silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar
Sinopsis
Lingkungan hidup yang kita nikmati saat ini adalah suatu anugerah ciptaan tuhan Yang Maha Esa. Lingkungan hidup sebagai tempat hidup dan berinteraksnya manusia dengan mahluk hidup lain dipermukaan bumi diatas lingkungan hidup ini. Lingkungan hidup memiliki dua komponen, yaitu biotik dan abiotik. Kedua kompenen ini tidak dapat dipisahkan satu dengan yang lainnya.
Sayangnya, dalam interaksi antara manusia dengan dua kompenen lingkungan hidup ini, seringkali menimbulkan efek yang kurang baik. Misalnya saja ulah perbuatan manusia yang tidak bertanggungjawab menimbulkan kerusakan lingkungan abiotik bahkan tidak jarang membuat komponen biotik menjadi mati.
Tentunya hal ini dapat dicegah sebelum semakin banyak kerusakan di muka bumi. Salah satu caranya adalah dengan mengedukasi sejak dini kepada siswa siswi, agar mereka memiliki bekal kecakapan hidup dan rasa peka terhadap lingkungan hidup.
Dalam video ini ditampilkan langkah kecil yang dapat dilakukan untuk mencegah kerusakan lingkungan hidup dalam model pembelajaran Project Based Learning dengan materi Lingkungan biotik dan abiotik serta cara menjaga keseimbangan ekosistem. Siswa akan berdialog tentang kerusakan lingkungan dan mereka akan membuat projek sebagai salah satu cara mencegahnya, dengan menggunakan botol bekas.
PERTANYAAN PEMACU DISKUSI
- Bagaimana pendapat Anda mengenai Video Pembelajaran Berbasis Proyek (PjBL) ini?
- Hal penting apa yang Anda peroleh dari video pembelajaran ini?
- Apakah tayangan video ini sesuai dengan kebutuhan Anda dalam mengajar atau merancang pembelajaran?
- Apa saja hal yang sudah sangat baik dalam video ini?
Nama = REVORMARNIAT ZENDRATO
Nim = 855853776
UPBJJ = MEDAN
Prodi = PGSD
Menanggapi video diatas, Video pembelajaran diatas sudah Bagus karena terlihat runtut dan kelas juga terkondisikan dengan baik.
Divideo juga terlihat Seorang guru sudah menggunakan model pembelajaran yang cukup menarik sehingga membangun keaktifan dari siswa yang ada dikelas. Model Pembelajaran yang digunakan kali ini adalah PJBL, model pembelajaran berbasis Projek yang diikuti oleh beberapa sintak yang sesuai.
Seluruh siswa terlihat antusias dan senang dengan pembelajaran yang dibawakan karena memang sesuai dengan yang ada dikehidupan nyata. Hal ini juga membuat anak-anak juga menjadi lebih kreatif, saling bekerja sama dengan kelompoknya dimulai dengan berdiskusi, membuat jadwal dan membuat hasil dari ide yang mereka utarakan. Anak-anak juga belajar untuk menganalisa kekurangan dari produk yang mereka buat sendiri.
Terima kasih
Nama : Desi Kharisma Savitri
NIM : 856982578
UPBJJ UT : Bandar Lampung
Pokjar : Bumi Ratu Nuban
Prodi : S1-PGSD
Menanggapi Video Pembelajaran tersebut, menurut saya penerapan model pembelajaran PJBL sangat bagus sesuai dengan strategi dan metode yang dipilih selain itu langkah-langkah pembelajaran di susun dengan runtun sehingga siswa sangat aktif dan suasana belajar sangat interaktif. Dalam pelaksanaanya Model pembelajaran PJBL memberikan pengalaman secara langsung kepada siswa berkaitan dengan kehidupan nyata, sehingga membantu meningkatkan hasil belajar siswa. Hal penting yang saya peroleh adalah kegiatan pembelajaran dengan model pembelajaran tersebut memicu kreatifitas siswa dalam berkarya sehingga nantinya kemampuan berkreasi siswa akan terasah. tayangan video pembelajaran tersebut juga sangat bermanfaat bagi saya untuk diimplementasikan nantinya pada kelas yang saya ajar. Hal yang sangat baik menurut saya pada video pembelajaran tersebut adalah, model pembelajaran PJBL dapat memaparkan sebab akibat masalah yang sering terjadi di kehidupan masyarakat sehingga tumbuhlah naluri kesadaran dan memberikan pengalaman belajar yang baik bagi setiap siswa.
