwa dalam penyampaian materi pembelajaran sudah menggunakan bahasa yang mudah di pahami oleh peserta didik.
    2. Kekurangan pada video tersebut yaitu :
    -Guru tidak melakukan kegiatan pendahuluan seperti : Persiapan peserta didik, pengecheckan kerapihan peserta didik, pengecheckan kehadiran peserta didik dan berdoa terlebih dahulu yang dilakukan secara bersama-sama yang di pimpin oleh ketua kelas.
    3. Kelebihan pada video tersebut, yaitu:
    – Guru membuka kelas dengan melakukan kegiatan menyapa kepada anak-anak yang ada di kelas
    – Memotivasi anak dengan melakukan tepuk “Anak Hebat” secara bersama-sama
    – Menjelaskan dan menjabarkan orientasi masalah yang akan dibahas terkait pembelajaran di kelas
    – Melakukan kegiatan akhir di akhir pembelajaran dengan menarik dan menyenangkan.

  5. Nama : Niah
    NIM : 857161613
    Pokjar : UPBJJ Pokjar Pakisjaya-Kab. Karawang Provinsi Jabar
    1. Setelah saya amati dalam siaran video tersebut bahwa dalam penyampaian materi pembelajaran sudah menggunakan bahasa yang mudah di pahami oleh peserta didik.
    2. Kekurangan pada video tersebut yaitu :
    -Guru tidak melakukan kegiatan pendahuluan seperti : Persiapan peserta didik, pengecheckan kerapihan peserta didik, pengecheckan kehadiran peserta didik dan berdoa terlebih dahulu yang dilakukan secara bersama-sama yang di pimpin oleh ketua kelas.
    3. Kelebihan pada video tersebut, yaitu:
    – Guru membuka kelas dengan melakukan kegiatan menyapa kepada anak-anak yang ada di kelas
    – Memotivasi anak dengan melakukan tepuk “Anak Hebat” secara bersama-sama
    – Menjelaskan dan menjabarkan orientasi masalah yang akan dibahas terkait pembelajaran di kelas
    – Melakukan kegiatan akhir di akhir pembelajaran dengan menarik dan menyenangkan.

  6. Nama : Niah
    NIM : 857161613
    Pokjar : UPBJJ Pokjar Pakisjaya-Kab. Karawang Provinsi Jabar
    1. Setelah saya amati dalam siaran video tersebut bahwa dalam penyampaian materi pembelajaran sudah menggunakan bahasa yang mudah di pahami oleh peserta didik.
    2. Kekurangan pada video tersebut yaitu :
    -Guru tidak melakukan kegiatan pendahuluan seperti : Persiapan peserta didik, pengecheckan kerapihan peserta didik, pengecheckan kehadiran peserta didik dan berdoa terlebih dahulu yang dilakukan secara bersama-sama yang di pimpin oleh ketua kelas.
    3. Kelebihan pada video tersebut, yaitu:
    – Guru membuka kelas dengan melakukan kegiatan menyapa kepada anak-anak yang ada di kelas
    – Memotivasi anak dengan melakukan tepuk “Anak Hebat” secara bersama-sama
    – Menjelaskan dan menjabarkan orientasi masalah yang akan dibahas terkait pembelajaran di kelas
    – Melakukan kegiatan akhir di akhir pembelajaran dengan menarik dan menyenangkan.

  7. Nama : rindi Mayang sari
    Nim. : 856024015
    Pokjar : Asahan
    PGSD-S1

    1.pendapat saya mengenai video di atas sangat memotivasi saya sebagai guru yang bijak dalam mengapresiasi proses pembelajaran dengan tenang .dimana pelajaran sastra yang di ajarkan oleh bapak guru di atas sangat mudah di pahami oleh anak didiknya

    2.hal penting yang saya dapatkan dari video pembelajaran di atas yaitu tentang siswa yang begitu tenang dalam belajar ,mendengarkan guru dan menyajikan tanya jawab yang begitu bagus

    3.hal yang sudah sangat baik dalam video di atas yaitu tentang komunikasi guru dengan murid yang sangat baik sehingga melahirkan pembelajaran yang bermanfaat

  8. Nama : rindi Mayang sari
    Nim. : 856024015
    Pokjar : Asahan
    PGSD-S1

    1.pendapat saya mengenai video di atas sangat memotivasi saya sebagai guru yang bijak dalam mengapresiasi proses pembelajaran dengan tenang .dimana pelajaran sastra yang di ajarkan oleh bapak guru di atas sangat mudah di pahami oleh anak didiknya

    2.hal penting yang saya dapatkan dari video pembelajaran di atas yaitu tentang siswa yang begitu tenang dalam belajar ,mendengarkan guru dan menyajikan tanya jawab yang begitu bagus

    3.hal yang sudah sangat baik dalam video di atas yaitu tentang komunikasi guru dengan murid yang sangat baik sehingga melahirkan pembelajaran yang bermanfaat

  9. Nama : Anggi Sugian putri
    Nim : 856042504
    Prodi : S1 PGSD

    1. Menurut pendapat saya tentang Vidio pembelajaran tersebut memberikan pengetahuan dan pemahaman yang gampang di pahami oleh siswa dalam kegiatan belajar mengajar. Dengan menggunakan komunikasi yang efektif sehingga membuat suasana kelas yang menyenangn dan memberikan metode pembelajaran yang menarik untuk diikuti oleh peserta didik sehingga anak2 tertarik untuk mengikuti pelajaran yang tela diberikan oleh guru.

    2. Hal yang penting yang saya ambil yaitu memberikan pelajaran dan memberikan pengalaman dari cerita tersebut akan makna kehidupan tentang si kancil dan buaya. Sehingga anak/peserta didik bisa mengikuti alur cerita dan menjawab pertanyaan yang di berikan oleh guru.

    3. Menurut saya hal yang sangat baik didalam video ini setiap materi yang disampaikan dijelaskan dengan jelas dan diikuti dengan contoh. Sehingga membuat para penonton Vidio juga ikut menerapkan pembelajaran disekolah nya masing-masing.

  10. Nama : Azmilita
    Nim. : 856020784
    Program studi : S1 PGSD

    1. Menurut saya, Vidio ini sangat menyenangkan dan sangat membantu kami dalam mengajar siswa dan siswi, dan memaksimalkan pencapaian tujuan pembelajaran dalam waktu yang singkat .

    2. Hal yang dapat saya peroleh dalam Vidio ini adalah dapat mendorong anak didik agar lebih semangat lagi belajarnya dan soal pemicu siswa untuk berpikir dengan cepat dengan dihadirkan guru bertanya kepada siswa dengan pertanyaan pertanyaan sederhana atau mudah

    3. Hal yang sudah sangat baik dalam Vidio ini adalah
    Guru sangat baik dalam menjelaskan materinya, dan menumbuhkan atau mengajarkan nilai nilai kepada siswa tentang pembelajaran

Leave a Reply