silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar
Sinopsis
Lingkungan hidup yang kita nikmati saat ini adalah suatu anugerah ciptaan tuhan Yang Maha Esa. Lingkungan hidup sebagai tempat hidup dan berinteraksnya manusia dengan mahluk hidup lain dipermukaan bumi diatas lingkungan hidup ini. Lingkungan hidup memiliki dua komponen, yaitu biotik dan abiotik. Kedua kompenen ini tidak dapat dipisahkan satu dengan yang lainnya.
Sayangnya, dalam interaksi antara manusia dengan dua kompenen lingkungan hidup ini, seringkali menimbulkan efek yang kurang baik. Misalnya saja ulah perbuatan manusia yang tidak bertanggungjawab menimbulkan kerusakan lingkungan abiotik bahkan tidak jarang membuat komponen biotik menjadi mati.
Tentunya hal ini dapat dicegah sebelum semakin banyak kerusakan di muka bumi. Salah satu caranya adalah dengan mengedukasi sejak dini kepada siswa siswi, agar mereka memiliki bekal kecakapan hidup dan rasa peka terhadap lingkungan hidup.
Dalam video ini ditampilkan langkah kecil yang dapat dilakukan untuk mencegah kerusakan lingkungan hidup dalam model pembelajaran Project Based Learning dengan materi Lingkungan biotik dan abiotik serta cara menjaga keseimbangan ekosistem. Siswa akan berdialog tentang kerusakan lingkungan dan mereka akan membuat projek sebagai salah satu cara mencegahnya, dengan menggunakan botol bekas.
PERTANYAAN PEMACU DISKUSI
- Bagaimana pendapat Anda mengenai Video Pembelajaran Berbasis Proyek (PjBL) ini?
- Hal penting apa yang Anda peroleh dari video pembelajaran ini?
- Apakah tayangan video ini sesuai dengan kebutuhan Anda dalam mengajar atau merancang pembelajaran?
- Apa saja hal yang sudah sangat baik dalam video ini?
NAMA : ROYHAN IQBAL NIZAR
NIM : 856991728
Menurut pendapat saya setelah mengamati video pembelajaran model Problem Based Learning ini dapat meningkatkan daya berpikir siswa, meningkatkan keaktifan siswa dalam belajar. Guru memberikan apersepsi dan pertanyaan pemantik yang dapat merangsang daya berpikir siswa.
Dari video pembelajaran ini saya memperoleh pengetahuan baru bahwa untuk meningkatkan keaktifan siswa dalam kegiatan belajar mengajar saya harus merangsang daya berpikir siswa. Video juga dapat menjadi acuan saya dalam merancang pembelajaran dikelas saya.
Hal baik dalam video ini adalah guru menggunakan media pembelajaran berupa PPT yang berisi gambar sehingga dapat menarik perhatian siswa. Guru dan peserta melakukan tanya jawab sehingga kelas terlihat aktif. Guru juga membimbing siswa dalam melakukan diskusi
Video Pembelajaran Berbasis Proyek (PjBL) tersebut sangat bagus dan menarik, dalam video tersebut guru telah mengimplementasikan sintak dari model Project Based Learning (PjBL) dengan memberi pertanyaan tahap awal sebagai langkah awal kegiatan pembelajaran, serta guru mengulang pembelajaran pada minggu sebelumnya guna memberi penguat untuk ingatan siswa dalam mengingat materi pembelajaran. Pembelajaran berbasis proyek ini merupakan kesempatan bagi siswa untuk bisa menciptakan barang yang dapat digunakan dan terbuat dari sampah plastik. Siswa juga terlihat antusias dan senang dengan kegiatan pembelajaran yang berlangsung karena sesuai dengan kehidupan nyata. Sebelum kegiatan pembelajaran berlangsung, seorang guru melakukan kegiatan berdoa menurut agama dan kepercayaan masing-masing, melakukan absensi dan menekankan tujuan pembelajaran pada hari ini, pada akhir kegiatan, guru dapat menyampaikan beberapa kesimpulan secara rinci tentang materi yang telah dipelajari. Hal baik yang yang terdapat dalam video di atas adalah siswa dapat mengenal kelebihan dan kekurangan barang yang mereka buat. Disini peran guru sebagai motivator dapat mendorong siswa dalam meningkatkan pengembangan kegiatan belajar siswa sehingga proses pembelajaran dapat berjalan dengan baik.