Nama : Khusnul hatimah
NIM : 858094705
UPBJJ UT : Pontianak
Pokjar : Kubu Raya
Prodi : S1-PGSD
Pada video yang yang ditayangan bahwa proses pembelajaran yang dilakukan dalam materi IPAS sudah baik dilakukan oleg guru tersebut. secara keseluruhan pembelajaran yang dilakukan sudah baik, dari kegaitan awal hingga kegiatan evluasi. Penerapan model pembelajaran PJBL sangat bagus sesuai dengan strategi dan metode yang dipilih selain itu langkah-langkah pembelajaran di susun dengan runtun sehingga siswa sangat aktif dan suasana belajar sangat interaktif. Dalam pelaksanaanya Model pembelajaran PJBL memberikan pengalaman secara langsung kepada siswa berkaitan dengan kehidupan nyata, sehingga membantu meningkatkan hasil belajar siswa. Hal penting yang saya peroleh adalah kegiatan pembelajaran dengan model pembelajaran tersebut memicu kreatifitas siswa dalam berkarya sehingga nantinya kemampuan berkreasi siswa akan terasah. tayangan video pembelajaran tersebut juga sangat bermanfaat bagi saya untuk diimplementasikan nantinya pada kelas yang saya ajar. Hal yang sangat baik menurut saya pada video pembelajaran tersebut adalah, model pembelajaran PJBL dapat memaparkan sebab akibat masalah yang sering terjadi di kehidupan masyarakat sehingga tumbuhlah naluri kesadaran dan memberikan pengalaman belajar yang baik bagi setiap siswa.
Nama : Mohammad Subhan
Nim: 858811136
Upbjj : UT-MALANG
Prodi : S1-PGSD
Menanggapi video tersebut pembelajaran sudah dilakukan dengan baik dan runtut mulai dari guru melakukan pembukaan dan apersepsi guru membuka pelajaran dengan pertanyaan pemantik yang membuka pikiran siswanya disambungkan dengan materi sebelumnya selanjutnya metode yang digunakan oleh guru sudah bagus,guru menggunakan metode PBL(Problem based Learning) sehingga siswa berperan aktif dalam kegiatan pembelajaran hal ini membuat pembelajaran efektif, efisien dan menyenangkan sehingga tujuan pembelajaran dapat tercapai.
Terimakasih
NAMA : MIRNA SUSIANA
NIM : 85600627
SEMESTER : 8 AKPMM
PRODI : PGSD
UPBJJ : SUMATRA UTARA,
LABUHANBATU UTARA
Assalamu’alaikum wr.wb.
Dalam Menanggapi video ini. Video pembelajaran diatas sudah Bagus karena Hal penting apa yang dapat diperoleh dari video pembelajaran ini adalah memberikan pengalaman pembelajaran yang mendalam, berpusat pada siswa, dan relevan dengan kebutuhan dunia nyata,terlihat runtut dan kelas juga terkondisikan dengan baik.
Divideo juga terlihat Seorang guru sudah menggunakan model pembelajaran yang cukup menarik sehingga membangun keaktifan dari siswa yang ada dikelas. Model Pembelajaran yang digunakan kali ini adalah PJBL, model pembelajaran berbasis Projek yang diikuti oleh beberapa sintak yang sesuai.