Nama : Fierlin Sariani Hutagaol
Nim : 855857243
Menurut saya video pembelajaran IPAS ini sangat menarik dengan menggunakan model pembelajaran berbasis proyek , karena dalam pembelajaran guru senantiasa membuat atau menarik perhaatian sehingga murid berpikir kritis dan mengikuti pembelajaran dengan semangat .
Hal prositif dari video pembelajaran tersebut ialah kemampuan model PJBL untuk mengatasi masalah-masalah kehidupan sehari-hari dengan pembelajaran, yang dapat membangkitkan kesadaran siswa dan memberikan pengalaman belajar yang berarti bagi mereka.
Menurut saya, Metode pembelajaran yang diterapkan kurang efektif dalam menarik minat dan partisipasi siswa. Hal ini menyebabkan siswa sulit fokus dan tidak dapat memahami materi dengan baik, sehingga berakibat pada rendahnya hasil belajar.
Kurangnya motivasi dan minat belajar pada diri siswa juga menjadi faktor penghambat. Ditambah dengan keterbatasan sarana dan prasarana seperti alat peraga dan media pembelajaran yang tidak lengkap, membuat proses belajar mengajar menjadi tidak optimal.
Nama : Tauvik Fajar Yandi
NIM : 821830515
Pokjar : Rawapitu
Matkul : PKP
UPBJJ-UT : Bandar Lampung
Menurut saya setelah saya menonton keseluruhan isi video, Pembelajaran yang dilakukan oleh pak guru dengan menggunakan media slide show dan model pembelajaran berbasis proyek (Project Based Learning/PBL) merupakan kombinasi yang menarik dan efektif untuk meningkatkan keterlibatan dan pemahaman siswa.
Media slide show dapat menjadi alat yang sangat efektif dalam menyajikan informasi secara visual dan menarik. Dengan menggunakan gambar, grafik, dan teks yang relevan, guru dapat membantu siswa untuk memahami konsep-konsep yang kompleks dengan lebih baik. Selain itu, slide show juga memungkinkan guru untuk menyajikan materi secara terstruktur dan mudah dipahami, serta memperkaya pengalaman belajar siswa melalui audiovisual.
Sementara itu, model pembelajaran berbasis proyek menawarkan pendekatan yang lebih terlibat dan kontekstual. Dengan memberikan proyek-proyek yang berhubungan dengan kehidupan nyata, siswa memiliki kesempatan untuk mengembangkan keterampilan berpikir kritis, kolaborasi, dan pemecahan masalah. Mereka tidak hanya belajar tentang konsep-konsep tertentu, tetapi juga menerapkannya dalam konteks yang relevan dan bermakna.
Kombinasi antara media slide show dan model pembelajaran berbasis proyek dapat menciptakan pengalaman belajar yang menyeluruh dan berkesan bagi siswa. Melalui media slide show, guru dapat memperkenalkan konsep-konsep dasar secara sistematis, sementara melalui proyek-proyek berbasis proyek, siswa dapat mengaplikasikan konsep-konsep tersebut dalam konteks yang nyata dan menarik.
Namun, dalam mengimplementasikan kedua pendekatan ini, penting bagi guru untuk memastikan bahwa materi yang disajikan relevan dengan kebutuhan dan minat siswa, serta memberikan dukungan yang cukup dalam proses pembelajaran. Selain itu, peran guru sebagai fasilitator dan pembimbing sangatlah penting dalam membimbing siswa melalui proses pembelajaran yang berbasis proyek. Dengan demikian, pembelajaran dengan media slide show dan model pembelajaran berbasis proyek dapat menjadi cara yang efektif untuk meningkatkan keterlibatan dan pemahaman siswa dalam proses belajar mereka.
Nama : Ani Nainul Fauziah
Nim : 856997926
Pokjar : ut hmpti
Upbjj : Bandar Lampung
1. Menurut saya, dalam video tersebut, seorang guru mamasuki kelas, dengan suasana kelas yang sangat kondusif, gitu tersebut bertanya kepada siswanya tentang pantai, apa itu pantai? , bagaimana keadaan pantai ketika banyak orang yang mengunjungi pantai?
Di pantai ada apa saja?,
Metode atau model pembelajaran ini sangat baik untuk siswa, karena siswa dapat ber eksplor, melalui, berdiskusi, berbicara di depan kelas, apa saja yang siswa ketshui di pantai, serta sampai mana siswa mengetahui tentang pantai.