Seluruh siswa terlihat antusias dan senang dengan pembelajaran yang dibawakan karena memang sesuai dengan yang ada dikehidupan nyata. Hal ini juga membuat anak-anak juga menjadi lebihpenjelasan guru dengan tenang, anak anak menjadi lebih kreatif karena pembelajaran yang di bawakan sesuai dengan kehidupan nyata. Anak berdiskusi kelompok dengan tertib, anak mampu membuat jadwal dan mengutarakan ide mereka Tayangan video ini sangat sesuai dengan kebutuhan saya dalam mengajar dan merancang pembelajaran berbasis proyek ini memungkinkan siswa dapat melihat koneksi antara apa yang mereka pelajari di kelas dengan dunia nyata.
NAMA : MIRNA SUSIANA
NIM : 85600627
SEMESTER : 8 AKPMM
PRODI : PGSD
UPBJJ : SUMATRA UTARA,
LABUHANBATU UTARA
Assalamu’alaikum wr.wb.
Dalam Menanggapi video ini. Video pembelajaran diatas sudah Bagus karena Hal penting apa yang dapat diperoleh dari video pembelajaran ini adalah memberikan pengalaman pembelajaran yang mendalam, pada siswa, dan relevan dengan kebutuhan dunia nyata,terlihat runtut dan kelas juga terkondisikan dengan baik.
Divideo juga terlihat Seorang guru sudah menggunakan model pembelajaran yang cukup menarik sehingga membangun keaktifan dari siswa yang ada dikelas. Model Pembelajaran yang digunakan kali ini adalah PJBL, model pembelajaran berbasis Projek yang diikuti oleh beberapa sintak yang sesuai.
Seluruh siswa terlihat antusias dan senang dengan pembelajaran yang dibawakan karena memang sesuai dengan yang ada dikehidupan nyata. Hal ini juga membuat anak-anak juga menjadi lebihpenjelasan guru dengan tenang, anak anak menjadi lebih kreatif karena pembelajaran yang di bawakan sesuai dengan kehidupan nyata.
Nama : MIRNA SUSIANA
PRODI : PGSD
UPBJJ : SUMATRA UTARA, LABUHANBATU UTARA
Dalam video di atas Hal-hal yang dapat ditambahkan dari kegiatan tersebut yaitu seperti sebelum belajar seorang guru melakukan kegiatan berdoa sebelum belajar menurut agama masing-masing, melakukan absensi dan menekankan tujuan pembelajaran pada hari, pada kegiatan penutup dapat menyampaikan beberapa kesimpulan secara rinci tentang materi yang telah dipelajari dan memberikan umpan balik kepada siswa, lalu disertai dengan berdoa pada akhir pembelajaran tersebut
Nama : Fherdy Irawan
NIM : 856982578
UPBJJ UT : Bandar Lampung
Pokjar : Tulang Bawang Udik
Saya menanggapi video tersebut, menurut saya tentang metode Project Based Learning (PjBL) yang digunakan dalam video tersebut sudah benar dan baik digunakan karna bisa membuat siswa berperan aktif mengemukakan pendapat nya melalui pertanyaan pertanyaan pemantik yang diberikan oleh guru, selain itu dengan siswa yang secara langsung dibimbing untuk mengerjakan sebuah project secara berkelompok juga akan melatih mereka berdiskusi satu sama lain untuk membuat sebuah rancangan project yang akan dikerjakan bersama, menyelesaikan permasalahan untuk mengolah limbah botol plastik menjadi benda yang memiliki nilai tambah, siswa juga diajarkan untuk membuat jadwal dan berkomitmen menyelesaikan project mereka pada deadline yang sudah ditentukan. untuk peran guru disini juga sangat baik dalam memantau siswa bahkan ketika mengerjakan pekerjaan dirumah melalui kiriman video atau video call, apresiasi yang diberikan kepada siswa setelah projectnya selesai dengan penghargaan dan koreksi agar siswa bisa menyebutkan kekurangan dari setiap produk mereka, selain itu evaluasi dan refleksi tentang pembelajaran yang sudah dilakukan dan kesulitan apa yang siswa alami juga sudah disertakan.