2. Yang dapat saya ambil atau yang dapat saya simpulkan dari video tersebut, bahwa menjadi seorang guru tidak hanya mengajar hanya dari buku atau pandusn saja, namun dapat pula melalui pengalaman siswa seperti dalam video, peristiwa apa saja yang dilakukan siswa, membuat suatu kerajinan tangan dari sampah – sampah yang siswa dapatkan, lalu siswa dapat membuat kerajinan tangan dari sampah(botol) tersebut.
3. Dalam video tersebut sangat bermanfaat untuk saya, yang mana siswa dapat memaparkan atau mempersetasikan apa yang siswa kerjakan dan hasilnya.
4. Seorang guru bertanya apa yang sulit saat melakukan tugas atau yang sulit saat melakukan tugas atau membuat kreasi tersebut, serta guru dapat mengetahui hasil kerja kelompok siswa.
Nama : Kristiyani
NIM:859764552
POKJAR: S1-PGSD Kendari
1. Menurut saya dalam Video pembelajaran berbasis proyek (PJBL) adalah metode pengajaran yang memungkinkan siswa untuk belajar melalui proyek atau tugas yang mereka kerjakan.dalam video ini, metode ini dijelaskan dengan jelas dan memberikan contoh yang relevan.
2. Dari video ini,saya memperoleh pengetahuan baru tentang metode pengajaran yang inovatif dan efektif.ini sangat berguna bagi saya sebagai pendidik.untuk meningkatkan kualitas pengajaran saya.
3. Juga tayangan video ini sangat sesuai dengan kebutuhan saya dalam mengajar karena memberikan pengetahuan dan keterampilan baru dalam metode pengajaran .ini membantu saya untuk menjadi pendidik yang baik.
4. Hal yang sangat baik dalam video ini adalah penjelasan yang jelas dan mudah dipahami, ini membuat saya lebih tertarik untuk belajar dan menerapkan metode ini dalam pengajaran saya.
Nama : Indriani
Nim : 859763962
Upbjj : Kendari.
Video pembelajaran berbasis proyek yang ditampilkan sudah sangat bagus dan sesuai dengan materi yang dipelajari, terlihat guru sangat menguasai konsep. Namun media yang digunakan dalam pembelajaran masih kurang, misalnya guru bisa membawa contoh sampah organik dan anorganik. Secara umumsudah bagus. Siswa juga aktif bertanya dan menjawab. Pada pembelajaran ini siswa benar-benar mendapatkan pengalaman langsung mendaur ulang sampah serta mempresentasikan karyanya, dan itu adalah pembelajaran yang sangat bermakna.
Hal penting yang dapat diperoleh dari video tersebut adalah langkah-langkah dalam pembelajaran berbasis proyek. Sehingga sangat bermanfaat dan sesuai dengan yang saya butuhkan untuk merancang pembelajaran berbasis proyek muatan pembelajaran matematika. Sedangkan hal yang sudah baik dalam video adalah langkah-langkah kegiatan pembelajaran sudah sesuai sistematikanya serta guru mampu mengelola kelas dengan baik sehingga tercipta pembelajaran yang kondusif.
Nama : Veraira Purba
Nim : 877529792
Pokjar : Humbahas
Upbjj : Medan
Menurut saya memasukkan permasalahan di dunia nyata dan teknologi ke proses belajar dengan menggunakan pendekatan PjBL, murid didorong untuk menjadi pekerja yang mandiri, pemikir kritis, dan pembelajar seumur hidup. PjBL bukan hanya sebuah cara untuk belajar, namun juga cara untuk mengajarkan cara bekerja sama. Anda sebagai guru pun dapat berkomunikasi hingga bertukar pikiran dengan rekan guru lainnya serta berkomunikasi dengan orang tua atau wali murid.
Nama : Hernasti Hutauruk
Nim : 877527989
Pokjar : Humbahas
Upbjj : Medan
Guru memberikan apersepsi dan pertanyaan pemantik yang dapat merangsang daya berpikir siswa.
Dari video pembelajaran ini saya memperoleh pengetahuan baru bahwa untuk meningkatkan keaktifan siswa dalam kegiatan belajar mengajar saya harus merangsang daya berpikir siswa