kemudian hal penting yang saya ambil dari sini adalah selama berjalannya pembelajaran dan siswa yang menjadi pelaku utama dalam proses pembelajaran, sementara guru hanya berperan menjadi fasilitator yang membimbing proses pembelajaran.
menurut saya ini cukup sesuai kebutuhan untuk mengajar dan merancang pembelajaran, hanya saja ini hanya bisa terjadi jika dan hanya jika keadaan kelas sudah terkondisikan dengan tertib, keadaan diskusi harusnya dibimbing secara berkala supaya tidak terjadi kebisingan dalam proses diskusi.
secara keseluruhan video ini sudah sangat baik.
terima kasih.
Nama : Sri Rahayu Hardini
Nim : 855854477
UPBJJ UT : Medan
Pokjar : Labuhanbatu selatan
Prodi : S1-PGSD
Menurut saya video di atas sangat menarik,dimana kelihatan seorang guru yang dapat menguasai kelas,dengan terlihatnya seluruh siswa terlihat kondusif,dan semangat.dan dalam video di atas mata pelajaran IPAS sudah baik dilakukan oleh guru tersebut,dengan diadakannya pembukaan yang membangkitakan semangat siswa serta mengarahkan siswa kepada pembelajaran yang baik,diikuti oleh tanggapan positif siswa tentang materi yang disampaikan dimana guru membawa siswa berimajinasi untuk mengkhayalkan apa apa saja yang ada di pantai,mencari informasi siapa saja yang sudah pernah kepantai,yang merupakan pengalaman langsung yang siswa alami.Respon siswa juga sangat baik dimana siswa dapat menjawab pertanyaan pertanyaan yang diberikan guru kepada mereka,yang menguji dengan memberikan pertanyaan pertanyaan sesuai pengalam pribadi mereka yang dimana bertanya apa apa saja yang ada dipantai,yang mendorong kreatifitas siswa dalam berfikir.Tidak lupa guru juga mengulas pelajaran yang sudah lalu yang mengkaitkan dengan pembelajaran selanjutnya,yang mendorong siswa untuk memahami bahwasannya mata pelajarannya berkaitan,dan informasi baru yang di sampaikan guru menarik perhatian siswa,seperti paus yang memakan sampah,yang bisa mengajarkan siswa untuk menjaga kebersihan.
Menurut saya tayangan video pembelajaran tersebut juga sangat bermanfaat bagi saya untuk diimplementasikan nantinya pada kelas yang saya ajar. Hal yang sangat baik menurut saya pada video pembelajaran tersebut adalah, model pembelajaran PJBL dapat memaparkan sebab akibat masalah yang sering terjadi di kehidupan masyarakat sehingga tumbuhlah naluri kesadaran dan memberikan pengalaman belajar yang baik bagi setiap siswa.
saya juga yakin apa yang saya rasa ini juga dirasakan oleh para pendidik yang lainnya.
Nama : Indah Dwi Anggraeni
NIM : 856080962
UPBJJ UT : Batam
Pokjar : Batam
Prodi : S1-PGSD
Video tersebut menarik. Mulai dari pembukaan, inti dan penutupan
Kelas dibuka dengan energi positif yang dibawa oleh guru sehinghga menularkan semangat terhadap anak-anak
Guru membawa media ke dalam pembelajaran berupa layar gambar pantai, mengikutsertakan siswa untuk berpikir dan bertanya tentang pantai untuk mengetahui sejauh mana pengetahuan siswa tentang pantai
Model PjBL memiliki kelebihan yang salah satunya dapat melatih siswa dalam memperluas pemikirannya mengenai sesuatu dalam kehidupan nyata anak